Pantai Krui, Keindahan Pantai Dengan Ombaknya Yang Cantik

Krui merupakan sebuah tempat istimewa dimana memiliki deretan pantai indah dengan segala pesonanya. Daerah ini dulunya termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Lampung Barat, namun saat ini menjadi bagian dari Kabupaten Pesisir Barat.

Krui berada di daerah pesisir Samudera Hindia, maka tak heran jika memiliki ombak yang mengagumkan. ketinggian ombaknya bisa mencapai 6 hingga 7 meter dengan panjang sekitar 200 meter.

Oleh karena itu, banyak peselancar yang datang ke Pantai Krui untuk menaklukan ombaknya. Mereka yang datang bukan hanya dari berbagai daerah di Indonesia saja namun dari luar juga loh.

Para Selancar biasanya datang pada bulan Mei hingga September, karena biasanya cuaca di bulan-bulan tersebut cenderung stabil.

Bukan hanya itu, Krui memiliki deretan pantai yang sangat cantik yang harus kamu kunjungi. Berikut ulasan lengkap mengenai pantai tersebut:

Simak juga: 13 Lokasi Wisata Keren di Lampung

Rute Menuju Pantai Krui

Rute menuju Pantai Krui jika dari Pelabuhan Merak harus menyebrangi Selat Sunda dengan menggunakan Kapal Feri selama kurang lebih 2 hingga 3 jam perjalanan.

Setelah tiba di pelabuhan kamu harus melanjutkan dengan menggunakan jalur darat dengan rute lintas barat sekitra 8 jam lamanya. Namun akses jalan menuju Krui, Pesisir Barat, sudah beraspal dan mulus untuk dilalui.

Jika hendak menggunakan pesawat terbang, dengan menuju Bandara M. Taufik Kiemas, dilanjutkan dengan perjalanan darat dengan estimasi waktu sekitar 6 hinnga 7 jam.

Tiket Pantai Krui

Untuk menikmati indahnya pantai-pantai yang ada di Krui, kamu tak perlu mengeluarkan biaya untuk tiket masuk alias gratis. Kamu hanya perlu megeluarkan uang untuk membayar parkir kendaraan yang dibawa saja.

berfoto bersama indahnya ombak
berfoto bersama indahnya ombak. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Jam Operasional Pantai Krui

Jam operasional Pantai Krui dibuka setiap hari Senin hingga Minggu selama 24 jam sehari. Jadi pantai-pantai yang ada di Krui siap menyambutmu kapan saja.

Simak juga: Pantai-Pantai INdah di Pesisir Kalianda

Deretan Pantai Krui Yang Indah

Krui memiliki deretan pantai yang indah dengan ciri khasnya masing-masing, perjalanan yang cukup melelahkan terbayarkan lunas ketika mengunjungi beberapa pantai yang ada, yakni:

1. Labuhan Jukung Krui

trademark labuhan jukung krui
trademark labuhan jukung krui. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Labuhan Jukung Krui terletak di Pekon Kampung Jawa, Kecamatan Pesisir Tengah, Kabupaten Krui Pesisir Barat. Ketika berada di Labuhan Jukung Krui kamu dapat melakukan berbagai ragam wisata seru.

Kegiatan yang dapat kamu lakukan diantaranya menyaksikan indahnya sunset, wisata kuliner makanan khas pesisir barat, serta yang menjadi andalan ialah surfing. Lokasi ini selalu dikunjungi oleh wisatawan luar dan dalam negeri untuk menaklukan dahsyatnya ombak.

Labuhan Jukung Krui memiliki hamparan pasir pantai yang cukup luas, sehingga dapat digunakan anak-anak untuk bermain pasir lembutnya yang berwarna putih bersih. Fasilitas yang ada di Labuhan Jukung Krui sudah dilengkapi penginapan untuk kamu yang datang dari luar kota.

Terdapat sebuah trademark Labuhan Jukung Krui yang menjorok ke arah pantai, area ini sering dijadikan spot foto bagi pengunjung yang ingin mengabadikan momen berada di pantai indah yang satu ini.

2. Pantai Karang Nyimbor

berselancar seru di pantai karang nyimbor
berselancar seru di pantai karang nyimbor. GoogleMaps. Sumber: lh3.googleusercontent.com

Pantai Karang Nyimbor sering disebut juga Ujung Bocur karena berada di daerah Ujung Bocur, Kecamatan Pesisir Selatan, berada tak jauh dari Pusat Kota Krui hanya sekitar 15 menit saja.

Sama halnya dengan Labuhan Jukung Krui, pantai ini memiliki deburan ombak yang cukup tinggi yakni sekitar 5 hingga 6 meter. Bahkan di suatu waktu ombak dengan karakter pipeline suka muncul dan menjadi spot favorite para peselancar.

Selain itu Pantai Karang Nyimbor memiliki keindahan pantai yang luar biasa. Lautnya yang biru dipadukan dengan hamparan pasir putih yang menawan, tempat yang tepat untuk menikmati alam.

3. Pantai Tembakak

pantai tembakak
pantai tembakak. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Pantai Tembakak memiliki hamparan pasir hitam yang menawan, pantai ini merupakan pelabuhan kecil untuk menuju ke Pulau Pisang.

Selain memiliki ciri khas pasirnya yang hitam, Pantai Tembakak memiliki batu karang yang tersebar dengan ukuran yang beragam. Pantai ini berada tak jauh dari Krui, hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit saja.

4. Pantai Mandiri

indahnya sunset di pantai mandiri
indahnya sunset di pantai mandiri. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Lain halnya dengan Pantai Tembakak, Pantai Mandiri tidak mempunyai batu karang. Yang ada hanyalah pasir hitam yang sangat manis menghiasi indahnya pantai.

Deburan ombaknya cukup kencang selalu dijadikan lokasi surfing selain pantai yang lainnya. Di Pantai Mandiri terdapat sebuah penginapan khusus untuk para peselancar.

Namanya ialah Surf Camp, merupakan sebuah tempat menginap bagi mereka yang ingin berselancar di Pantai Mandiri.

Pantai Mandiri berada di Desa Mandiri Sejati, Kecamatan Krui Selatan, Kabupaten Pesisir Barat. Di sekitar Pantai Mandiri telah tersedia beberapa penginapan lainyya dengan kisaran harga sekitar Rp. 100.000 hingga Rp. 500.000 per malamnya.

5. Pantai Walur

bermain air di pantai walur
bermain air di pantai walur. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Pantai Walur terletak di Desa Walur, Kecamatan Pesisir Tengah, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung. Di pantai ini kamu akan menemukan sebuah padang rumput yang dihiasi pohon kelapa yang menjulang tinggi.

Pantai Walur dihiasi dengan hamparan pasir putih, kamu dapat melihat anak-anak berimajinasi dengan lembutnya pasir putih. Serta jangan lupa untuk bermain jernihnya air Pantai Walur. Kegiatan lain yang dapat dilakukan di Pantai Walur ialah surfing dan memancing.

Simak juga: Menikmati saat malam di Jogja di Alun Alun Kidul

Daya Tarik Pantai Krui Lainnya

1. Mengunjungi Pulau Pisang

perahu yang akan membawamu ke pulau pisang
perahu yang akan membawamu ke pulau pisang. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Bukit Parang Endog Jogja

Untuk mengunjungi Pulau Pisang kamu harus menggunakan perahu dari Dermaga Tembakak dengan membayar sekitar Rp. 15.000 sampai Rp. 25.000 per orangnya.

Perjalanan yang akan kamu lakukan memakan waktu sekitar 15 menit mengarungi lautan, jika beruntung kamu akan bertemu dengan kawanan lumba-lumba yang sedang berenang.

Bangunan yang ada di Pulau Pisang masih sangat otentik, masih mempertahankan bangunan lama yang akhirnya menjadi daya tarik tersendiri.

Suasana di Pulau Pisang sangat tenang dan tenteram, berbeda sekali dengan keadaan di perkotaan yang selalu bising dengan kehadiran kendaraan bermotor. Kamu dapat menyewa sepeda untuk mengelilingi Pulau Pisang.

dermaga pulau pisang
dermaga pulau pisang. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

2. Belajar Di Rhino Camp Sukaraja Atas

Setelah puas menyaksikan keindahan laut di Pantai Krui, lanjutkan petualanganmu dengan mengunjungi Rhino Camp Sukaraja Atas, yang terdapat di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS).

Rhino Camp memiliki 6 spot untuk menyaksikan bunga Rafflesia mekar, yang paling unik dari bunga Rafflesia ialah ketika sudah mekar sempurna hanya akan bertahan sekitar 3 hingga 5 hari saja. Untuk selanjutnya warna merahnya yang merekah akan berubah menjadi hitam lalu membusuk.

Kita patut berbangga karena Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki keanekaragaman Bunga Rafflesia yang cukup banyak. Salah satunya ialah di Sukaraja, Semaka, Kabupaten Tenggamus ini. Jaraknya memang agak jauh dari Krui, yakni memerlukan waktu sekitar 2,5 jam perjalanan.

menyaksikan secara langsung rafflesia arnoldi
menyaksikan secara langsung rafflesia arnoldi. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Penutup

Pantai-Pantai yang ada di Krui memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri, serta ditunjang dengan fasilitas pendukung yang memadai.

Alamnya yang masih sangat alami serta asri membuat kita dapat sedikit melepaskan rasa penat dalam diri, dan berganti dengan energi yang lebih baik.


Leave a Comment