Taman Sabin, Berwisata Di Tengah Sawah Yang Cantik

Di Lampung tepatnya di Kabupaten Pringsewu terdapat sebuah tempat wisata yang unik namun sangat cantik. Tempat wisata tersebut memanfaatkan daerah Pringsewu yang memiliki daerah pesawahan yang sangat luas.

Karena memang Kabupaten Pringsewu rata-rata penduduknya bermata pencaharian sebagai petani. Tempat wisata ini unik, karena kamu akan berwisata di antara hamparan sawah.

Meskipun begitu, areanya dibuat sedemikian rupa sehingga membuat pengunjung betah untuk berlama-lama berada di tempat wisata yang satu ini. Dan merupakan salah satu tempat wisata yang sedang hits saat ini.

Lokasi wisata ini bernama Taman Sabin, yang berdiri diatas lahan seluas 2 hektar. Dimana disini area pesawahannya dipadukan dengan beberapa spot foto yang sangat cantik, serta beberapa area untuk pengunjung melepas penat.

Taman Sabin
Taman Sabin. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: 13 lokasi wisata di Lampung

Selain melihat hamparan sawah, di Taman Sabin sendiri terdapat beberapa bunga yang sangat cantik serta beberapa kolam yang berisi ikan. Kamu dapat memberi makan ikan-ikan tersebut, anak-anak pasti akan menyukainya.

Lantas apalagi yang dapat kamu lakukan ketika berada di Taman Sabin? Dan bagaimana cara untuk pergi ke sana?

Berikut ulasan lengkap mengenai Taman Sabin:

Lokasi Taman Sabin

Lokasi Taman Sabin berada di Desa Wonodadi, Kecamatan Gading Rejo, Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung.

Rute Menuju Taman Sabin

Rute menuju Taman Sabin sangat mudah dijangkau karena tak terlalu jauh jaraknya dari pusat kota Bandar Lampung, kamu hanya akan membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan.

Rute yang harus kamu tempuh ialah dengan mengarahkan kendaraanmu menuju Pringsewu melalui Gedong Tataan. Setelah kamu tiba di Pasar Gading Rejo, ambillah jalur untuk menuju Desa Wonodadi. Jika takut kesasar kamu dapat mengikuti petunjuk melalui Google Maps, atau bertanya pada warga yang kamu temui.

Kondisi jalannya dapat dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat, jika kamu membawa mobil kamu harus lebih berhati-hati karena jalan ketika mendekati lokasi Taman Sabin cukup kecil. Namun meskipun begitu jalannya cukup mulus.

Ketika akan memasuki area Taman Sabin kamu akan memasuki sebuah lorong yang sangat indah, dengan dihiasi juntaian akar tumbuhan yang sangat cantik.

Terowongan Menuju Taman Sabin
Terowongan Menuju Taman Sabin. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Jam Buka Taman Sabin

Jam operasional Taman Sabin dibuka setiap hari mulai pukul 07.00 pagi hingga pukul 19.00 malam. Waktu yang tepat untuk mengunjungi lokasi wisata ini ialah ketika pagi dan sore hari, dimana pada saat sore hari kamu akan melihat sunset.

Tiket Taman Sabin

Tiket masuk untuk menikmati keindahan Taman Sabin sangat murah, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 10.000 saja per orang.

Fasilitas Taman Sabin

Meskipun berada di tengah area pesawahan, fasilitas yang ada di Taman Sabin ini sudah lengkap yakni dengan adanya:

  • Area parkir yang dapat menampung mobil dan motor
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Saung-saung serta tempat duduk
  • Toilet
  • Mushola

Daya Tarik Taman Sabin

1. Area Persawahan

Area Sawah Yang Cantik
Area Sawah Yang Cantik. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: 12 Jembatan Logam Banto Royo

Sungguh sangat kreatif dengan memanfaatkan area pesawahan yang menjadi komoditas utama Pringsewu, disulap sedemikian rupa sehingga dapat menjadi sebuah tempat wisata yang sangat digandrungi saat ini.

Area pesawahan di sekitar Taman sabin masih difungsikan dengan baik, kita dapat melihat hamparan sawah yang menguning bahkan jika beruntung kamu dapat melihat para petani yang sedang memanen.

Di sekitar area pesawahan tersebut dibuat jalan setapak yang mudah dilalui oleh para pengunjung, sehingga kamu dapat berkeliling tanpa harus takut kotor.

Berwisata Di Tengah Sawah
Berwisata Di Tengah Sawah. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Taman Sabin merupakan lokasi yang tepat untuk mengajak seluruh anggota keluarga menikmati alam, anak-anak khususnya akan banyak belajar mengenai asal mula makanan pokok bagi warga Indonesia tersebut.

Bapak Muhammad Faturrohman ialah orang yang mempunyai ide keatif membuat area pesawahan menjadi sebuah tempat wisata yang banyak diminati saat ini. Dengan hadirnya pemandangan Gunung Betung melengkapi keindahan Taman Sabin.

2. Aneka Spot Foto

Taman Sabin memiliki beberapa spot foto yang beragam dan jumlahnya pun cukup banyak. Latar pesawahan memang menjadi hal yang utama, namun disamping itu terdapat beberapa spot foto yang dibuat oleh tangan-tangan kreatif dan sangat indah.

Spot Foto Ciamik
Spot Foto Ciamik. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Beberapa spot foto yang ada di Taman Sabin diantaranya:

  • Sebuah gardu pandang yang terbuat dari kayu, meskipun tak terlalu tinggi kamu dapat menaiki gardu pandang tersebut untuk melihat Taman Sabin secara keseluruhan.
  • Saung cantik di tengah sawah, yang dapat digunakan untuk beristirahat sambil selfie.
  • Beberapa spot foto dengan berbagai bentuk seperti menyerupai bintang, bentuk love, tulisan Taman Sabin, serta bentuk-bentuk yang lainnya.
  • Sebuah jembatan yang cantik.
  • Serta sebuah kura-kura raksasa yang terletak di tengah kolam.
Spot Foto Favorite
Spot Foto Favorite. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Aneka wisata di Tahura Raden Soerjo

3. Kebun Celosia

Bunga Celosia berasal dari daerah Afrika, dan termasuk kedalam keluarga Amaranth. Di Indonesia bunga ini dikenal dikenal dengan sebutan Bunga Jengger Ayam, karena bentuk bunganya yang mirip seperti jengger ayam.

Bunga Celosia memiliki warna-warna yang menarik dan cerah, sehinga akan terlihat cantik jika kamu berfoto di area Kebun Celosia. Warna-warna Bunga Celosia yang ada di Taman Sabin ini didominasi oleh warna kuning dan merah.

Kebun Celosia
Kebun Celosia. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Warna cerah pada Bunga Celosia ternyata dapat mengundang serangga untuk mendatanginya, sedangkan serangga merupakan hama perusak padi. Sehingga para petani dapat terbebas dari hama serangga dengan cara yang alami.

Simak juga: 3 Air Terjun Coban Srengenge

4. Memberi Makan Ikan

Kegiatan yang dapat kamu lakukan ketika berada di Taman Sabin ialah memberi makan ikan yang menghuni kolam di sekitar taman, kamu hanya perlu membeli pakan ikan seharga Rp. 2.000 per bungkusnya. Anak-anak pasti akan sangat menyukai kegiatan tersebut.

Spot Spot Kece Di Taman Sabin
Spot Spot Kece Di Taman Sabin. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Tips Mengunjungi Taman Sabin

Berikut saya sampaikan beberapa tips untuk kamu yang hendak mengunjungi Taman Sabin, yakni:

  • Karena kamu akan berwisata di alam terbuka, memperhatikan kondisi cuaca merupakan hal yang harus dilakukan sebelum berangkat.
  • Ketika sore hari kamu akan dapat melihat tenggelamnya matahari dengan indahnya.
  • Selalu jaga kebersihan dan keasrian lokasi Taman Sabin.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Objek Wisata Dekat Taman Sabin

Setelah mengunjungi Taman Sabin, kamu juga harus mengunjungi beberapa lokasi wisata sebagai berikut:

1. Bukit Pangonan

Bukit Pangonan berada di Fajar Esuk, Pringsewu Selatan, Lampung, dan masih berada di kawasan hutan kota yang bernama Talang Indah. Disini terdapat beberapa spot foto yang sangat menarik dan sayang untuk kamu lewatkan. Disamping itu kamu dapat menikmati terbitnya matahari ketika berada di Bukit Pangonan.

2. Bukit PJR (Panjarejo)

Sesuai dengan namanya Bukit PJR berada di Desa Panjarejo, Kecamatan Gadingrejo, Pringsewu, Lampung. Lokasi ini merupakan sebuah tempat untuk menikmati dan mengabadikan keindahan alam yang tersaji.

Ketika kamu berada di atas bukit PJR kamu akan melihat hamparan sawah, dibalut dengan keindahan gunung serta pepohonan yang berwarna hijau. Meskipun untuk menikmatinya kamu harus melakukan pendakian terlebih dahulu, jadi siapkan fisik yang prima ketika ingin mengunjungi Bukit PJR.

Simak juga: Air melimpah dan bening dia Aek Sijornih

Taman Sabin merupakan inovasi dalam bidang pariwisata, dimana memadukan area pesawahan dengan berbagai spot menarik sehingga dapat menjaring wisatawan untuk terus berdatangan.

Jika kamu sedang berada di Pringsewu sempatkanlah untuk mengunjungi Taman Sabin, serta beberapa lokasi wisata lain yang masih terletak di Kabupaten tersebut.


Tinggalkan komentar