Curug Sempong, Air Terjun Tersembunyi Nan Cantik Di Majalengka

|

Curug Sempong salah satu curug atau air terjun cantik yang dimiliki Majalengka, lokasinya yang tersembunyi membuat curug ini tampak sangat eksotis.

Majalengka memang terkenal akan indahnya alam yang dimiliki, sehingga memiliki cukup banyak tempat wisata alam yang hits dan juga kekinian.

curug sempong
curug sempong. google maps. sumber: Masun 91

simak juga: ciboer pass

Curug atau air terjun merupakan tempat wisata air yang diminati oleh mereka yang menyukai tantangan, karena biasanya trekking untuk menuju sebuah curug cukup menantang.

Curug Sempong dapat menjadi tujuan wisata air terjun ketika berada di Majalengka, lebih seru jika mengajak kawan untuk eksplor dan bermain bersama.

Lokasi dan Alamat Curug Sempong

Lokasi Curug Sempong berada cukup tersembunyi, tepatnya beralamat di Dusun Cisempong, Desa Sidamukti, Kecamatan Majalengka, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Rute Menuju Curug Sempong

Rute menuju Curug Sempong lebih baik menggunakan kendaraan roda dua, agar tidak terlalu jauh berjalan. Selain itu akses jalannya juga tidak terlalu lebar.

Untuk rute sendiri jika berangkat dari pusat kota Majalengka dengan melalui Jalan Raya Jatiwangi untuk menuju Desa Sidamukti.

air terjun tersembunyi
air terjun tersembunyi. google maps. sumber: Jejak Wisata

simak juga: gunung ciwaru

Jam Buka Curug Sempong

Jam operasional Curug Sempong setiap hari Senin hingga Minggu, dan tidak ada ketentuan khusus akan waktu beroperasinya.

Namun waktu terbaik mengunjungi Curug Sempong ialah di pagi hari, dan hindari datang terlalu sore karena tidak adanya lampu penerangan baik di jalur trekking maupun di sekitar curug.

Harga Tiket Masuk Curug Sempong

Harga tiket masuk Curug Sempong cukup membayar sebesar Rp. 5.000,- tapi saat ini untuk menikmati keindahan air terjun tersembunyi ini kamu tidak perlu membayar alias gratis.

Sekali lagi ini mungkin imbas dari berlakunya PPKM yang membuat beberapa tempat wisata menjadi sepi pengunjung.

tambah eksotis dengan tebingnya yang tinggi
tambah eksotis dengan tebingnya yang tinggi. google maps. sumber: MN Khatami

simak juga: curug cilutung

Fasilitas Curug Sempong

Curug Sempong merupakan air terjun yang masih alami sehingga ketersediaan fasilitas pendukungnya pun masih terbatas.

Daya Tarik Curug Sempong

1. Trekking Mudah Tapi Menantang

Sebelum menikmati Curug Sempong kamu harus trekking terlebih dahulu dengan menapaki jalan setapak yang cukup curam, maka sebaiknya berhati-hati ketika melangkah dan menggunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin.

mengalir diantara tebing batu
mengalir diantara tebing batu. google maps. sumber: agapao putra

simak juga: cikadongdong river tubing

Jalur trekkingnya masih berupa tanah dan di sepanjang perjalanan dihiasi dengan beberapa ranting dan dedaunan pohon yang melintang di jalan.

Kondisinya saat ini jalur trekkingnya hampir tertutup, karena mungkin jarang dikunjungi ditambah lagi efek PPKM yang terjadi di setiap wilayah di Indonesia.

2. Air Terjun Cantik

Curug Sempong merupakan curug yang cantik, dan lokasinya berada di bagian ujung tebing batu tinggi dengan warna cokelat kehitaman.

Airnya mengalir dari ketinggian sekitar 10 meter, dengan kolam alami yang memanjang dimana kedalamannya mencapai 6 meter.

Jika musim hujan tiba, Curug Sempong akan mengalirkan air yang cukup deras dengan kondisi kolam yang terlihat agak keruh karena berwarna kecoklatan.

tempat wisata alam di majalengka
tempat wisata alam di majalengka. google maps. sumber: agapao putra

simak juga: bukit sanghyang dora

3. Bermain Air

Ragam wisata seru yang dapat dilakukan ketika berada di Curug Sempong diantaranya berenang dan melakukan body jumping dari tebingnya.

Sekali lagi kedalaman kolamnya mencapai 6 meter, sehingga untuk kamu yang tidak pandai berenang jangan coba-coba deh…

Hindari juga untuk berenang dan melompat dekat aliran airnya langsung, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Setiap bermain di alam kita harus selalu waspada dan berhati-hati. Jangan sampai keseruan liburan berubah menjadi keharuan.

seru seruan bersama
seru seruan bersama. google maps. sumber: Muhamad Ridwan Hidayat

simak juga: curug ibun pelangi

Tips Wisata

  • Sebaiknya datang ketika cuaca sedang cerah, tidak mendung apalagi sedang turun hujan.
  • Berhati-hatilah ketika hendak berenang dan bermain air di kolam penampungnya.
  • Jangan lupa bawa baju ganti ya…
  • Jaga kebersihan di sekitar Curug Sempong, jangan buang sampah sembarangan.

Penutup

Curug Sempong merupakan tempat wisata alam yang cocok untuk kamu yang menyukai tantangan dan keindahan. Tempat yang indah diiringi suara deburan air, menjadi daya tarik utamanya.