Pesisir Kalianda, Dipayungi Gunung Rajabasa Dihiasi Pesona Teluk Lampung

Bertempat di kaki Gunung Rajabasa, kalianda dibatasi oleh pantai sepanjang Teluk Lampung. Dengan Garis pantai mencapai 200 kilometer lebih, menjadikan kota ini populer dikunjungi para wisatawan. Kecamatan ini, sebuah kota kecil yang menyimpan banyak keindahan.

Pesisir Kalianda Bertempat di kaki Gunung Rajabasa kalianda dibatasi oleh pantai sepanjang Teluk Lampung. Dengan Garis pantai mencapai 200 kilometer lebih, menjadikan kota ini populer dikunjungi para wisatawan. Kalianda, sebuah kota kecil yang menyimpan banyak keindahan.
Pesisir Kalianda. Image via: akutj.id

Seru dan menyenangkan mungkin dua kata itu yang bisa mewakilkan perasaan ketika berkunjung ke Pantai Kalianda. Menjelajahi wisata alam di Lampung memang tidak akan pernah habis, karena Lampung memang terbukti menyimpan aneka ragam keindahan alam yang menakjubkan.

Dari pelabuhan Bakaheuni mengikuti jalur lintas barat Sumatera, kita bisa mampir ke pesisir Kalianda sebelum sampai di Bandar Lampung. Ada beberapa deretan pantai cantik yang terbentang di sepanjang Pesisir pantai yaitu Tapak Kera, Kedu, Marina, Batu Lapis, Merak Belantun, Sebalang, dan lainnya.

Semuanya memiliki panorama surgawi. Nampaknya perlu bermalam jika kita ingin menikmati pantai-pantai di Kalianda ini.

Pantai pantai ini cocok untuk menikmati  berbagai macam kegiatan pantai. Mulai dari main pasir, berenang, bersantai, berjemur, hingga menikmati sunset.

Pantai pantai pesisir Kalianda  cocok untuk menikmati  berbagai macam kegiatan pantai. Mulai dari main pasir, berenang, bersantai, berjemur, hingga menikmati sunset.
Sunset di Pesisir Kalianda. Image via: @inilampungyay

Simak juga: 13 Pilihan Wisata Menawan di Lampung

Lokasi Kalianda

Kalianda adalah sebuah  kecamatan di Kabupaten Lampung Selatan. Kecamatan ini terletak di kaki Gunung Rajabasa. Kecamatan ini memiliki pesisir yang penuh dengan pantai-pantai Indah. Pantai-pantai itu terletak di tepi pantai di sepanjang Teluk Lampung.

Rute Menuju Kalianda

Perjalanan Anda dimulai dari Bandar Lampung, kira-kira 65 kilometer ke arah Kalianda yang merupakan Ibukota dari Kabupaten Lampung Selatan. Perjalanan melewati Jalur Lintas Sumatera, atau lebih dikenal dengan nama Jalan by pass. Lama perjalanan dari Bandar Lampung ke Kecamatan ini sekitar 1.5 jam.

Begitu tiba di Kalianda, pengunjung akan melihat Masjid Agung di depan Kantor Bupati Lampung Selatan. Dari sini Anda keluar by pass dan belok ke kanan menuju Kota Kalianda.

Beberapa maskapai penerbangan Sriwijaya Air, Batavia, Lion, dan Garuda melayani rute penerbangan dari Bandara Soekarno Hatta, Jakarta, menuju Bandara Raden Inten II, Lampung Selatan. Perjalanan selanjutnya ditempuh dengan Bis umum atau kendaraan pribadi.

Travel juga banyak tersedia, jadwal biasanya start jam 8-10 pagi dan 8-10 malam tergantung area jemputan. Kisaran harga Rp. 170.000,- plus biaya penjemputan.

Kecamatan Kalianda terletak di kaki Gunung Rajabasa. Kecamatan Kalianda memiliki pesisir yang penuh dengan pantai-pantai Indah
Pesisir Kalianda. Image via: superadventure.co.id

Jam Buka Kalianda

Pantai-pantai di pesisir Kalianda, yang sudah dikelola secara khusus sebagai objek wisata biasanya memiliki jam operasional mulai pukul 08:00 sampai 16:00.

Tiket Kalianda

Untuk harga tiket pantai-pantai di pesisir Kalianda bervariasi. Namun umumnya berada di angka Rp. 20.000 per orang. Tapia da juga beberapa yang gratis, khususnya yang belum di kelola secara khusus dan belum tersedia fasilitas pendukung.

Fasilitas Kalianda

Beberapa pantai di Kalianda sudah memiliki fasilitas yang memadai. Seperti wahana permainan tradisional, gazebo, kantin, lapangan voli pantai, lapangan sepakbola mini, mushola, toilet, spot foto dan bumi perkemahan.

Kedai dan pujasera yang disediakan juga mempunyai menu yang beragam. Kedai dan kantin yang menghadap langsung ke pantai bisa akan memberikan sensasi makan yang berbeda bagi para pengunjung.

Untuk tempat perkemahan biasanya ramai saat ada acara komunitas atau saat perayaan malam tahun baru.

Daya Tarik Kalianda

Dari sekian banyak pantai indah yang berserakan di sepanjang pesisir kalianda, kami coba ulas beberapa diantaranya. Dari yang cocok untuk penikmat matahari tenggelam, untuk berkemah.

  1. Pantai Kedu

Berjarak hanya lima menit dari pusat kota Kalianda, Pantai Kedu dikenal akan pemandangan matahari terbenam yang sesekali jingga sepenuhnya.
Shipwreck Pantai Kedu. Image via: travel.tribunnews.com

Simak juga: Alun Alun kidul Yogyakarta

Berjarak hanya lima menit dari pusat kota Kalianda, Pantai Kedu dikenal akan pemandangan matahari terbenam yang sesekali jingga sepenuhnya. Namun di waktu lain malah memperlihatkan ledakan warna lain nan memesona.

Pemandangan pantai jadi kian dramatis dengan keberadaan shipwreck tepat di bibir pantai. Dengan topografi cukup landai, pantai di Pesisir Kalianda Lampung ini cocok dijadikan destinasi bagi pengunjung yang ingin leyeh-leyeh berteman debur ombak dan sepoi angin menyejukkan.

Ditambah pemandangan berupa megah Gunung Rajabasa dan Krakatau di kejauhan, pesisir satu ini siap menambat hati siapapun yang sudi mampir.

  1. Pantai Merak Belantung

Salah satu pesisir di wilayah Kalianda, Lampung Selatan, ini selalu jadi favorit wisatawan. Terutama mereka yang membawa anak.
Pantai Merak Belantung. Image via: infolpg.com

Salah satu pesisir di wilayah Kalianda, Lampung Selatan, ini selalu jadi favorit wisatawan. Terutama mereka yang membawa anak. Wajar saja, lantaran destinasi dengan bibir pantai cukup lantai ini sangat cocok dijadikan tempat untuk berenang dan bersantai.

Keseruan berkunjung ke Pantai ini ditunjang dengan ragam pilihan akomodasi yang berada tak jauh dari Pantai Merak Belantung. Kelengkapan ini membuat kawasan tersebut jadi destinasi favorit akhir pekan bagi banyak sedikit keluarga.

  1. Pantai Teluk Nipah

Ombak salah satu pantai pesisir kalianda ini terbilang tenang dengan pemandangan menawan berupa tebing-tebing tinggi, serta pepohonan nipah yang rindang.
Pantai Teluk Nipah. Image via: radarlamsel.com

Simak juga: Bukit Parang Endog Jogja

Setidaknya ada tiga pantai di wilayah Teluk Nipah, yakni Pantai Sudul, Pantai Teluk Nipah, dan Pantai Marina. Ciri khas pesisir di sini adalah batu-batu besar yang menjorok ke laut. Ombak pantai ini juga terbilang tenang dengan pemandangan menawan berupa tebing-tebing tinggi, serta pepohonan nipah yang rindang.

Dengan letaknya yang belum familiar bagi kebanyakan pelancong, Pantai Teluk Nipah disebut surga tersembunyi di Lampung Selatan. Cocok bagi Anda yang mendambakan ketenangan dan lepas dari aktivitas sehari-hari yang padat.

  1. Pantai Bagus Kalianda

Pantai Bagus Kalianda atau Pantai Bagoes merupakan satu dari deretan Pesisir Kalianda Lampung. Meski belum se-tenar pantai-pantai lainnya, namun panorama yang disajikan tidak bisa disepelekan dan bisa dibilang istimewa.

Ombak di salah satu pantai kalianda ini relatif aman untuk mandi. Lingkungan pantai yang bersih juga akan membuat suasana anda semakin nyaman.
Pantai Bagus Kalianda. Image via: @efx_21

Pantai ini terletak di Desa Merak Belatung, Kecamatan Kalinda. Lokasinya tak jauh dari Pantai Embe dan Juga Grand Elty Krakatoa. Lokasinya juga terletak di pinggir jalan Lintas Trans Sumatera, sehingga aksesnya pun mudah.

Ombak di pantai ini pun relatif aman untuk mandi. Lingkungan pantai yang bersih juga akan membuat suasana anda semakin nyaman. Fasilitas kamar bilas, pondokan, mushola juga telah disediakan di pantai ini. Di pondokan anda akan lebih santai menyaksikan pemandangan laut.

Kenyamanan akan semakin terasa karena adanya banyak pohon-pohon besar di sekitar pantai. Pohon ini menciptakan suasana yang sejuk untuk anda. Udara yang dihasilkan dari vegetasi pohon pun cukup sejuk untuk dihirup.

  1. Pantai Laguna

Pantai ini memiliki panorama yang menakjubkan. Pantai dengan pasir putih nan halus ini juga menghadap ke Gunung Rajabasa. Gunung dengan ketinggian 1281 Mdpl ini berdiri gagah di seberang laut sehingga membentuk pemandangan yang sangat cantik.

Pantai Laguna di pesisir kalianda ini memiliki panorama yang menakjubkan. Pantai dengan pasir putih nan halus ini juga menghadap ke Gunung Rajabasa.
Pantai Laguna. Image via: jejakpiknik.com

Simak juga: Bukit Tuamese Timor

Halusnya pasir pantai sangat cocok untuk bermain dan bercengkerama. Ombak pantai juga tergolong tenang. Mandi di ombak dan bermain pasir basah sangat menyenangkan ketika anda berkunjung.

Pondokan dari atap daun dan tiang dari batang kayu juga berjejeran disini. Pondok tersebut memberikan suasana khas pantai yang sangat kental. Anda bisa duduk dipondokan sembari minum air dugan dan menikmati pemandangan laut yang menawan.

Yang tidak boleh anda lewatkan adalah sunset di pantai ini. Matahari tenggelam menciptakan warna jingga di atas lautan yang nampak sangat mempesona. Salah satu daya tarik utama ketika berkunjung ke pantai ini adalah kenampakan sunset nya. Ada berbagai tipe spot untuk menyaksikan sunset.

  1. Pantai Embe

Pantai Embe sudah ditata kekinian. Beberapa spot untuk berswafoto telah dibuat oleh pengelola.
Pantai embe. Image via: @LampungEksis

Saat ini juga Pantai Embe sudah ditata kekinian. Beberapa spot untuk berswafoto telah dibuat oleh pengelola. Objek foto seperti patung selancar, susuan kayu dan batang kayu menyerupai ular menjadi spot yang menarik banyak pengunjung, terutama mereka para kaula muda.

Spot-spot foto tersebut memang memberikan hasil jepretan yang instgramabel. Dengan paduan objek foto kekinian yang khas, pantai berpasir putih dan background Gunung Rajabasa yang gagah bisa menghasilkan perpaduan yang menakjubkan.

Selain menikmati pemandangan yang ada, pengunjung juga bisa mandi di laut. Pengelola juga telah memberi batas atau tanda aman untuk para pengunjung yang akan berenang atau bermain di laut Pantai Embe. Setelah bermain atau mandi di lautan, pengunjung bisa membersihkan di kamar bilas yang nyaman.

Pesona yang disajikan di Pantai Embe ini bisa dijadikan salah satu tempat untuk berlibur bersama keluarga. Tempat ini juga menyediakan beberapa spot yang ramah untuk anak-nak bermain. lokasinya yang luas juga bisa memberikan mereka ruang gerak yang leluasa.

Memandangi Gunung Rajabasa dari pantai pesisir kalianda.
Memandangi Rajabasa. Image via: ghotel.co.id

Simak juga: Air terjun Sidoharjo

Objek Wisata Dekat Kalianda

Selain di kecamatan kalianda, Lampung selatan juga memiliki pantai di kecamatan lain. Sebut saja pantai Suak di kecamatan Sidomulyo. Pantai Suak kondisinya relatif masih alami dan sepi. Selain berenang, memancing dan bermain kayak traveler bisa pula menyewa perahu untuk menyambangi Anak Gunung Krakatau.

Lampung Selatan juga memiliki pemandian air panas. Salah satunya adalah Way Panas yang terletak di desa Merak Batin-Natar. Hal yang menarik dari pemandian air panas Way Panas di Natar ini adalah sumber airnya yang tidak mengandung belerang. Sehingga saat berendam di kolam Pengunjung tidak akan mencium bau menyengat seperti di pemandian air panas pada umumnya.

Apakah Anda tertarik berkunjung ke Pantai-Pantai di Pesisir Kalianda Lampung? Tentukanlah waktu yang tepat. Perkiraan cuaca juga sangat penting demi keamanan bersama. Jangan lupa pakai pula pakaian yang nyaman untuk aktifitas Pantai.

Baca juga:

Leave a Comment