11 Tempat Wisata Cibubur, Alternatif Wisata di Ibu Kota Negara

Wilayah Tempat wisata Cibubur bukanlah wilayah Depok, melainkan sebuah desa/kelurahan di Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur. Tetapi faktanya pada masa ini ada suatu kawasan yang diidentifikasi sebagai Cibubur Depok.


Tempat wisata di cibubur, sedikit wilayah di Jakarta yang masih bsia merasakan suasana alam
Tempat Wisata Cibubur. Image via: mpi-update.com

Sedikit Soal Cibubur

Yang menarik perhatian dari Tempat wisata cibubur adalah letaknya yang melingkupi 4 kota berbeda. 4 Kota tersebut meliputi Depok, Bekasi, Bogor dan Cibubur sendiri. Namun, karena sudah identik dengan wilayah Cibubur, Kota Wisata akhirnya tetap melenggang mewakili nama Cibubur.

Untuk menuju Kota Wisata Cibubur, Pengunjung harus melewati Puri Cikeas yang merupakan tempat tinggal Presiden Republik Indonesia keenam. Maka tak heran pada jam pulang kantor, akses yang dilalui untuk menuju Kota Wisata pasti padat merayap. Selain itu, Kota Wisata juga terletak tidak jauh dari pintu keluar Tol Cibubur.

Kota Wisata Cibubur sendiri telah dibangun sejak tahun 1997 silam. Telah hadir sekian banyak cluster yang menarik perhatian warga. Perumahan mewah ini hadir dengan slogan ‘City of Millions Enchantment’ yang mengusung konsep ‘Harmony in living, learning, recreation and sporting’.

11 Tempat Wisata Cibubur

  1. Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah, salah satu tempat wisata di Civuvur yang paling terkenal
Taman Mini Indonesia Indah. Image via: outlookindia.com

SImak juga: Wisata Gunung Kelud

Salah satu destinasi Tempat wisata cibubur yang sangat terkenal di Area Bogor dan Indonesia adalah Taman Mini Indonesia Indah. Destinasi wisata yang satu ini mampu menyuguhkan hiburan, rekreasi, hingga edukasi bagi para pengunjungnya. Tak heran, jika setiap harinya banyak pengunjung yang mengunjungi tempat ini.

Untuk setiap wahana di Tempat wisata cibubur ini dirawat dengan sangat baik, sehingga masih terlihat menarik hingga sekarang. Ada anjungan daerah yang dibangun sebagai perwakilan dari ke-33 provinsi di Indonesia. Di setiap anjungan ini, Pengunjung akan melihat bangunan khas berbagai daerah di seluruh nusantara.

Alamat: Jln. Pintu I-II/TMII Kel. Pinang Ranti Kel. Pinang Ranti Kec. Makasar Jakarta Timur
Tiket: Rp 15.000
Jam operasional : 08.30 WIB – 18.00 WIB

  1. Teater Keong Emas

Teater Keong Emas. TMII sevuah bioskop 4 dimensi yang menjadi favorit diantara tempat wisata Cibubur lainnya
Teater Keong Emas. Image via: travelingyuk.com

Teater IMAX Keong Emas TMII merupakan tempat rekreasi berkonsep pendidikan dengan tujuan memperkenalkan budaya melalui penayangan audio visual. Tempat wisata cibubur ini telah menjadi ikon Taman Mini Indonesia Indah  sejak tahun 1984.

Gedung teater ini menyuguhkan penayangan film melalui teknologi Sinematographi Modern IMAX yang membuat pengunjung berdecak kagum. Film – film yang ditayangkan selalu bernuansa pendidikan, budaya pengetahuan, teknologi, atau kekayaan lingkungan hidup.

Dengan teknologi proyektor yang canggih, Tempat wisata cibubur ini akan turut membawa pengunjung hanyut dalam suasana dan alur film. Teater IMAX Keong Emas juga terkenal akan desain bangunannya yang unik dirancang oleh arsitektur dalam negeri. Selain desain bangunannya yang berbentuk keong emas raksasa, juga dirancang agar sempurna untuk ruangan teater.

Alamat: Jalan Raya TMII, Ceger, Cipayung, Kota Jakarta Timur 13550
Tiket: Rp35.000 – Rp60.000
Jam Operasional: 09.00 WIB – 17.00 WIB

  1. Kampung Jepang Cibubur

Kampung jepang Cibubur yangterletak di KOta wisata cibubur, menjadi icon tempat wisata cibubur
Kampung Jepang Cibubur. Image via: jawapos.com

Simak juga: Wisata dataran tinggi Pabangbon

Sesuai dengan namanya, Tempat wisata cibubur satu ini erat kaitannya dengan kultur dan budaya dari negara Jepang. Ada beberapa bangunan yang didesain semirip mungkin dengan arsitektur negara Jepang. Tak hanya itu, ada pula toko aksesoris khas Jepang yang bisa Pengunjung temui disini.

Kampung Jepang pun menjual berbagai aksesoris dan barang-barang bermodel Jepang seperti pernak-pernik, dompet sampai boneka dengan ciri khas Jepang. Meskipun kampung jepang ini tidak terlalu ramai, tapi tempat ini wajib dikunjungi walau hanya sekedar hunting berfoto ataupun ingin berjalan bersama keluarga menikmati suasana Negara jepang di jaman dahulu.

Tempat wisata cibubur ini sangat cocok bagi Pengunjung yang menyukai budaya Jepang. Disini, Pengunjung akan merasakan nuansa seperti berada di negara Jepang sungguhan. Banyak spot-spot foto yang cantik dan menarik, agar momen liburanmu dapat diabadikan.

Alamat: Jl. Boulevard Kota Wisata, Cibubur, Ciangsana, Gn. Putri, Bogor, Jawa Barat 16968
Tiket: Gratis
Jam operasional:  24 Jam

  1. Taman Wiladatika

Taman Bunga Wiladatika sebuah tempat wisata cibubur yang dibnagun bersebelahan dnegan pusat pelatihan Pramuka nasional
Taman Wiladatika. Image via: tempatwisataseru.com

Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur, Tempat wisata cibubur ini merupakan tempat wisata yang berlokasi di Cimanggis, Depok Jawa Barat. Di sini terdapat Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pramuka Nasional (Pusdiklatmas).

Taman Wiladatika merupakan taman bunga yang sangat asri dan menyejukkan. Sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga atau pasangan saat libur akhir pekan. Di taman ini, Pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan alami dari berbagai macam bunga dan rimbunnya pepohonan.

Berbagai fasilitas ada di Tempat wisata cibubur ini, dari air mancur, kolam renang, hingga masjid. Disediakan pula gazebo yang bisa Pengunjung reservasi untuk acara-acara tertentu. Selain itu, tempat ini juga bisa dipesan sebagai tempat untuk resepsi pernikahan yang pastinya membuat suasana semakin romantis.

Sebagai taman rekreasi favorit, Tempat wisata cibubur ini menyediakan berbagai fasilitas pendukung. Diantaranya playground, Perosotan, jungkat-jungkit, ayunan dan beberapa permainan anak lainya. Ada pula terowongan yang berbentuk seperti siput dan rumah jamur seperti dalam tayangan film kartun.

Alamat: Jl. Jambore No.1 RT. 03 / RW.03, Harjamukti, Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat 13720
Tiket: Pramuka Rp 4.000. Umum Rp 8.000
Jam Operasional: 07.00–18.00

  1. Kampung Cina

ber Sama sama dengan kampung Jpeang berada di Kota Wisata cibubur, mereka berdua menjadi icon tempat wisata cibubur
Kampung Cina. Image via: wendaangel

Simak juga: Desa Wisata Tembi

Wisata Kampung Cina Cibubur berada di kompleks perumahan Kota Wisata yang masih masuk ke dalam Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kawasan Tempat wisata cibubur ini menawarkan wisata belanja dengan konsep bangunan yang didesain dengan konsep Tionghoa.

Pengunjung bisa berkunjung ke sana untuk menikmati apa saja yang ada di sana. Saat liburan, tempat yang satu ini akan cukup ramai oleh pengunjung. Hal menarik dari kawasan wisata yang satu ini adalah adanya deretan kios atau toko yang menjual banyak hal.

Kebanyakan yang dijual antar alain mainan anak-anak, aksesoris, pernak pernik, serta aneka kebutuhan fashion. Kebanyakan barang yang dijual adalah bertema Tionghoa. Namun ada juga beberapa benda yang tidak bertema Tionghoa dan dijajahkan di sana.

di Tempat wisata cibubur ini ada juga beberapa toko yang khusus menjual perlengkapan dan pakaian khas Cina, seperti Toko Ayung, Vanesa, dan Dee Pee Collection.

Alamat: Jl. Boulevard Kota Wisata, Cibubur, Ciangsana, Gn. Putri, Bogor, Jawa Barat 16968
Tiket : Gratis
Jam Operasional: 24 jam

  1. Telaga Arwana Cibubur

Telaga arwana slaah satu spot diantaar berbagai tempat wisata cibubur, yang menaarkan kegiatan luar ruangan kepada anak
Out bound anak di telaga arwana. Image via: tempatwisataseru.com

Tempat wisata Cibubur selanjutnya cocok bagi Pengunjung yang menyukai aktivitas outbond. Telaga Arwana Cibubur menyediakan berbagai fasilitas wahana outbond, seperti paint ball, flying fox, motor ATV, dan masih banyak lagi yang lainnya. Bermacam-macam tantangan bisa Pengunjung temui dan nikmati disini.

Berlibur bersama keluarga akan lebih mengasyikkan karena banyaknya wahana yang bisa Pengunjung pilih. Bahkan, destinasi wisata yang satu ini juga menyediakan kolam renang dengan 3 buah kolam yang berbeda-beda kedalamannya.

Adapula wahana edukasi bagi anak-anak, seperti membajak sawah menggunakan kerbau dan menanam padi di sawah. Jadi, anak-anak pun dapat bermain sambil belajar dengan riang. Pastinya, semua wisata dan wahana di Tempat wisata cibubur ini sudah dijamin aman untuk dikunjungi.

Alamat: Jl. Jambore RT 05 / RW 06, Pondok Ranggon, Harjamukti, Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat
Tiket: Rp 8.000
Jam Operasional: 09.00-17.00

  1. Bumi Perkemahan Cibubur

BUmi perkemahan Cibubur, titik awalperkembangan tempat wisata cibubur lainnya
BUmi perkemahan Cibubur. Image via: travel.detik.com

Simak juga: Desa Wisata Pulesari

Lahan Buperta terbagi atas beberapa bagian yaitu areal perkemahan di hamparan rumput yang bebas seluas 80 Ha. Di area tersebut masih terbagi 2 bagian yaitu Kemah Putra (Kempa) dan Kemah Putri (Kempi) yang mampu menampung hingga 20.000 orang.

Fasilitas lain yang ditawarkan Tempat wisata cibubur ini berupa lapangan utama, aula serbaguna, cafetaria, kolam renang, hutan wisata, danau, sarana peribadatan 5 agama dan toilet. Lokais ini menyediakan lokasi berkemah bagi siapa saja yang datang.

Kegiatan yang bisa Anda lakukan di sana bermacam-macam, seperti berkemah, outbound, bermain sepeda air di danau atau sekedar jalan-jalan.

Sewa lokasi di Tempat wisata cibubur ini, juga sangat terjangkau sekitar Rp 10.000 per malam. Jangan kuatir jika Anda tak bawa perlengkapan kemah sendiri, Buperta menyediakan tenda berbagai ukuran dengan harga kisaran Rp 40.000 sampai Rp 300.000.

Alamat: Jalan Buperta – Jambore RW.5, Cibubur, Harjamukti, Cimanggis, Kota Jakarta Timur
Tiket Masuk: Gratis
Jam Operasional: 24 jam

  1. Kampoeng Maen Cibubur
Permainan anak di Kampung Mean menjadislaahs atu kegiatan menarik di tempat wisata cibubur ini
Permainan anak di Kampung Mean. Image via: Caldera Indonesia

Tempat wisata cibubur Kampoeng Maen Cibubur merupakan wisata lengkap yang mampu memberikan kenyamanan bagi para pengunjungnya. Pengunjung bisa berpuas-puas ria menikmati semua wisata disini, bisa sambil bermain dan juga belajar karena ada wisata edukasinya.

Obyek wisata yang bisa Pengunjung nikmati di Kampoeng Maen Cibubur, meliputi Kampoeng Permainan, Kampoeng Tradisional, Kampoeng Keluarga, Kampoeng Petualang, Kampoeng Rasa, Kampoeng Karya, dan Kampoeng Pengetahuan. Berbagai obyek wisata bisa Pengunjung pilih disini sesuai yang Pengunjung inginkan.

Bagi Pengunjung Tempat wisata cibubur ini, yang menyukai berbagai tantangan, maka Pengunjung dapat mencoba wahana outbond di Kampoeng Petualang. Adapula wahana yang menyediakan ilmu pengetahuan di bidang fisika, yaitu di Kampoeng Pengetahuan. Disini, Pengunjung bisa lebih leluasa dalam mempelajari berbagai teori fisika.

Wahana bermainnya merupakan salah satu cara bagi anak untuk mengasah kecerdasan mental,fisik, dan sosial dalam memahami nilai-nilai kehidupan. Di tempat wisata ini, mereka dapat belajar, bermain, dan berkarya dalam sebuah kebersamaan.

Alamat: Jl. Bumi Perkemahan, RT 1/RW 5, Pd. Ranggon, Cipayung, Kota Jakarta Timur 13860
Tiket : Rp 60.000 per paket
Jam Operasional: 09.00-17.00

  1. Water Splash Cibubur Country

water splash cibubur sebuah tempat wisata cibubur yangmemebawa keceriaan pada anak anak dengan sangat mmemperhatikan faktor keamanan.
Water Splash Cibubur Country. Image via: e-tempatwisata

Simak juga: Pantai Galesong

Splash Water Park Cibubur merupakan tempat permainan air yang memiliki berbagai wahana untuk anak-anak. Semua permainan anak memiliki keamanan terjamin sehingga orang tua tidak perlu khawatir. Area yang memiliki ukuran cukup luas bisa dinikmati untuk pengunjung rombongan.

KOlam di Tempat wisata cibubur ini Memiliki kedalaman kolam kurang dari 150cm menjamin keamanan pengunjung. Sekalipun bagi yang belum bisa berenang.

Wisata air semakin digemari oleh pengunjung, apalagi dengan bermacam-macam wahana yang ditawarkan. Water Splash Cibubur Country misalnya, mampu memberikan wahana-wahana modern yang bisa dinikmati oleh berbagai kalangan usia. Tempat ini juga bisa digunakan hanya untuk bersantai-santai.

Ada air mancur, seluncuran dengan bentuk yang berbeda-beda, hingga bejana atau ember tumpah menghiasi tempat wisata Cibubur yang satu ini. Namun, semua anak-anak tetap harus dibawah pengawasan orang tuanya masing-masing untuk menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Alamat: Pine Forest 8 No.3, Cikeas Udik, Gunung. Putri, Bogor, Jawa Barat 16966
Tiket: Hari biasa Rp 25.000. Akhir Pekan Rp 35.000
Jam Operasional: 09.00-18.00

  1. Fantasy Island Cibubur

fantasy island cibubur, tempat wisata cibubur yang bagaikan taman wisata di luar negeri
Fantasy Island Cibubur. Image via: tamasya.web.id

Tempat hiburan Fantasy Island ini mulai dibuka sejak Desember 1999, dibangun di atas tanah seluas 6 Ha yang berada di belakang Kampoeng Wisata. Selain pulau dan danau buatan, juga ada Taman Jurasic yang menyediakan beragam permainan bagi keluarga.

Wahana permainan yang tersedia di Tempat wisata cibubur ini diantaranya adalah Air Plan, Aladin, Baloon Race, Battery Car, Bumper Car, Convoy, Cross Cable, Fancy Boat, Fancy Car, Fancy Train, Flying Horse, Go Car, Hely Copter, dan Sky Cycle. Selain itu ada pula permainan berupa ATV, Big Ballon, Becak Mini, Wara-wiri, Water Ball, dll.

Pada danau Tempat wisata cibubur ini, terdapat wahana seperti perahu naga, sepeda air, ATV, Canoe, becak mini, water ball, wara-wiri dan lain sebagainya. Selain itu, ada pula patung dinosaurus yang bisa memberikan pengetahuan bagi anak-anak

Alamat: Jalan Boulevard Kota Wisata , Cibubur, Cingasana, Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat.
Tiket: Gratis
Jam Operasional: 24 jam

  1. Museum Perangko

Museum Perangko Indonesia, sebuah tempat wisata di cibubur yang didedikasikan utnuk emncatat sejarah perkembangan dunia post di indonesia
Museum Perangko. Image via: ragamtempatwisata.com

Simak juga: Pulau Kayangan Makkasar

Meseum perangko adalah wahana untuk menyelenggarakan pameran perangko secara tetap yang didirikan atas gagasan Ibu Tien Soeharto. Museum perangko dengan bentuk bangunan bergaya Bali di atas lahan seluas 9.590 m2 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 29 September 1983.

Pameran dalam ruang penyajian II Tempat wisata cibubur ini menampilkan materi berupa patung seorang perancang perangko, sejumlah slide proses pembuatan perangko dan proses melukis hingga menjadi perangko. Silinder cetak yang digunakan untuk mencetak perangko seri lukis Raden Saleh.

Pada ruang penyajian III terdapat sejumlah perangko yang terbit tahun 1864-1950 pada masa pemerintahan Belanda, Jepang, dan masa perang kemerdekaan. Dan foto perangko bergambar Bung Karno dan Bung Hatta sebagai latar belakang perangko perjuangan yang dicetak di luar negeri

Ruang penyajian IV Tempat wisata cibubur ini menampilkan perangko dan souvenir sheet ‘cari kenangan’ yang diterbitkan sejak tahun 1950 dengan lima masa penerbitan: 1950-1959, tahun 1959-1966, tahun 1966-1973, tahun 1973-1983 dan tahun 1983-1993.

Alamat: TMII, Jalan Taman Mini Indonesia Indah, Geber, Cipayung
Tiket: Rp 5.000
Jam Operasional: 08.00-16.00

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment