Curug Kapak Kuda, Air Terjun Berundak Di Majalengka

|

Curug Kapak Kuda merupakan salah satu curug atau air terjun yang ada di Kabupaten Majalengka. Yang memiliki tipe air terjun berundak.

Untuk kamu yang menyukai wisata alam curug atau air terjun, sudah barang tentu mengetahui betapa indahnya air yang mengalir dari sebuah tebing batu yang tinggi. Serta deburan airnya yang mampu menenangkan jiwa.

curug kapak kuda
curug kapak kuda. google maps. sumber: Endah Asmo

simak juga: telaga biru nila

Setalah kemarin kita eksplor Curug Sempong, Curug Ibun Pelangi, Curug Cilutung, dan beberapa curug lainnya, kali ini kita eksplor keindahan dari Curug Kapak Kuda Majalengka.

Tempat wisata air terjun alami yang harus banget dikunjungi, namun harus siap dengan jalur trekkingnya yang menguras tenaga ya….

Trekking Curug Kapak Kuda

Untuk menikmati keindahan Curug Kapak Kuda memang tidak mudah, karena kamu harus melakukan trekking terlebih dahulu dengan jalur yang masih sangat alami.

Minimnya petunjuk jalan mengharuskan kamu menyusuri trekking ini bersama orang yang sudah pernah mengunjungi curug, atau dengan meminta bantuan pada warga sekitar.

Jalur yang menanjak dan menurun akan kamu lalui, dilanjutkan dengan menyusuri jalur irigasi lalu area pesawahan milik  warga sekitar. Pastikan menggunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin.

Dan hindari datang terlalu sore, untuk menghindari kemalaman di jalur trekking. Karena belum tersedianya penerangan jalan di sepanjang jalur trekking.

Waktu terbaik mengunjungi Curug Kapak Kuda ialah di pagi hari, dan yang paling penting hindari datang di musim kemarau panjang.

melewati saluran irigasi
melewati saluran irigasi. google maps. sumber: Endah Asmo

simak juga: curug sempong

Lokasi dan Alamat Curug Kapak Kuda

Lokasi Curug Kapak Kuda berada di alamat Desa Sadawangi, Kecamatan Lemahsugih, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Rute Menuju Curug Kapak Kuda

Untuk menuju Curug Kapak Kuda jika dimulai dari Desa Bunder, terus lurus di persimpangan jalan hingga tiba di pertigaan Pasar Susukan.

Kemudian kamu akan tiba di Perempatan jalan  Penjalin, arahkan kendaraanmu menuju Rajagaluh. Kamu akan melewati Desa Leuwi Munding yang merupakan desa wisata tempatnya Bukit Sanghyang Dora dan Cadas Gantung.

Setelah tiba di perempatan Pasar Rajagaluh belok kanan untuk menuju Desa Sadawangi, tempat dimana Curug Kapak Kuda berada.

Jam Buka Curug Kapak Kuda

Curug Kapak Kuda terbuka selama 24 jam sehari dalam waktu 7 hari seminggu. Meski begitu, karena akses menuju curug dan dan dilokasi curug sendiri tidak ada lampu penerangan maka sebaiknya datang ketika matahari masih bersinar.

berfoto bersama curug kapak kuda
berfoto bersama curug kapak kuda. google maps. sumber: M Ramadoni

simak juga: curug cilutung

Harga Tiket Masuk Curug Kapak Kuda

Tidak ada harga tiket masuk khusus untuk menikmati Curug Kapak Kuda ini alias gratis.

Fasilitas Curug Kapak Kuda

Karena belum dikelola secara maksimal, fasilitas yang ada di sekitar Curug pun masih sangat terbatas. Jadi pastikan kamu membawa logistik yang dibutuhkan.

Daya Tarik Curug Kapak Kuda

Meski belum dikelola secara sempurna, Curug Kapak Kuda nyatanya memiliki beberapa daya tarik yang menjadi unggulannya. Beberapa diantaranya:

1. Air Terjun Berundak

menikmati keindahan air terjun berundak
menikmati keindahan air terjun berundak. google maps. sumber: bukan siapa siapa

simak juga: bukit sanghyang dora

Curug Kapak Kuda memiliki tipe air terjun berundak, yang terdiri dari dua tingkatan dengan ketinggian sekitar 20 meter. Dimana aliran air terjun di tingkatan pertama lebih tinggi dari yang ke dua.

Aliran air Curug Kapak Kuda sangat tergantung pada musim, jadi hindari datang di musim kemarau ya karena keindahannya akan berkurang akibat dari sedikitnya aliran air yang mengalir.

Meski begitu, Curug Kapak Kuda berfungsi sebagai sumber mata air bagi warga yang tinggal di sekitar. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya pipa-pipa air di sekitar curug.

Selain itu, aliran air Curug Kapak Kuda juga berfungsi untuk mengairi area pesawahan yang terdapat di sekitar air terjun.

Tipe air terjun berundak sungguh cantik di kamera, sehingga banyak pengunjung yang mengabadikannya dalam bentuk foto maupun video.

dikelilingi suasana alam yang masih asri
dikelilingi suasana alam yang masih asri. google maps. sumber: Brandon Jantuna

simak juga: curug ibun pelangi

2. Suasana Alam Yang Sejuk

Suasana alam di sekitar masih sangat alami, dimana Curug Kapak Kuda diapit oleh tebing batu yang dihiasi pepohonan yang rindang.

Hamparan sawah menjadi pemandangan utama ketika berada di Curug Kapak Kuda, adem banget deh pokoknya liatnya.

3. Bermain Segarnya Air

Kunjunganmu ke Curug Kapak Kuda nggak akan lengkap jika tidak bermain air, terdapat kolam penampungan alami yang biasa digunakan pengunjung untuk berenang atau hanya sekedar bermain air saja.

bermain aliran air terjunnya
bermain aliran air terjunnya. google maps. sumber:  Hedon Iseng ChanneL

simak juga: curug cipeuteuy majalengka

Penutup

Keindahan Curug Kapak Kuda sempat viral beberapa waktu yang lalu, kamu harus banget menyaksikannya dengan mata kepala sendiri. Yuk ajak kawan maupun keluarga untuk eksplor Curug Kapak Kuda Majalengka weekend ini!