Watu Payung Turunan, Spot Terbaik Untuk Hunting Foto Di Gunung Kidul

Watu Payung Turunan, sebuah nama objek wisata yang terletak di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

watu payung turunan
watu payung turunan. google maps. sumber: Trisno Ary Budi

Nama Watu Payung sebetulnya bukan hanya dipakai untuk satu objek wisata saja. Terdapat nama yang hampir mirip, dan lokasinya masih sama di Kabupaten GunungKidul, hanya berbeda desa dan kecamatan. Di antaranya :

  • Watu Payung Turunan, terletak di Kecamatan Panggang
  • Watu Payung yang terletak di desa Kemuning, Kecamatan Patok
  • Watu Payung Semin, yang terletak di Kecamatan Semin

Tentu saja, beda lokasi beda juga pesona keindahan yang ditawarkan. Meskipun secara garis besar memiliki kesamaan, yaitu wisata alam di Gunungkidul dengan ragam spot instagramable.

Ya, itulah tuntutan semua objek wisata saat ini untuk menyajikan beragam spot selfie yang instagramable. Semakin banyak, semakin variatif, semakin keren spotnya, maka semakin besar juga peluang untuk menarik wisatawan berkunjung ke objek wisata.

Daya Tarik Watu Payung Turunan

daya tarik watu payung turunan
daya tarik watu payung turunan. google maps. sumber: Veti Vera

Di era kekinian, hampir tidak ada satupun objek wisata yang tidak memadukan dengan spot selfie yang instagramable. Kecuali objek wisata yang bertemakan heritage.

Bahkan, untuk konteks wisata alam terbuka seakan menjadi sebuah kewajiban. Perpaduan mahakarya tuhan berupa pesona alam, yang berpadu dengan kreativitas manusia. Itulah yang disajikan di Watu Payung Turunan.

1. Geoforet

geoforest watu payung turunan
geoforest watu payung turunan. google maps. sumber: Siska Frisillia

Lokasi Watu Payung Turunan berada di kawasan hutan lindung, atau kawasan hutan konservasi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Nama Watu Payung merujuk kepada sebuah batu yang bentuknya mirip dengan bentuk payung. Kata Watu dalam bahasa jawa berarti Batu. Sedangkan kata Payung, yang bermakna Payung.

Keberadaan batu yang menyerupai payung tersebut di kawasan hutan konsevasi, menjadikan sebuah kunjungan wisata alam yang sangat menyenangkan.

Suasana yang teduh, nuansa alam, udara yang sejuk, bernilai edukatif, adalah daya tarik dari Watu Payung Turunan yang mampu menghadirkan kunjungan wisatawan, apalagi di saat musim liburan tiba.

view elok saat di ketinggian
view elok saat di ketinggian. google maps. sumber: Mutia R

Lokasi objek wisata Watu Payung Turunan berada di ketinggian, view yang paling indah adalah saat mata pengunjung tertuju pada view Sungai Oya.

Sungai tersebut mampu menjadi latar foto yang sangat cantik. Karena posisi anda berada di atas ketinggian, sementara sungai tersebut berada jauh di bawah.

2. Spot Selfie Yang Keren

Daya tarik selanjutnya dari Watu Payung Turunan Gunungkidul adalah banyaknya ragam spot selfie yang sangat instagramable, cocok sekali untuk kebutuhan media sosial para pengunjung.

spot selfie di watu payung turunan
spot selfie di watu payung turunan. google maps. sumber: Muhammad Zhian

Hasil karya seni yang mewujud menjadi spot selfie tersebut bukan spot instagramable biasa. nilai seni yang sangat tinggi, karena bahannya didominasi dari alam. Berupa akar-akar pohon.

Akar pohon tersebut dibentuk, dirangkai sedemikian rupa, sehingga mampu meghadirkan hasil jepretan yang super keren. Apalagi pesona alam sekitar mampu menjadi latar yang eksotis.

spot selfie dari akar pohon
spot selfie dari akar pohon. google maps. sumber: Nur Tafsin

Terdapat beberapa catatan penting, terutama saat pengunjung berada di spot selfie yang ada di ketinggian, yang menawarkan latar keindahan Sungai Oya untuk tetap berhati-hati.

Meskipun sudah dilengkapi dengan pagar keamanan, terutama untuk anak-anak harus tetap dalam pengawasan para orang tua ya….

Banyaknya ragam spot yang keren, para pengunjung sering juga menjadi objek wisata Watu Payung Turunan sebagai lokasi untuk melakukan prewedding, bahkan acara pernikahan.

Ada juga area camping loh. Tapi, para pengunjung akan dikenakan biaya tambahan untuk acara-acara tersebut.

ikon watu payung turunan
ikon watu payung turunan. google maps. sumber: Siswana Purwadi

Lokasi Dan Alamat Watu Payung Turunan

Lokasi Watu Payung Turunan terletak di Geoforest Watu Payung Turunan. Alamat Watu Payung Turunan berada di Dusun Turunan, Desa Girisuko, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Watu Payung Turunan

Jalan menuju Watu Payung Turunan dari Jogja hanya berjarak 28 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Kondisi jalannya sudah bagus, di beberapa titik terdapat kelokan, dan tanjakan. Namun selama di perjalanan, para pengunjung akan disuguhi panorama alam yang memberikan nuansa keteduhan.

Jam Operasional Watu Payung Turunan

panorama alam sekitar
panorama alam sekitar. google maps. sumber: Qodri Jamalulail
  • Watu Payung Turunan buka dari pukul 05.00 – 21.00
  • Watu Payung Turunan buka setiap hari selama seminggu

Harga Tiket Masuk Watu Payung Turunan

  • Tiket masuk Watu Payung Turunan per orang Rp. 5.000
  • Tiket parkir motor Rp. 2.000
  • Tiket parkir mobil Rp. 5.000
  • Prewedding Rp. 250.000
  • Camping Rp. 1.200.000
  • Pernikahan Rp. 1.500.000

Fasilitas Di Watu Payung Turunan

Fasilitas di Watu Payung Turunan sudah lengkap. Baik fasilitas primer, maupun fasilitas sekunder. Seperti :

  • Area parkir
  • Toilet
  • Mushola
  • Ragam spot
  • Kantin

Penutup

Demikian info tentang Watu Payung Turunan Gunungkidul. Selalu patuhi protokol kesehatan, dan protokol keamanan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, maupun oleh pihak pengelola.


Tinggalkan komentar