Coban Rondo, Keindahan Alami di Kaki Gunung Kawi

Mendengar nama kota Malang, pasti angan kita akan pergi ke suatu tempat yang saat ini bukan lagi bagian dari kawasan ini. Kota Batulah tempatnya, dimana kawasan ini mempunyai segudang keindahan yang tidak boleh untuk dilewatkan sedikit pun. Hadir dengan berbagai macam pesona wisata yang tidak akan pernah terlupakan.


Salah satu keindahan Batu bukan saja bisa dilihat dari potensi wisata buatannya. Melainkan dari alamnya yang dingin nan sejuk. Sepert halnya coban rondo yang mempunyai keindahan elok nan elegan. Tempatnya memang sedikit tersebunyi dengan jalan berliku. Tetapi, setelah sampai di titik ini benar-benar laur biasa indahnya.

Coban-Rondo
Coban Rondo. Image via: @dswulandari_

Coban Rondo

Menuju ke titik lokasi memang tidak begitu sulit. Karena, berjalan sebentar saja dari area parkir, sobat pelancong sudah sampai di tempat dengan tebing nan luas dan air yang terjun dari ketinggian 84 meter.

Derasnya debit air membuat angin begitu kencang bila mendekat ke air terjun. Berada di ketinggian 1.135 mdpl membuat Coban Rondo memiliki suhu dan nuansa epik. Sangat sejuk, teduh dan bikin hati terasa sangat damai. Apalagi, aliran airnya yang cukup tenang dan sangat jernih menambah decak kagum terhadap tempat ini.

Simak juga: daftar tempat wisata di Malang

coban rondo 2
Coban Rondo setinggi 84 meter. Image via: wartakota.tribunnews.com

Asal dari air terjun ini dari mata air Cemoro Dudo yang lokasinya tidak jauh dari kawasan ini. Dimana terletak di lereng Gunung Kawi. Mempunyai debit air yang berbeda. Bila musim kemarau kurang lebih 90 liter per detik. Dan musim penghujan sebesar 150 liter per detik.

Legenda

Ada cerita menarik dari kawasan ini yang ternyata mempunyai makna tersendiri. Nah, dalam bahasa jawa rondo artinya adalah janda. Dimana, asal mula dari air terjun ini berawal dari kisah percintaan pasangan pengantin baru, yang bernama dewi anjarwati yang hidupnya sekitar gunung kawi dan Raden Baron Kusumo yang berasal dari gunung anjasmoro

Saat usia pernikahan mereka tepat 36 hari, Dewi Anjarwati pun mengajak suaminya untuk pergi ke gunung Anjasmoro tempat mertuanya. Nah, menurut adat jawa timbul sebuah kepercayaan bila, usia segitu dilarang untuk berpegian jauh terlebih dahulu. Larangan ini pun juga sudah disampaikan oleh kedua orang tua mereka yang sayangnya tidak didengarkan.

legenda
Legenda Coban Roro. Image via: travel.detik.com

Di perjalanan mereka berdua bertemu dengan joko lelono. Nah, orang ini pun menyukai Dewi Anjarwati. Sehingga raden baron kusumo menyuruh anak buahnya untuk menyembunyikan dewi anjarwati ke tempat yang aman. Nah, kala itu tempat amannya adalah sebuah curug atau air terjun.

Kedua lelaki ini pun bertarung dan akhirnya sama-sama tewas. Sehingga dewi anjawati yang menunggu di coban menjadi janda. Sehingga, nama dari air terjun ini disebut dengan Coban Rondo akibat dewi anjarwati.

Baca: review wisata Pantai Balekambang

Misteri dan Mitos

Bukan Indonesia namanya bila tidak hadir dengan berbagai macam misteri dan mitos. Salah satu yang sering dilihat adalah penampakan Dewi Anjarwati yang konon katanya sering keluar di malam-malam tertentu dengan suara tangisannya.

Tangisan ini akibat dari kepastian yang tidak juga kunjung datang dari sang pangeran hati.

ramai ramai dengan gang
Ramai ramai bersama gang. Image via: tempatwisataindonesia.id

Nah, mitos yang berkembang di kawasan ini adalah siapa saja sepasang kekasih yang datang ke tenpat ini. Maka, hubungan mereka tidak akan langgeng. Hal ini dikarenakan akibat dewi anjarwati cemburu melihat kelanggengan tersebut.

Uniknya, ada yang percaya sampai saat ini dan ada yang benar-benar mengalami kejadian ini. tetapi, ada juga yang belum tumbang.

Simak: uniknya wisata Museum Angkut

Wahana Permainan

Tidak hanya bisa menikmati air terjun saja. sobat native bisa memanfaatkan beberapa wahana permainan yang disediakan di sini. Seperti halnya fun tubing, dimana sobat native bisa menyusuri aliran sungai dari air terjun ini, menggunakan pelampung dan ban.

fun tubing
Fun tubing. Image via: sportourism.id

Apabila, takut bermain permainan air yang membutuhkan tenaga dan pikiran ini. ada juga permainan lain yang tidak kalah serunya yaitu pantball. Maklum saja, sekitar kawasan coban rondo memang masih dihuni oleh pepohonan yang menjulang tingg, sehingga permainan paintball ini akan terasa sangat menyenangkan.

Masih termasuk dalam hutan yang alami, membuat objek wisata ini mempunyai berbagai macam satwa yang bisa dinikmati. Wahana satwa dan kebun adalah pilihan tepat bagi sobat native yang ingin memanjakan anak-anak dan memperkenalkan mereka kepada alam lebih dalam lagi.

Terakhir adalah wahana yang paling sering dikunjungi yaitu taman labirin.  Sobat native akan diajak berkeliling mencari jalan di tengah labirin yang terbuat dari semak-semak menjulang tinggi menemukan sebuah tempat yang begitu indah.  Disini ada juga gardu pandang, sehingga kalian yang takut nyasar bisa diarahkan oleh teman kalian yang sedang berdiri di atas gardu pandang ini.

labirin
Labirin Coban Rondo. Image via: malangtimes.com

Pemandangan yang disajikan di atas sini memang sangat esoktik. Selain labirin, sobat native juga bisa foto-foto di area taman dekat taman labirin. Ada berbagai macam spot kece yang bisa dipilih dan digunakan sebagai titik jepret. Menarik sekali bukan kawasan satu ini.

Baca: liburan keluarga ke Jatim Park 1

Alamat dan Rute ke Lokasi

Alamat lokasi Coban Rondo berada di daerah pandansari, kecamatan Pujon, kota Batu, Jawa Timur. Menuju ke tempat ini sebenarnya cukup mudah. Dimana, sobat native bisa menggunakan kendaraan pribadi dan juga kendaraan umum yang bisa dijadikan alternatif  bila kondisi jalanan sudah tidak bisa dilewati lagi. akibat macet yang biasa hadir di hari sabtu dan juga minggu.

Baiklah mari kita membahas terlebih dahulu bagi mereka yang menggunakan trasnportasi umum. Dimana, soat native harus masuk terlebih dahulu di kota Malang. Lebih disarankan dengan menggunakan kereta api. Lantaran transportasi ini sangat ramah untuk wisatawan.

Speda ganda
Sewa Sepeda Tqandem. Image via: kontenit.com

Kemudian, lanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkot dengan kode ADL jurusan terminal Landungsari. Kemudian, lanjutkan perjalanan dengan menggunakan bus dengan tujuan Kediri dan turun di daerah pujon. Lalu turun di patung sapi yang terletak di depan pintu gerbang,

Lanjutkan kembali perjalanan menuju ke Coban Rondo dengan menggunakan ojek hingga sampai di tempat wisata. Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi, bisa melewati jalan raya batu hingga ke daerah Pujon. Kemudian temukan beberapa papan petunjuk yang bisa digunakan sebagai pemandu yang sangat baik.

Jarak antara pintu masuk dengan lokasi air terjun masih 2 km lagi. dengan jalanan yang cukup tajam dan sempit. Jadi, sobat native harus berhati-hati.

atv
Persewaan ATV. Image via: hobbyklayapan

Simak: review wisata Coban Talun

Harga Tiket  Masuk

Untuk bisa menikmati objek wisata ini sobat native harus membayar uang sebesar 8 ribu rupiah saja. di tambah dengan uang parkir sebesar 4 ribu rupiah untuk mobil dan 2 ribu rupiah bagi sobat native yang menggunakan kendaraan bermotor.

Coban Rondo adalah sebuah kawasan wisata di kota batu yang memiliki kesempurnaan. Keindahannya memang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Mengunjungi objek wisata ini memang sebuah kewajiban apalagi, bagi sobat native yang ingin melewatkan liburan panjang di Malang. Coban Rondo bisa dijadikan sebagai salah satu rekomendasi wajib.

Coban Rondo, Keindahan Alami di Kaki Gunung Kawi
4.5 (90%) 4 vote[s]

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment