6 Tempat Wisata Di Kaliurang, Wisata Komplit Untuk Semua Usia

|

Tempat wisata di Kaliurang adalah tempat wisata yang notabene terletak di kaki Gunung Merapi, dengan panorama, dan udaranya yang sangat khas.

Tempat wisata di Kaliurang adalah sebutan untuk sebuah kawasan wisata, yang secara administratif terletak di Kelurahan Hargobinangun, Kapanewon Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

eksplor seru kaliurang
eksplor seru kaliurang. google maps. sumber: BLCK_ ibnujr

Tiket masuk Kaliurang tergantung objek wisata, serta wahana wisata yang akan dikunjungi oleh para wisatawan. Sebagai catatan, bahwa di Kaliurang terdapat banyak sekali tempat wisata yang recommended untuk dikunjungi, termasuk tempat untuk nongkrong yang nyaman di Kaliurang.

Selain di masa pandemi, level 3, tempat wisata di Kaliurang akan tutup sementara jika terjadi erupsi Gunung Merapi. Bahkan beberapa tempat wisata terkadang mengalami kerusakan, meskipun pada akhirnya diperbaiki kembali.

Dan inilah review tempat wisata di Kaliurang, Kabupaten Sleman, DIY, yang sudah kami sipakan untuk anda. Sebagai referensi awal menentukan tempat wisata saat liburan tiba.

6 Tempat Wisata Di Kaliurang

1. Merapi Park

merapi park
merapi park. google maps. sumber: GABOS 21

Simak juga: 11 tempat wisata di Belitung

Tempat wisata di Kaliurang, kita mulai dari sebuah tempat wisata alam yang sangat instagramable, dipenuhi dengan spot selfie berupa ikon kota-kota besar di dunia.

Nama tempat wisatanya adalah Merapi Park. Tempat wisata di Kaliurang tersebut selalu ramai dikunjungi saat akhir pekan, karena cocok banget sebagai wisata alam kekinian, dan destinasi wisata keluarga.

Inilah beberapa daya tarik dari Merapi Park, selain dari panorama alamnya yang sangat bagus. Yaitu:

  • Cats House & Rabbit Town,
  • Cowboy Town,
  • Kids Waterpark,
  • The World Landmarks

Keberadaan area kolam renang selalu saja menjadi daya tarik di tempat wisata manapun, dan dimanapun. Termasuk di Merapi Park, yang dilengkapi dengan berbagai macam wahana wisata.

  • Lokasi Merapi Park terletak di lereng Gunung Merapi.
  • Alamat Merapi Park berada di Jl. Kaliurang KM, 22, 5, Banteng, Kelurahan Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Seman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).
  • Harga tiket masuk Merapi Park Rp. 30.000 per orang.

2. The Lost World Castle

the lost world castle
the lost world castle. google maps. sumber: Wiwit Aryani

Simak juga: 11 tempat wisata Sragen

Tempat wisata selanjutnya bernama The Lost World Castle. Tempat wisata tersebut merupakan gambaran upaya manusia merubah duka, menjadi sebuah suka cita. Lokasinya memang bukan di Kaliurang, tetapi masih sama terletak di lereng Gunung Merapi.

Karena, The Lost World Castle terutama benteng-bentengnya merupakan sisa dari erupsi Gunung Merapi beberapa tahun yang lalu, kemudian ditata sedemikian rupa menjadi tempat wisata yang baru, dan instagramable di Kaliurang.

Dinamakan The Lost World Castle, karena pada saat erupsi Merapi berdampak besar terhadap beberapa kampung, dan desa yang ada di sekitarnya.

The Lost World Castle lahir untuk membangkitkan kembali sektor ekonomi masyarakat, dan merubah duka menjadi suka cita, dalam keseruan wisata.

Daya tarik, serta aktivitas wisata yang bisa anda nikmati saat berada di The Lost World Castle, Sleman adalah sebagai berikut:

  • Offroad Merapi,
  • Spot Selfie,
  • Ragam Wahana.

Selain itu, semua keseruan wisata para pengunjung berlatarkan pemandangan alam yang sangat indah, terutama latar Gunung Merapi.

  • Lokasi The Lost World Castle terletak di lereng Gunung Merapi,
  • Alamat The Lost World Castle berada di Jl. Petung Merapi, Kepungharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).
  • Harga tiket masuk The Lost World Castle Rp. 25.000 per orang.

3. Air Terjun Tlogo Muncar

air terjun tlogo muncar
air terjun tlogo muncar. google maps. sumber: hamam jafar

Simak juga: 11 tempat wisata Blora

Air Terjun Tlogo Muncar sudah penulis sajikan juga dalam artikel tempat wisata di Sleman. Pada saat ini, Air Terjun Tlogo Muncar masih dalam kondisi tutup sementara.

Tempat wisata di Kaliurang yang satu ini, layaknya sekali mendayung, dua pulau terlampaui. Karena di dekat Air Terjun Tlogo Muncar, terdapat wisata lainnya yang bernama Tlogo Putri Kaliurang.

Selain itu, lokasinya juga masuk ke dalam Taman Nasional Gunung Merapi, menjadikannya sebagai wisata Kaliurang yang dipenuhi dengan view alam yang masih asri. Jangan kaget jika di Air Terjun Tlogo Muncar masih banyak monyet-monyet yang berkeliaran ya….

  • Lokasi Air Terjun Tlogo Muncar terletak di Taman Nasional Gunung Merapi, dan di lereng Gunung Merapi.
  • Alamat Air Terjun Tlogo Muncar berada di Desa hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).
  • Harga tiket masuk Air Terjun Tlogo Muncar Rp. 5.000 per orang.

4. Musseum Ullen Sentalu

dihiasi pepohonan yang rindang dan sejuk
dihiasi pepohonan yang rindang dan sejuk. google maps. sumber: Wisata Jogja

Simak juga: 11 tempat wisata Nganjuk

Tempat wisata di Kaliurang memang sangat komplit banget, dari mulai wisata alam, wisata keluarga, wisata romantis, dan instagramable, hingga tempat wisata yang bersejarah, dan edukatif.

Musseum Ullen Sentalu merupakan tempat wisata di Kaliurang yang bernilai sejarah, dan edukatif, sekaligus menjadi gerbang untuk memahami sejarah, budaya peradaban Jawa di masa lampau.

  • Lokasi Musseum Ullen Sentalu terletak di dataran tinggi Kaliurang.
  • Alamat Musseum Ullen Sentalu berada di Jl. Boyong Kaliurang, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).
  • Harga tiket masuk Musseum Ullen Sentalu Rp. 50.000 untuk Paket Tur Adiluhung Mataram.
  • Tiket masuk Musseum Ullen Sentalu Rp. 100.000 untuk Paket Tur Vorstenlanden.

5. Bukit Klangon

bukit klangon
bukit klangon. google maps. sumber: Amal setiawan

Simak juga: 11 tempat wisata Trenggalek

Bukit Klangon adalah wisata Kaliurang selanjutnya yang sangat tepat untuk dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga, khususnya edukasi pendakian bagi anak kecil.

Bukit Klangon adalah salah-satu spot terbaik untuk menikmati keindahan Gunung Merapi. Selain itu, menjadi spot camping yang nyaman untuk muda-mudi.

Ada juga trek untuk sepeda MTB, atau Downhill, serta gardu pandang. Jalan menuju Bukit Klangon sudah bagus, bertabur pemandangan alam yang sangat indah.

  • Lokasi Bukit Klangon berada di lereng Gunung Merapi.
  • Alamat Bukit Klangon berada di Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).
  • Harga tiket masuk Bukit Klangon Rp. 5.000 per orang.

6. Museum Gunung Merapi

koleksi di museum gunung merapi
koleksi di museum gunung merapi. google maps. sumber: Yasmine

Simak juga: 11 tempat wisata Pekalongan

Tak lengkap rasanya, jika kunjungan wisata ke tempat wisata di Kaliurang tanpa mengunjungi, dan memahami latar utama wisatanya, yaitu Gunung Merapi.

Maka, Museum Merapi adalah list tempat wisata di Kaliurang selanjutnya yang wajib anda kunjungi. Segala sesuatu yang berkaitan dengan Gunung Merapi, dapat anda temui di museum tersebut.

  • Lokasi Museum Gunung Merapi terletak di lereng Gunung Merapi.
  • Alamat Museum Gunung Merapi berada di Desa hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).
  • Harga tiket masuk Museum Gunung Merapi Rp. 3.000 per orang.