Wisata Ke Coban Tundo Malang, Satu Lokasi 3 Air Terjun

Sekali mendayung, dua pulau terlewati. Sekali berwisata, 3 air terjun ternikmati. Kira-kira itulah gambaran sederhana untuk meukiskan pesona keindahan Coban Tundo yang berada di Malang Jawa Timur.

Coban Tundo, adalah air terjun dimana dalam satu kawasan dan dalam satu jalur air terdapat 3 air terjun dengan karakteristik dan keindahan yang berbeda-beda.

Coban Tundo
Coban Tundo. Sumber : dolandolen.com

Sebetulnya ada 4 air terjun, namun untuk yang ke 4 sangat susah untuk dilalui oleh para pengunjung. Dan hingga sampai saat ini tidak ada keputusan resmi tentang dibolehkannya untuk ke lokasi coban yang ke 4. Jangan nekad ya…

Untuk lebih jelasnya, yuk kita intip lebih dalam tentang Coban Tundo ini.

Pesona Keindahan Dan Ragam Aktivitas Di Coban Tundo

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya, Coban Tundo memiliki 3 air terjun dengan karakterisktik serta keindahan yang berbeda.

1. Coban Tundo Siji

Siji yang berarti satu adalah penyebutan untuk Coban Tundo yang paling atas yang pertamakali dijumpai oleh para pengujung.

Coban Tundo Siji memiliki ketinggian sekitar 5 meter dengan kedalaman 1 hingga 5 meter. Dan lokasi ini merupakan spot yang cocok untuk mandi, selfie, dan berenang.

Bagi kalian yang tidak bisa berenang, cukup di kedalaman yang minim saja ya… dan sebagai pelengkap keamanan, di sana sudah tersedia tempat penyewaan ban pelampung.

Kolamnya juga cukup luas dan dikelilingi oleh pepohonan, sehingga menyajikan keteduhan dan kesegaran air saat berada di lokasi Coban Tundo Siji.

Keindahan Coban Tundo
Keindahan Coban Tundo. Sumber : pesona-nusantara.web.app

2. Coban Tundo Loro

Setelah selesai di Coban Tundo Siji, lanjutkan perjalanan selama 10 menit menuju Coban Tundo Loro. Untuk menuju spot ini, sudah ada tangga untuk mempermudah pengunjung turun.

Di Coban Tundo Loro, traveler masih bisa mandi atau berenang. Hanya saja bagi yang sudah benar-benar ahli atau bisa berenang.

Kedalaman Coban Tundo Loro sekitar 7 sampai 15 meter. Tentu saja bagi yang sudah mahir berenang, lokasi ini menjadi puncak kenikmatan di Coban Tundo.

Mereka bisa loncat dari atas, karena tingginya sama dengan Coban Tundo Siji yaitu 5 meter. Atau terkadang seperti tarzan yang bergelantung pada sebuah akar pohon, kemudian nyemplung di kolam.

Coban Tundo Loro
Coban Tundo Loro. Sumber : merahputih.com

Di Coban Tundo Loro terdapat tempat penyewaan ban pelampung dan warung yang menjajajakan makanan dan minuman.

Bagi kalian yang tidak bisa berenang, nggak usah kecewa. Karena di spot ini kalian bisa melakukan aktivitas hunting foto. Pemandangannya jauh berbeda dengan coban sebelumnya, di sini lebih indah.

Hunting Foto
Hunting Foto. Sumber : jejakpiknik.com

3. Coban Tundo Telu

Coban Tundo Telu atau air terjun yang ke tiga ini memiliki ketinggian 15 meter serta kolam kecil dengan bentuk cekungan dengan arus pusaran yang sangat kuat.

Di Coban Tundo Telu, para pengunjung tidak bisa melakukan aktivitas seperti halnya di Coban Tundo Siji, dan Loro. Terdapat larangan yang wajib dipatuhi oleh setiap pengunjung.

Selalu utamakan keselamatan, karena hakikat dari sebuah wisata adalah mencari kebahagiaan.

Tingginya Coban Tundo Telu
Tingginya Coban Tundo Telu. Sumber : www.lingkarmalang.com

Catatan Penting

Korban yang meninggal di Coban Tundo terjadi di lokasi Coban Tundo Telu. Jadi sekali lagi, berhati-hatilah saat berada di Coban Tundo Telu jangan sampai terpeleset atau memaksakan diri untuk berenang di situ.

Apalagi saat musim hujuan kondisi airnya akan deras. Ingatlah, alam mempunyai kekuatan luar biasa serta karakter yang sulit ditebak, apalagi air.

Meskipun terjadi kejadian yang memilukan, namun tidak menyurutkan para wisatawan untuk berkunjung ke lokasi Coban Tundo, karena keindahannya begitu memikat mata dan sangat recommended untuk kebutuhan konten media sosial kalian.

Yang jelas, selalu berpegang pada prinsip kemanan dan kenyamanan wisata ya… Dan saat datang ke lokasi disarankan berkoordinasi dengan pihak pengelola.

Pesona Coban Tundo Memikat Mata Para Wisatawan
Pesona Coban Tundo Memikat Mata Para Wisatawan. Sumber : twitter.com

Lokasi Dan Alamat Coban Tundo

Lokasi dan alamat Coban Tundo berada di Dusun Sidoasri, Desa Tambak Asrsi, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur – Indonesia.

Rute Atau Jalur Menuju Coban Tundo

Rute atau jalur menuju Coban Tundo jika dari Malang, yang pertama adalah menuju Gadang. Kemudian lanjutkan menuju Kecamatan Bulu Lawang.

Kota Malang Jawa Timur
Kota Malang Jawa Timur. Sumber : www.jatimtimes.com

Setelah itu, lanjutkan perjalanan anda menuju Turen. Kemudian masih terus lanjutkan ke Dampit sampai anda melewati Pasar Dampit sampai ke sebuah perempatan.

Dari perempatan tersebut anda tetap lurus, hingga sampai di sebuah pertigaan dan ambil arah menuju Sukodono sampai anda menemukan papan penunjuk arah ke Coban Tundo.

Setelah itu, lanjutkan perjalanan sampai anda melewati Balai Desa Sukodono sebagai tanda bahwa perjalanan anda sudah tidak jauh lagi menuju parkiran Coban Tundo.

Setelah melewati balai desa, anda akan menuju ke area pemukiman penduduk. Dan area parkiran biasanya di perkampungan atau dusun tersebut. karena cukup riskan untuk membawa kendaraan sampai ke lokasi Coban Tundo. Kalau mobil jelas tidak bisa.

Dari pemukiman penduduk, anda bisa lanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojeg dengan tarif berkisar Rp. 35.000 sampai Rp. 50.000, tergantung kalian pintar-pintar adu tawar harga.

Oh iya, jarak dari Malang menuju Coban Tundo sekitar 60 kilometer dengan total waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan.

Harga Tiket Masuk Coban Tundo

Harga tiket masuk Coban Tundo adalah :

  • Tiket Masuk                : Rp. 5.000 per orang
  • Parkir                           : Rp. 5.000 per unit
  • Ongkos Ojeg               : Rp. 30.000 – Rp. 50.000 per orang
  • Sewa Ban Pelampung : Rp. 5.000 per orang

Jam Operasional Coban Tundo

Jam operasional Coban Tundo dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.00 dari hari Senin sampai dengan hari Minggu.

Tips Wisata Menuju Coban Tundo

Bagi kalian yang hendak menuju ke Coban Tundo, ada baiknya mempertimbangkan beberapa tips wisata ini :

  • Usahakan berwisata ke Coban Tundo jangan di musim hujan, karena debit air serta arusnya airnya kuat
  • Baiknya berwisata ke Coban Tundo tidak sendirian, karena lokasinya jauh dari pemukiman penduduk
  • Selalu berhati-hati, dan utamakan keselamatan ya… jangan sampai bertingkah yang kebablasan
  • Jika kalian ingin berenang, cukup di Coban Tundo Siji ! jangan melanggar batas larangan.
  • Selalu patuhi protokol kemanan dan kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pihak pengelola
  • Pastikan kondisi anda sehat dan stamina yang prima, karena jika tidak menggunakan ojeg, maka kalian harus menempuh dengan cara berjalan kaki.
  • Jangan lupa untuk membawa perlengkapan mandi, serta perbekalan. Meskipun di sana terdapat warung, namun untuk ragam makanan berat belum banyak ragamnya.
  • Jangan merusak lingkungan sekitar, dan jangan membuang sampah sembarangan.
  • Jangan lupa untuk membawa kamera anda untuk mengabadikan momen keindahan saat berada di Coban Tundo.

Penginapan Di Coban Tundo

Tidak ada penginapan tepat di lokasi Coban Tundo. Namun jika kalian hendak menginap, bisa kalian dapatkan penginapan di daerah Sumbermanjing Wetan.

Di Sumbermanjing, kalian akan mendapatkan ragam penginapan dengan berbeda type, dengan harga rata-rata di bawah Rp. 250.000.

Penutup

Itulah review Coban Tundo, semoga menjadi referensi awal bagi anda yang berencana mengisi waktu liburan di objek wisata yang bertemakan alam.

Jangan pernah “mempermainkan” alam, karena alam mempunyai kekuatan dan karakter yang sulit untuk ditebak.

Nikmati saja, dan syukuri bahwa alam adalah karunia dari sang maha pencipta.

Baca juga:

Leave a Comment