Pantai Wartawan, Nama Dan Spot Wisatanya Unik

Namanya sangat simple, tapi mengundang penasaran orang-orang, itulah Pantai Wartawan yang berada di Kabupaten Lampung Selatan.

Tentu saja penamaan setiap tempat, terutama objek wisata tidak terlepas dari “sasakala” nya. Sebagai contoh, nama Tangkuban Parahu diambil dari legenda Sangkuriang yang menendang perahu ( dalam bahasa Sunda disebut Parahu ), Situ Bagendit di Kabupaten Garut diambil dari legenda Nyi Endit, Ombak Bono diambil dari proses terjadinya ombak yang disebut Bono.

Lalu bagaimana dengan Pantai Wartawan? Ya sudah pasti penamaan “Wartawan” tetap tidak bisa lepas dari nilai historinya.

Pantai ini pada mulanya dikelola oleh warga lokal yang berprofesi sebagai pencari dan penulis berita, atau disebut sebagai wartawan. Pada akhirnya disepakati nama untuk pantai tersebut adalah Pantai Wartawan.

Pantai Wartawan
Pantai Wartawan. Sumber : wisatasumatera.com

Keberadaan Pantai Wartawan dengan Anak Gunung Krakatau menjadi satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Keberadaan Anak Gunung Krakatau menjadi faktor utama adanya spot wisata utama di Pantai Wartawan, yaitu sumber air panas.

Fenomena di luar kebiasaan ketika sumber air panas berada di pantai. Maka inilah wisata pantai yang wajib anda kunjungi bersama keluarga.

Anak Gunung Krakatau
Anak Gunung Krakatau. Sumber : www.indonesiakaya.com

Spot Wisata Pantai Wartawan

Keunikan Pantai Wartawan tidak berhenti dari namanya saja, inilah ragam wisata yang ada di pantai tersebut :

1. Sumber Air Panas

Lumrahnya wisata sumber air panas berada di lokasi gunung-gunung yang berstatus gunung berapi aktif. Tetapi berbeda dengan objek wisata yang satu ini. sumber air panas dapat dikunjungi oleh wisatawan yang lokasinya berada di pantai.

Sumber air panas menjadi destinasi utama pantai ini, karena fenomena alam seperti itu sangat jarang ditemui. Sebuah sensasi wisata yang luar biasa, merasakan dua jenis air yang berbeda, yaitu air laut dan air panas.

Proses terjadinya air panas tersebut diakibatkan posisi Pantai Wartawan yang berdekatan dengan Anak Gunung Krakatau. Sebagaimana diketahui bersama Anak Gunung Krakatau adalah gunung berapi yang memiliki status aktif.

Air panas terjadi dari belerang Anak Gunung Krakatau. Namun uniknya tidak bercampur rasa meskipun berada di Pantai wartawan. Air panas tersebut tidak menjadi asin.

Suhu yang dihasilkan dari sumber air panas tersebut mencapai 80 derajat celcius, sehingga pengunjung harus berhati-hati jangan sampai mencelupkan langsung anggota badan ke mata air tersebut.

Sumber air panas di Pantai Wartawan dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Tetapi pengunjung harus pandai memilih dimana letak suhu air yang tidak terlalu panas.

Sebagai catatan bahwa sumber air panas tersebut hanya terjadi saat air laut surut. Saat pasang sumber mata air panas akan tertutupi oleh air laut.

Sumber Air Panas Pantai Wartawan
Sumber Air Panas Pantai Wartawan. Sumber : liburanlampung.blogspot.com

2. Pesona Pemandangan Yang Memukau

Pantai Wartawan adalah salah-satu pantai yang ada di provinsi lampung yang memiliki keindahan pemandangan yang memukau.

Birunya air laut, serta pemandangan ke arah gugusan Krakatau menjadi pesona yang tidak boleh terlewatkan saat berkunjung ke sana.

Kehadiran Anak Gunung Krakatau dengan indahnya Pantai Wartawan menjadi hal yang tidak dapat dipisahkan. Keindahan ke duanya seolah-olah bergantung satu sama lain.

Bagi yang hobi berenang, Pantai Wartawan boleh untuk dijajal juga. Karena air lautnya bersifat tenang dan aman.

Satu hal lagi yang wajib dinikmati saat berlibur ke Pantai Wartawan adalah panorama pemandangan alam saat sunset.

Jangan khawatir, di sana sudah banyak warung-warung yang menjajakan makanan dan minuman. Para pengunjung tinggal menikmati saja suasana yang ada di sana, tapi bukan berarti gratis ya.

Pemandangan Pantai Wartawan
Pemandangan Pantai Wartawan. Sumber : wisato.id

3. Bukit Botak

Jangan lupa untuk membawa kamera, karena ada satu spot lagi yang recommended untuk dijajal di area Pantai wartawan yang instagrammable, namanya Bukit Botak.

Bukit Botak adalah sebuah bukit yang tidak jauh dari sumber mata air panas dengan ketinggian hanya 50 meter. Dari bukit ini para wisatawan dapat melihat jelas keindahan alam yang tersaji di Pantai Wartawan.

Keindahan Pantai Wartawan
Keindahan Pantai Wartawan. Sumber : wisatasumatera.com

4. Goa Dan Makam Pendekar

Masih di area Pantai Wartawan dan Bukit Botak, terdapat sebuah goa dan makam seorang pendekar legendaris yang berasal dari Banten. Pendekar tersebut bernama Tubagus Sulaiman.

5. Anak Gunung Krakatau

Cukup dari kejauhan saja ya dinikmatinya. Sebagaimana diketahui bersama bahwa Anak Gunung Krakatau sering terjadi erupsi.

Walaupun hanya sekedar menikmati, ada sensasi luar biasa ketika melihat pemandangan gunung yang pernah menjadi legenda bukan hanya untuk Indonesia, namun juga dunia.

Jangan lupa juga, abadikan setiap momen-momen anda bersama keluarga saat berada di Pantai wartawan.

 

Anak Gunung Krakatau
Anak Gunung Krakatau. Sumber : www.indonesiakaya.com

Lokasi

Alamat Pantai Wartawan berada di Way Muli, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan Provinsi Lampung – 35552.

Akses menuju pantai ini tidaklah sulit, karena lokasi pantai berada di dekat pelabuhan Bakauheni.

Hanya berjarak 31 kilometer dari Pelabuhan Bakauheni, dan hanya 18 kilo meter dari pusat kota Kalianda.

Akses menuju ke Pantai Wartawan bisa dilalui menggunakan transportasi umum maupun pribadi, karena posisi pantai berada di tepian jalan penghubung antara Kecamatan Rajabasa dengan Kota Kalianda. Akses jalannya cukup baik untuk dilewati.

Tiket

Tiket masuk ke area Pantai Wartawan adalah :

  • Rp.2.500 / orang. Ditambah biaya Parkir :
  • Rp. 2.000 untuk sepeda motor
  • Rp. 5.000 untuk mobil

Penginapan

Penginapan tersedia di Kota Bandar Lampung yang posisinya tidak jauh dari Pantai wartawan

Penutup

Terlalu banyak khazanah wisata dengan pesona alam pantai eksotis yang ada di Indonesia. Pantai Wartawan adalah salah-satunya.

Bagi yang belum pernah berkunjung ke pantai ini, maka liburan selanjutnya Pantai Wartawan menjadi list lokasi yang wajib dicoba oleh anda bersama keluarga.

Baca juga:

Leave a Comment