Air Terjun Tarzan, 1 dari 3 Air terjun di Kompleks Coban Jahe

Air terjun Tarzan, merupakan 1 dari 3 serangkai air terjun di Curug Jahe. Air terjun ke 2 ini baru dikembangkan secara serius sejak pertengahan 2018. Setelah sebelumnya pengembangan hanya fokus di Curug Jahe.

Air terjun Tarzan, merupakan 1 dari 3 serangkai air terjun di Curug Jahe. Air terjun ke 2 ini baru dikembangkan secara serius sejak pertengahan 2018
Coban Tarzan. Image via: @ninakiiim

Nama Tarzan yang dipakai untuk coban ini bukanlah nama tokoh raja rimba yang ada di film Hollywod. Nama itu adalah nama orang, Pak Tarzan. Dia merupakan pria yang singgah, lalu menetap dan kemudian tinggal di sekitar area coban tersebut.

Coban Tarzan bukan cuma punya nama yang unik saja. Panorama di sekitarnya pun sangat memikat. Berada di kaki Gunung Bromo, menjadikan udara di sekitar air terjun di Malang ini sangat sejuk. Sensai petualangan akan sangat terasa jika berkunjung ke lokasi ini.

Letaknya yang jauh tersembunyi di dalam hutan, membuat pengunjung harus berjalan kaki untuk mencapai lokasi. Perjalanan ditemani hamparan hijau perkebunan dan hutan belantara. Juga jurang di kanan dan kiri jalan setapak yang dilalui.

Coban Jahe, dekat Air terjun Tarzan.
Coban Jahe, dekat Air terjun Tarzan. Image via: @anshani16

Simak juga: 19 lokasi wisata populer di Malang

Lokasi Air Terjun Tarzan

Air Terjun Tarzan ini  terletak di Desa Pandansari, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Untuk sampai disana, harus menempuh perjalanan sekitar 20 kilometer dari Bandara Abdulrachman Saleh atau exit tol Pakis.

Rute Menuju Air Terjun Tarzan

Untuk menuju ke Air Terjun Tarzan, rutenya sama dengan menuju Coban Jahe. Hal ini akrena mereka berdua ada dalam 1 kawasan. Terdapat dua rute yang bisa pengunjung pilih.

Dari arah kota malang pengunjung bisa lewat Jl. LA Sucipto – Blimbing – Tumpang atau jalur Kedungkandang – kecamatan pakis lewat Jl. Ampel Dento – Raya Asrikaton – lalu Tumpang. Tak jauh dari gerbang masuk kecamatan  Tumpang terdapat sebuah papan penunjuk jalan ke Coban Jahe yang ada di kanan jalan pertigaan.

Dari sana jarak ke coban hanya sekitar 7 KM. Ikuti saja papan penunjuk jalan yang bisa menuntun menuju lokasi.

Hiking di Alam yang Hijau sekitar 150 meter menuju air terjun tazan.
Hiking di Alam yang Hijau. Image via: dakatour.com

Bagi yang menggunakan kendaraan roda empat, bisa memarkir kendaraannya di sekitar taman makam pahlawan kali jahe, namun jika kendaraan cukup tangguh maka traveller bisa melanjutkan perjalanan dan memarkirnya di halaman parkir wana wisata Coban Jahe yang jaraknya hanya 100 m dari TMP.

Air Terjun Tarzan terletak di dalam hutan.  Jaraknya tidak begitu jauh, hanya sekitar 2 kilometer dari pintu masuk Coban Jahe 3. Jalannya pun masih tanah sehingga harus hati-hati karena permukaannya licin. Terutama jika habis hujan.

Jam Buka Air Terjun Tarzan

Tempat wisata air terjun Tarzan di Malang ini buka dari pukul 7 pagi hingga 5 sore.

Pesepeda pun bisa mencapai air terjun tarzan.
Pesepeda pun bisa. Image via: @ika_fendika

Simak juga: Riau juga punya taman bunga Celosia

Tiket Air Terjun Tarzan

Untuk bisa menikmati tempat wisata yang ada di Malang ini, pengunjung tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Cukup membayar tiket masuk ke air terjun di Malang ini sebesar Rp 10.000 per orang.

Kalau kamu membawa kendaraan, ada biaya parkir kendaraan roda dua sebesar Rp 2.000 dan roda empat sebesar Rp 5.000. Hanya dengan biaya kurang dari Rp20.000, kamu sudah memiliki akses ke dua coban, yaitu Coban Jahe 3 dan Coban Tarzan.

Fasilitas Air Terjun Tarzan

Saat datang ke air Terjun Tarzan, pengunjung harus membawa bekal yang cukup. Walau sebenernya tidak terlalu jauh dari Curug tarzan, telah ada curug Jahe, yang memiliki fasilitas lengkap.

Wanawisata ini belum memiliki fasilitas seperti warung makan, dan sebagainya. Jangan lupa mengenakan alas kaki yang aman dan nyaman, mengingat medan yang cukup ekstrim.

Daya Tarik Air Terjun Tarzan

  1. 3 Air terjun

Coban Jahe, Air terjun tertinggi dalam 3 serangkai.
Coban Jahe, Air terjun tertinggi dalam 3 serangkai. Image via: @0fhi99

Air Terjun Tarzana tau curug tarzan, merupakan 1 dari 3 serangkai air terjun di komleks Curug Jahe. Kompleks air terjun ini menarik untuk ditelisik. Keindahan di sekitarnya masih terasa sangat alami dan nampak cantik. Berkunjung ke Coban Tarzan Ibarat kata peribahasa, pengunjung bisa ‘sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui.’

Untuk mencapai curug Tarzan dari fasilitas wisata curug jahe memerlukan eprjalnans ekitar 150 meter saja. Meski hanay 15 menit perjalanan, lintasan itu lumayan juga. Lintasan berbukit dan sedikit menanjak, menantang pengunjung untuk menjaga stamina.

Air Terjun Tarzan ini memang lebih kecil dari coban jahe, yang menjadi coban utama di kompleks wisata itu, namun tetap indah, dengan suasana alam yang masih alami dan hijau menyegarkan.

  1. Fasilitas Lengkap

Kampung Pohon menyediakan fasiltas rumah makand anpenginapan di dekat air terjun tarzan.
Kampung Pohon. Image via: travelingyuk.com

Simak juga: Wisata Premium di Pulau Telunas

Karena jarak yang haaya 150 meter dari lokasi coban jahe maka bisa dipandang segala fasilitas pendukung coban jahe tentu juga bsia dimanfaatkan oleh pengunjung air terjun Tarzan. Begitu sampai di dekat area parkir, pengunjung disambut uniknya area Kampung Pohon.

Di sini pengunjung bisa sempatkan berswafoto sembari menikmati hidangan di Kampoeng Pohon. Tersedia sejumlah fasilitas penunjang seperti toilet serta musholla bersih. Jika ingin, kalian juga bisa kok makan di warung lain di sekitar sini.

Fasilitas di sekitar air terjun juga cukup memadai. Ada sejumlah tempat duduk yang bisa pengunjung manfaatkan untuk bersantai sembari mengagumi keindahan sekitar. Mau piknik ala-ala juga bisa karena ada meja luas di sini.

Usai puas menikmati eloknya air terjun, pengunjung bisa coba menguji nyali dengan menjajal aktivitas outdoor arung jeram atau river tubing. Sungai di sekitar air terjun ini memang memiliki arus lumayan deras, sangat cocok untuk aktivitas susur sungai. Jika tertarik, kalian tinggal menghubungi operator setempat untuk pendaftaran.

  1. Indian Camp

Walau selama ini Indian camp lebih diidentikkan dengan coban jahe, namun mengingat kenyataan bahwa 2 air terjun ini adalah 1 kompleks, maka pengunjung air terjun Tazan juga dapat menikmati Indian camp ini.
Indian camp. Image via: travelingyuk.com

Walau selama ini Indian camp lebih diidentikkan dengan coban jahe, namun mengingat kenyataan bahwa 2 air terjun ini adalah 1 kompleks, maka pengunjung air terjun Tazan juga dapat menikmati Indian camp ini.

Cukup sekali membayar tiket masuk, pengunjung sudah bisa nikmati beragam wahana di sekitar. Semua area camp dihias dengan warna-warna cerah. Kesannya jadi makin menarik dan Instagramable.

Sesuai namanya, Indian Camp merupakan miniatur kampung Suku Indian. Di sini pengunjung bisa rasakan sensasi bermalam ditemani suara gemericik air. Pastinya bakal jadi pengalaman unik dan tak terlupakan.

Tenda ini berukuran kurang lebih satu kali satu setengah meter. Cukup untuk menampung dua orang dewasa dan empat anak-anak. Tersedia pula sarana pendukung lain seperti mushola dan toilet. Jadi Teman Traveler tak perlu ragu jika ingin liburan atau bermalam di sini.

Pengunjung yang ingin mencoba menginap di sini, harganya lumayan terjangkau kok. Pengunjung cukup membayar Rp 100.000 per malam. Tarif tersebut sudah termasuk kopi dan sajian sarapan.

Ngopi sejenak. di air terjun tarzan
Ngopi sejenak. Image via: https://www.instagram.com/bernardusandre/

Simak juga: Legoi Bay, pantai modern di Pulau Bintan

Objek Wisata Dekat Air Terjun Tarzan

Tidak salah memang jika malag dikenal sebagai pusat wisata atau kota wisata nya jawa tiomur. JAngnkan di wilayah malang, did alam area kecamatan Jabung sajam terdapata nek ajenis objek wisata. Salah satu yang populer di Jabung adalah Desa wisata Taji.

Saat sudah memasuki kawasan Desa Wisata Kopi Taji, maka Anda akan mendapat banyak pemandangan indah yang ciamik. Selain itu, ada banyak spot foto dengan background Gunung Semeru, Gunung Lawangan, Gunung Kukusan, hingga Gunung Arjuno dan Gunung Kawi yang memang memutari kawasan tersebut.

Kemudian, kecamatan Jabung juga memiliki Desa Ngadirejo. Dalam 1 desa ini saja terdapat beberapa objek wisata, yang semuanya pantas untuk dikunjungi. Terdapat 3 air terjun terkenal di desa ini, yaitu coban Jodo, Coban Arema, dan coban Jidor. Selain itu juga terdapat wisata Sumber Urip dan Parang Tetes serta kuliner khasnya yaitu sambal bakar, kripik singkong bervarian rasa dan donat singkong.

Demikian sekilas soal keindahan wisata di Air terjun ke-dua dari 3 serangkai air terjun di Curug Jahe. Semoga gambaran singkat ini, bsia menambah keingin tahuan ada, dan mendorong untuk mengunjunginya begitu peringatan soal wabah berakhir.

Baca juga:

Leave a Comment