Muncak Tirtayasa, Tempat Muncak Di Lampung Yang Instagramable

Muncak Tirtayasa, atau populer juga disebut dengan Muncak Teropong Laut merupakan sebuah wisata Lampung yang menyajikan spot terbaik untuk menikmati keindahan alam pantai.

Konsep utama dari Muncak Tirtayasa, atau Muncak Teropong Laut adalah ragam spot selfie yang menawarkan latar alam pantai, dari atas ketinggian. Sehingga memberikan sensasi yang berbeda dengan view ketika di tepian pantainya langsung.

panorama menjelang malam
panorama menjelang malam. google maps. sumber: Poetra Rimba Timoer

Simak juga: Beragam lokasi Wisata Di Lampung.

Mata pengunjung dapat menyaksikan sudut yang lebih menyeluruh, karena berada di titik ketinggian. Dan perlu diketahui bahwa Muncak Tirtayasa merupakan salah-satu wisata Lampung yang cocok sebagai destinasi wisata keluarga juga loh…

Karena pada dasarnya kebutuhan eksis di media sosial melalui postingan yang keren, bukan hanya kebutuhan kaum milenial saja. Kini telah menjadi sebuah kebutuhan yang merambah semua usia.

Dan inilah informasi Muncak Tirtayasa Lampung yang sudah kami siapkan untuk anda, sebagai sebuah referensi awal menentukan tempat wisata saat liburan tiba.

keren banget
keren banget. google maps. sumber: Rahma Utami

Daya Tarik Muncak Tirtayasa

Daya tarik dari Muncak Tirtayasa tentu saja menawarkan pesona alam Lampung dari ketinggian, yang dipadukan dengan ragam spot selfie yang layak diposting di media sosial.

Tentu saja terdapat view, dan sensasi yang berbeda dari panorama yang tersaji, jika dilihat dari sisi waktu kunjungannya.

Maka inilah beberapa pesona keindahan di Muncak Tirtayasa yang bisa dinikmati oleh pengunjung:

1. View Yang Berbeda Sensasi

view lautan biru
view lautan biru. google maps. sumber: Wika Wulands

Simak juga: Secret Garden bali

Latar alam yang bisa disaksikan oleh para pengunjung yang datang ke Muncak Tirtayasa, atau Muncak Teropong Laut, tentu saja latar pantai yang eksotis.

Namun terdapat sensasi yang berbeda jika para pengunjung yang datang saat pagi menuju sore, dengan waktu saat senja menuju malam.

Jika saat matahari masih menyapa, maka view yang dapat dinikmati adalah:

  • Hamparan laut yang menghadirkan warna biru mempesona
  • Pulau-pulau kecil di tengah laut
  • Gugusan bukit-bukit kecil di tepian pantai
  • Pemandangan alam, dan pemukiman sekitar pantai

Tetapi jika anda datang saat senja menuju malam, selain hal tadi di atas. Maka terdapat view tambahan, yaitu kerlap-kerlip lampu kota, yang mampu menjadi latar foto yang keren. Apalagi dipadukan dengan spot selfie yang ada di Muncak Tirtayasa.

2. Wisata Kuliner

tempat enak untuk bersantai
tempat enak untuk bersantai. google maps. sumber: Rony PS

Simak juga: Bukit Indah Simarjarunjung

Muncak Tirtayasa bukan hanya sebatas tentang berburu foto di atas ketinggian saja. Terdapat sebuah cafe yang menawarkan beberapa makanan dan minuman.

Sehingga dengan demikian Muncak Tirtayasa mampu menjadi destinasi wisata kuliner Lampung. Karena di tempat tersebut biasa dijual kopi khas lampung.

Momen terindah adalah saat menikmati secangkir kopi panas khas lampung, sambil menikmati pesona alam yang luar biasa indah.

3. Dekat Dengan Muncak Pass Lampung

Daya tarik selanjutnya dari Muncak Tirtayasa adalah karena dekat dengan objek wisata lainnya yang hampir mirip, menawarkan spot terbaik menikmati panorama alam pantai, teluk Lampung dari atas ketinggian.

Nama objek wisata tersebut adalah Muncak Pass Lampung. Lokasinya satu arah perjalanan menuju Muncak Tirtayasa. Jika Muncak Tirtayasa belok kiri, maka untuk sampai di Muncak Pass tinggal lurus saja.

Tidak perlu khawatir, karena terdapat papan penunjuk arah untuk menuju ke dua tempat wisata tersebut. Beda tempat, tentu saja beda rasa, beda juga sensasi yang ditawarkan.

Kesamaannya adalah, dua-duanya sama-sama menghadirkan spot yang keren, dengan latar alam yang kece. Ke dua tempat tersebut sangat recommended untuk dikunjungi.

panorama tertutup kabut
panorama tertutup kabut. google maps. sumber: Ahmad Syaifudin

Simak juga: Puthuk Setumbu

Lokasi Muncak Tirtayasa

Lokasi dan alamat Muncak Tirtayasa berada di Gunung Muncak, Sukajaya Lempasing, Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung.

Rute Menuju Muncak Tirtayasa

Rute menuju Muncak Tirtayasa dengan mengarahkan kendaraanmu menuju Pantai Tirtayasa, melalui Jl. RE. Martadinata. Terus lurus ketika melewati Pantai Duta Wisata, kemudian sebelum PPI Lempasing beloklah ke arah kanan.

Kamu akan melalui jalur yang berkelok-kelok khas jalan menuju pegunungan, namun jangan khawatir karena jalannya mulus dan sudah beraspal.

Sehingga dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat. Jika kamu berangkat dari Kota Bandar Lampung akan menempuh jarak sekitar 17 km.

spot foto ala film titanic
spot foto ala film titanic. google maps. sumber: Stevia Cesaria

Simak juga: Bukit Panguk Kediwung

Jam Buka Muncak Tirtayasa

Jam operasional Muncak Tirtayasa mulai pukul 07.00 hingga pukul 22.00 waktu setempat, di setiap harinya.

Bahkan ada pula pengunjung yang menghabiskan waktu lebih lama dari yang sudah ditentukan.

Tiket Muncak Tirtayasa

Tiket masuk menuju Muncak Tirtayasa cukup dengan membayar sebesar Rp. 10.000,- per orang.

pintu masuk muncak tirtayasa
pintu masuk muncak tirtayasa. google maps. sumber: Danu David

Fasilitas Muncak Tirtayasa

Beberapa fasilitas pendukung yang ada di Muncak Tirtayasa diantaranya:

  • Kantin
  • Cafe
  • Tempat untuk duduk-duduk
  • Gazebo
  • Spot selfie

Leave a Comment