Pesisir Kalianda, Harmoni Gunung Rajabasa Dan Teluk Lampung

Pesisir Kalianda, menjadi salah-satu mahkota wisata bagi Provinsi Lampung. Karena Pesisir Kalianda menjadi kawasan berjuta wisata, dengan berjuta keindahan.

Kalianda adalah sebuah kecamatan yang terletak di Kabupaten Lampung Selatan. Lebih terkenal dengan sebutan Pesisir Kalianda, karena lokasinya berbatasan dengan Teluk Lampung, dan berada di Kaki Gunung Rajabasa.

pesisir kalianda lampung
pesisir kalianda lampung. google maps. sumber: lh5.googleusercontent.com

Lokasi tersebut, menjadikan Kalianda sebagai kawasan yang dinugerahi banyaknya objek wisata alam, terutama wisata pantai, yang sangat terkenal sebagai wisata Lampung yang populer.

Jadi, sebuah keuntungan bagi para wisatawan yang datang ke Pesisir Kalianda. Karena di Kecamatan Kalianda, terdapat beragam wisata Kalianda yang jaraknya tidaklah terlalu jauh satu sama lain.

Dan inilah review Pesisir Kalianda Lampung yang wajib anda ketahui !

Simak juga: 13 Pilihan Wisata Menawan di Lampung

Lokasi Kalianda

Kalianda adalah sebuah  kecamatan di Kabupaten Lampung Selatan. Kecamatan ini terletak di kaki Gunung Rajabasa. Kecamatan ini memiliki pesisir yang penuh dengan pantai-pantai Indah. Pantai-pantai itu terletak di tepi pantai di sepanjang Teluk Lampung.

Rute Menuju Kalianda

pesona pesisir kalianda
pesona pesisir kalianda. google maps. sumber: lh5.googleusercontent.com

Perjalanan Anda dimulai dari Bandar Lampung, kira-kira 65 kilometer ke arah Kalianda yang merupakan Ibukota dari Kabupaten Lampung Selatan. Perjalanan melewati Jalur Lintas Sumatera, atau lebih dikenal dengan nama Jalan by pass. Lama perjalanan dari Bandar Lampung ke Kecamatan ini sekitar 1.5 jam.

Begitu tiba di Kalianda, pengunjung akan melihat Masjid Agung di depan Kantor Bupati Lampung Selatan. Dari sini Anda keluar by pass dan belok ke kanan menuju Kota Kalianda.

Beberapa maskapai penerbangan Sriwijaya Air, Batavia, Lion, dan Garuda melayani rute penerbangan dari Bandara Soekarno Hatta, Jakarta, menuju Bandara Raden Inten II, Lampung Selatan. Perjalanan selanjutnya ditempuh dengan Bis umum atau kendaraan pribadi.

Travel juga banyak tersedia, jadwal biasanya start jam 8-10 pagi dan 8-10 malam tergantung area jemputan. Kisaran harga Rp. 170.000,- plus biaya penjemputan.

Jam Buka Kalianda

Pantai-pantai di pesisir Kalianda, yang sudah dikelola secara khusus sebagai objek wisata biasanya memiliki jam operasional mulai pukul 08:00 sampai 16:00.

Tiket Kalianda

Untuk harga tiket pantai-pantai di pesisir Kalianda bervariasi. Namun umumnya berada di angka Rp. 20.000 per orang. Tapia da juga beberapa yang gratis, khususnya yang belum di kelola secara khusus dan belum tersedia fasilitas pendukung.

Fasilitas Kalianda

alam di pesisir kalianda
alam di pesisir kalianda. google maps. sumber: lh5.googleusercontent.com

Beberapa pantai di Kalianda sudah memiliki fasilitas yang memadai. Seperti wahana permainan tradisional, gazebo, kantin, lapangan voli pantai, lapangan sepakbola mini, mushola, toilet, spot foto dan bumi perkemahan.

Kedai dan pujasera yang disediakan juga mempunyai menu yang beragam. Kedai dan kantin yang menghadap langsung ke pantai bisa akan memberikan sensasi makan yang berbeda bagi para pengunjung.

Untuk tempat perkemahan biasanya ramai saat ada acara komunitas atau saat perayaan malam tahun baru.

Daya Tarik Pesisir Kalianda Lampung Selatan

gunung rajabasa
gunung rajabasa. google maps. sumber: lh5.googleusercontent.com

Daya tarik dari Pesisir Kalianda didominasi oleh keindahan alam pantainya. Keberadaan Gunung Rajabasa, serta Teluk Lampung memberi anugerah keindahan alam yang mempesona.

Beda lokasi, tentu saja beda pesona keindahan, serta karakteristik pantainya. Dan inilah beberapa pantai yang ada di Pesisir Kalianda :

1. Pantai Kedu

pantai kedu kalianda
pantai kedu kalianda. google maps. sumber: lh5.googleusercontent.com

Pantai pertama yang ada di Pesisir Kalianda adalah Pantai Kedu. Lokasi dan alamat Pantai Kedu berada di Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung.

Harga tiket masuk Pantai Kedu Kalianda :

  • Rp. 5.000 per orang
  • Rp. 15.000 untuk tiket masuk, dan parkir motor
  • Rp. 20.000 untuk tiket masuk dan biaya parkir mobil.

Pesona keindahan dari Pantai Kedu, selain dari panorama alam pantainya, tetapi pantai tersebut terkenal dengan spot café yang sangat instagramable.

2. Pantai Laguna

pantai laguna kalianda
pantai laguna kalianda. google maps. sumber: lh5.googleusercontent.com

Daya tarik selanjutnya dari pantai yang ada di Pesisir Kalianda adalah pesona keindahan Pantai Laguna. Pantai yang terkenal memiliki pasir putih, dan ombaknya yang tidak terlalu besar.

Yang spesial dari Pantai Laguna adalah paduan panorama Gunung Rajabasa yang terletak diseberang Pantai Laguna, dengan keindahan pantai itu sendiri.

Lokasi dan alamat Pantai Laguna berada di Desa Desa Ketapang, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung.

Harga tiket masuk Pantai Laguna hanya Rp. 10.000 saja per orang.

3. Teluk Nipah

pantai teluk nipah kalianda
pantai teluk nipah kalianda. google maps. sumber: lh5.googleusercontent.com

Teluk Nipah, adalah teluk yang memiliki tiga pesona keindahan pantai. Yaitu :

  • Pantai Sudul
  • Pantai Marina
  • Pantai Teluk Nipah

Lokasi dan alamat Teluk Nipah berada di Desa Bulok, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung.

Selain dari tiga pantai tersebut, di Pesisir Kalianda terdapat pantai – pantai lainnya yang memiliki panorama alam yang sangat indah. Seperti :

  • Pantai Embe
  • Pantai Bagus Kalianda
  • Pantai Merak Belantung

Penutup

Itulah informasi seputar Pesisir Kalianda, semoga menjadi referensi awal bagi anda yang masih kebingungan menentukan lokasi wisata saat liburan tiba.

Selalu patuhi protokol kesehatan, dan protokol keamanan ya…


Leave a Comment