Talaga Herang, Danau Jernih Di Kaki Gunung Ciremai

Talaga Herang terdiri dari dua suku kata yang berasal dari bahasa sunda, yakni Talaga dan Herang. Talaga artinya danau dan herang berarti jernih.

Sehingga Telaga Herang menggambarkan keadaan danau atau situ yang memiliki air jernih dan juga bersih. Kejernihan airnya berasal dari Gunung Ciremai.

talaga herang
talaga herang. google maps. sumber: Abdul Soleh

simak juga: curug sempong

Talaga Herang menjadi tempat wisata di Majalengka yang menjadi favorit keluarga apalagi ketika akhir pekan maupun hari libur lainnya. Dan saat ini menjadi tempat wisata di Majalengka yang sedang hits.

Lokasi Talaga Herang berada di perbatasan antara Desa Jerukleueut, Padaherang, dan Lengkong Kulon, maka kamu akan melihat beberapa artikel yang mencantumkan nama desa dari Talaga Herang yang berbeda-beda.

Berikut deskripsi dari Talaga Herang sebagai bahan referensi wisata di Majalengka bersama keluarga, teman, maupun bestie kamu.

Lokasi dan Alamat Talaga Herang

Lokasi Talaga Herang berada di kaki Gunung Ciremai, berada di alamat Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

jernih dan menyegarkan
jernih dan menyegarkan. google maps. sumber: Dadang Piatna

simak juga: ciboer pass

Rute Menuju Talaga Herang

Akses menuju Talaga Herang lebih baik menggunakan kendaraan roda dua, karena kondisi jalan mendekati Talaga tidak terlalu lebar.

Untuk kamu yang berangkat dari pusat kota Majalengka, kamu dapat menuju Jalan Raya K.H. Abdul Halim untuk menuju Rajagaluh. Kemudian teruskan perjalanan hingga tiba di Lengkong Kulon, hingga akhirnya kamu tiba di Talaga Herang.

Jam Buka Talaga Herang

  • Jam operasional Talaga Herang setiap hari Senin hingga Minggu.
  • Mulai buka pukul 06.00 hingga 17.00 waktu setempat.
menjadi tempat tinggal ikan ikan
menjadi tempat tinggal ikan ikan. google maps. sumber: Nissa Nurlaeha

simak juga: gunung ciwaru

Harga Tiket Masuk Talaga Herang

  • Tiket masuk Talaga Herang sebesar Rp. 5.000,-
  • Parkir motor membayar Rp. 2.000,-
  • Parkir mobil membayar sebesar Rp. 5.000,-

Fasilitas Talaga Herang

Fasilitas yang ada di sekitar kawasan wisata Talaga Herang sudah sangat memadai, hal tersebut ditandai dengan tersedianya:

  • Area parkir kendaraan,
  • Rumah makan,
  • Mushola,
  • Toilet,
  • Wahana permainan,
  • Tempat untuk duduk,
  • Ayunan,
balon air
balon air. google maps. sumber: Kusmayadi Engkus

simak juga: curug cilutung

Daya Tarik Talaga Herang

Talaga Herang salah satu tempat wisata di Majalengka yang harus dikunjungi, karena memiliki beberapa daya tarik yang dimiliki:

1. Danau Yang Jernih

Sesuai namanya Talaga Herang memiliki daya tarik utama berupa sebuah danau yang sangat jernih dan bersih. Saking jernihnya air, kamu dapat melihat ke dasar kolam dengan mudahnya.

Kamu dapat duduk-duduk di tempat yang sudah tersedia, dengan menghadap langsung ke arah danau. Wuih adem dan enak banget pokoknya.

berenang di jernihnya air
berenang di jernihnya air. google maps. sumber: SINDANGWANGI TV

simak juga: cikadongdong river tubing

2. Ragam Wisata Seru

Selain menikmati keindahan danau atau talaganya, kamu dapat mencoba beberapa wahana permainan yang disediakan pengelola. Beberapa diantaranya:

  • Bola air,
  • Kursi air,
  • Ayunan,
  • Berenang dan bermain air.

Untuk bola air dan kursi air, kamu harus membayar biaya tambahan mulai dari Rp. 20.000,- per orang. Harga tersebut akan diganti dengan keseruan dan juga pengalaman yang tak terlupakan.

Berenang dan bermain air di Talaga Herang merupakan keseruan yang tak terlupakan, dimana kamu akan berenang di kolam yang jernih dan bersama dengan ikan.

Terdapat aturan khusus untuk kamu yang ingin berenang di Talaga Herang jangan terlalu ke tengah, karena kedalaman di tengah Talaga sangat dalam.

Serta setiap pengunjung yang datang dilarang mengambil ikan yang hidup di Talaga Herang, meski ikannya sangat banyak dan sering muncul ke permukaan.

wanda waterpark
wanda waterpark. google maps. sumber: Ibtidaul Huda

simak juga: bukit sanghyang dora

3. Wanda Waterpark

Selain berenang di danaunya yang jernih, kamu dapat mengajak anak-anak untuk berenang di kolam renang yang berada di sudut Talaga Herang.

Wanda Waterpark sudah berdiri sejak tahun 2016, dan memiliki kolam untuk anak dan juga kolam dewasa. Dengan memiliki beberapa seluncuran serta ember tumpah.

Untuk dapat berenang di Wanda Waterpark kamu harus membayar biaya tambahan yang murah dan aman di kantong.

Penutup

Tempat wisata di Majalengka yang sedang hits saat ini bernama Talaga Herang, enak banget dijadikan tempat me time bersama keluarga sambil piknik.


shopee