Coban Srengenge, Sekali Melangkah 3 Air Terjun Terlampaui

Coban Srengenge ini menawarkan air terjun yang unik, yakni terdapat 3 air terjun dalam satu tempat. Selain menikmati kesejukan air yang mengalir yang jernih dan segar, pengunjung juga akan dibuat takjub dengan pemandangan alam yang berada di sekitar coban srengenge.

Coban Srengenge ini menawarkan air terjun yang unik, yakni terdapat 3 air terjun dalam satu tempat. Selain menikmati kesejukan air yang mengalir yang jernih dan segar, pengunjung juga akan dibuat takjub dengan pemandangan alam yang berada di sekitar coban srengenge.
Coban Srengenge. Image via: kanalmalang.net

Coban Srengenge ini sebenarnya merupakan salah satu objek wisata air terjun yang sudah ada sejak lama di Malang. Hanya saja banyak orang yang belum mengetahuinya. Karena memang masih minim ekspos dari media. Dan kini coban ini sedang hits di sosial media dan menjadi daya tarik bagi sebagian besar netizen untuk berlibur di sana.

Nama Srengenge sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti Sinar Matahari. Karena memang air terjun Srengenge ini menampilkan pancuran air terjun yang jernih berkombinasi dengan cahaya matahari pagi yang berkilauan.

Kombinasi cahaya matahari dan air yang menimbulkan mempesona yang kuat. Tentunya sanggup membuat para pengunjung merasa takjub/terpukau dengan keindahannya. Air terjun ini dikelilingi pepohonan hijau asri. Jika datang pada saat yang tepat, pengunjung juga bisa mendapat bonus menyaksikan fenomena alam yakni pelangi.

Nama Srengenge sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti Sinar Matahari. Karena memang air terjun Srengenge ini menampilkan pancuran air terjun yang jernih berkombinasi dengan cahaya matahari pagi yang berkilauan.
Kilauan cahaya Matahari. Image via: @irmanzaenudin

Simak juga: 19 Lokasi wisata populer di Malang

Lokasi Coban Srengenge

Alamat Coban Srengenge ini berada di Area Sawah/Kebun, Tirtomarto, Ampelgading, Malang, Jawa Timur.

Letaknya tidak jauh dari wisata alam Coban Sumberwangi. Berjarak sekitar 30 km dari pusat kabupaten Malang dan membutuhkan waktu tempuh sekitar 1 jam.

Rute Menuju Coban Srengenge

Unutk mencapai lokasi keberadaan air terjun yang terletak di Kabupaten Malang ini, pengunjung bisa melewati rute Dari pusat Kota Malang. Arahkan saja kendaraan menuju arah selatan. Setelah itu pengunjung akan melewati Kecamatan Bululawang, lalu ke Kecamatan Dampit.

Selepas kecamatan Dampit, kemudian ambil jalur menuju ke arah Kecamatan Ampelgading, lalu lanjutkan perjalanan ke Desa Tirtomarto dan jika sudah sampai di Dusun Sumberwangi.

untuk mencapai masingmasing dari 3 air terjun coban srengenge diperlukan jalan kaki melintasi jalan setapak
Menuju Coban Selanjutnya. Image via: uin-malang.ac.id

Setelah tiba di dusun Sumberwangi, pengunjung bisa bertanya ke warga sekitar di mana letak pastinya Coban Srengenge. Warga disana ramah, ramah, dijamin warga akan memberi tahu keberadaannya. Bahkan jika beruntung, mereka bersedia mengantarkan pengunjung sampai tujuan. Jika ini terjadi, ada baiknya sebagai ucapan terimakasih memberikan sedikit uang terimakasih kepada mereka.

Jam Buka Coban Srengenge

Mengenai Jam Buka Coban Srengenge dibuka setiap hari Senin sampai Minggu. Lokasi mulai buka pukul 06..00 sampai tutup pukul 17.00.

Tiket Coban Srengenge

Pengunjung COban Strengenge tidak perlu khawatir mengenai Harga Tiket Masuk. Cukup dengan membayar HTM sebesar Rp 10.000 / orang + tarif parkir, pengunjung sudah bisa menikmati tempat wisata hits malang ini dengan puas tanpa kendala.

Fasilitas Coban Srengenge

Demi kenyamanan pengunjung, pengelola Coban Srengenge Jawa timur  melakukan pembangunan berbagai kelengkapan fasilitas pendukung. Hal ini dibuktikan dengan tersedianya berbagai fasilitas umum seperti area parkir yang luas, toilet, mushola, hingga warung makan.

Daya Tarik Coban Srengenge

  1. 3 Air terjun

Air terjun ke dua dari 3 air terjun
Air terjun ke dua. Image via: wisatamantap.com

Simak juga: Air jernih dan melimpah di Aek Sijornih Tapanuli

Di tempat wisata alam ini ada 3 coban sekaligus dengan lokasi yang sari dan sejuk. Air terjun pertama tidak begitu deras dan cocok untuk untuk mandi. Hembusan air dari coban bisa terasa hingga ditepi jalan setapak.

Air terjun yang kedua aliranya lebih deras dan tinggi. Terakhir coban ke-3, Coban ini berlokasi agak jauh dan medan yang lumayan sulit. Bisa dibilang coban yang paling tinggi dan paling indah, namun masih sulit dilalui, jadi kurang disarankan menuju kesana.

  1. Lingkungan yang Asri

Air terjun ini sungguh merupakan wisata alam yang memiliki pesona keindahan luar biasa. Coban Srengenge juga dikenal dengan nama Coban Sumber Wangi karena berlokasi di Dusun Sumberwangi.

Coban ini bisa menjadi destinasi liburan yang sangat menyenangkan, sebab panorama alam yang disuguhkan benar-benar menakjubkan. Untuk sampai di tempat wisata ini juga diperlukan perjuangan. Selama perjalanan, pengunjung akan menemui banyak sekali pemandangan alam yang sangat memanjakan mata, apalagi bila tiba di lokasi.

Di tempat wisata ini udaranya sangat sejuk, berkabut mengingat lokasi tempat wisata ini berupa pegunungan. Air terjunnya pun terasa segar dan dingin seperti halnya air pegunungan pada umumnya.
Lingkungan yang asri. Image via: @ahmed25_al.ali

Di tempat wisata ini udaranya sangat sejuk, berkabut mengingat lokasi tempat wisata ini berupa pegunungan. Air terjunnya pun terasa segar dan dingin seperti halnya air pegunungan pada umumnya. Jika beruntung pengunjung dapat menikmati keindahan pelangi yang menambah keindahan Coban Srengenge ini

  1. Asal Usul Nama

Asal usul nama Srengenge pada air terjun ini ada ceritanya tersendiri. Penamaan ini memang tidak lepas dari fonemana alam yang terjadi disana. Dimana pada air terjun ke-3 ini terdapat kedung (kolam) yang berada di depan air terjun yang begitu dalam.

Pada kedung ini akan terlihat kilauan sinar matahari nampak. Melihat fenomena ini, lantas warga setempat menyematakan nama srengenge yang berarti mahatari. Maka dinamakanlah Coban Srengenge. Dan nama itu masih dipertahankan digunakan hingga sekarang.

  1. Selfie dan Mandi

. Tak hanya air terjun saja, namun dari sisi depanya sudah ada sejumlah spot foto yang cantik untuk selfie.
Spot Foto. Image via: @latifatulatul

Simak juga: Taman kota Hutan Joyoboyo Kediri

Coban di Ampelgading ini memang menarik bahkan bisa dibilanga sudah cukup modern. Tak hanya air terjun saja, namun dari sisi depanya sudah ada sejumlah spot foto yang cantik untuk selfie.

Dengan panorama alam yang tak diragukan lagi, kamu bisa ambil gambar sepuasnya baik di coban 1, coban 2, maupun coban 3. Bagi pengunjung yang mau foto di spot dengan desain bintang, hati, dan lain sebagainya ada di air terjun nomer 2.

Pengunjung juga bisa mandi di bawah airlan terjun yang pertama. Meski deras namun aliranya masih ramah karena tidak terlalu tinggi dan masih memungkinkan untuk menikamati aliran air secara langsung. Jarak hanya sekitar 50 meter dari areal parkir.

Kalau lagi beruntung, pengunjung bisa menyaksikan kelokan pelangi, tertuma ketika mahatari menyinari dengan sempuna tanpa terhalang oleh mendung. Selain itu, pengunjung bisa dapat bonus view jurang nan cantik di sisi coban.

Mandi di air terjun pertama.
Mandi di air terjun pertama. Image via: @happyswandika

Tips Mengunjungi Coban Srengenge

Jika merencanakan kunjungan ke coban Srengenge untuk bisa menikmati kesejukan udara ditempat ini, pengunjung harus membawa perlengkapan yang diperlukan. Karena tempat ini masih alami dan baru dibuka.

Dan sebaiknya jangan mengunjungi Coban Srengenge di waktu musim hujan ya.. mengingat jalan yang dilalui masih berupa tanah sehingga akan licin di waktu musim hujan dan debit air terjun juga akan meningkat.

Menikmati arti hadir dirimu.
Menikmati arti hadir dirimu. Image via: tripadvisor.co.id

Simak juga: Pesona Curug Dadali Ciganjur

Objek Wisata Dekat Coban Srengenge

Malang memang terkenal sebagai kota wisata, baik wisata laam maupun wisata buatan. Namun khusus untuk area kecamatan Ampelgading, ini adalah gudangnya Coban atau Air terjun. Selain Coban Srengenge ada juga coban populer, misalnya Coban Ciblungan.

Di Coban Ciblungan terdapat beberapa aliran yang mengalir deras dari atas bukit. Ada juga aliran air yang berasal dari dalam tanah, unik. Anda dapat bersantai dan menikmati udara sejuk khas pegunungan. Karena dikelilingi tumbuhan hijau yang akan membuat betah berlama-lama.

Yang juga patut diperhitungkan ada Coban Gintung. Coban Gintung sebenarnya adalah air terjun yang tidak terlalu besar, ditampung kolam yang cukup sempit pula. Walaupun begitu airnya jernih menyegarkan. Sementara pemandangan alam di sekitarnya menyejukkan mata. Di atasnya terdapat sebuah gua yang kini hanya dihuni oleh sekawanan kelelawar liar.

Panorama alam yang disuguhkan sangat indah bukan ? Segera siapkan rencana liburan anda. Begitu ada sinyal soal aman untuk berwisata, mari kita “balas dendam” dengan mengunjungi tempat-tempat yang kita inginkan namun tertahan akibat pandemic 4 bulan terakhir ini.

Baca juga:

Leave a Comment