11 Tempat Wisata Kaliurang, Kebangkitan Sang Phonik dari Abu Merapi

Bak harta karun, berbagai tempat wisata Kaliurang yang instagramable mengundang untuk berkunjung. Mulai dari  Museum Ullen Sentalu, The Lost World Castle, Rumah Hobbit Kaliurang, Stonehenge Jogja, dan Merapi Park dan masih banyak lagi lainnya.


Bak harta karun, berbagai tempat wisata Kaliurang yang instagramable mengundang untuk berkunjung.
Tempat Wisata Kaliurang. Image via: jadipergi.com

Sekilas Soal Kaliurang

Kaliurang adalah sebuah daerah wisata Jogja yang terletak di selatan lereng gunung Merapi. Daerah ini memiliki ketinggian sekitar 850 meter di atas permukaan laut.  Kawasan wisata Kaliurang memiliki udara yang sangat sejuk dengan  latar belakang gunung Merapi.

Suasana tenang dan indah ciri khas daerah perbukitan.  Suhu di tempat ini berkisar antara 20 sampai 25 derajat celcius, bila musim penghujan tiba maka udara di tempat ini akan semakin dingin sekali.

Di Kawasan Kaliurang juga telah di bangun berbagai objek wisata seperti taman bermain untuk anak-anak, bumi perkemahan, gardu pandang, kolam renang, tempat wisata air terjun, gua Jepang dan masih banyak lagi.

Bagi anda yang ingin melakukan kegiatan Outbound, Kaliurang merupakan salah satu tempat yang tepat karena udara yang sejuk dan lingkungan yang masih alami, sangat bermanfaat untuk mengembalikan kesegaran tubuh dan pikiran.

Kawasan Kaliurang berada 25 km dari kota Yogyakarta. Perjalanan ke sana bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Kualitas jalannya sangat bagus, walau sempat rusak akibat erupsi beberapa tahun lalu.

11 Tempat Wisata Kaliurang

  1. The Lost World Castle

Tempat wisata Kaliurang ini memiliki bentuk menyerupai kastil dengan arsitektur yang unik.
The Lost World Castle. Image via: nativeindonesia.com

SImak juga: 11 tempat wisata di Belitung

Sesuai dengan namanya, Tempat wisata Kaliurang ini memiliki bentuk menyerupai kastil dengan arsitektur yang unik. Banyak yang bilang jika The Lost World Castle mirip dengan Benteng Takeshi yang ada di acara reality show Jepang.

Ide bentuk bangunan Tempat wisata Kaliurang ini tergolong cerdas secara komersial. Terbukti sukses menarik perhatian pengunjung bahkan sebelum tempat ini resmi dibuka. The Lost World Castle dibangun di atas lahan seluas 1,3 hektar di desa Kepuharjo.

The lost world castle tidak hanya menjual keindahan alam di lereng gunung Merapi. Pengelola juga berinofasi dengan membangun fasilitas untuk foto selfie. Ada salah satu spot foto yang selalu ramai antrean. Spot foto ini adalah spot foto negeri di atas awan. Terdapat beberapa spot foto menarik.

Objek untuk foto lain di The Lost World Castle berupa foto landmark dunia. Ada Stonehenge, pepohonan Sakura seperti di Jepang, hingga perkampungan Suku Indian. Tidak hanya itu, replika The Lost World seperti di dalam film pun ada. Lengkap dengan replika tulang fosil dinosaurus.

Lokasi: Dusun Petung, Desa Kepuharjo, Cangkringan, Sleman.
Tiket: 25.000
Jam Buka: 06.00-18.00

  1. Air Terjun Tlogo Muncar

Air Terjun Tlogo Muncar merupakan salah satu tempat wisata Kaliurang yang populer. Obyek wisata ini berada di lereng Gunung Merapi
Air Terjun Tlogo Muncar. Image via: teamkita.pw

Air Terjun Tlogo Muncar merupakan salah satu tempat wisata Kaliurang yang populer. Obyek wisata ini berada di lereng Gunung Merapi, hal itu membuat suasana di sekitar Air Terjun menjadi sejuk. Air Terjun Tlogo Muncar memiliki ketinggian sekitar 30 sampai 40 meter dan berada di ketinggian 878 mdpl.

Air Terjun Tlogo Muncar memiliki air yang segar dan jernih. Air yang ada di Air Terjun Tlogo Muncar ini berasa dari lereng Bukit Plawngan yang letaknya tidak terlalu jauh dari air terjun. Tetapi pada saat musim kemarau aliran air tidak cukup deras dibangdingkan pada saat musim hujan.

Di Air Terjun Tlogo Muncar terdapat taman rekreasi anak, oleh sebab itu anda dapat mengajak anak-anak untuk berkunjung ke Air Terjun tempat wisata kaliurang ini. Selain itu pengunjung juga dapat mengabadikan momen dengan berfoto di air terjun.

Air Terjun Tlogo Muncar ini diyakini oleh warga setempat sebagai tempat yang dulunya pernah digunakan oleh seorang putri dari kerajaan Majapahit yang bernama Dewi Condrokirono. Ada juga yang mempercayai bahwa jika mandi di air terjun ini dapat membuat wajah menjadi awet muda.

Lokasi: Jalan Tlogo Putri, Hargobinangun, Pakem, Area Hutan, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Tiket: 8.000
Jam Buka: 08.00-16.00

  1. Museum Ullen Sentalu

Museum Tempat wisata Kaliurang ini memiliki bentuk bangunan atau arsitektur yang sangat unik. Yaitu bangunan yang menyatu dengan alam
Museum Ullen Sentalu. Image via: dream.co.id

Simak juga: 11 tempat wisata Sragen

Museum Ullen Sentalu adalah salah satu museum terbaik di Indonesia. Terletak di lereng Gunung Merapi yang masih sejuk dan damai keberadaan museum ini menambah tempat wisata Kaliurang favorit di Yogyakarta.

Di Museum Ullen Sentalu ini pengunjung akan disapa sejuknya hawa khas pegunungan. Serta suasana hening nan damai yang menyatu dengan rimbunnya pepohonan. Semuanya semakin menambah suasana menjadi menenangkan.

Museum Tempat wisata Kaliurang ini memiliki bentuk bangunan atau arsitektur yang sangat unik. Yaitu bangunan yang menyatu dengan alam atau rimbun pepohonan di sekitar museum. Cuaca did alam museum sejuk, karena gaya arsitektur Museum Ullen Sentalu yang unik menyatu dengan alam.

Koleksi di Museum Ullen Sentalu ini terbilang cukup lengkap dan memukau dan dibagi dalam beberapa ruang. Diantaranya adalah Ruang Seni dan Gamelan yang menyimpan koleksi seperangkat gamelan.

Di tengah-tengah perjalanan pengunjung tempat wisata kliurang ini mengelilingi Museum Ullen Sentalu, Pengunjung akan disuguhi minuman dengan rasa unik yaitu minuman yang terbuat dari rempah-rempah seperti jamu yang menyegarkan.

Lokasi: Jalan Boyong KM 25, Kaliurang Barat, Sleman, Yogyakarta.
Tiket: 35.000
Jam buka: 08.30-16.00

  1. Rumah Hobbit Kaliurang

Tempat wisata kaliurang ini mampu menyuguhkan wisata magis bagi pengunjung, terutama penggemar serial The Lord of The Rings.
Rumah Hobbit Kaliurang. Image via: traveloskyholiday.com

Lokasi Rumah Hobbit Kaliurang hanya sedikit di utara wisata The Lost World Castle. Tempat wisata kaliurang ini mampu menyuguhkan wisata magis bagi pengunjung, terutama penggemar serial The Lord of The Rings.

Dengan lokasi di kaki Gunung Merapi, sehingga udara yang ada di tempat wisata kaliurang ini juga sangat sejuk. Jadi, tempat wisata ini selain cocok untuk hunting foto, juga sangat ideal untuk mendinginkan pikiran kita dari stress karena rutinitas sehari – hari.

Deretan bangunan menyerupai rumah Hobbit tersebut berukuran cukup besar dengan tinggi sekitar 2 meter dan lebar sekitar 4 meter. Desainnya terlihat sangat rapi dan membentuk sebuah taman dengan rumput hijau yang menyerupai karpet.

Pengunjung juga dapat bertamasya dengan menggelar alas untuk duduk bersantai sembari makan bekal yang telah dibawa dari rumah. Selain itu tempat wisata kaliurang Rumah Hobbit ini juga sering dijadikan lokasi berfoto. Bahkan juga bisa menjadi alternatif lokasi foto prewedding.

Fasilitas yang ada di daerah rumah Hobbit Cangkringan Kaliurang ini cukup lengkap. Tetapi fasilitas umum seperti tempat parkir, toilet, mushola, warung makan, ruang informasi sudah sekaligus menyatu dengan wisata benteng / The lost World Castle.

Lokasi: Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta,
Tiket: 10.000
Jam buka:07.00-18.30

  1. Stonehenge Jogja

Waktu terbaik untuk menyaksikan keindahan bangunan tempat wisata Kaliurang ini adalah dengan datang pada waktu siang hari
Stonehenge Jogja. Image via: travelingyuk.com

Simak juga: 11 tempat wisata Blora

Di Yogya, tepatnya di lereng gunung merapi dengan lahan rerumputan hijau seluas 200 meter persegi terdapat Stonehenge Merapi Yogya. Meskipun hasil kreativitas manusia mosern, namun tempat ini dirancang semirip mungkin dengan stonehenge di Inggris.

Tak sekedar asal membuat destinasi dengan nuansa kekinian, ternyata ada cerita menarik di balik ide pengelola untuk membuat replika Stonehenge ini. Struktur mirip tempat bersejarah di Inggris tersebut ternyata berdiri dengan memanfaatkan batuan sisa erupsi Merapi.

Tak heran jika tampilannya terlihat sangat natural. Bentuk bangunan tempat wisata Kaliurang ini sangat mirip dengan dengan Stonehenge di Inggris. Bagi Pengunjung yang belum sempat berkunjung ke Negeri Ratu Elizabeth, bisa coba datang dulu ke Cangkringan untuk melihat replikanya.

Waktu terbaik untuk menyaksikan keindahan bangunan tempat wisata Kaliurang ini adalah dengan datang pada waktu siang hari. Ketika matahari tepat berada di atas kepala. Karena sinar matahari akan membuat bangunan ini menjadi indah sekali.

Meski berada di jalur erupsi, Pengunjung tidak perlu khawatir mengunjungi Stonehenge Cangkringan. Pengelola sudah menyiapkan jalur evakuasi khusus. Andai terjadi sesuatu yang tak diinginkan, pengunjung dijamin bisa segera menjauh ke area aman.

Lokasi: Trutan, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta
Tiket: 10.000
Jam Buka: 07.00-17.00

  1. Museum Gunung Merapi

Di museum tempat wisata Kaliurang ini pengunjung dapat mempelajari banyak hal mengenai Gunung Merapi.
Museum Gunung Merapi. Image via: nativeindonesia.com

Museum Gunung Merapi merupakan salah tempat yang dibangun untuk menjadi sarana pembelajaran tentang gunung teraktif di dunia ini. Di museum tempat wisata Kaliurang ini pengunjung dapat mempelajari banyak hal mengenai Gunung Merapi.

Terletak di kaki Merapi yang sejuk, Museum Gunung Merapi memiliki arsitektur bangunan yang khas, berupa segitiga yang menyerupai gunung. Saat cuaca cerah, pengunjung bisa menyaksikan gunung merapi nan gagah dari pelataran museum.

Di lantai dasar tempat wisata Kaliurang ini, pengunjung disambut dengan maket Gunung Merapi berukuran besar. Maket bersuara gemuruh dan mengeluarkan asap.

Museum Gunung Merapi Jogja memiliki koleksi peralatan pemantau aktivitas gunung merapi seperti: teleskop, seismograf, alat pencatat aktivitas gunung merapi, alat pengolah data, hingga piranti kuno yang di gunakan petugas peneliti aktivitas gunung merapi di masa lalu.

Salah satu koleksi benda yang menarik perhatian, adalah sampel batu bom (volcanic bomb). Batu ini adalah lava pijar bersuhu 700 – 1.200 derajat celcius yang terlempar ke udara dan mengalami proses pendinginan cepat sampai akhirnya ketika jatuh sudah berbentuk batu padat.

Lokasi: Jl. Boyong, Dusun Banteng, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman Pakem, Yogyakarta
Tiket: 3.000
Jam Buka: 08.00-15.30

  1. Bukit Klangon

Tempat wisata Kaliurang ini banyak dikunjungi wisatawan terutama anak muda. Bukit ini menjadi spot foto yang sangat instagramable.
Bukit Klangon. Image via: kartanesia.com

Simak juga: 11 tempat wisata Nganjuk

Jika ingin melihat dengan jelas Gunung Merapi itu kamu tidak perlu capek-capek mendaki untuk sampai puncaknya, karena Anda bisa melihatnya dengan berkunjung ke Bukit Klangon.

Tempat wisata Kaliurang ini banyak dikunjungi wisatawan terutama anak muda. Bukit ini menjadi spot foto yang sangat instagramable. Bukit Klangon menyajikan pemandangan yang sangat mempesona dengan latar belakang kegagahan Gunung Merapi dan alam asri sekitarnya.

Bukit Klangon memiliki gardu pandang dengan background Gunung Merapi. Karena lokasi Bukit Klangon berada dekat dengan Gunung Merapi yaitu sekitar 4 km. Gunung Merapi itu masih aktif yang nampak gagah dan besar, jadi memiliki keindahan yang sangat mempesona.

Selain gardu pandang itu di Bukit Klangon dulunya dikenal sebagai tempat downhill. Tempat ini dikembangkan sebagai lintasan sirkuit downhill untuk pembalap sepeda gunung. Saat ini Bukit Klangon merupakan lintasan sirkuit downhill terbaik di Kota Yogyakarta.

Tempat wisata kaliurang, Bukit Klangon menyediakan track sepanjang 20 km untuk anda yang memiliki hobi bersepeda dengan medan yang memicu adrenalin. Perjalanan track sepeda ini biasanya memakan waktus sekitar 1,5 jam.

Lokasi: Kalitengah Lor, Glagaharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Tiket: Gratis
Jam Buka: 24 jam

  1. Taman Wisata Kaliurang

Selain menyuguhkan pemandangan yang indah, Tempat Wisata Kaliurang ini pun memiliki wahana outbound.
Taman Wisata Kaliurang. Image via: rentalmobilyogyakarta.net

Taman rekreasi ini berada di kawasan lereng Gunung Merapi. Bukan hal aneh jika objek wisata ini sangat sejuk. Menghabiskan waktu untuk berlibur di sini merupakan pilihan yang tepat.

Taman Tempat Wisata Kaliurang dapat menjadi referensi wisata akhir pekan keluarga. Pemandangan sekitar sangatlah indah, masih banyak pepohonan yang tumbuh tinggi menjulang. Ditambah lagi pemandangan puncak Gunung Merapi yang gagah.

Banyak wisatawan yang datang bersama keluarga. Duduk santai beralaskan tikar di atas rerumputan sambil bercengkerama dengan keluarga. Ditambah lagi, suasana yang sangat mendukung untuk beramah-tamah.

Tiupan angin sepoi – sepoi turut hadir membawa suasana yang tenang. Kicauan burung saling bersahutan, seolah tak ingin ketinggalan untuk bersenda gurau. Sungguh suasana yang menjadi dambaan.

Selain menyuguhkan pemandangan yang indah, Tempat Wisata Kaliurang ini pun memiliki wahana outbound. Seperti flying fox hingga rumah pohon Ridz High Rope.

Kaliurang memiliki kuliner yang rasanya enak. Apalagi jika dikonsumsi dalam keadaan hangat. Terlepas dari gudeg Jogja dan bakpia yang sangat terkenal. Kaliurang sendiri pun memiliki kuliner yang wajib dicoba. Makanan seperti jadah tempe, nasi klenyer, dan sate donal.

Lokasi: Jl. Siaga, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Tiket: 8.000
jam Buka: 08.00-16.00

  1. Merapi Park

Taman bunga di tempat wisata Kaliurang ini di tata dengan rapi dan indah. Dengan pemilihan bunga memperhatikan kombinasi warna-warni bunga.
Merapi Park. Image via: nativeindonesia.com

Simak juga: 11 tempat wisata Trenggalek

Merapi Park juga sering disebut The World Landmarks, karena menyediakan banyak fariasi miniatur dari beberapa icon terkenal kota-kota besar di seluruh dunia. DI taman Merapi Park terdapat miniatur icon dunia seperti: menara Eiffel, menara Pisa dan lainnya.

Miniatur-miniatur landmark tersebut dikelilingi taman bunga berwarna-wangi indah dan cantik untuk menjadi background foto. Taman bunga di tempat wisata Kaliurang ini di tata dengan rapi dan indah. Dengan pemilihan bunga memperhatikan kombinasi warna-warni bunga.

Di lokasi tempat wisata Kaliurang ini terdapat 3 area utama. Yaitu Cowboy Town, Kids Waterpark, dan taman icon dunia.

Di Area Cowboy Town, pengunjung diajak untuk Jalan-jalan sambil berkuda, menikmati keindahan alam sekitar. Pengunjung juga bisa berselfie dengan latar kuda atau sedang menunggang kuda. Seluruh pengalaman berkuda itu dapat dinikmati dalam suasana sejuk udara pegunungan.

Kids Waterpark, anak anak diberikan kesenangan berupa kesempatan main air dan juga kesempatan bermain di area taman yang berisi patung patung hewan.

Spot foto di Wahana The World Landmarks merupakan primadona di taman tempat wisata Kaliurang ini. Ada sangat banyak icon icon kota besar dunia yang tersedia di taman ini. Berfoto ria maupun selfie di spot-spot ini tentu memberikan kesan lucu dan ceria.

Lokasi: Jl. Kaliurang km 22, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.
Tiket: 20.000
Jam Buka: 09.00-16.30

  1. Tlogo Putri

Obyek tempat wisata Kaliurang ini berada satu kompleks dengan Bukit Plawangan Turgo.
Tlogo Putri. Image via: eksotisjogja.com

Tlogo Putri Kaliurang adalah sebuah embung yang dilengkapi dengan penyewaan kano dan bebek air. Terdapat juga beberapa wahana permainan disekitar embung seperti flying fox, ayunan, bianglala, jungkat jungkit dan beberapa permainan lainnya.

Obyek tempat wisata Kaliurang ini berada satu kompleks dengan Bukit Plawangan Turgo. Sebelum erupsi Merapi tahun 2010, bukit ini berupa hutan yang cukup lebat dan menjadi habitat monyet serta elang jawa.

Terdapat banyak pilihan aktivitas wisata yang ditawarkan di Tempat wisata Kaliurang ini. Mulai dengan jalan-jalan untuk mencari tempat duduk yang enak untuk melepas kepenatan, naik kano, becak air, bermain jungkat-jungkit dan ayunan, bermain fliying fox, naik bianglala.

Pertunjukan seni juga sering diadakan di tempat ini. Seni yang digelar secara bergantian yang menampilkan grup-grup kesenian seperti jathilan, campur sari, topeng ireng, kubro siswo, orkes melayu, dangdutan, pentas di sebiah panggung yang berada di Tlogo Putri.

Bagi penggemar wisata kuliner, di kawasan sekitar Tlogo Putri terdapat banyak warung yang menjajakan aneka kuliner khas Kaliurang seperti jadah tempe, sate kelinci, hingga tongseng kopyok kelinci.

Lokasi: Jl. Tlogo Putri, Kaliurang, Desa Hargobinangun Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta.
Tiket: 5.000
Jam Buka: 07.00-16.00

  1. Desa Wisata Pentingsari

Desa tempat wisata Kaliurang ini menawarkan keaslian budaya, alam dan sosial sebagai daya tariknya.
Desa Wisata Pentingsari. Image via: dutawisata.co.id

Simak juga: 11 tempat wisata Pekalongan

Desa Wisata Pentingsari merupakan salah satu desa wisata yang ada di Yogyakarta. Tepatnya berada di bawah kaki gunung Merapi. Karena berada di bawah kaki gunung Merapi suasana yang ada di Desa Wisata ini sangatlah sejuk pada siang hari maupun pada sore hari.

Desa tempat wisata Kaliurang ini menawarkan keaslian budaya, alam dan sosial sebagai daya tariknya. Disebelah selatan terdapat lembah ponteng . Di sebelah barat ada lembah kali kuning. Di sebelah timur ada lembah kali pawon. Di utara ada pemukiman warga sekitar dan pemandangan gunung Merapi.

Desa Wisata Pentingsari ini memiliki 3 aspek unggulan yang membuat tempat ini banyak diminati banyak orang. Aspek pertama yaitu pemandangan alam dengan sawah luas yang masih asri. Aspek yang kedua yaitu sistem kerja dan pemberdayaan warga sekitar. Dan aspek yang ketiga yaitu budayanya.

Masyarakat di Dusun tempat wisata Kaliurang ini membangun bentuk rumah khas Joglo. Bahkan sampai homestay yang dimilikinya banyak yang berbentuk rumah khas Joglo.

Lokasi: Pentingsari, Umbulharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Tiket:  7.500
Jam Buka: 08.00-18.00

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment