Pule Payung Yogyakarta, Dengan 8 Keajaibannya

Pule Payung Yogyakarta berada pada ketinggian sekitar 500 mdpl. Sehingga memungkinkan melihat panorama alam indah di bawahnya yang penuh dengan pepohonan hijau. Uniknya, obyek Pule Payung ini juga memadukan panorama alam dengan spot foto kekinian.

Pule Payung Yogyakarta berada pada ketinggian sekitar 500 mdpl. Sehingga memungkinkan melihat panorama alam indah di bawahnya yang penuh dengan pepohonan hijau. Uniknya, obyek Pule Payung ini juga memadukan panorama alam dengan spot foto kekinian.
Pule Payung Yogyakarta. Image via: dakatour.com

Perpaduan bukit hijau, danau dan langit biru membentuk sebuah panorama alam nan eksotis. Cocok untuk mencari tempat melepas penat usai bekerja seminggu. Bagi yang ingin mengunggah koleksi foto terbaru di Instagram, Pule Payung Yogyakarta adalah tempat yang tepat untuk mengabadikan momen liburan.

Gardu Pandang yang  tersedia di lokasi ini ada berbagai macam model, mulai dari model hexagonal, lingkaran, dan ada model jembatan kayu. Jadi pengunjung bisa berfoto dengan berbagai model gardu pandang.

Akses menuju spot-spot foto cukup mudah karena wisatawan tidak perlu berjalan kaki menaiki bukit. Serta lokasi spot yang luas sehingga bisa membuat wisatawan menikmati pemandangan alam secara leluasa.

merayakan kebersamaan bareng teman di Pule payung Yogyakarta
Kita. Image via: topwisata.info

Simak juga: 66 lokasi wisata di sekitar Jogja

Lokasi Pule Payung Yogyakarta

Wisata Pule Payung Yogyakarta Lokasinya terletak di Dusun Saropati Desa Hargotirto Kecamatan Kokak Kabupaten Kulon Progo.

Lokasi wisata indah ini lokasinya juga tidak jauh dari Kali Biru.

Rute Menuju Pule Payung Yogyakarta

Rute menuju Pule Payung Yogyakarta yaitu mengikuti rute Kalibiru. Jika pengunjung datang dari pusat Kota Yogyakarta, pengunjung bisa melewati Jalan Godean. Dari jalan itu, lurus terus ke arah barat mengikuti jalan tersebut. Hingga sampai di Goa Kiskendo.

Setelah itu, bisa ambil kiri, yaitu ke arah Taman Sungai Mudal dan Air Terjun Kembang soka. Sesampainya di persimpaingan Jalan setelah Gapura Air Terjun Kembang Soka. Pengunjung tidak boleh mengambil ke arah kanan, nanti kamu malah sampai ke Tebing Gunung Gajah. Pengunjung harus mengambil arah kiri, yaitu ke arah Kali Biru.

Spot lolipop di Pule payung yogyakarta
Lolipop. Image via: provoke-online.com

Sampai ke Kali Biru, Pengunjung akan dengan mudah bisa menemukan penunjuk jalan menuju Pule Payung.

Karena lokasi Pule Payung Yogyakarta juga sejalur dengan Tebing Gunung Gajah, kamu bisa mampir ke Tebing Gunung Gajah juga.

Jam Buka Pule Payung Yogyakarta

Wisata alam pule payung Jogjakarta ni buka setiap hari. Dari senin sampai minggu. Jam buka dari pagi sekitar pukul 08.00 sampai sore pukul 16.00 WIB.

Tiket Pule Payung Yogyakarta

Pule Payung Yogyakarta diresmikan atau dibuka baru tahun ini 2017. Harga tiketnya sangat terjangkau hanya Rp 5.000 per orang.

Namun untuk pengunjung yang ingin memakai spot untuk latar berfoto maupun untuk rekreasi, ada biaya tambahan lainnya. di sini. Berikut daftar harga tiket masuk spot foto dan wahana Pule Payung.

  • Spot Angkasa : Rp.15.000,-
  • Spot Lolipop : Rp.10.000,-
  • Spot Wolu : Rp.15.000,-
  • Spot Jembatan Surga : Rp.10.000,-
  • Flying Fox : Rp.30.000,-
  • Spot Sepeda Langit : Rp.25.000,-
Spot Kursi langit di pule payung yogyakarta
Kursi Langit. Image via: pesonajogjatour.net

Simak juga: Berburu foto di puncak bangku

Fasilitas Pule Payung Yogyakarta

Fasilitas yang disediakan Pule Payung Yogyakarta bisa dikatakan cukup lengkap. Beberapa diantaranya seperti paket tour yang terdiri dari tiga pilihan, yaitu gold, silver, bronze, dan paket empat. Fasilitas lainnya antara lain musala, gazebo, tempat bersantai, pendopo amerta.

Selain itu, terdapat juga toko oleh-oleh yang menyediakan item khas Yogyakarta.

Daya Tarik Pule Payung Yogyakarta

  1. Spot Angkasa

Spot Angkasa memiliki luas 8 x 21 meter persegi, bisa dibilang termasuk spot terluas di Pule Payung Yogyakarta. Bahkan bisa menampung 100 orang sekaligus. Spot ini lumayan tinggi sehingga pesisir selatan pun konon bisa terlihat dari sini.

Spot ANgkasa di pule payung yogyakarta
Spot Angkasa. Image via: azkatransjogja.com

Spot Angkasa memiliki sejumlah properti tambahan untuk berfoto yaitu kursi dan meja. Jadi, Pengunjung Pule Payung Yogyakarta dapat melakukan pose selfie seolah-olah sedang duduk menikmati secangkir teh hangat dari ketinggian.

Panorama Perbukitan Menoreh, Waduk Sermo, dan langit biru akan semakin menambah cantik hasil bidikan kamera Pengunjung.

  1. Spot Lolipop

Spot foto yang satu ini terbilang unik lantaran berbentuk mirip permen lolipop. Ketinggiannya juga sejajar dengan tanah sehingga cukup aman buat anak-anak tanpa harus naik tangga. Viewnya sama indahnya bila dibandingkan dengan spot lain.

Hamparan pepohonan hijau dan Waduk Sermo bisa Pengunjung lihat dari spot ini.

  1. Spot Wolu

spot wolu khas segi 8 di pule payung yogyakarta
Spot Wolu. Image via: wisatamantap.com

Simak juga: HUtan di tengah Kota, Hukoci

Spot Wolu ini mirip dengan Spot Bundar yang ada di wisata alam Kalibiru Kulon Progo, perbedaannya terletak pada bentuk pijakannya. Bentuk pijakan spot ini berupa segi banyak beraturan, bukan lingkaran. Ketinggiannya mencapai meter jika diukur dari pondasi bagian bawah.

Dari atas Spot Wolu, Pengunjung dapat berfoto dengan latar Perbukitan Menoreh dan Waduk Sermo. Kapasitas pijakannya bisa menampung sekitar 7 orang, tapi dengan berat badan standar. Harga tiket untuk berfoto di sini sebesar 15 ribu rupiah per orang.

  1. Spot Jembatan Surga

Spot Jembatan Surga Spot Jembatan Surga Sesuai dengan namanya, berupa jembatan yang lumayan panjang dengan daya tampung 50 orang. Dinamakan Jembatan Surga tentu saja karena pemandangan alam di tempat ini sangatlah indah.

Spot Jembatan Sorga di pule payung yogyklarta
Spot Jembatan Sorga. Image via: jogjaspace.com

Lukisan alam berupa Perbukitan Menoreh dan Waduk Sermo dari ketinggian bisa Pengunjung nikmati saat naik ke jembatan. Tersedia juga properti sepeda motor DKW yang dapat dijadikan pelengkap dalam berfoto. Sebuah pengaturan ruang yang sangat menawan.

Berkat viralnya Jembatan Syurga dikalangan netizen, Pule Payung Yogyakarta kini menjadi destinasi wisata Kulon Progo yang ramai dikunjungi wisatawan.

  1. Flying Fox

Wahana permainan Flying Fox tentu sudah tak asing lagi ditelinga para penyuka wisata alam. Dengan menaiki wahana ini, Pengunjung akan meluncur ke bawah melalui sebuah tali dari ketinggian. Tak usah kuatir tentang keselamatan karena Pengunjung akan dibekali tali pengaman.

Selain dapat memacu adrenalin, meluncur deras sejauh 100 meter sambil menyaksikan kecantikan Bukit Menoreh dan Waduk Sermo tentu akan menjadi pengalaman menyenangkan. Harga tiket Flying Fox dibanderol sebesar 30 ribu rupiah per orang.

Flying Fox di pule payung yogyakartaa
Flying Fox. Image via: chibirentalmotormalang

Simak juga: Mengenal peradaban Padi di kampung Pandanwangi

  1. Spot Sepeda Langit

Pada awalnya, Sepeda Langit atau Sky Bike dikenal sebagai salah satu wahana di Dago Dream Park dan The Lodge Maribaya Bandung. Namun, kini wahana tersebut telah hadir di Pule Payung Kulon Progo sehingga buat warga Yogyakarta dan sekitarnya, tak usah lagi jauh-jauh datang ke sana.

Cukup mampir ke Pule Payung, Pengunjung akan mendapatkan foto kekinian yang sama bagusnya. Sesuai dengan namanya, spot Sepeda Langit memberikan kesempatan pengunjung untuk mengayuh sepeda di ketinggian.

Tidak perlu kuatir soal keselamatan, Pengunjung akan dibekali alat pengaman saat mengayuhnya. Dengan naik ke atas Sepeda Langit, Pengunjung bisa mendapatkan spot foto terbaik dengan background Waduk Sermo nan eksotis

Sepeda langit di pule payung yogyakarta
Sepeda Langit. Image via: visitingjogja.com
  1. Ayunan Langit dan Kursi Langit

Ayunan ini sebenarnya tidak terlau tinggi, hanya saja lokasinya berada pada area ketinggian sehingga bisa melihat landscape Bukit Hijau Menoreh dan Waduk Sermo. Meskipun tak terlalu ekstrim seperti halnya Zen Hideaway Ubud Swing di Bali, Pengunjung tetap dapat berfoto seolah-olah sedang berayun di udara pada ketinggian tertentu.

Sesuai namanya, spot foto Kursi Langit ini berupa sebuah kursi mirip ayunan yang digantung pada sebuah tiang. Latar bagian belakangnya sangat cantik! Perpaduan angkasa biru, bukit hijau, dan danau buatan menjadikan Pengunjung seakan-akan sedang menaiki kursi melayang di udara.

  1. Gazebo

Bukan hanya sebagai tempat beristirahat sejenak, gazebo Pule Payung Yogyakarta juga bagus lho buat berfoto. Terbuat dari kayu dengan cat berwarna cokelat membuat penampilan gazebo tampak fotogenik. Pengunjung bisa berfoto bersama keluarga atau sahabat sambil duduk-duduk santai di sini.

ngopi ditemani panorama alam pule payung
Ngopi. Image via: wisatabagus.com

Simak juga: Menikmati kesegaran air panas Cikundul

Ada juga Tempat duduk bersantai  Mirip dengan gazebo. Tempat Bersantai ini juga lumayan bagus buat foto. Tapi, daya tampungnya sekitar 2 orang saja. Cocok buat tempat selfie berdua dengan istri tercinta.

Tips Mengunjungi Pule Payung Yogyakarta

Sebelum berkunjung ke Pule Payung, ada baiknya pengunjung memperhatikan beberapa tips wisata berikut, agar perjalanan dan aktivitas di Pule Payung berjalan dengan lancar.

  • Pilih waktu kunjungan saat cuaca cerah.

Daya tarik utama Pule Payung adalah spot foto outdoor kekinian dengan latar pemandangan alam eksotik. Untuk menghasilkan foto bagus dan keren, tentu membutuhkan pencahayaan yang bagus. Apabila matahari bersinar terang, kita akan lebih mudah menghasilkan gambar bagus.

  • Pakailah pakaian kasual yang modis.

Kawasan wisata Pule Payung Jogja ini berupa perbukitan. Dengan memakai pakaian kasual, kita akan lebih mudah bergerak tanpa terjatuh dan tetap bisa tampil bagus di depan kamera.

  • Bawalah topi dan kacamata untuk melindungi tubuh dari sinar matahari.

Ayunan langit
Ayunan Langit. Image via: ajar.id

Simak juga: Alam Lestari di Ketambe Aceh

Objek Wisata Dekat Pule Payung Yogyakarta

Selain dataran tinggi Pule Payung, Kulonprogo juga punya objek wisata dataran tinggi lain. Salah satunya adalah Puncak Suroloyo. Untuk menuju puncak, pengunjung harus siap menaiki sekitar 200 anak tangga. Meski begitu, pemandangan di puncak seolah-olah membayar semua rasa lelah menuju ke sini.

Seperti halnya wisata dataran tinggi lain, kulonprogo juga punya air terjun. Salah satunya adalah Air Terjun Kedung Pedut. Air terjun ini memiliki sebuah kolam alami yang memiliki campuran warna biru dan putih sehingga tampak seperti kabut.

Bagi pengunjung yang suka selfie dan foto, pengunjung wajib mengunjungi Pule Payung. Pengunjung akan mendapat foto sangat keren. jadi, tunggu apa lagi, ayo ajak teman-teman, keluarga atau kekasih liburan ke Palu Payung.

Baca juga:

Leave a Comment