Pantai Mutun, Kilauan Pasir Putih Favorite Warga Lampung

Pantai Mutun merupakan salah satu pantai indah yang ada di Lampung, pantai ini menjadi destinasi wisata favorit bagi keluarga khususnya di akhir pekan.

Pantai Mutun terdiri dari dua lokasi yakni:

  • Pantai Mutun 1
  • Pantai Mutun 2

Pantai Mutun 2 memiliki fasilitas waterboom, banana boat, serta tempat untuk memancing. Lokasinya berada tepat di samping Pantai Mutun 1.

Pantai Mutun 1 dikenal juga dengan nama MS Town yang dikelola oleh pihak swasta yakni MS Corporation. Suasana yang sejuk disertai hamparan pasirnya yang putih dan bersih membuat pengunjung nyaman berkunjung di Pantai Mutun, terlebih lagi dengan fasilitasnya yang lengkap.

pantai mutun
pantai mutun. google maps. sumber: tanur jaya

Simak juga: Beragam lokasi Wisata Di Lampung.

Berikut gambaran mengenai Pantai Mutun Lampung:

Lokasi & Alamat Pantai Mutun

Alamat Pantai Mutun berada di wilayah Sukajaya Lempasing, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung.

Lokasinya berada tak jauh dari pusat kota Bandar Lampung, yakni hanya sekitar 1 jam perjalanan.

Rute Menuju Pantai Mutun

Karena lokasinya berada tak jauh dari pusat kota, maka rute menuju Pantai Mutun pun sangat mudah. Dan bisa dilalui dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Jika hendak menggunakan angkutan umum dari arah Stasiun Tanjung Karang atau Ramayana dengan menggunakan angkot warna ungu, dan turun di “Gudang Garam” Teluk Betung.

Kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki ke arah kiri lalu naik angkot dengan jurusan Lempasing, dan turun di depan jalan masuk menuju Pantai Mutun.

bermain air di pantai mutun
bermain air di pantai mutun. google maps. sumber: Agus Fathullah

Jarak Pantai Mutun dari lokasi turun angkot sekitar 1 km, dapat kamu lanjutkan dengan berjalan kaki atau dengan menggunakan ojeg.

Untuk kamu yang datang dari Jakarta dengan menggunakan kendaraan pribadi, menuju Bekauheni kemudian ke arah Kalianda hingga tiba di Bandar Lampung.

Ketika tiba di Bandar Lampung arahkan kendaraan menuju Sukaraja kemudian Teluk Betung hingga tiba di Lempasing.

Jam Buka Pantai Mutun

Jam operasional Pantai Mutun sendiri dibuka selama 24 jam nonstop setiap harinya.

Mengingat saat ini kondisi Indonesia masih dalam keadaan pandemi Covid-19, alangkah baiknya jika mencari informasi lebih jauh mengenai jam operasional dari Pantai Mutun sendiri.

gazebo atau saung
gazebo atau saung. google maps. sumber: Pelta sari

Tiket Pantai Mutun

Tiket masuk Pantai Mutun sangat murah, yakni:

  • Rp. 30.000,- jika menggunakan motor
  • Rp. 10.000,- untuk kamu yang tidak membawa kendaraan

Fasilitas Pantai Mutun

Fasilitas yang ada di Pantai Mutun dibilang sudah memadai, yakni dengan adanya:

  • Area parkir
  • Gazebo
  • Tempat bilas
  • Toilet
  • Penyewaan alat-alat camping
  • Area camping
  • Warung-warung makanan dan minuman

Ragam Wisata Di Pantai Mutun

1. Bermain Air dan Pasirnya Yang Lembut

bermain pasir
bermain pasir. google maps. sumber: Septyan Haryo Penangsang

Simak juga: Pantai gigi Hiu Lampung.

Pantai Mutun memiliki hamparan pasir putih yang bersih, dapat digunakan sebagai area untuk wahana bermain yang pastinya seru banget.

Biarkan anak-anak membangun imajinasi mereka dengan serunya, apalagi jika membawa serta peralatan bermain pasir yang anak-anak miliki.

Bermain pasir akan lengkap jika dilanjutkan dengan bermain air, menunggu ombak datang di tepi pantai kemudian berlari jika ombak itu datang. Oleh sebab itu Pantai Mutun selalu ramai dikunjungi apalagi jika hari libur.

2. Piknik Bersama Keluarga

Simak juga: Banana boat di Pantai bahari Lamongan.

Di sekitar Pantai Mutun banyak tersedia gazebo atau saung-saung dengan berbagai ukuran, yang dapat kamu gunakan untuk bersantai ataupun berpiknik bersama keluarga.

Berkumpul bersama keluarga dan menghabiskan waktu bersama dengan mereka sambil menyaksikan keindahan Pantai Mutun yang indah.

Selain di gazebo atau saung-saung yang ada, kamu juga bisa menggelar tikar di hamparan pasirnya. Dan melakukan kegiatan piknik di sana.

3. Bermain Wahana Seru

bermain banana boat
bermain banana boat. google maps. sumber: sisma setiamana

Simak juga: Pantai Sendiki.

Selain menikmati keindahan Pantai Mutun dan bersantai bersama keluarga tercinta, kamu juga bisa mencoba wahana seru yang ada, yakni:

  • Bermain air di waterboom
  • Bermain perahu kano
  • Serunya bermain banana boat

Untuk dapat melakukan kegiatan tersebut, kamu akan dikenakan biaya tambahan. Namun, keseruan yang akan kamu rasakan sebanding dengan harga yang kamu bayarkan.

4. Memancing

Untuk kamu yang hobi memancing, Pantai Mutun dapat dijadikan tempat indah untuk memancing. Cukup banyak pilihan tempat yang dipilih, mulai dari bibir pantai, menggunakan rakit, sampai dengan menyewa kapal untuk memancing ke tengah laut.

Penyewaan rakit di Pantai Mutun menjadi primadona karena dibandrol dengan harga terjangkau. Terlebih lagi pantai mutun terkenal sebagai spot memancing untuk para mancing mania.

5. Eksplor Pulau Tangkil

pulau tangkil
pulau tangkil. google maps. sumber: Abban Surya

Ragam wisata seru yang dapat kamu lakukan lainnya ialah eksplor Pulau Tangkil, yang lokasinya berada di depan Pantai Mutun.

Untuk menuju Pulau Tangkil dapat dengan menyewa perahu yang ada di sekitar pantai, pintar-pintarlah melakukan tawar menawar ketika hendak menyewa perahu.

Kamu dapat mengelilingi Pulau Tangkil dengan menggunakan perahu tersebut, dan diakhiri dengan bermain di pantai sekitar Pulau Tangkil.

6. Camping

Untuk kamu yang senang camping, dapat melakukannya di Pantai Mutun. Disini terdapat area untuk mendirikan tenda dan menghabiskan hari bersama deburan ombak yang menenangkan.

Di sekitar Pantai Mutun tersedia tempat penyewaan peralatan untuk camping. Jadi itu sangat memudahkan untuk kamu yang terlupa membawa kebutuhan untuk camping.

ayunan air pantai mutun
ayunan air pantai mutun. google maps. sumber: Fatkhur Rokhman

Penutup

Pantai Mutun dapat kamu kunjungi bersama keluarga tercinta di akhir pekan ini, banyak keseruan yang akan kamu lakukan ketika berada di sana.

Tapi ingat, karena kondisi belum seperti sedia kala, jangan lengah dan selalu ingat “Pesan Ibu”!


Tinggalkan komentar