Bukit Parang Endog, Menikmati Keindahan Pantai Selatan Dari Ketinggian

Bukit Parang Endog bersebelahan dengan Pantai Parangendog dan Pantai Parangtritis. Dari atas bukit ini, para pengunjung juga dapat menikmati indahnya matahari tenggelam pada sore hari. Di lokasi ini juga termasuk tempat untuk melihat sunset terbaik yang ada di Yogyakarta.

Bukit Parang Endog bersebelahan dengan Pantai Parangendog dan Pantai Parangtritis. Dari atas bukit ini, para pengunjung juga dapat menikmati indahnya matahari tenggelam pada sore hari.
Bukit Parang endog. Image via: @dezano_

Untuk mencapai atas bukit para pengunjung harus menaiki beberapa anak tangga yang tidak terlalu tinggi. Disini kedatangan pengunjung akan disambut dengan hamparan luas pantai selatan yang membiru dan suara deburan ombak yang samar-samar terdengar serta hembusan angin yang cukup kencang.

Bagi para pengunjung yang suka dengan tantangan dan ingin mencoba memacu adrenalin bisa sekaligus mencoba permainan paralayang di sini. Disini adrenalin kita akan benar-benar dipacu saat terbang di atas laut lepas.

Tepat berada di bawah Bukit Parang endog ini, ada bukit lain lagi yang beberapa waktu lalu baru dibuka menjadi sebuah cafe. Dari sini para pengunjung bisa makan atau sekedar ngopi dengan melihat pemandangan yang sangat cantik ke arah laut lepas.

menkmati kudapan saat senja di bukit parang endog sembari memandangi samudera selatan
Kudapan saat Senja. Image via: nyero.id

Simak juga: 66 Wisata cantik di Jogja

Lokasi Bukit Parang Endog

Lokasi bukit ini berada kurang lebih 3 km sebelah timur pantai parangtritis tepatnya di Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul.

Kondisi jalan menanjak menuju bukit lebih menatang sehingga disarankan untuk tidak menggunakan kendaraan bagi yang tidak mampu. Namun begitu, meskipun mampu dengan kendaraan yang cocok, untuk menuju ke lokasi wisatanya persis Anda juga tetap harus memarkir kendaraan dan berjalan kaki.

Rute Menuju Bukit Parang Endog

Jarak dari pusat Kota Yogyakarta ke Bukit Parang Endog lumayan jauh yaitu sekitar 30,3 Kilometer dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari pusat Kota Jogja menuju Pantai Parang Endog sekitar 56 menit.

Rute menuju Bukit Parang Endog ini sangat mudah untuk dijangkau. Jika dari pusat Kota Yogyakarta ke arah timur melewati Jalan KH. Ahmad Dahlan menuju Jalan Pangurakan. Sampai di perempatan ke arah selatan melewati Jalan Brigjen Katamso.

Bukit Parang Endog munkgin adalah lokasi ini juga termasuk tempat untuk melihat sunset terbaik yang ada di Yogyakarta.
Indah. Image via: jadipergi.com

Sampai di perempatan lurus terus menuju Jalan Parangtritis, lurus terus ke Jalan Parangtritis – Panggang, kemudian lurus terus ikuti jalan tersebut, sampai pertigaan ke arah timur kemudian ikuti terus jalan yang ada hingga anda akan sampai di Bukit Parang endog.

Jam Buka Bukit Parang Endog

Kawasan wisata yang mempesona ini buka setiap hari mulai pukul 05.00 WIB – 18.30 WIB.

Tiket Bukit Parang Endog

Harga tiket retribusi masuk ke Bukit Parang Endog relatif terjangkau, pengunjung hanya dikenakan biaya RP 5.000 per orang.

Sedangkan untuk biaya parkir pengunjung di Bukit Parang Endog dikenakan tarif sebesar Rp 2.000,- untuk sepeda motor dan Rp 5.000,- untuk mobil.

Buat pengunjung yang ingin menikmati sensasi paralayang yang memicu adrenalin bisa ikut bermain paralayang bersama pemandu yang sudah profesional. Pengunjung ini dikenakan biaya sekitar Rp 300.000-RP 350.000 per orang.

Fasilitas Bukit Parang Endog

Fasilitas di Bukit Parang Endog sudah lumayan lengkap bagi para pengunjung yang berminat datang ke Bukit Parang Endog ini, diantaranya adalah: Tempat parkir luas, Toilet umum, Tempat ibadah, Warung makan dan minum.

Daya Tarik Bukit Parang Endog

  1. Melihat Pantai dari Ketinggian

menyaksikan pantai yang asri dari ketinggian bukit parang endog
Menyaksikan Pantai. Image via: nyero.id

Simak juga: Bukit Tuamaese, Raja Ampat di Timor

Ada banyak hal menarik yang bisa ditemui di tempat ini. Salah satunya tentu saja menikmati keindahan Pantai Selatan dari atas ketinggian. Deretan pantai yang berjajar mulai dari Pantai Parang Endog di ujung timur, Pantai Parangtritis hingga Parangkusumo dan Depok yang tak kalah eksotis.

Bukit ini dinamakan bukit Parang Endog, karena terdapat banyak bebatuan karang besar yang berbentuk endog (telur). Walau bukit ini lebih akrab di mata para atlit paralayang, bukan berarti tidak memiliki daya tarik wisata.

Seperti halnya Puncak kosakora di Gunungkidul, bukit ini menyuguhkan pemandangan pantai dan samudera yang luar biasa. Pantai parangtritis dan pantai pada bukit ini adalah pantai yang terbentang membujur dan dihiasi dengan bebatuan serta bukit karang.

Di tambah dengan keindahan suasana alam hijau yang bersambung dengan pantai dan perbukitan, tentu saja ini menjadi pemandangan yang berbeda. Hal yang menarik dari pantai-pantai yang berada di sekitaran lokasi ini adalah pasir hitamnya.

Pemandangan pesisir pantai dari atas biasanya dijadikan untuk latar foto.

  1. Lokasi Paralayang

Paralayang di BUkit Parang endog.
Paralayang di Parang endog. Image via: @kangendolan

Bukit Gupit atau Bukit Parang Endog memang populer dengan sebutan Bukit Paralayang. Lokasi ini sering digunakan sebagai landasan untuk aktivitas olahraga paralayang yang cukup memicu adrenalin. Lokasinya yang berada di kawasan pantai memiliki keunggulan tersendiri karena angin yang berhembus cukup kencang.

Pada saat-saat tertentu, pengunjung bukan hanya disuguhi dengan keindahan alam yang luar biasa tetapi juga bisa menyaksikan aktivitas para atlet paralayang yang sedang berlatih. Tempat ini juga sering digunakan untuk pelaksanaan beberapa event  bergengsi, salah satunya adalah Jogja Air Show pada tahun 2014.

Biasanya, atlet paralayang akan lepas landas dari puncak Bukit Gupit dan kemudian mendarat di landasan yang terdapat di antara Pantai Parangkusumo dan Pantai Depok. Menikmati pengalaman terbang di atas ketinggian dengan hamparan laut yang begitu luas di bawahnya tentu memberikan sensasi tersendiri yang tak terlupakan.

  1. Impian Para Penikmat Senja

Sunset Pantai Selatan dari ketinggian bukit parang Endog.
Sunset Pantai Selatan dari ketinggian. Image via: @riougen

Simak juga: Air Terjun Sidoharjo, tertinggi di Jogja

Karena posisi bukit endog  yang tepat di atas Pantai Parangtritis, ini memebuat nya cocok untuk pengunjung  yang menyukai Spot wisata untuk menikmati senja. Dari Bukit Parang Endog, pengunjung dapat melihat matahari tenggelam dengan latar belakang birunya samudera.

Menjelang sore hari, Bukit Parang Endog ini tak pernah sepi pengunjung. Sebelum tiba di Bukit Parang Endog ini Anda harus melewati beberapa anak tangga. Terdapat pula warung makan tak jauh dari puncak Bukit Parang Endog ini.

Jadi, pengunjung tertarik menikmati secangkir teh atau kopi hangat sambil melihat matahari tenggelam, di sini disediakan fasilitasnya. Bangku-bangku kayu yang langsung menghadap ke laut juga banyak tersedia di samping kanan kiri tangga menuju puncak Bukit Parang Endog.

Tidak sedikit wisatawan dan warga lokal yang mengabadikan momen matahari tenggelam ini dengan berfoto-foto.

Musim Rame di bukit parang endog
Musim rame. Image via: jogjaempatroda.com

Tips Wisata Bukit Parang Endog

  • Pesona sunset di puncak Bukit Parang Endog begitu epic dengan panorama pantai yang eskotis. Waktu terbaik untuk menikmati pemandangan luar biasa di bukit ini adalah sore hari menjelang sunset tiba.
  • Akses jalan menuju ke Bukit Parang Endog cukup menanjak, jadi pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima.
  • Gunakan pakaian hangat atau jaket untuk mengantisipasi hembusan angin yang begitu kencang di puncak bukit.
Bukit Parang Endog
Bukit Parang Endog. Image via: @riougen

Simak juga: Gereja Blenduk di Kota Tua Semarang

Objek Wisata Dekat Bukit Parang Endog

Selain objek wisata milik publik, Gunung Kidul ternyata juga memiliki objek wisata milik UGM. Hutan Wanagama adalah hutan lindung milik UGM yang berada di kawasan Gunung Kidul. Di areal hutan ini, pengunjung bisa menemukan berbagai macam pemandangan alam yang menarik, mulai dari air terjun hingga jembatan gantung yang ikonik.

Sementara bagi pengunjung yang ingin menikmati kembali suasana perbukitan tepi pantai, bisa mencoba Bukit Kosakora. Meski tidak terlalu tinggi, namun pemandangan yang tampak dari bukit ini sangatlah mempesona. Mulai dari pantai berair biru hingga perbukitan Gunung Kidul menjadi latar belakang yang cantik untuk difoto.

Sedangkan bagi yang menyukai wisata ketinggian dan danau, gunung kidul memiliki lokasi ideal. Embung Batara Srinten. Jika berkunjung ke Embung Batara Sriten, suasana kedamaian adalah hal yang bisa dirasakan. Berada di puncak Gunung Batur Agung, danau buatan ini merupakan danau tertinggi yang ada di Jogja lho.

Demikianlah keindahan bukit Parang endog yang bisa dinikmati ketika mengunjungi daerah gunung kidul. Jadi, jika berwisata ke Jogja, pastikan memasukkan lokasi ini dalam daftar kunjungan wisata.

Baca juga:

Leave a Comment