Air Terjun Roro Kuning, Wisata Alam Nganjuk Yang Syarat Sejarah, Legenda, Dan Misteri

Pada bulan Maret tahun 2020, terjadi sebuah musibah yang sangat memilukan di lokasi wisata Air Terjun Roro Kuning, berupa banjir bandang.

Banjir bandang tersebut diakibatkan hujan yang terus menurus selama 3 jam mengguyur lereng Gunung Wilis. Dan Air Terjun Roro Kuning, sebagai bagian lokasinya terletak di lereng Gunung Wilis.

Bagi orang yang pernah datang ke lokasi wisata tersebut, tentu saja sangat penasaran bagaimana kondisi Air Terjun Roro Kuning pasca banjir.

Harapan orang – orang yang pernah berkunjung, pada khususnya, tentu saja berharap lokasi wisata Air Terjun Roro Kuning beserta keindahan alam sekitar tidak luluh lantah. Karena lokasi tersebut sangatlah indah.

Untungnya, tim gabungan TNI dan POLRI, dibantu oleh para relawan, beserta masyarakat cepat tanggap saat kejadian banjir bandang tersebut. Sehingga kerusakan tidak menghancurkan spot-spot vital di objek wisata Air Terjun Roro Kuning.

Sengaja saya memulai pembahasan dengan narasi kejadian banjir bandang, karena bagi sebagian orang bahwa banjir bandang tersebut sekaligus menegaskan tentang misteri yang terkandung di Air Terjun Roro Kuning.

Maka inilah informasi lengkap Air Terjun Roro Kuning, sebagai sebuah air terjun elok yang syarat legenda dan misteri.

Sejarah Penamaan Dan Nama Lain Air Terjun Roro Kuning

Nama lain Air Terjun Roro Kuning disebut juga sebagai Air Merambat Roro Kuning. Dan sejarah penamaan Air Merambat Kuning terkait erat dengan tiga sumber air dari Gunung Wilis.

Air yang bersumber dari mataa air tersebut merambat diantara celah akar pohon dan bebatuan yang berada di lereng Gunung Wilis. Pada akhirnya muncul ke permukaan menjadi Air Terjun Roro Kuning.

Misteri Air Terjun Roro Kuning

Masyarakat sekitar percaya bahwa jika di sekitar jalanan Air Terjun Roro Kuning tiba-tiba basah, dan terdapat air yang mengalir, maka orang yang sedang berjalan tersebut harus mengurungkan niat perjalanannya.

Mereka harus kembali jika tidak ingin celaka, sekalipun kondisinya tidak hujan. Fenomena air tersebut yang sering dijuluki air merambat, yang bisa muncul dimana saja, dan kapan saja.

Nah, mungkin saja bagi mereka yang percaya cerita misteri tersebut, menduga bahwa kejadian banjir bandang diawali dengan fenomena air merambat.

Dan cerita mistis tersebut, anda boleh percaya ataupun tidak. Tetapi mungkin saja dahulu sempat ada kejadian buruk, yang diawali dengan tanda air yang keluar di jalanan sekitar Air Terjun Roro Kuning.

Trekking Menuju Air Terjun Roro Kuning

Jalur menuju Air Terjun Roro Kuning bisa dilalui oleh kendaraan roda dua, maupun roda empat. Dan di sepanjang jalan, sajian view rindangnya area perkebunan, area sawah, serta keramahan penduduk sekitar adalah suguhan pembuka sebelum sampai di lokasi Air Terjun Roro Kuning.

Setelah sampai di area parkir objek wisata Air Terjun Roro Kuning, maka traveler harus melakukan trekking untuk bisa sampai di lokasi utama Air Terjun Roro Kuning.

Area Parkir Air Terjun Roro Kuning
Area Parkir Air Terjun Roro Kuning. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Lokasi Air Terjun Roro Kuning tidak terlalu jauh dari area parkiran. Dan yang paling penting objek wisata tersebut sangat cocok sebagai destinasi wisata keluarga.

Jalur trekkingnya tidak ekstrim, cukup aman dilalui anak-anak, cukup lebar, serta yang paling penting kondisi jalurnya sudah tertata secara baik.

Jalur Trekking Menuju Air Roro Kuning
Jalur Trekking Menuju Air Terjun Roro Kuning. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Jalur trekkingnya bukan lagi berupa tanah, serta saat trekking tersebut para pengujung akan melewati wahana permainan anak, kantin-kantin, serta taman – taman indah di sepanjang jalur.

Jembatan Air Terjun Roro Kuning
Jembatan Air Terjun Roro Kuning. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Hingga pada saat traveler melihat sebuah jembatan elok, serta aliran sungai yang jernih, maka lokasi utama Air Terjun Roro Kuning sudah tidak jauh lagi.

Area Bermain Air Terjun Roro Kuning
Area Bermain Air Terjun Roro Kuning. Sumber: www.indonesia-tourism.com

Pesona Keindahan Dan ragam Aktivitas Wisata Di Air Terjun Roro Kuning

Air Terjun Roro Kuning memiliki 3 air terjun dalam satu lokasi. Air terjun yang besar berada di tengah, diapit oleh 2 air terjun layaknya sebuah trisula.

Air Terjun Roro Kuning, atau Air Merambat Kuning memiliki ketinggian sekitar 10-15 meter, dengan arus air yang turun tidak terlalu besar.

Air Terjun Roro Kuning
Air Terjun Roro Kuning. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Airnya jernih, serta memiliki kolam yang tidak terlalu dalam. Sehingga para pengunjung bisa bebas bermain air sepuasnya. Namun bukan berarti mengabaikan sikap kehati-hatian ya…

Merasakan Sejuknya Air Terjun Roro Kuning
Merasakan Sejuknya Air Terjun Roro Kuning. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Pesona alam sekitar juga sangat menawan, rindangnya pepohonan, serta warna – warni bunga, disertai udara yang sejuk adalah kenikmatan saat berada di lokasi wisata Air Terjun Roro Kuning.

Sejuknya Air Terjun Roro Kuning
Sejuknya Air Terjun Roro Kuning. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Se;ain itu, terdapat juga spot – spot yang sangat instagramable yang cocok dengan kebutuhan media sosial anda. Serta wahana bermain anak yang mampu memberikan kesenangan, selain bermain air.

Legenda Di Air Terjun Roro Kuning

Legenda di Air Terjun Roro Kuning terkait erat dengan dua putri cantik yang berasal dari kerajaan Kediri, atau kerajaan Daha, yang bernama Putri Roro Kuning, dan putri Runting.

Singkat cerita, kedua putri tersebut menderita sakit. Karena tak kunjung sembuh, akhirnya ke duanya mengembara menjelajahi hutan dan bukit demi mencari pengobatan atas penyakit mereka.

Akhirnya, kedua putri tersebut tiba di Desa Bajulan, dan bertemu dengan seorang Resi yang bernama Resi Darmo. Resi Darmo akhirnya mampu mengobati penyakit kedua putri tersebut.

Setelah sembuh, putri Roro Kuning menyendiri di Desa Bajulan. Dan akhirnya Resi Darmo menamakan air terjun yang ada di Desa Bajulan dengan nama Air Terjun Roro Kuning. Sebagai bentuk penghormatan kepada sang putri.

Patung Emas
Patung Emas. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Sejarah Di Air Terjun Roro Kuning

Terdapat sebuah petilasan yang sangat terkenal di lokasi wisata Air Terjun Roro Kuning, sebagai saksi sebuah sejarah di masa perjuangan kemerdekaan.

Petilasan tersebut bernama Petilasan Jenderal Sudirman. Karena lokasi wisata Air Terjun Roro Kuning menjadi tempat istirahat sang jenderal di masa perang gerilya.

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Roro Kuning

Lokasi dan alamat Air Terjun Roro Kuning berada di Desa bajulan, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur.

Rute Atau Jaalan Menuju Lokasi Wisata Air Terjun Roro Kuning

Rute atau akses jalan menuju lokasi wisata Air Terjun Roro Kuning bisa melalui jalan Berbek – Ngetos yang berada di Kecamatan Loceret.

Jarak dari Ngajuk hanya sekitar 30 kilometer saja. Lokasi Air Terjun Roro Kuning tidak jauh dari lokasi Pura kerta Buwana Giri Willis.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Roro Kuning

Harga tiket masuk Air Terjun Roro Kuning Rp. 5.000 per orang

Jam Operasional Air Terjun Roro Kuning

Jam operasional Air Terjun Roro Kuning buka dari pukul 07.00 sampai dengan pukul 16.00, dari hari Senin sampai dengan hari Minggu.

Penginapan

Tidak ada penginapan di lokasi wisata Air Terjun Roro Kuning. Namun sekirat 12 kilometer dari objek wisata Air Terjun Roro Kuning, anda bisa mendapatkan penginapan atau hotel.

Penutup

Itulah informasi lengkap tentang Air Terjun Roro Kuning, sebuah air terjun yang sangat kental dengan nilai sejarah, cerita legenda, serta misteri.

Semoga kejadian yang pernah menimpa berupa banjir bandang dapat memberikan hikmah kepada kita semua. Bahwa alam patut dijaga, serta dilestarikan demi keseimbangan hidup manusia.

Patui protokol kesehatan, dan protokol keamanan ya…. dan Selamat berlibur.

Baca juga:

Leave a Comment