Pantai Galesong, Objek Wisata One Stop Service

Pantai Galesong merupakan tempat wisata yang bagus dan menjadi salah satu tempat yang direkomendasikan bersama keluarga. Ada banyak wahana bermain untuk anak-anak maupun dewasa. Pengunjung juga bisa menikmati keindahan bermain disekitar pantai atau kolam renangnya.


Pantai Galesong merupakan tempat wisata yang bagus dan menjadi salah satu tempat yang direkomendasikan bersama keluarga. Ada banyak wahana bermain untuk anak-anak maupun dewasa.
Pantai Galesong. Image via: gotravelly.com

Pengelola Pantai Galesong juga menyediakan berbagai macam fasilitas yang bisa dipakai oleh pengunjung. Diantaranya ada jet ski, banana boat, dan kapal pesiar yang disewakan dengan harga terjangkau. Selain itu tersedia penyewaan kapal khusus untuk memancing.

Awalnya kawasan pantai ini tidak banyak dikenal oleh masyarakat luas. Namun kemudian pemerintah bekerjasama dengan investor swasta melakukan penataan lingkungan pantai. Kawasan dikembangkan dengan membangun kawasan wisata ini menjadi sebuah tempat wisata terpadu.

Kawasan wisata terpadu, maksudnya kawasan wisata yang menggabungkan antara konsep hotel, resort serta outbound. Di kawasan terpadu ini tersedia hotel, restoran, kolam renang, dan aneka wahana permainan di darat dan di air.

Kolam pantai Galesong merupakans alah satu fasilitas di halaman hotel
Kolam hotel. Image via: phinemo.com

Simak juga: objek wisata di sekitar Makassar

Lokasi Pantai Galesong

Kawasan pantai Galesong terletak di Desa Tamalate, Kecamatan Galesong Utara, Kabupaten Takalar, Provinsi Sulawesi Selatan.

Jaraknya sekitar 15 kilometer arah selatan dari pusat kota Makassar. Pantai ini memang terlihat sedikit berbeda dengan pantai lainnya. Suasananya masih cukup tenang.

Rute Menuju Pantai Galesong

Belum ada angkutan umum dari Makassar ke arah pantai Galesong. Jadi pilihan yang dimiliki oleh pengunjung adalah menggunakan kendaraan sewaan, menumpang taksi, atau kendaraan pribadi. Untuk jenis transportasi, mobil dan motor bisa digunakan menuju pantai ini.

Untuk mencapai resort Pantai Galesong Utara ini pengunjung bisa melalui jalan Metro Tanjung Bunga ke arah Takalar. Sampai di desa Tamalate berbelok ke kiri ke arah pantai. Jarak destinasi ini dari jalan utama hanya sejauh  400 meter.

Bareng teman di Pantai Galesong bsi amenghadirkan indahnya makna persahabatan.
Bareng teman di Pantai. Image via: @noviyantinawir25

Waktu Operasional Pantai Galesong

Untuk menikmati ekseruandi Pantai Galesong, pengunjung bisa datang setiap hari. Dari Senin sampai Minggu. Karena kompleks wisata terpadu ini lengkap dengan hotel, bisa dikatakan kawasan ini buka 24 jam sehari.

Tiket Pantai Galesong

Tiket masuk ke kawasan wisata Pantai Galesong dikenakan biaya sekitar Rp 30.000 per orang pada hari biasa. Untuk hari Sabtu, Minggu dan hari libur tiket akan naik menjadi sekitar Rp 40.000 per orang.

Fasilitas Pantai Galesong

Pantai Galesong menyediakan fasilitas yang cukup lengkap, bersih, hijau, aman dan nyaman.

Beberapa fasilitas yang disediakan di tempat ini antara lain area parkir yang luas. Bahkan tersedia  personel keamanan dan kebersihan yang memadai. Juga ada penginapan yang bagus, bersih, nyaman dengan harga yang terjangkau. Ada juga gazebo-gazebo yang disediakan secara gratis dan dengan jumlah yang cukup banyak.

Daya Tarik Pantai Galesong

  1. Kolam Renang di Pantai

Kolam tepi Pantai Galesong memebrkan pemandangan lepas pantai yang luas
Kolam tepi pantai. Image via: travelerbase.com

Simak juga: Wisata Pulau Kayangan Makassar

Biasanya suatu tempat wisata hanya terdiri dari satu icon wisata, seperti hanya kolam renang atau hanya pantai. Namun tidak untuk wisata air di Pantai Galesong ini. Di tempat ini disediakan dua fasilitas sekaligus, yakni kolam renang dan juga pantai. Pengunjung dapat memilih untuk menikmati salah satu atau sekaligus keduanya.

Kolam renang di Pantai Galesong dikelilingi oleh beberapa pondok dan juga patung-patung yang bergaya Eropa Klasik. Bagi pengunjunga yang berlibur dengan keluarga, kolam renang ini sangat cocok bagi anak-anak karena ketinggian air yang tidak terlalu tinggi. Namun tetap diperlukan pengawasan khusus bagi orang tua.

Di sekitar pantai, disediakan beberapa kursi malas yang dapat digunakan pengunjung hanya untuk sekedar menatap matahari saat sunrise maupun sunset serta pula dapat digunakan untuk berjemur.

  1. Penginapan yang Nyaman

hotel pantai Galesong, salah satu hotel dengan kapasitas hunian terbesar di makassar
Hotel pantai Galesong. Image via: anak-kolaka

Bagi Pengunjung yang memutuskan untuk bermalam di tempat ini, tidak perlu repot untuk mencari tempat menginap. Di Pantai Galesong ini pengelola juga sudah menyediakan sebuah tempat penginapan yang nyaman dengan 3 lantai.

Kamar yang disediakan pun sangat beragam mulai dari small room, medium room, serta family room. Saat ini tempat penginapan atau hotel yang ada di Pantai Galesong menjadi salah satu penginapan terbesar dengan jumlah kamar terbanyak di area Makassar.

Arsitektur Eropa menjadi ciri khas dari tempat penginapan ini. Harga yang ditetapkan untuk semalam sekitar Rp 300.000 saat weekday dan Rp 400.000 ketika weekend. Ketika menginap di sini, pengunjung juga sudah mendapatkan fasilitas sarapan dan tiket untuk masuk ke pantai.

Hampir seluruh kamar yang terdapat di tempat penginapan ini dilengkapi dengan alat pendingin udara yaitu AC dan juga televisi. Selain itu, seperti kamar mandi pada umumnya, kamar ini dilengkapi dengan fasilitas shower.

  1. Restoran yang Nikmat

restorant pantai Galesong terletak di sebelah kolam renang dengan pemandangan laut
Restoran tepi pantai. Image via: anak-kolaka

Simak juga: Keindahan Pulau Moyo NTB

Hotel yang berada di Pantai Galesong memiliki dua buah restoran. Satu terletak di Utara yang dekat dengan kolam renang. Restoran kedua di bagian Selatan dekat dengan wisata Outbond. Kedua restoran tersebut dapat menampung pengunjung hingga ratusan.

Menu yang disajikan pun sangat beragam, diantaranya adalah menu nasi kuning yang sangat menggugah selera. Tersedia juga menu khas Makasar seperti Coto Makassar, Konro, Barangko, Pisang epe, Mie titi, Sop Saudara, dan tentu saja Pallubasa.

Sop Saudara adalah makanan khas Makassar yang juga sangat segar untuk disantap. Hidangan ini menggunakan bahan berupa daging sapi dan jeroan seperti hati dan paru. Selain itu sop saudara juga menggunakan bahan lain seperti bihun dan perkedel.

Biasanya Sop Saudara dihidangkan bersama dengan ikan bakar atau telur rebus. Untuk menambah kenikmatan sop saudara, pengunjung bisa menambahkan sambal karena hidangan ini juga enak dinikmati dengan rasa pedas.

  1. Permainan Air

Banana Boat Pantai Galesong memberikan keseruan danketegangan dalam menikmati pantai.
Banana Boat Pantai Galesong. Image via: berita.baca.co.id

Pantai Galesong menyediakan beberapa wahana permainan air yang menguji tingkat keberanian. Di sini diantaranya tersedia jetsky air, banana boat, dan juga flying fish.

Banana boat adalah wahana permainan dimana pengunjung duduk di atas sebuah pelampung berbentuk seperti pisang. Pelampung ini nantinya akan ditarik dengan kapal boat berkecepatan tinggi. Lalu sensasi palig menegangkan adalah, ketika perahu penarik menikung tajam, menyebabkan pengunjung jatuh tercebur ke dalam laut.

Selain itu, bagi pecinta olahraga memancing, pantai ini juga memfasilitasinya dengan Kapal Mancing. Dengan mencoba menyewa Kapal Mancing, Pengunjung akan merasakan sensasi memancing di tengah lautan.

Harga yang ditawarkan untuk menyewa berbagai wahana wisata itu cukup terjangkau. Dan yang terpenting masalah keamanan disini sudah sangat terjamin. Pihak pengelola sudah menyediakan alat pelampung yang dapat digunakan ketika terjadi situasi yang tidak diinginkan.

Tarif yang dikenakan untuk dapat menikmati jetsky dikenakan biaya Rp 50.000 per orang, banana boat seharga Rp 20.000 per orang, flying fish seharga Rp 40.000 per orang, dan kapal mancing seharga Rp 300.000 per 2 jam.

  1. Wahana Permainan Anak

Kora-Kora pantai Galesong, wahana permainan di darat yang bsia digunakan oleh anak-anak maupun dewasa.
Kora-Kora pantai Galesong. Image via: yaszr

Simak juga: Pantai Pasir Padi Belitung

Tidak hanya wisata air untuk orang dewasa saja yang disediakan. Pengelola Pantai Galesong juga sangat memperhatikankebutuhan wahana permainan untuk pengunjung anak-anak. Mereka juga dapat menikmati liburan yang ditemani dengan hembusan angin pantai yang menyegarkan.

Di Pantai Galesong disediakan berbagai macam permainan anak. Diantaranya adalah mobil ATV, motor cross, skuter matic, kereta gantung dan juga outbound khusus untuk anak-anak. Berikut daftar harga beberapa permainan anak Mobil ATV Rp. 5.000,-, Skuter Matic Rp. 5.000,-, Motor Cross Rp. 5.000,-,.

Selain wahana permainan anak, wahana di darat itu juga ada yang diperuntukkan untuk pengunjung dewasa. Wahana yang juga bisa dinikmati pengunjung dewasa ini adalah wahana yang menegangkan dan memompa adrenalin.

Pengelola menyediakan wahana menantang bagi orang dewasa yakni  kora-kora. Untuk sekali bermain, Pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 per orang untuk setiap permainan.

KOlam anak pantai galesong memebrikan media bermain air yang menyenangkan namun tetap aman
Kolam anak Pantai Galesong. Image via: cendananews.com

Objek Wisata Dekat Pantai Galesong

Di Makassar, selain populer dengan wisata pantainya juga ada wisata pulau. Yang unik pulau pulua indah tiu terletak di lepas pantai Kota Makassar dalam jarak yang tidak jauh. Hanya berkisar 15 menit perjalanan perahu dari pelabuhan di kota.

Salah satunya Pulau Kayangan. Pulau ini merupakan pulau kecil yang sangat terkenal akan panorama pemandangan alam yang begitu indah dan hamparan pasir putih bersih membentang disepanjang pantai. Pulau hanya berjarak 15 menit perjalanan perahu dari Makkasar.

Sedikit lebih jauh, dalam jarak 2 km di lepas pantai Makassar ada pulau Samalona. Pulau Samalona memiliki pantai dengan pasir putih dan air laut yang biru yang jernih. Selain itu, terdapat banyak pohon kelapa yang memberikan suasana nyaman bagi wisatawan. Pulau ini juga terkenal akan keindahan bawah laut pulau ini.

Apakah anda menjadi penasaran dengan Pabtai Galesong dengan berbagai hal menariknya? Kalau sudah, langsung saja bersiap cuti dari rutinitas, siapkan budget secukupnya, dan langsung saja berangkat ke Sulawesi Selatan.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment