7 Tempat Wisata Sragen, Wisata Hits Keluarga di Bumi Sukowati

|

Wisata Sragen begitu beragam, yang sayang untuk kamu lewatkan. Apalagi Sragen merupakan gerbang utama sebelah timur Provinsi Jawa Tengah.

Sragen merupakan nama Kabupaten yang menjadi bagian dari Provinsi Jawa Tengah, dan dikenal dengan nama Bumi Sukowati serta beribukota di Kota Sragen.

Tempat wisata Sragen dapat menjadi pilihan berlibur dengan beragam tema, alamnya yang indah mampu membius siapa saja yang melihatnya. Apalagi untuk dijadikan wisata bersama keluarga dan eksplor tempat wisata di Sragen yang masih tersembunyi.

Berikut beberapa tempat wisata di Sragen sebagai bahan referensi untuk berlibur di akhir pekan ini.

7 Tempat Wisata Di Sragen

1. Gunung Kemukus

gunung kemukus
gunung kemukus. google maps. sumber: Panji Pamegatsari

Simak juga: 11 tempat wisata Blora

Tempat wisata Sragen yang pertama ialah Gunung Kemukus, yang hadir dengan wajah dan kesan yang baru. Bisa dibilang this is a New Kemukus, yang menjadi salah satu andalan pariwisata di Sragen.

Gunung Kemukus merupakan wisata religi yang dipadu dengan wisata keluarga, yang dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang yang memadai.

Di sekitar Gunung Kemukus terdapat makam dari Pangeran Samudro, yang menjadi lokasi utama dalam wisata sejarah. New Kemukus saat ini mengubah image Gunung Kemukus yang sebelumnya melekat dengan hal-hal negatif.

Terdapat sebuah kuil yang sangat dihormati oleh penduduk sekitar, khususnya mereka yang menganut agama Buddha. Konon katanya bangunan tersebut dibangun oleh Pangeran Samudro, yang merupakan keturunan dari Raja Majapahit.

  • Lokasi: Soko, Kebayan II, Pendem, Kecamatan Sumberlawang, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.
  • Jam buka: 24 jam

2. Gemolong Edupark

gemolong edupark
gemolong edupark. google maps. sumber: Arif Zaenal Abidin

Selanjutnya ada sebuah taman yang menjadi favorit untuk menghabiskan waktu bersama keluarga ataupun berkumpul bersama kawan sambil menikmati keindahan taman yang dihiasi dengan bunga-bunga yang cantik.

Gemolong Edupark atau Taman Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH) Edupark Gemolong, itulah namanya. Sebuah taman cantik di Kecamatan Gemolong, yang berada di atas lahan seluas 1,6 hektar.

Di tengah kolam terdapat sebuah patung gajah purba, oleh sebab itu Gemolong Edupark ini disebut pula dengan Taman Gajah. Setiap akhir pekan selalu ramai oleh keluarga yang membawa anak-anak untuk bermain di sekitar taman, sambil berolahraga.

  • Lokasi: Jl. Candi – Gemolong, Kecamatan Gemolong, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: gratis, hanya membayar uang parkir saja.

3. Kedung Grujug

kedung grujug
kedung grujug. google maps. sumber: Irwan Point

Simak juga: 11 tempat wisata Nganjuk

Kedung Grujug, merupakan wisata Sragen yang masih tersembunyi, dan belum banyak dikunjungi. Berupa sebuah aliran air yang mengalir seperti sebuah curug, dengan memiliki ketinggian hanya sekitar 5 meter saja.

Kedung Grujug mengalirkan air yang berasal dari Sungai Kedung Kancil kemudian bermuara di Kedung Waduk Ombo. Di sekitar Kedung Grujug terdapat susunan tebing batu yang sangat unik berwarna hitam pekat.

Kedung Grujug menjadi surganya para mancing mania, apalagi jika aliran air sungainya sedang melimpah. Maka tak heran jika di sekitar Kedung Grujug, kamu akan menemui mereka yang sedang menanti kailnya dimakan ikan.

Di sekitar Kedung Grujug terdapat taman yang cantik. Keindahan alam yang dimiliki Kedung Grujug, dapat kamu jadikan spot untuk berfoto. Apalagi jika datang di pagi atau sore hari.

  • Lokasi: Sendang Botom, Soko, Kecamatan Miri,Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: gratis, hanya membayar biaya parkir saja

4. Waduk Blimbing

waduk blimbing
waduk blimbing. google maps. sumber: andy decor

Simak juga: 11 tempat wisata Wonosobo

Selanjutnya ada Waduk Blimbing, yang berada tak jauh dari jalan raya. Waduk ini berfungsi untuk pengairan irigasi bagi pesawahan yang ada di sekitarnya.

Selain itu, Waduk Blimbing juga sering dimanfaatkan untuk mereka yang ingin bersantai sejenak sambil menikmati keindahan waduk. Terutama di hari senja, dimana langit mulai berubah warna menjadi jingga.

Kegiatan memancing juga dapat dilakukan di sekitar Waduk Blimbing, tapi harus membawa peralatan sendiri ya…

  • Lokasi: Desa Belimbing, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

5. Taman Kridoanggo

taman kridoanggo
taman kridoanggo. google maps. sumber: Hardian Nugraha

Simak juga: 11 tempat wisata Trenggalek

Taman di Sragen selanjutnya ialah Taman Kridoanggo, yang memiliki lahan yang cukup luas dengan dilengkapi banyak pohon trembesi. Sehingga suasananya adem banget, pas untuk berolahraga atau bersantai sejenak bersama keluarga.

Di sekitar taman terdapat wahana bermain anak, dan juga ada area free wifi loh….bisa lah digunakan sebagai tempat untuk mengerjakan tugas bersama kawan.

Di sekitar Taman Kridoanggo juga tersedia tempat untuk pementasan teater, sehingga anak-anak muda khususnya dapat mengembangkan bakat yang dimiliki.

  • Lokasi: Jl. Raya Sukowati No. 488, Dusun Kebayanan Krajoyok, Sragen Wetan, Kecamatan Sragen, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.
  • Jam buka: 24 jam

6. Desa Wisata Batik Kliwonan

batik kliwonan
batik kliwonan. google maps. sumber: teak java

Simak juga: 11 tempat wisata Kendal

Desa Wisata Batik Kliwonan merupakan salah satu desa batik atau kampung batik yang ada di Indonesia. Dimana kamu dapat menyaksikan langsung proses membatik dengan menggunakan canting.

Ciri khas dari batik Masaran Sragen ialah motif hewan dan tumbuhan, produksi batiknya sudah merambah kancah internasional. Secara batik Indonesia memiliki ciri khas tersendiri di setiap daerahnya, itulah yang menjadi salah satu daya tarik tersendiri.

Batik sendiri merupakan ikon budaya penting Indonesia, dan pertama kali diperkenalkan di dunia oleh Presiden Soeharto ketika konferensi PBB sekitar tahun 80-an.

  • Lokasi: Kliwonan, Kecamatan Masaran, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.
  • Jam buka: 08.00 – 20.00

7. Pemandian Air Panas Bayanan

pemandian air panas bayanan
pemandian air panas bayanan. google maps. sumber: Achmad Fauzi

Simak juga: 11 tempat wisata Pekalongan

Mandi air panas dapat membuat badan kita menjadi relaks, rasanya hilang semua rasa pegal dan lelah. Setelah puas eksplor tempat wisata di Sragen, kamu wajib untuk mengunjungi Pemandian Air Panas Bayanan.

Kolam air panasnya mengandung belerang, yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Bukan hanya itu saja, dipercaya pula dapat menurunkan kadar kolesterol, dan membuat awet muda juga.

Pemadian Air Panas Bayanan, sempat ditutup dikarenakan proses renovasi ditambah pandemi covid-19 yang mulai menyebar di Indonesia.

Fasilitas yang ada di Pemandian Air Panas Bayanan sudah sangat memadai, apalagi ditambah dengan taman bermain anak dan juga hutan wisata. Pas banget untuk dijadikan sebagai tempat berlibur bersama keluarga tercinta.

  • Lokasi: Gamping, Jambeyan, Sambirejo, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.
  • Jam buka: 07.00 – 17.00
  • Tiket masuk: Rp. 10.000,-