Pantai Akkarena, Review Harga Tiket, Penginapan, Dan Alamat

Pantai Akkarena adalah tempat wisata Makassar yang memiliki luas area sekitar 10 hektar, dan sekitar 450 meter persegi merupakan sebuah taman, atau kawasan yang ditumbuhi oleh rindangnya pepohonan, dan rerumputan.

Saat situasi pandemi covid-19, Pantai Akkarena sudah mengalami beberapakali buka tutup. Tentu saja hal tersebut dilakukan atas dasar ketaatan terhadap kebijakan pemerintah.

menghabiskan waktu di pantai akkarena
menghabiskan waktu di pantai akkarena. google maps. sumber: Ira Humairo

Saat sebelum lahir kebijakan pandemi, atau kebijakan mencegah kerumunan, Pantai Akkarena merupakan pantai yang sering menggelar festival musik sambil menikmati sunset.

Sehingga animo kunjungan wisata ke Pantai Akkarena Makassar bukan hanya didominasi oleh wisata keluarga saja, namun menjadi wisata kekinian bagi generasi milenial.

Lalu apa saja yang menjadi daya tarik dari Pantai Akkarena Makassar tersebut? Maka inilah info lengkapnya yang sudah kami rangkum dari berbagi sumber, sebagai referensi  awal bagi anda untuk menentukan tempat wisata saat liburan tiba.

tempat wisata keluarga
tempat wisata keluarga. google maps. sumber: Norman Marantika

Simak juga: Wisata Sekitar Makassar

Sejarah Penamaan Pantai Akkarena

Sejarah penamaan Pantai Akkarenamerujuk kepada kata “Akkarena”. Kata Akkarena mempunyai arti sebagai tempat bermain. Maksudnya adalah pantai tersebut diharapkan mampu memberikan keseruan wisata, dan tempat bermain yang aman dan nyaman bagi para pengunjungnya.

Lokasi Pantai Akkarena Makasar

Lokasi Pantai Akkarena terletak di Jl. Metro Tanjung Bunga, Tanjung Merdeka, Tamalate, Kota Makasar, Sulawesi Selatan.

Rute Menuju Pantai Akkarena

Rute menuju Pantai Akkarena sangat mudah diakses untuk kendaraan jenis apapun, karena lokasinya yang berada tak jauh dari pusat kota Makassar.

Hanya memerlukan waktu sekitar 10 menit saja, lokasinya berada tak jauh GTC Mall dan terletak di kawasan Komplek Tanjung Bunga Kav. 3-5.

wisata kuliner di pantai akkarena
wisata kuliner di pantai akkarena. google maps. sumber: Putrawanto Mayungallo

Simak juga: Pantai Tanjung Pasir Tangerang

Jam Buka Pantai Akkarena

Jam operasional Pantai Akkarena mulai pukul 06.00 hingga 22.00

Dibuka setiap hari, jika hari libur waktunya bahkan ditambah hingga pukul 24.00

Harga Tiket Masuk Pantai Akkarena

  • Harga tiket dewasa sebesar Rp. 10.000,-
  • Sedangkan anak-anak dengan membayar Rp. 5.000,-
deretan gazebo di pantai akkarena
deretan gazebo di pantai akkarena. google maps. sumber: i Mark

Fasilitas Pantai Akkarena

Fasilitas umum yang ada di Pantai Akkarena sudah sangat lengkap, hal tersebut ditandai dengan adanya:

  • Area parkir
  • Kamar mandi
  • Kamar ganti dan Kamar bilas
  • Ruang Meeting
  • Gazebo
  • Spot selfie
  • Penginapan

Daya Tarik Pantai Akkarena

1. Karakter Pantai Akkarena

bermain air di pantai akkarena
bermain air di pantai akkarena. google maps. sumber: Khadijah KH

Simak juga: Pulau Samalon, sekeping Surga di Makassar

Pantai Akkarena memiliki karakter pantai dengan ombak yang kecil, serta pasir pantainya yang berwarna hitam. Kondisi ombaknya yang tidak terlalu besar, menjadikannya spot yang nyaman untuk bermain air.

Selain itu, Pantai Akkarena terkenal dengan keindahan sunsetnya. Bahkan proses terjadinya sunset sering dijadikan sebagai latar spot selfie yang sangat keren.

Di Pantai Akkarena juga terdapat jalur pemecah ombak. Hal tersebut ditujukan untuk meminimalisir gulungan ombak yang datang ke tepian pantai.

2. Wisata Alam Kekinian

wisata alam kekinian
wisata alam kekinian. google maps. sumber: Muhammad addyn

Simak juga: Pesona Pulau Rupat, Negeri tanah Melayu Tua

Daya tarik selanjutnya dari Pantai Akkarena Makassar adalah objek wisata alam terbuka, yang mampu menyajikan nuansa kekinian.

Bukan hanya sebatas spot selfie saja, namun area pasir pantai sering dijadikan tempat konser musik. Tentu saja dilengkapi dengan sound system, dan sebuah layar.

Spot selfie favorit pengunjung adalah sebuah jembatan kayu yang menjorok ke arah pantai. Tempat tersebut mampu menyajikan nuansa romantis bagi mereka yang sedang dimadu kasih.

Selain itu, keberadaan gazebo-gazebo yang berjajar rapih di Pantai Akkarena, menjadi tempat yang nyaman untuk menikmati pesona alam sekitar, sambil menyantap makanan yang dijual di kawasan Pantai Akkarena.

3. Penginapan Yang Nyaman

Simak juga: Air Terjun Girimanik

Pilihan menentukan paket wisata sehari, atau dua hari ke Pantai Akkarena adalah pilihan yang tepat. Karena di sana terdapat juga penginapan, resort, atau home stay yang menawarkan harga yang bervariatif.

Perbedaan harga ditentukan oleh jenis penginapan, serta fasilitas yang ada di dalamnya. Suasana yang tenang, dan nyaman, adalah sajian saat menginap di kawasan Pantai Akkarena.

Yang paling penting, para pengunjung harus selalu update terkait objek wisata yang akan dituju. Karena bisa jadi masih tutup karena kebijakan pencegahan penularan Covid-19.

cantiknya sunset di pantai akkarena
cantiknya sunset di pantai akkarena. google maps. sumber: Agus aQm

Penutup

Demikian informasi tentang Pantai Akkarena, sekali lagi sebagai catatan tambahan untuk terus update tempat wisata yang akan dikunjungi saat masih kondisi pandemi seperti ini. Dimanapun dan kapanpun objek wisatanya.

Dan khusus untuk objek wisata pantai selalu pertimbangkan faktor cuaca, utamakan keselamatan dan selalu patuhi protokol kesehatan.


Leave a Comment