Bugis Waterpark, Penjelajahan Dunia Air Dengan 3 Zona Petualangan

Bugis Waterpark adalah arena permainan air bernuansa Bugis di Makassar. Letaknya hanya sekitar 11 kilometer sebelah timur pusat Kota Makassar. Salaah satu hal unik di lokasi ini adalah adanya rumah asli tempat kelahiran Wapres Yusuf Kala, yang dipindahkan dari lokasi awalnya.

Bugis Waterpark adalah arena permainan air bernuansa Bugis di Makassar. Letaknya hanya sekitar 11 kilometer sebelah timur pusat Kota Makassar
Bugis waterpark. Image via: wisataoky.com

Bugis Waterpark memiliki sekitar 20 wahana, dengan 10 wahananya berupa wahana air. Wahana wahan ini tersebar dalam 3 kelompok petualangan. Ketiga kelompok jenis petualangan itu, diberi nama dengan nama nama bahasa lokal. Ada area Alabuang, area Goa Batu Kalibampa, dan area Kampong Rilau. Wilayah-wilayah itu memiliki wahana yang sesuaid negannama yang diwakilinya.

Salah satu wahana yang menonjol di Bugis Waterpark adalah Pipa wae. Pipa wae di Bugis waterpark, merupakan water Slide tipe lorong yang tercatat sebagai terpanjang di Indonesia. Meluncur di lintasan ini berarti akan meluncur sejauh 150 meter dengan kecepatan hingga 80 kilometer per jam.

pengunjung bugis waterpark bisa berfotod engan latar pemandangan kolam dan instalasi kapal penisi
Bugis Waterpark. Image via: fajar.co.id

Simak juga:Berbagai objek wisata di Sekitar Makasar

Lokasi Bugis Waterpark

Bagi yang ingin mengunjungi tempat wisata keluarga di Makassar yang satu ini, dapat mengunjungi lokasi ini di Perumahan Bukit Baruga Antang, Makassar, Jalan Sektor Mahamero No.1, Antang, Manggala, Sulawesi Selatan.

Lokasi ini berjarak sekitar 11 km, jika dihitung dari pusat kota Makasar.

Rute Bugis Waterpark

Lokasi Bugis Waterpark tidak dilalui jalur angkot (pete-pete). Dari Pusat Kota Makassar (Pasar Sentral, MTC) pengunjung dapat naik pete-pete Rute Antang-Karebosi dengan ongkos 3 ribu.

Turun di Pannara, yang merupakan jalan masuk ke kompleks elit Bukit Baruga Antang. Dari titik turun itu, dapat dilanjutkan dnegan naik ojek masuk ke dalam Kawasan Bugis Waterpark. Ongkos ojek itu sekitar Rp 10.000,-

Jam Buka Bugis Waterpark

Untuk waktu operasional, Bugis waterpark dibuka setiap hari dari Senin hingga Minggu. Jam operasionalnya mulai pukul 09.00 hingga pukul 18.00 Waktu Indonesia Tengah.

bugis waterpark memiliki Water play ground untuk anak anak dapat bermain dengan aman
Kid Poll. Image via: travelingyuk.com

Tiket Bugis Waterpark

Bugis Waterpark mematok harga tiket masuk berbeda-beda, sesuai dengan hari kunjungan.

Untuk hari Senin sampai Jumat, tiketnya Rp150.000 per orang. Sedangkan untuk hari Sabtu Rp180.000 per orang, dan untuk hari Minggu Rp 200.000 per orang.

Fasilitas Bugis Waterpark

Fasilitas yang dimiliki oleh Bugis Waterapak sangat memadai. Utuk fasilitas umum, tersedia Gazebo, Food Court, Mushola, Toilet, Loker, P3K, dan Area Parkir.

Daya Tarik Wahana Bugis Waterpark

  1. Fasilitas pendukung yang memadai

Selain menyediakan berbagai wahana permainan dengan biaya tiket masuk yang bervariasi, pengelola Bugis Waterpark menjamin kenyamanan pengunjung, dengan menyediakan berbagai macam fasilitas penunjang.

Terdapat keseluruhan 40 unit yang disebar diberbagai area, dengan fasilitas listrik, kasur dan bantal
Gazebo tepi kolam. Image via: sulawesi-experience.com

Simak juga: Pulo Saiji, Waterpark di tengah perumahan Urban

  • Gazebo

Terdapat keseluruhan 40 unit yang disebar diberbagai area. Untuk fasilitas listrik, kasur dan bantal dipatok dengan harga Rp. 150.000,- per unit. Ada beberapa jenis gazebo.

Gazebo VIP I Laga Ligo, dapat disewa dengan harga Rp. 1.200.000. Gazebo VIP ini memiliki fasilitas 6 unit Gazebo, 2 kamar bilas, 1 toilet dan 6 unit loker.

Gazebo VIP Bone, engan fasilitas dan area yang khusus, gazebo jenis Bone dapat disewa dengan biaya Rp 1.000.000. Penyewa mendapat fasilitas 5 unit gazebo, 1 buah kamar bilas, 1 toliet dan 5 unit loker.

  • Toilet

Untuk memastikan pengunjung Bugis Waterpark selalu bisa nyaman selama ada di lokasi, pengelola juga menyediakan kamar mandi dan toilet. Toilet juga bersebelahan dengan ruang bilas dan juga ruang ganti. Ruang bilas yang tersedia ada 3 unit, yang diletakkan berdekatan dengan Kids Pool. Secara keseluruhan tersedia 24 unik kamar bilas untuk pria dan wanita. Masing-masing disediakan 12 unit.

bugis waterpark memiliki Aneka Macam Sluncuran air
Aneka Macam Slide. Image via: makassar.tribunnews.com
  • Loker

Pengunjung tidak perlu takut lagi barang bawaan akan hilang, karena pengunjung bisa menyewa loker penyimpanan untuk menjaga barang-barang. Di loakis wisata ini disediakan setidaknya 36 unit almari penyimpanan.

Untuk menggunakan loker, pengunjung dikenakan biaya Rp.20.000 untuk loker reguler, dan hanya Rp.10.000,- untuk loker yang berukuran lebih kecil.

  • P3K

Tidak hanya barang bawaan dan kendaraan yang aman, tetapi keselamatan pengunjung juga dijaga oleh Tim Life Guard. Life guard beranggotakan staf yang memiliki keahlian dalam P3K dan memahami soal seluk beluk kolam renang. Sebagai alat tambahan, life guard memilki seperangkat peralatan medis dan 1 buah mobil Ambulance.

  1. Berbagai Wahana Seru

Ada cukup banyak Wahana permainan di Bugis Waterpark. Setidaknya ada 20 wahana, dnegan 10 diantaranya merupakan wahana air. Beberapa wahana yang populer adalah Aquatube, Multi Slide, Free fall, Rafting Slide, Body Slide, Blackhole, , Whirl Pool, Main Pool, dan Lazy River.

Khusus untuk anak-anak, tersedia Kids Pool. Kolam ini lebih tepat disebut water play ground. Karena di sana terdapat berbagai mainan untuk anak,dan air kolam hanya sedalam 30 cm saja.

seluncuran berbentuk kapal penisi
Penisi Slide. Image via: reddoorz.com

Simak juga: Pantai Wartawan yang Unik

Ketika mengunjungi Bugis Waterpark, pengunjung bisa memilih wahan yang diingikan, karena setiap wahana air yang disuguhkan memiliki panjang serta ketinggian yang berbeda beda. Tentu saja hal ini membuat para pengunjung dapat menyesuaikan wahana mana yang sesuai dengan kemampuan mereka.

  • Penisi Slide

Wahana ini merupakan sebuah perosotan dengan dua jalur yg dapat kamu nikmati bersama keluargamu. Dinamakan pinisi slide karena pada wahana ini kamu akan keluar menuju landasan yang berbentuk kapal pinisi. Wahana ini semakin seru karena sebelum kamu keluar menuju landasan kamu terlebih dahulu akan melewati lintasan terowongan yang berkelok dan tentu saja menantang.

Keseruan wahana ini tidak sampai disitu saja, karena saat kamu meluncur mengguankan ban yang kamu naiki akan meluncur maju dan mundur hingga berhenti. Mau mencobanya?

  • Aquatube

Wahana ini dimulai dengan menaiki perosotan setinggi 18 meter, setelah itu kamu akan meluncur pada aliran air sepanjang kurang lebih 250 meter yang akan membawamu ke terowongan pertama. Pada terowongan ini kamu akan keluar di mangkuk raksasa sehingga kamu akan berputar pada mangkuk tersebut.

Setelah itu kamu akan dibawa kembali meluncur melalui lubang yang ada di mangkuk raksasa tersbut. Sungguh wahana yang seru karena kamu akan di suguhkan dengan pengalaman perosotan yang berbeda dari yang lain.

kolam sungai di bugis waterpark memberi kesempatan pengunjung ntuk bersantai dia tas pelampng dan hanyut mengkuti arus

Lazy River. Image via: Image via: dolanyok.com

  • Multi Slide

Wahana ini merupakan perosotan yang memiliki 4 jalur. Kamu akan dibawa meluncur dengan posisi badan tengkurap pada salah satu jalur dari empat jalur yang disedian. wahana ini akan membuat jantung anda terpacu karena kamu akan meluncur dengan cepat pada perosotan sepanjang 14 meter. Seru bukan? meskipun pada wahana ini tidak memakai ban seperti wahan sebelumnya, hal ini tidak mengurangi keseruan dari wahana ini. Selamat mencoba.

  • Free Fall

Sesuai dengan namanya yakni ‘terjun bebas’, pada wahan ini kamu akan meluncur pada air setinggi 18 meter tanpa ban maupun alas seluncuran. Nikamti sesasi adrenalin yang terpacu ketika berada pada wahana ini. Biarkan daya gravitasi menarik kamu turun sepanjang 150 meter. Jadi bagi kamu yang ingin menikmati wahan ini siapkan dirimu untuk menarik napas dalam dalam karena kamu akan merasakan sensasi yang tidak ada bandingannya.

Wahana yang menantang selanjutnya adalah Multi Slide, sebuah perosotan yang memiliki 4 jalur.

Multi Slide. Image via: medium.comSimak juga: Berkemah di Kaki gunung lawu di Lawu park

  • Black Hole

Ketika mendengar wahana ini kamu mungkin akan langsung membayangkan masuk pada lubang yang besar dan gelap. Ya, sesuai namanya ketika kamu masuk wahana ini, kamu kan dibawa memasuki black hole atau sebuah lubang untuk memasuki terowongan sepanjang 200 meter.

Didalam terowongan ini kamu dapat menikmati semburan air yang berwarna cerah. jadi meskipun namanya black hole namun seteha masuh kedalam akan malah disuguhken dengan senbuaran warna yang cerah.

Tips Wisata Bugis Waterpark

Sebelum menaiki wahana, ada baiknya mengetahui peraturan bermainnya. Tata tertib soal satndar keamanan dalam menaiki wahana harus diperhatikan dan ditaati. Hal itu semuanya untuk keselamatan pengunjung sendiri.

Untuk wahana yang bergerak dengan kecepatan tinggi, seperti Multi Slidedan Blackhole, pengunjung setidaknya memiliki tinggi badan 130 cm. Selain soal tinggi badan, ada juga aturan soal berat badan. Pengunjung diperbolehkan menaiki wahana tersebut jika memiliki berat badan di atas 100 kg.

Bagi pengunjung yang mengajak anak, arahkan anak untuk mencoba wahana yang aman dan sesuai dengan umurnya.

pengunjung dapat bergembira bersama di bawah guyuran air di wahana permainan

Mari bergembira. Image via: britaloka.com

Objek Wisata Dekat Bugis Waterpark

Makasar memilki beberapa objek wisata pilihan yang bisa menjadi tujuan lanjutan setelah puas berenang di Bugis Waterpark. Salah satu yang paling populer tentu saja Pantai Losari, yang berjarak 13 KM dari bugis Waterpark.

Pantai Losari Memiliki anjungan tepi laut yang difungsikan sebagai ruang publik. Anjungan tersebut dinamai berdasarkan suku-suku yang ada di Makassar, seperti Anjungan Mandar,Anjungan Bugis, Anjungan Makassar, dan Anjungan Toraja.

Sedikit lebih jauh dari pantai kamu dapat mengunjungi Trans Studio Makassar. Disini kamu dapat berpetualang dengan menikamati macam macam wahana tanpa khawatir kepanasan karena Trans Studio Makassar merupakan wahana indoor.

Itulah beberapa ulasan tentang serunya berlibur di Bugis Waterpark. Semoga informasi ini dapat mejadi referensi sebagai destinasi wisata yang ingin kamu datanngi bersama rekan maupun keluarga. Selamat berlibur.

Baca juga:

Leave a Comment