Pantai Mutun, Pantai Berpasir Putih di Ujung Teluk Lampung

Pantai mutun ini lebih unggul daripada pantai lain di teluk lampung karena posisi yang paling jauh dari keramaian. Kesunyian pantai ini menjadikannya tempat yang tepat untuk sejenak melepaskan kepenatan dari hiruk-pikuk Kota Bandar Lampung.


Pantai mutun pantai paling ujung di teluk lampung
Pantai Mutun. Image via: malahayati.ac.id

Seperti kebanyakan wahana rekreasi keluarga, pantai ini hanya ramai dikunjungi di akhir pekan dan musim liburan. Pada awal dan pertengahan pekan, pantai ini relatif sepi. Hanya terlihat hamparan pasir putih dan perahu-perahu angkutan penyeberangan ke Pulau Tangkil yang berjajar di sepanjang garis pantai.

Keunggulan utama yang dijual pantai ini adalah pemandangan hamparan pasir putih yang relatif lebar dengan air laut yang tenang. Keberadaan Pulau Tangkil di sekitar Pantai Mutun menghalangi ombak laut lepas untuk sampai ke pantai. Di saat langit cerah, pengunjung bisa menyaksikan pemandangan awan berarak di atas lautan.

Di akhir pekan, Pantai Mutun menjadi tempat yang tepat untuk membawa anggota keluarga menikmati hari libur. Tersedia fasilitas permainan anak yang memadai seperti bola raksasa, sepeda air, dan fasilitas lainnya.

Pengunjung yang ingin merasakan pengalaman berbeda, dapat mencoba beraneka olahraga air seperti jet ski dan banana boat. Pengunjung juga bisa singgah sejenak di Pulau Tangkil menggunakan jasa perahu dari pantai Mutun.

wisata keluarga cocok di pantai mutun yang memangs esuai untuk segala segmen usia
Wisata keluarga. Image via: @rezka_astri

Simak juga: Beragam lokasi Wisata Di Lampung.

Lokasi Pantai Mutun

Secara administratif Lokasi  Pantai Mutun termasuk dalam wilayah Sukajaya Lempasing, kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran.

Pantai berpasir putih berjarak 19 kilometer ini, dari Bandar Lampung ini dapat dijangkau dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.

Rute Menuju Pantai Mutun

Pantai Mutun lebih dekat dengan Kota Bandar Lampung dengan jarak sekitar 19 km dengan perjalanan darat. Pengunjung yang berangkat dari Kota Bandar Lampung Bisa berkendara melalui jalan RE Martadinata ke arah barat daya Teluk Betung. Setelah menemui pertigaan, akan terlihat penunjuk jalan menuju Pantai Mutun.

Sepanjang perjalanan akan memberikan kesan menyenangkan. Karena dalam rute menuju Pantai Mutun, pengunjung dapat menyaksikan beberapa pantai yang yang ramai dikunjungi. Deretan pantai itu seperti Pantai Queen Arta, Pantai Puri Gading dan pantai lainnya.

Jam Buka Pantai Mutun

Pantai ini buka selama 24 jam nonstop, sehingga seluruh pengunjung dapat berlama-lama menikmati keindahan Pantai.

Ayunan Pantai Mutun yang lebih berfungsi sebagai spot foto dari pada wahana mainan
Ayunan Pantai. Image via: @travelerphotography18

Tiket Pantai Mutun

Untuk setiap mobil wisatawan yang masuk ke Pantai Mutun Lampung akan dikenakan tiket masuk Rp. 25.000 tanpa memperhitungkan jumlah penumpang.

Fasilitas Pantai Mutun

Walaupun harga tiket masuknya terjangkau, fasilitas yang ada di dalamnya tak perlu diragukan. Fasilitas yang tersedia tidak akan mengecewakan. Di Pantai Mutun tersedia kamar mandi dengan jumlah yang memadai yang dapat digunakan semua pengunjung dengan tarif yang murah.

Selain itu, disini juga terdapat persewaan alat-alat camping, banana boat, perahu dan lain sebagainya. Tidak hanya itu saja, disini juga tersedia arena outbond yang dijadikan sarana bermain bagi pengunjung yang mengajak anak-anak.

Adanya arena outbond dan persewaan alat berkemah membuat Pantai Mutun kerap dijadikan lokasi anak-anak muda menjalin keakraban. Terkait masalah kuliner, lagi-lagi tak ada yang perlu dicemaskan karena disini ada warung-warung penjual makanan minuman.

Aktivitas Menarik di Pantai Mutun

  1. Bermain Pasir

Main pasir putih yang lembut di pantai pantai mutun lampung
Main Pasir. Image via: lampung.rilis.id

Simak juga: Pantai gigi Hiu Lampung.

Hamparan pasir putih yang bersih di pinggiran pantai membuat pantai Mutun banyak dikunjungi. Pengunjung bsia mengajak anak-anak bermain bersama di tempat ini. Sambil menunggui anak anak bermain pasir, pengunjung dewasa bisa bersantai sambil menikmati pemandangan alam yang sangat indah.

Bermain pasir adalah hal yang disukai anak-anak dan remaja. Kegiatan ini bisa dilakukan dengan ditemani orang tua selama kunjungan di pantai. Untuk bermain pasir, pengunjung membawa alat sendiri.  Pantai tidak ada fasilitas penyewaan alat main pasir. Pengunjung bisa membawa ember, sekop dan cetakan lucu dari rumah agar dapat bermain pasir.

Kegiatan bermain pasir di pantai lebih menyenangkan ketimbang bermain pasir di rumah dan tempat permainan. Hal itu karena saat bermain pasir di pantai, gundukan pasir yang dibuat akan diterpa ombak kecil dan membuat anak-anak senang.

Main pasir di pantai mutun berdampingand negan perahu untuk banana boat
Main pasir di samping banaan boat. Image via: jumanto.com
  1. Piknik

Piknik di bibir pantai dapat pengunjung coba ketika baru datang untuk melepas lelah. Atau visa juga sebagai waktu istirahat makan siang. Pengunjung dapat menyiapkan tikar dan makanan yang dibawa dari rumah untuk dinikmati bersama keluarga.

Terlebih lagi bagi pengunjung yang membawa anak-anak. Memberi anak-anak makan sebelum mulai beraktivitas sangat penting karena selama perjalanan pasti lapar dan lelah.

Pengunjung dengan kalangan remaja dapat piknik sekaligus membahas hal-hal seru. Kegiatan itu akan mengasyikkan karena pembahasan serius ditemani semilir angin yang sejuk. Pikiran juga tenang dan tanpa beban karena bebas dari polusi udara.

  1. Waterboom

Waterboom pantai mutun yang menjorok ke tengah perairan dangkal
Waterboom. Image via: wisatalengkap.com

Waterboom di Pantai Mutun dapat dicoba untuk anak-anak dengan pengawasan dari orang tua. Sebaiknya anak-anak umur 7 tahun ke atas karena waterboom yang tersedia tergolong cukup tinggi. Dikhawatirkan menyebabkan cedera jika dicoba untuk anak di bawah umur 7 tahun.

Harga tiket yang ditawarkan juga terjangkau. Pengunjung hanya perlu menambah pembayaran tiket seharga Rp 11.000. Menikmati waterboom pasti akan seru dan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Terlebih lagi jika kegiatan seru itu diabadikan dengan foto dan video agar dapat ditonton kapan saja.

Berkunjung ke Pantai Mutun juga menjadi alternatif orang tua memberi hadiah pada buah hati yang rajin sekolah dan berprestasi. Hadiah berwisata dengan keluarga, jauh lebih baik dari pada hadiah berbentuk barang yang hanya bisa dinikmati sendiri oleh anak-anak.

  1. MS Town Pantai Mutun

MS Town dikelola secara swasta oleh MS Corporation dengan tiket sekitar Rp. 15.000 untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Suasana yang sejuk disertai hamparan pasirnya yang putih dan bersih membuat pengunjung nyaman berkunjung di Pantai Mutun, terlebih lagi dengan fasilitas yang lengkap.

  1. Kano dan Banana Boat

Kano Pantai mutun ngaman dilakukan karena perairan yang tenang bagai kolam
Kano. Image via: @agustriono141199

Simak juga: Banana boat di Pantai bahari Lamongan.

Kurang lengkap jika mengunjungi Pantai Mutun namun tidak mengeksplorasi pantai. Untuk itu pengunjung dapat menyewa kano yang sudah disediakan untuk menjelajahi keindahan pantai. Harga tiket pun terjangkau.

Kano Untuk 1 orang dibandrol dengan harga Rp. 30.000. Unutk kabo tandem 2 orang dibanderol Rp. 60.000 per jam. Bermain kano bersama istri maupun kekasih tentu akan menjadi kenangan indah tak terlupakan.

Selain kano, pantai juga menyediakan wahana Banana Boat. Berbeda dengan kano diperuntukkan bagi pengunjung yang suka menjelajahi pantai dalam suasana tenang. Sebaliknya banana baat diperuntukkan bagi pengunjung yang ingin menjelajahi pantai dengan berpacu dan penuh adrenalin.

Bermain banana boat termasuk aktivitas air yang menguji adrenalin. Pengunjung dapat bermain banana boat dengan perahu berbentuk pisang yang akan ditarik dengan kencang oleh speed boat mengelilingi bibir pantai. Kegiatan ini akan mengasyikkan ditemani angin laut dan percikan air laut yang mengenai tubuh.

Seruya Banana Boat Pantai mutun
Banana boat. Image via: inphedia.id
  1. Bersantai di Pondok

Bersantai di pondok-pondok sekitar bibir pantai menjadi primadona sebagian pengunjung. Kegiatan ini dapat diselingi dengan melakukan video call keluarga di rumah. Dengan demikian keluarga di rumah pun bisa merasakan kegembiraan yang pengujung rasakan.

Untuk sewa tarif pondok juga terjangkau dan bervariasi, mulai dari Rp. 32.000 hingga Rp. 100.000 per unitnya. Tarif untuk akhir pekan dan hari libur memang akan dipatok lebih tinggi oleh pengelola. Namun walaupun tarif sewa pondok tengah tinggi, pengunjung akan mendapat timbal baliknya dengan keramaian pantai yang banyak pengunjung dan dapat menambah teman.

  1. Wisata Kuliner

Berwisata tanpa mencicipi kuliner akan membuat penasaran dan penyesalan yang dalam. Untuk itu mencicipi kuliner yang disuguhkan di objek wisata Pantai Mutun wajib dicoba bersama keluarga. Banyak pedagang makanan yang menjual beragam makanan dan minuman sesuai selera, bahkan makanan kecil seperti siomay, bakso dan lain-lain.

wisata Bersama sahabat di pantai mutun memang sangat mengasikkan
Bersama sahabat. Image via: @billyjhon_aziz

Simak juga: Pantai Sendiki.

  1. Memancing

Untuk yang hobi memancing, Pantai Mutun dapat dijadikan tempat indah untuk memancing. Cukup banyak pilihan tempat yang dipilih, mulai dari bibir pantai, menggunakan rakit, sampai menyewa kapal untuk memancing ke tengah laut.

Penyewaan rakit di Pantai Mutun menjadi primadona karena dibandrol dengan harga terjangkau. Terlebih lagi pantai mutun terkenal sebagai spot memancing untuk para mancing mania. Hanya kisaran Rp. 9.000 per orang, pengunjung dapat memancing dengan bebas dan sesuai keinginan.

Pulau Tangkil di kejauhan terlihat dari pantai mutun
Pulau Tangkil di kejauhan. Image via: @bintang_adty7

Objek Wisata Dekat Pantai Mutun

Untuk pengunjung yang masih punya sisa energi, setelah seharian bermain air di pantai mutun, bisa melanjutkan kunjungan ke Pulau Tangkil. Pulau yang hanya 700 meter dari pantai ini bisa ditempuh dengan menyewa perahu nelayan di pantai. Pulau tangkil terkenal sebagai lokasi berbagai wahana permainan air. Bahkan ada Parasailing yang hanya satu-satunya di Provinsi Lampung.

Pilihan lain ada juga lokasi wisata dataran tinggi. Walau tidak tinggi-tinggi amat, namun cukup untuk memberikan pandangan panorama yang luas. Muncak Tirtayasa yang berjarak hanya 9 km dari pantai mutun, memenuhi syarat untuk hal ini. Selain melihat keindahan kota Bandar Lampung, dari puncak ini pengunjung bisa menikmati pemandangan Teluk Lampung yang begitu indah. Mungkin ini menjadi salah satu alasan, kenapa Muncak Tirtayasa sering disebut juga Muncak Teropong Laut.

Itulah beberapa informasi menarik mengenai beberapa hal menarik yang bisa dilakukan Pantai Mutun Lampung. Semoga bisa dijadikan referensi tambahan mengenai pantai ini. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

 

 

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment