Bukit Parang Endog, Menikmati Keindahan Pantai Selatan Dari Ketinggian

Bukit Parang Endog merupakan area wisata yang bersebelahan dengan pantai Parang endog serta pantai Parangtritis. Area bukit ini juga merupakan lokasi yang sempurna untuk menyaksikan fenomena terbenamnya matahari.

 

Bukit Parang Endog bersebelahan dengan Pantai Parangendog dan Pantai Parangtritis. Dari atas bukit ini, para pengunjung juga dapat menikmati indahnya matahari tenggelam pada sore hari.
Bukit Parang endog. Image via: @dezano_

Namun, sebelum itu pengunjung harus meniki beberapa anak tangga untuk mencapai bukit ini. Sesampainya di puncak pengunjung akan langsung disambut dengan hamparan pantai selatan dengan suara deburan ombaknya yang sangat khas.

Selain keindahan alamnya yang memukau ternyata bukit ini sangat populer akan wahan paralyangnya. Hal ini dikarenakan bukit ini memiliki tiupan angin yang pas untuk olahraga yang cukup ekstrim ini. Jadi, bagi pengunjung yang gemar akan hal-hal yang memacu arenalin dapat menjadikan lokasi bukit ini sebagai tempat yang wajib untuk didatangi.

Kemudian, tepat berada di bawah bukit Parang Endog terdapat sebuah cafe yang yang menyajikan hidangan-hidangan lezat. Di area cafe ini pengunjung bisa bersantai ngopi ataupun makan sambil menikmati keindahan alam laut lepas.

menkmati kudapan saat senja di bukit parang endog sembari memandangi samudera selatan
Kudapan saat Senja. Image via: nyero.id

Simak juga: 66 Wisata cantik di Jogja

Lokasi Bukit Parang Endog

Bukit Parang Endog berada kurang lebih 3 km sebelah timur pantai parangtritis tepatnya di Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul.

Rute Menuju Bukit Parang Endog

Jarak dari pusat Kota Yogyakarta ke Bukit Parang Endog lumayan jauh yaitu sekitar 30,3 Kilometer dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari pusat Kota Jogja menuju Pantai Parang Endog sekitar 56 menit.

Rute menuju Bukit Parang Endog ini sangat mudah untuk dijangkau. Jika dari pusat Kota Yogyakarta ke arah timur melewati Jalan KH. Ahmad Dahlan menuju Jalan Pangurakan. Sampai di perempatan ke arah selatan melewati Jalan Brigjen Katamso.

Bukit Parang Endog munkgin adalah lokasi ini juga termasuk tempat untuk melihat sunset terbaik yang ada di Yogyakarta.
Indah. Image via: jadipergi.com

Sampai di perempatan lurus terus menuju Jalan Parangtritis, lurus terus ke Jalan Parangtritis – Panggang, kemudian lurus terus ikuti jalan tersebut, sampai pertigaan ke arah timur kemudian ikuti terus jalan yang ada hingga anda akan sampai di Bukit Parang endog.

Jam Buka Bukit Parang Endog

Kawasan wisata yang mempesona ini buka setiap hari mulai pukul 05.00 WIB – 18.30 WIB.

Tiket Bukit Parang Endog

Harga tiket retribusi masuk ke Bukit Parang Endog relatif terjangkau, pengunjung hanya dikenakan biaya RP 5.000 per orang. Sedangkan untuk biaya parkir pengunjung di Bukit Parang Endog dikenakan tarif sebesar Rp 2.000,- untuk sepeda motor dan Rp 5.000,- untuk mobil.

Kemudian, bagi pengunjung yang hendak menguji keberanian bisa mencoba wahana paralayang dengan biaya sekitar Rp. 350,000 per orang. Harga tersebut sudah termasuk pemandu yang profesional.

Fasilitas Bukit Parang Endog

Fasilitas di Bukit Parang Endog sudah lumayan lengkap bagi para pengunjung yang berminat datang ke Bukit Parang Endog ini, diantaranya adalah: Tempat parkir luas, Toilet umum, Tempat ibadah, Warung makan dan minum.

Daya Tarik Bukit Parang Endog

  1. Melihat Pantai dari Ketinggian

menyaksikan pantai yang asri dari ketinggian bukit parang endog
Menyaksikan Pantai. Image via: nyero.id

Simak juga: Bukit Tuamaese, Raja Ampat di Timor

Bukit Parang Endog memang merupakan spot yang pas untuk menikmati keindahan Pantai Selatan. hal ini dikarenakan seluruh panorama pantai akan nampak jelas sekali mulai dari pantai Parang Endog di ujung timur hingga pantai parangtritis dan parang Kusumo yang nampak begitu eksotis.

Di sisi lain, penamaan bukit ini diambil berdasarkan banyaknya bebatuan karang besar dengan benruk menyerupai endog/telur yang terdapat di sekitar bukit ini. Meskipun bukit ini lebih populer akan paralayangnya namun keindahan alamnya pun mampu menarik perhatian para wisatwan untuk datang ke bukit ini.

Kemudian, suasana alam yang hijau pun senada dengan pantai serta perbukitan sehingga menghadirkan pemandangan yang berbeda dari yang lain. Maka dari itu sangat sayang sekali untuk melewatkan berfoto dengan latar pemandangan yang hadir di bukit ini.

  1. Lokasi Paralayang

Paralayang di BUkit Parang endog.
Paralayang di Parang endog. Image via: @kangendolan

Bukit Gupit atau Bukit Parang Endog memang populer dengan sebutan Bukit Paralayang. Hal ini disebabkan lokasi ini sering digunakan sebagai landasan untuk aktivitas olahraga paralayang yang cukup memicu adrenalin. Selain itu, angin yang bertiup di lokasi ini cukup kencang sehingga membuatnya sangat cocok untuk olah raga ini.

Tempat ini juga sering digunakan untuk pelaksanaan beberapa event  bergengsi, salah satunya adalah Jogja Air Show pada tahun 2014 silam.

Biasanya, atlet paralayang akan lepas landas dari puncak Bukit Gupit dan kemudian mendarat di landasan yang terdapat di antara Pantai Parangkusumo dan Pantai Depok. Menikmati pengalaman terbang di atas ketinggian dengan hamparan laut yang begitu luas di bawahnya tentu memberikan sensasi tersendiri yang tak terlupakan.

  1. Impian Para Penikmat Senja

Sunset Pantai Selatan dari ketinggian bukit parang Endog.
Sunset Pantai Selatan dari ketinggian. Image via: @riougen

Simak juga: Air Terjun Sidoharjo, tertinggi di Jogja

Karena posisi bukit endog  yang tepat di atas Pantai Parangtritis, ini memebuatnya cocok untuk pengunjung  yang menyukai Spot wisata untuk menikmati senja. Dari Bukit Parang Endog, pengunjung dapat melihat matahari tenggelam dengan latar belakang birunya samudera.

Hal ini tak ayal membuat lokasi ini sering ramai pengunjung pada saat sore hari. Namun sebelum mencapai puncak bukit ini pengunjung harus terlebih dahulu menaiki beberapa anak tangga. Selain itu di area sekitar puncak terdapat kedai yang menjajakan makanan dan minuman.

Kemudian, Bangku-bangku kayu yang langsung menghadap ke laut juga banyak tersedia di samping kanan kiri tangga menuju puncak Bukit Parang Endog. Maka dari itu, banyak pengunjung yang mengabadikan momen matahari tenggelam ini dengan berfoto-foto.

Musim Rame di bukit parang endog
Musim rame. Image via: jogjaempatroda.com

Tips Wisata Bukit Parang Endog

Sudah jadi rahasia umum bila menikmati sunset di Bukit Parang Endog adalah alasan utama para wisatawan berkunjung, oleh karenanya pengunjung bisa datang pada waktu yang pas yakni saat sore hari. Selain itu bila datang sore hari pengunjung bisa menghindari teriknya matahari.

Kemudian, yang tak kalah pentingnya untuk memastikan kendaraan dalam kondisi laik jalan karena akses menuju lokasi bukit ini menanjak. Dan selanjutnya, pakailah jaket atau pekaian tebal untuk melindungi tubuh dari hembusan angin yang cukup kencang pada saat berada di puncak bukit.

Bukit Parang Endog
Bukit Parang Endog. Image via: @riougen

Simak juga: Gereja Blenduk di Kota Tua Semarang

Objek Wisata Dekat Bukit Parang Endog

Selain objek wisata milik publik, Gunung Kidul ternyata juga memiliki objek wisata milik UGM yakni Hutan Wanagama. Berbagai pemandangan yang mengagumkan dapat pengunjung dapati kala berkunjung ke area hutan lindung ini seperti air terjun hingga jembatan gantung yang menjadi salah satu ikonnya.

Sementara bagi pengunjung yang ingin menikmati kembali suasana perbukitan tepi pantai, bisa mencoba Bukit Kosakora. Meski tidak terlalu tinggi, namun pemandangan yang tampak dari bukit ini sangatlah mempesona. Mulai dari pantai berair biru hingga perbukitan Gunung Kidul menjadi latar belakang yang cantik untuk difoto.

Sedangkan bagi yang menyukai wisata ketinggian dan danau, gunung kidul memiliki lokasi ideal yakni Embung Batara Srinten. Area wisata ini merupakan danau buatan yang terletak di puncak gunung Baturaung. Hal ini tentunya membuat lokasi yang satu ini nampak unik bahkan danau ini pun dicap sebagi danau tertinnggi yang yang ada di Yogyakarta.

Demikianlah keindahan bukit Parang endog yang bisa dinikmati ketika mengunjungi daerah gunung kidul. Jadi, jika berwisata ke Jogja, pastikan memasukkan lokasi ini dalam daftar kunjungan wisata.

Baca juga:

Leave a Comment