Bugis Waterpark, Penjelajahan Dunia Air Dengan 3 Zona Petualangan

Destinasi wisata keluarga merupakan salah satu tema wisata yang paling ramai dikunjungi, terlebih saat akhir pekan, atau liburan tiba.

Jika wisata alam dengan tema pantai, atau air terjun dirasa cuku jauh jaraknya. Maka, objek wisata bertemakan kolam air, atau kolam renang selalu menjadi opsi selanjutnya.

Seperti halnya destinasi wisata keluarga yang ada di Kota Makassar yang bernama Bugis Waterpark. Sebuah wahana kolam air yang sangat besar, dengan ragam wahana yang sangat banyak sekali.

Bugis Waterpark Makassar
Bugis Waterpark Makassar. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Lokasi Bugis Waterpark yang sangat strategis, dekat dengan pusat kota menjadikannya sebagai sebuah objek wisata yang selalu ramai dikunjungi.

Fenomena keberadaan objek wisata “Water Park” di dekat pusat kota, merupakan sebuah penegasan tentang sebuah kemajuan teknologi.

Maksudnya, jika objek wisata menuju alam bebas dirasa sangat jauh, maka dengan kehadiran teknologi, alamlah yang “mendekat”. Itulah tujuan besar adanya Bugis Waterpark, khususnya bagi masyarakat Makassar.

Sensasi Wisata Alam Di Dekat Pusat Kota
Sensasi Wisata Alam Di Dekat Pusat Kota. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Daya Tarik Bugis Waterpark

Setidaknya terdapat dua gagasan utama dari Bugis Waterpark yang menjadi daya tarik utama dari objek wisata tersebut. Yaitu :

1. Konsep Alam Terbuka Bertemakan Wisata Air

Konsep utama Bugis Waterpark yang menjadikannya sebagai daya tarik utama adalah konsep berada di alam terbuka, yang berpadu dengan banyaknya ragam wahana yang bertemakan wisata air, dan petualangan.

Bugis Waterpark memiliki luas sekitar 7 hektar. Kondisi tersebut menjadikannya dipenuhi ragam wahana yang menyajikan sensasi yang berbeda-beda, dan tersaji untuk semua usia.

Sensasi Di Alam Bebas Dan Wisata Air
Sensasi Di Alam Bebas Dan Wisata Air. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

2. Konsep Budaya Lokal Dan Sejarah

Salah-satu kelebihan lainnya dari Bugis Waterpark adalah objek wisata kekinian, yang berpadu dengan nilai budaya lokal, dan nilai sejarah.

Hal tersebut bisa dilihat dari mulai penamaan objek wisatanya yang mengusung nilai adat atau budaya khas Makassar. Bugis merupakan kelompok etnik asli dari Sulawesi Selatan.

Bugis Waterpark
Bugis Waterpark. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Selain itu, di dalam kawasan Bugis Waterpark terdapat rumah adat khas Bugis. Hal tersebut patut dibanggakan, bahwa sebuah objek wisata masih menjaga kelestarian budaya masyarakat lokal.

Nama dari wahana petualangannya menggunakan bahasa masyarakat lokal. Tentu saja, hal tersebut patut diapresiasi, karena objek wisata bukan hanya sekedar berbicara tentang kesenangan saja.

Nama Salah-Satu Spot
Nama Salah-Satu Spot. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Nilai sejarahnya tercermin dari salah – satu spot yang ada di kawasan Bugis Waterpark. Yaitu terdapat sebuah perahu besar yang menggambarkan kemegahan, dan keperkasaan Kapal Pinisi.

Spot tersebut juga sering disebut sebagai spot Kapal Pinisi. Dan sebagaimana diketahui, bahwa kapal tersebut menjadi kapal asli Suku Bugis, yang terkenal sebagai kapal gagah yang dapat menjelajah berbagai negara di saat teknologi belum berkembang seperti saat ini.

Konsep Sejarah
Konsep Sejarah. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Dengan demikian, Bugis Waterpark bisa sekaligus menjadi destinasi wisata edukasi bagi anak – anak. Kenalkan kepada mereka oleh para orang tua tentang nilai budaya, adat istiadat, serta nilai sejarah yang terkandung dalam sebuah objek wisata.

Ragam Wahana Di Bugis Waterpark

Tidak kurang dari 20 wahana yang tersaji di area Bugis Waterpark. Dan wahana – wahana tersebut sudah dikelompokan sesuai dengan umur para pengunjungnya.

Hal tersebut ditegaskan dalam sebuah papan informasi yang terpampang di setiap spot. Tentu saja aturan yang sudah ditetapkan menjadi sebuah protokol wisata yang wajib ditaati, demi keamanan, dan kenyaman dalam berwisata.

Salah-Satu Wahana Di Bugis Waterpark
Salah-Satu Wahana Di Bugis Waterpark. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Dan inilah ragam wahana yang dapat dinikmati oleh pengunjung saat berada di objek wisata Bugis Waterpark. Diantaranya :

  • Aquatube
  • Lazy River
  • Main Pool
  • Black Hole
  • Body Slide
  • Rafting Slide
  • Free Fall

Sebagai catatan, beda wahana, tentu saja beda sensasi, dan beda juga protokolnya. Dan selanjutnya ragam wahana yang dikelompokkan penamaannya berdasarkan bahasa lokal :

  • Area Alabuang
  • Area Goa Batu Kalibampa
  • Area Kampong Rilau

Adapun wahana yang bernilai sejarah disebut dengan Pinisi Slide. Spot tersebut sangat cocok untuk membangun psikologis kebersamaan, dan keseruan bersama keluarga.

Pinisi Slide
Pinisi Slide. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Pinisi Slide, adalah wahana menyusuri sebuah prosotan dengan menggunakan ban. Keseruannya terletak saat mulai memasuki terowongan yang berkelok, kemudian berakhir di sebuah landasan di spot Kapal Pinisi tersebut.

Lokasi Bugis Waterpark

Lokasi Bugis Waterpark berada di Perumahan Bukit Baruga Antang, Makassar, Jalan Sektor Mahamero No.1, Antang, Manggala, Sulawesi Selatan. Lokasi ini berjarak sekitar 11 km, jika dihitung dari pusat kota Makasar.

Rute Bugis Waterpark

Rute menuju Bugis Waterpark dari Pusat Kota Makassar bisa dengan menggunakan jasa pete-pete Rute Antang-Karebosi. Kenudian turun di Pannara, yang merupakan jalan masuk ke kompleks elit Bukit Baruga Antang.

Selanjutnya, para pengunjung harus menggunakan jasa ojek untuk sampai di lokasi utama. Oleh karena itu, disarankan menggunakan kendaraan pribadi saja ya, supaya tidak naik turun kendaraan.

Jam Buka Bugis Waterpark

  • Untuk waktu operasional, Bugis waterpark dibuka setiap hari dari Senin hingga Minggu.
  • Jam operasional Bugis Waterpark mulai pukul 09.00 hingga pukul 18.00 Waktu Indonesia Tengah.

Harga Tiket Masuk Bugis Waterpark

Bugis Waterpark mematok harga tiket masuk berbeda-beda, sesuai dengan hari kunjungan.

  • Untuk hari Senin sampai Jumat, tiketnya Rp150.000 per orang.
  • Sedangkan untuk hari Sabtu dan Minggu Rp 200.000 per orang.

Harga tersebut sudah termasuk harga menikmati semua wahana yang tersaji di objek wisat Bugis Waterpark. Tetapi, para pengunjung tidak diperkenankan membawa makanan, dan minuman dari luar.

Fasilitas Bugis Waterpark

Fasilitas yang dimiliki oleh Bugis Waterapak sangat memadai. Diantaranya :

  • Gazebo
  • Food Court
  • Mushola
  • Toilet
  • Loker
  • P3K
  • Area Parkir
Salah-Satu Fasilitas Di Bugis Waterpark
Salah-Satu Fasilitas Di Bugis Waterpark. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Penutup

Demikian informasi tentang Bugis Waterpark. Selalu utamakan keselamatan, dan patuhi protokol yang sudah ditetapkan oleh pihak pengelola, maupun pemerintah.


Leave a Comment