Situ Cipanten, Wisata Majalengka Dengan 2 Warna Air

Saat ini, banyak sekali objek wisata yang berkembang berkat kreatifitas, serta kepedulian kaum milenial yang tinggal di sekitarnya, atau yang biasa disebut dengan Karang Taruna.Mudahnya mengakses informasi untuk mencari ide kreasi, kemudahan mempromosikan di media sosial, serta ditunjang dengan Dana Desa, maka semakin banyak potensi wisata lokal yang bermunculan.

Luas Situ Cipanten Majalengka
Luas Situ Cipanten Majalengka. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Seperti halnya objek wisata yang bernama  Situ Cipanten Majalengka. Sebuah objek wisata yang menawarkan keindahan situ di Majalengka, legkap dengan spot kekinian, dan berbagai macam wahana yang dapat menambah keseruan saat liburan.

Situ Cipanten Majalengka adalah objek wisata yang dikelola salah-satunya oleh Karang Taruna Desa Desa Gunungkuning, Majalengka.

Sentuhan kreasi kekinian menjadi bukti bahwa peran kaum milenial bisa membawa dampak positif terhadap perkembangan potensi lokal.

Simak juga: 10 Lokasi Wisata di sekitaran Majalengka

Sejarah Situ Cipanten Majalengka

Situ Cipanten Majalengka sudah ada sejak tahun 1970. Pada mulanya, kawasan situ ini belum tertata secara baik, ditambah dengan pepohonan yang besar hanya menimbulkan kesan atau suasana angker.

Seiring perkembangan jaman, dan pesatnya arus informasi, baik dari media mainstream, ataupun dari media sosial, Situ Cipanten Majalengka berubah menjadi sebuah objek wisata yang sangat indah, berbalut dengan nuansa kekinian.

Sejarah Situ Cipanten Dari Tahun 1970
Sejarah Situ Cipanten Dari Tahun 1970. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Situ Cipanten Majalengka terletak di Desa  Gunungkuning, Kecamatan Sindang, Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat.

Desa tersebut didominasi oleh kondisi alam berupa bukit, atau pegunungan yang masih asri. Dan keberadaan danau atau Situ Cipanten Majalengka, dikarenakan oleh sumber mata air yang masih terjaga secara baik.

Daya Tarik Situ Cipanten Majalengka

Banyaknya pengunjung yang datang ke sebuah lokasi wisata, tentu saja karena tempat tersebut menyimpan pesona keindahan, serta ragam wahana wisata yang bisa dinikmati oleh pengunjungnya.

Dan inilah daya tarik dari Situ Cipanten Majalengka :

1. Danau 2 warna

Situ Cipanten Majalengka merupakan danau unik jika mengacu kepada warna airnya. Jika musim kemarau tiba, maka warna airnya akan menjadi biru, serta ikan-ikan yang ada di dalam air akan bisa terlihat jelas.

Warna Air Situ Cipanten Saat Kemarau
Warna Air Situ Cipanten Saat Kemarau. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Beda halnya jika musim hujan tiba. Warna air dari Situ Cipanten Majalengka akan menjadi hijau, dan ikan yang ada di bawah air sedikit sulit terlihat.

Terkadang, saat hari mulai menjelang siang, warna air Situ Cipanten Majalengka bisa dilihat ke dua warna tersebut.

Tentu saja, fenomena warna air Situ Cipanten Majalengka menjadi salah-satu daya tarik bagi pengunjung yang datang.

Air Situ Cipanten Terkadang Berwarna Hijau
Air Situ Cipanten Terkadang Berwarna Hijau. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Di sisi lain, tedapat sumber mata air yang masih terjaga kebersihannya. Dan perlu diketahui bahwa Desa Gunungkuning sangat mengandalkan sumber mata air tersebut, untuk kebutuhan sehari-hari.

Jadi bagi kalian yang berwisata ke Situ Cipanten Majalengka, diharapkan untuk selalu menjaga kelestarian alam sekitar, dan jangan sampai membuang sampah sembarangan, apalagi ke area situ, atau ke sumber mata air.

2. Pemandangan Alam Sekitar

Situ Cipanten Majalengka berada dalam kawasan seluas 1 ha, yang didominasi oleh view alam sekitar berupa rindangnya pepohonan besar, panorama bukit, serta udara yang sejuk.

Trekking Nyaman Di Situ Cipanten
Trekking Nyaman Di Situ Cipanten. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Selain itu, di pinggiran Situ Cipanten Majalengka sudah tertata secara baik. Sehingga para pengunjung bisa menyususri kawasan tersebut dengan nyaman.

Setelah lelah menikmati pemandangan yang indah, dan berjalan-jalan, maka istirahatlah di tempat yang berbentuk lesehan, yang berjajar di pinggiran danau sambil menikmati makanan khas Majalengka, yaitu opak ketan.

Penataan Sekitar Situ Cipanten Majalengka
Penataan Sekitar Situ Cipanten Majalengka. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Ragam Aktivitas Dan Wahana Di Situ Cipanten Majalengka

Selain menyajikan konten berupa destinasi wisata alam, namun Situ Cipanten Majalengka sangat cocok sebagai destinasi wisata keluarga.

Hal ini bisa dibuktikan dengan beberapa ragam wahana dan aktivitas wisata yang ada di Situ Cipanten Majalengka. Yaitu :

1. Becak Air

Terdapat becak air di area situ, bentuknya menyerupai angsa. Becak air tersebut bisa dinaiki hanya 2 orang saja. Menjajal keindahan Situ Cipanten Majalengka dengan menggunakan becak air, mampu menyajikan momen kebahagiaan bersama keluarga.

Becak Air Di Situ Cipanten
Becak Air Di Situ Cipanten. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

2. Berenang

Di area Situ Cipanten Majalengka, para pengunjung bisa melakukan aktivitas berenang. Eit.. tapi tidak untuk adik-adik yang masih kecil ya….

Karena Situ Cipanten Majalengka cukup dalam. Tetapi bagi orang dewasa yang tidak bisa berenang, bisa menggunakan pelampung yang sudah disediakan oleh pihak pengelola.

Berenang Di Situ Cipanten
Berenang Di Situ Cipanten. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

3. Spot Selfie

Terdapat beberapa spot selfie yang unik, dan keren di Situ Cipanten Majalengka. Latarnya juga sangat indah, berupa situ, atau danau, dan alam sekitar.

Spot Selfie Situ Cipanten
Spot Selfie Situ Cipanten. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Lokasi Situ Cipanten

Situ Cipanten ini berada di Desa Gunung Kuning, Kecamatan Sindang, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Lokasi Situ indah ini dari pusat Kota Majalengka berjarak sekitar 16 km.

Rute Menuju Situ Cipanten

Terdapat beberapa rute menuju Situ Cipanten dari beberapa kota besar, seperti Bandung, Sumedang, Subang, dan Garut.

Dari Kota Subang, ikuti jalan utama menuju Kecamatan Tomo melalui Jalan Raya Cijelag. Memasuki Kecamatan Tomo, ikuti jalur utama Kecamatan Tomo – Kecamatan Jatiwangi yang juga merupakan jalur provinsi Sumedang – Majalengka.

Ikuti terus jalan utama dari Jatiwangi menuju Majalengka hingga di pusat Kota Majalengka. Ikuti terus jalan utama Kota Majalengka hingga tiba di Bundaran Cigasong. Ambil arah menuju Rajagaluh hingga pertigaan. Kemudian ambil kanan. Ikuti jalan hingga tiba di jalan masuk Situ Cipanten.

Dari Bandung Ambil arah Majalengka di persimpangan Jatiwangi. Setelah masuk jalur utama Majalengka, ikuti jalan utama sampai tiba di bunderan Cisayong. Ambil arah Rajagaluh (dari bunderan ambil jalan yang lurus).

Ikuti terus jalan utama hingga tiba di pertigaan kemudian ambil kanan. Ikuti jalan hingga tiba di pertigaan menuju jalan masuk Situ Cipanten. Total pembacaan jarak pada peta melalui rute ini adalah 109 Km.

Ikan Di Situ Cipanten Majalengka
Ikan Di Situ Cipanten Majalengka. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Jam Buka Situ Cipanten

Bila berkunjung ke lokasi wisata Situ Cipanten, pengunjung perlu tahu bahwa jam operasional atau waktu buka wisata.

Lokasi Situ Cipanten buka setiap hari, Senin sampai Minggu. Jam bukanya adalah mulai dari jam 08.00 hingga jam 17.15.

Tiket Masuk Situ Cipanten

Harga tiket masuk Situ Cipanten adalah:

  • Tiket masuk cipanten Rp. 5.000 / orang
  • Wahana Becak Air Rp. 20.000 / 20 menit
  • Spot Foto Rp. 2.500
  • Perahu Rp. 5.000

Simak juga: Taman Sabin, Pematang Sawah yang mempesona

Fasilitas Situ Cipanten

Fasilitas di Situ Cipanten ini juga lumayan lengkap. Di sana tersedia berbagai spot foto, wahana, tempat parkir, gazebo, arena bermain anak, rest area, arena outbond dan masih banyak lainnya.

Penutup

Itulah review Situ Cipanten Majalengka, semoga menjadi referensi awal bagi kalian yang masih bingung menentukan tujuan liburan di akhir pekan.

Selalu utamakan keselamatan ya….

Leave a Comment