6 Tempat Wisata Di Nganjuk, Yang Hits, Dan Bersejarah, Di Kota Angin

Tempat wisata di Nganjuk tergolong sebagai tempat wisata yang sangat unik, selain menghadirkan pesona keindahannya. Karena tempat wisata yang hits di kalangan wisatawan memiliki nilai sejarah, budaya, hingga cerita legenda, dan mistis.

Tempat wisata di Nganjuk yang sudah buka sangat tergantung dengan status level zonasi di masa PPKM, dan grafik penyebaran virus Covid-19. Dan tempat wisata yang tutup-pun, itu hanya berstatus tutup sementara.

Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur sangatlah beruntung, karena dianugerahi pesona alam yang sangat indah, serta memiliki khazanah wisata yang tersembunyi, yaitu air terjun yang cukup banyak jumlahnya.

Dan inilah info wisata Ngajuk yang sudah kami siapkan untuk anda, sebagai referensi awal menentukan rencana tujuan wisata saat akhir pekan, dan saat kebijakan temapt wisata di Nganjuk dibuka kembali.

6 Tempat Wisata Di Nganjuk

1. Museum Anjuk Ladang

museum anjuk ladang
museum anjuk ladang. google maps. sumber: GHAISAN HAIDAR SALMAN

Simak juga: 11 tempat wisata Trenggalek

Rekomendasi tempat wisata di Nganjuk yang pertama adalah Museum Anjuk Ladang. Sebuah tempat bagi barang-barang bersejarah, serta sebuah prasasti yang bernama Prasasti Anjuk Ladang.

Prasasti Anjuk Ladang adalah cikal bakal terbentuknya Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur. Oleh karena itu, dengan mengunjungi Museum Anjuk Ladang, maka para pengunjung diharapkan bisa memahami alur sejarah lahirnya Kota Angin tersebut.

Dengan demikian, saat anda berkunjung ke tempat wisata yang ada di Nganjuk, akan berbekal sejarah, dan pengetahuan dasar tentang kabupaten tersebut.

  • Lokasi Museum Anjuk Ladang berada di alamat Jl. Gatot Subroto Ringin Anom, Ringin Anom, Kauman, Kecamatan Nganjuk, Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur.
  • Museum Anjuk Ladang buka dari jam 08.00 – 14.00.
  • Museum Anjuk Ladang buka setiap hari.
  • Harga tiket masuk Museum Anjuk Ladang gratis.

2. Alun – Alun Nganjuk

alun alun nganjuk
alun alun nganjuk. google maps. sumber: Anjar Nugroho

Simak juga: 11 tempat wisata cibubur

Rekomendasi tempat wisata di Ngajuk Nganjuk selanjutnya adalah Alun – Alun Nganjuk, sekaligus ikon Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Selain itu, Alun – Alun Nganjuk juga menghadirkan sisi sejarah dengan keberadaan Monumen Perjuangan. Di sisi lain, terdapat area taman, serta spot yang instagramable, terutama saat malam hari.

Alun – Alun Nganjuk selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat saat di akhir pekan. Karena di lokasi tersebut menghadirkan suasana yang nyaman untuk bermain bersama keluarga, sambil hunting kuliner khas Nganjuk.

Hanya saja, kondisi Alun – Alun Nganjuk saaat ini masih dalam kondisi tutup sementara, selama level zonasi, dan kebijakan di masa pandemi, untuk mencegah penularan virus Covid-19.

  • Lokasi Alun – Alun Nganjuk berada di alamat Mangundikaran, Kecamatan Nganjuk, Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk Alun – Alun Nganjuk gratis.
  • Alun – Alun Nganjuk buka 24 jam.

3. Air Terjun Roro Kuning

air terjun roro kuning
air terjun roro kuning. google maps. sumber: david anggun

simak selengkapnya di air terjun roro kuning

Air Terjun Roro Kuning adalah wisata air terjun di Nganjuk yang hits, dan populer di kalangan wisatawan. Karena selain menyajikan pesona keindahan alam, dan air terjun, di kawasan tersebut juga dilengkapi dengan spot instagramable, dan wahana bermain anak.

Air Terjun Roro Kuning memiliki ketinggian 10-15 meter, serta arus air yang turun tidak terlalu deras. Kolam utamanya juga bisa digunakan untuk bermain air.

Air Terjun Roro Kuning juga memiliki sisi legenda, serta mitos yang masih dipercaya hingga saat ini. Salah-satu mitosnya tentang air merambat.

Jadi, jika pengunjung sedang melakukan perjalanan ke lokasi utama Air Terjun Roro Kuning, kemudian tiba-tiba basah, dan terdapat air yang tiba-tiba mengalir. Maka pengunjung harus mengurungkan niat menuju lokasi utama.

  • Lokasi Air Terjun Roro Kuning berada di alamat Desa Bajulan, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur.
  • Air Terjun Roro Kuning buka dari jam 07.00 – 16.00.
  • Air Terjun Roro Kuning buka setiap hari.
  • Harga tiket masuk Air Terjun Roro Kuning Rp. 5.000 per orang.

4. Air Terjun Sedudo

air terjun sedudo
air terjun sedudo. google maps. sumber: Hendrik Happy

Simak juga: 11 tempat wisata Tawangmangu

Satu lagi wisata air terjun di Nganjuk yang sangat hits di kalangan wisatawan yaitu Air Terjun Sedudo. Sebuah air terjun yang dikelilingi pesona alam yang indah, berbalut misteri, legenda, serta mengandung unsur budaya masyarakat.

Air Terjun Sedudo memiliki ketinggian 105 meter, serta mempunyai kolam khusus yang disediakan untuk para pengunjung yang ingin berenang.

Sisi budaya, dan misterinya adalah kawasan Air Terjun Sedudo sebagai tempat yang pernah dianggap suci pada masa kerajaan Majapahit. Sehingga, tidak bisa sembarang orang masuk ke lokasi tersebut.

Bahkan, sampai saat ini masyarakat setempat sering menggelar upacara adat di kawasan Air Terjun Sedudo. Dan air dari Air Terjun Sedudo dianggap sebagai air suci.

  • Lokasi Air Terjun Sedudo berada di alamat Jalan Sedudo, Desa Ngaliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk Air Terjun Sedudo Rp. 10.000 per orang.
  • Air Terjun Sedudo buka dari jam 07.00 – 17.00.

5. Goa Margo Tresno

goa margo tresno
goa margo tresno. google maps. sumber: Agie Poedja

Simak juga: 11 tempat wisata Kendal

Goa Margo Tresno menjadi sebuah penegasan bahwa tempat wisata yang hits di Nganjuk itu sangatlah beragam. Dari mulai museum, air terjun, dan saat ini wisata bertemakan goa.

Goa Margo Tresno juga sekaligus menjadi tempat wisata alam di Nganjuk yang menghadirkan sisi sejarah, sebagai jejak sejarah Perang Pajang.

Goa Margo Tresno memiliki ukuran 15 x 50 meter, dan sebelum tiba di mulut Goa Margo Tresno, para pengujung akan melewati sebuah kolam dengan kondisi air yang jernih.

  • Lokasi Goa Margo Tresno berada di alamat Dusun Cabean, Desa Sugih Waras, Kecamatan Ngluyu, Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk Goa Margo Tresno gratis.
  • Goa Margo Tresno buka selama 24 jam.

6. Bukit Batu Songgong

bukit batu songgong
bukit batu songgong. google maps. sumber: M Sulton Tantowi

Simak juga: 11 tempat wisata Wonosobo

Rekomendasi tempat wisata di Nganjuk berupa bukit, sekaligus menjadi salah-satu tempat terbaik menikmati sunset, dan keindahan Kabupaten Ngajuk dari ketinggian, adalah Bukit Batu Songgong.

Bukit Batu Songgong lahir dari hasil karya masyarakat setempat, untuk memanfaatkan lahan, dan menatanya dengan sisi kreativitas, sehingga mewujud menjadi tempat wisata di Nganjuk yang hits, dan instagramable.

  • Lokasi Bukit Batu Songgong terletak di lereng Gunung Wilis.
  • Alamat Bukit Batu Songgong berada di Sembung, Margopatut, Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk Bukit Batu Songgong Rp. 5.00.
  • Bukit Batu Songgong buka dari jam 08.00 – 18.00.