Desa Wisata Tembi, Desa Wisata Yang Edukatif Di Daerah Istimewa Yogyakarta

Desa Wisata Tembi, merupakan satu dari sekian desa wisata yang sukses menata kawasannya, sehingga menjadi sebuah kawasan yang layak untuk dikunjungi.

Potensi alam, sejarah, serta potensi budaya yang dimiliki Desa Wisata Tembi memang sangat pas untuk dijadikan sebuah desa wisata. Apalagi jarak Desa Wisata Tembi tidak jauh dari pusat kota Jogja.

Secara garis besar, Desa Wisata Tembi terkenal dengan :

  • Outbound  Desa Wisata Tembi
  • Penginapan Desa Wisata Tembi

Ternyata, pesona keindahan Desa Wisata Tembi tidak hanya terbatas pada dua hal tersebut saja. Dan inilah info lengkap Desa Wisata Tembi, sebagai referensi awal menentukan lokasi wisata saat liburan nanti.

desa wisata tembi
desa wisata tembi. google maps. sumber: Desa Wisata Tembi-Homestay Tembi-Wisata Outbound

Simak juga: Wisata Indah di Jogja

Lokasi Dan Alamat Desa Wisata Tembi

Lokasi Desa Wisata Tembi terletak satu arah menuju Parangtritis. Alamat Desa Wisata Tembi berada di Desa Tembi, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Desa Wisata Tembi

Rute menuju Desa Wisata Tembi dari pusat kota Jogja tidaklah sulit. Jarak dari Malioboro ke Desa Wisata Tembi sekitar 10 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 20 menit.

Akses jalan menuju Desa Wisata Tembi sudah bisa dilalui oleh kendaraan motor, maupun mobil hingga area parkir. Meskipun jalannya tidak terlalu besar, namun bisa dilalui oleh mobil, melewati home stay Desa Wisata Tembi.

Jam Buka Desa Wisata Tembi

Jam operasional Desa Wisata Tembi, Bantul, Jogja buka selama 24 jam

fasilitas di penginapan
fasilitas di penginapan. google maps. sumber: Rubby Missilia

Simak juga: Indahnya Pantai Galesong

Harga Tiket Masuk Desa Wisata Tembi

Tiket masuk Desa Wisata Tembi berkisar dari Rp. 20.000 – Rp. 50.000 per orang.

Fasilitas Di Desa Wisata Tembi

Fasilitas di Desa Wisata Tembi sebagai wisata Jogja yang populer, tentu saja sudah sanga lengkap. Seperti:

  • Area parkir
  • Ragam wahana
  • Gazebo
  • Tempat makan
  • Mushola

Penginapan Di Desa Wisata Tembi

menginap dengan suasana pedesaan
menginap dengan suasana pedesaan. google maps. sumber: Desa Wisata Tombi-Homestay Tembi-Wisata Outbound

Penginapan di Desa Wisata Tembi sangat banyak sekali. Dari pertama kali masuk kawasan tersebut, para pengunjung akan terus melewati home stay Desa Wisata Tembi.

Tentu saja harganya sangat variatif. Rata-rata harga yang ditawarkan berkisar dari Rp. 300.000 sampai Rp. 400.000. fasilitas penginapannya juga komplit, dan nyaman.

Daya Tarik Desa Wisata Tembi

1. Outbound

Daya tarik yang pertama dari Desa Wisata Tembi adalah ragam wahana outboundnya yang berpadu dengan alam sekitar, tanpa meninggalkan kearifan lokal, bahkan menawarkan sensasi permainan jaman dulu.

Wahana outbound tersebut sangat cocok untuk dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga, atau acara liburan kantor, maupun acara-acara sekolah.

Inilah ragam wahana outbound di Desa Wisata Tembi yang bisa dijajal oleh para pengunjung yang datang:

  • Membajak sawah
  • Menangkap bebek di lumpur
  • Tarik tambang di lumpur sawah
  • Menangkap belut
  • Bakiak

Serta masih banyak ragam wahana lainnya, yang mengingatkan keseruan bagi mereka yang lahir di tahun 70 – 80 an. Bagi anak-anak kecil yang biasa hidup di kota besar, maka kunjungan ke Desa Wisata Tembi sangat recommended sekali.

alam desa tembi
alam desa tembi. google maps. sumber: wisata Jogja21

Simak juga: Pesona Pulau Kayangan Makassar

2. Wisata Budaya

Seperti yang telah disampaikan di awal pembahasan, bahwa pesona Desa Wisata Tembi bukan hanya tentang outbound, serta penginapannya saja.

Di lokasi Desa Wisata Tembi terdapat lokasi yang menawarkan edukasi kepada para pengunjung yang datang, untuk lebih mengenal budaya lokal. Seperti :

  • Museum Tembi
  • Melukis Topeng
  • Hunting kuliner, atau wisata kuliner lokal
  • Menanam padi

3. Pesona Alam Sekitar

Daya tarik selanjutnya dari Desa Wisata Tembi adalah pesona alam sekitarnya yang memberikan nuansa asri, tenang, serta berpadu dengan kesejukan udara pedesaan.

Banyak sudut yang dilengkapi dengan spot selfie, maupun gazebo. Lokasi outbound pun di area peswaan yang sudah diperuntukan khusus bagi para pengunjung.

Situasi tersebut tentu saja semakin nyaman jika anda memilih paket wisata sehari ke Desa Wisata Tembi. Inilah pesona lain dari kota wisata, Jogja.

alamnya masih asri
alamnya masih asri. google maps. sumber: Ayuningtyas Rachmasari

Simak juga: Indahnya Pulau Moyo NTB

Sejarah Desa Wisata Tembi

Sejarah Desa Wisata Tembi dimulai pada taun 2007. Tahun tersebut menjadi momentum awal desa tersebut menata diri menjadi sebuah objek wisata di Jogja yang layak untuk dikunjungi.

Namun jauh sebelum itu, pada tahun 1645, Desa Tembi merupakan tempat pelarian dari anak raja, yang menghidar dari konfilk yang terjadi saat itu.

Di Desa tembi, mereka menimba ilmu kepada seseorang yang bernama Kyai Tembini, dan Nyai Tembini. Dari sosok tersebutlah akhirnya anak raja mendapatkan ilmu yang luhur, sehingga sosok Kyai Tembini, dan Nyai Tembini menjadi tokoh yang dikeramatkan.

suasana penginapan desa tembi
suasana penginapan desa tembi. google maps. sumber: Phintani Ariestya

Simak juga: Keajaiban Pantai Pasir Padi

Penutup

Desa Wisata Tembi merupakan destinasi wisata yang komplit, dimana kamu dan keluarga akan menciptakan memorable yang tak terlupakan dan pastinya seru banget.


Tinggalkan komentar