Desa Wisata Tembi, Lebih Dari Sekedar Liburan

Desa Wisata Tembi didirikan pada tahun 1997. Desa wisata ini menawarkan keasrian kehidupan desa. Suasana pedesaan dan aktivitas kerajinan, menjadi salah satu daya jual pariwisata di kawasan Bantul ini.


Desa Wisata Tembi didirikan pada tahun 1997. Desa wisata ini menawarkan keasrian kehidupan pedesaan dan aktivitas kerajinan yang memang menjadi salah satu daya jual pariwisata di kawasan Bantul.
Desa Wisata Tembi. Image via: sewadrone.id

Kawasan pedesaan yang masih sangat asri pun menjadi daya tarik utama Desa Wisata Tembi. Segarnya udara pedesaan, hijaunya areal persawahan, dan kearifan budaya lokal yang masih sangat kental tentu menjadi pengalaman baru bagi wisatawan yang sudah penat dengan sibuknya kehidupan di perkotaan.

Berbagai aktivitas menarik bisa dilakukan disini, mulai dari turun langsung ke sawah untuk menanam dan memanen padi hingga keseruan belajar membatik langsung di bawah bimbingan para pembatik professional.

Desa Wisata Tembi juga menyediakan paket wisata kuliner tradisional seperti wisata keliling kawasan Gabusan-Manding-Tembi dengan mengendarai becak, andong, atau kereta mini. Ada juga paket wisata bertani, termasuk memandikan kerbau.

Desa Wisata Tembi juga memiliki Museum Rumah Budaya Tembi atau Tembi House of Culture yang merupakan sebuah museum yang mengkhususkan pada kebudayaan jawa.

Penginapan desa wisata tembi memberikans ensasi menginap di masa lalau
Penginapan. Image via: paketwisatajogja75.com

Simak juga: Wisata Indah di Jogja

Sejarah Desa Wisata Tembi

Sepeninggal Sultan Agung pada tahun 1645, Kotagede mengalami krisis kepemimpinan. Politik istana rawan oleh perpecahan akibat perebutan kekuasaan. Bibit perpecahan dan pertentangan keluarga Kerajaan mengemuka ke permukaan.

Unutk menghindari aura negatif itu mengakar dalam, generasi muda yakni anak-anak raja dititipkan di suatu tempat. Nama tempat itu adalah Tembi. Situasi yang sunyi dan jauh dari kegaduhan situasi Kerajaan menjadikan Tembi tempat yang baik mengolah rohani.

Di bawah asuhan Kyai Tembini dan Nyai Tembini, anak-anak raja mengolah Kanuragan. Tidak hanya itu, anak-anak raja juga dibina agar kelak menjadi anak yang berbudi dan bermartabat. Anak-anak itu terus bertumbuh menjadi pribadi yang peka akan kebutuhan sesama.

Tiga setengah abad sesudahnya, pada tahun 1997, Desa Tembi ditetapkan sebagai kawasan desa wisata. Pohon Preh Besar di tengah desa Tembi menjadi tonggak dimakamkannya Kyai dan Nyai Tembini bersama siswanya yang bernama Kyai Diposono.

Kolam belakang villa di penginapan desa wisata tebi memberikan sensasi yang luar biasa.
Kolam belakang villa. Image via: paketwisatajogja75.com

Lokasi Desa Wisata Tembi

Desa Wisata Tembi beralamat di Jalan Parangtritis km 8,5, Tembi, Timbulharjo, Sewon, Mriyan, Timbulharjo, Kec. Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Lokasi desa ini berjarak 9 km dari pusat kota Jogja. Jarak itu bisa ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit perjalanan dengan kendaraan.

Rute Menuju Desa Wisata Tembi

Daripusat kota perjalanan bsia dimulai dengan ke arah selatan di Jl. Mataram. Kemudian belok kiri menuju Jalan  Jl. Walikota Suryotomo. Perjalnaan dilanjutkan di Jalan Jl. Brigjend Katamso, sejauh sekitar 1.5 km.

Berbelok kanan menuju jalan Jl. Mayjend Sutoyom kemudian masuk ke Jalan Parangtritis. Terus ada di jalan ini sejauh sekitar 7 km. Setelah melewati gerbang Institut Seni Indonesia akan menemukan gapura di kanan jalan bertuliskan Desa Wisata Tembi. Di sinilah pengalaman baru akan dimulai.

Jam Buka Desa Wisata Tembi

Desa wisata Tembi melayani pengunjung selama 24 jam. Hal ini karena di desa wisata ini bukan hanya ada kegiatan wisata saja, namun juga ada penginapan atau Homestay.

jelajah desa wisata Tembi bis ajuga dilakukand engan mengayuh sepeda di persawahan
Jelajah Tembi dengan sepeda. Image via: sewasepedajogja.com

Simak juga: Indahnya Pantai Galesong

Tiket Desa Wisata Tembi

Harga tiket yang harus dibayarkan pengunjung desa wisata Tembi berbeda-beda sesuai paket atau jenis atraksi yang ingin di coba. Biaya tiket berkisar antara Rp 20.000 sampai Rp 50.000. Ditambah pula dengan biaya parkir sebesar Rp 3.000 untuk sepeda motor, dan Rp 5.000 untuk mobil.

Fasilitas Desa Wisata Tembi

Layaknya sebuah homestay pada umumya, Desa Wisata Tembi ini juga dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas penunjang. Fasilitas itu antara lain seperti ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi, gasebo, ruang keluarga, dsb.

Suasana yang ditawarkan oleh homestay ini sangat dekat dengan alam dan tradisional sekali. Bentuk daripada homestay ini berupa rumah jawa ala2 bangunan Joglo dan Limasan dengan ornamen kayu sebagai penghias seluruh isi ruangan

Aktivitas Menarik di Desa Wisata Tembi

  1. Suasana Pedesaan

susana pedesaan di desa wiata temi enduduk saling akrabd engan sesama warga dan juga tamu
Penduduk desa yang ramah. Image via: travel.kompas.com

Saat liburan, mata inginnya dimanjakan dengan pemandangan alami yang indah dan menyejukkan. Lupakan sejenak tentang deretan bangunan mewah nan tinggi, juga pusat perbelanjaan dengan barang-barang merk kelas dunia. Kali ini, tenangkan pikiran dengan lukisan alam yang masih asri.

Kawasan pedesaan yang masih sangat asri pun menjadi daya tarik utama Desa Wisata Tembi. Segarnya udara pedesaan, hijaunya areal persawahan, dan kearifan budaya lokal yang masih sangat kental tentu menjadi pengalaman baru bagi wisatawan yang sudah penat dengan sibuknya kehidupan di perkotaan.

  1. Pengalaman Kehidupan Desa

wisata menanam padi di desa wisata tembi
Wisata menanam padi. Image via: wsrentaljogja.com

Simak juga: Pesona Pulau Kayangan Makassar

Berbagai aktivitas menarik bisa dilakukan disini, mulai dari turun langsung ke sawah untuk menanam dan memanen padi hingga keseruan belajar membatik langsung di bawah bimbingan para pembatik professional.

Terdapat beberapa atraksi wisata yang dapat dicoba oleh para pengunjung. Seperti mencoba merasakan membajak sawah, menanam padi, trekking di alam, memasak masakan tradisional, hingga menginap di penginapan dengan nuansa Desa.

Jauh dari keramaian kota, pengunjung dapat merasakan liburan di tengah suasana Desa yang sunyi. Desa wisata Tembi memberikan semua hal itu dengan paripurna. Obyek wisata tersebut menawarkan atraksi wisata yang berbeda dengan berbagai jenis keramaian di kota besar.

  1. Museum

museum di desa wisata tembi menyimpan berbagai peralatan masyarakat jawa, mulai dari alat dapur sampai senjata
Koleksi senjata tradisional Jawa. Image via: jalanjogja.com

Desa Wisata Tembi juga memiliki Museum Rumah Budaya Tembi atau Tembi House of Culture. Museum ini Ini  yang merupakan sebuah museum yang mengkhususkan pada kebudayaan jawa. Museum Rumah Budaya Tembi memiliki koleksi yang cukup variatif.

Koleksinya terdiri diantaranya peralatan tradisional masyarakat jawa seperti peralatan dapur berupa tungku dan dandang. Ada juga persenjataan masyarakat jawa keris, tombak. Peralatan untuk bertani, dam juga peralatan seni.

Tak ketinggalan pula koleksi peninggalan berupa foto-foto jaman dahulu, poster kuno, sepeda maupun sepeda motor kuno. Bahkan Museum Rumah Budaya Tembi memiliki perpustakaan yang memiliki koleksi naskah hingga mencapai kurang lebih 5000 buah. Museum ini buka setiap hari Senin-Jumat, pukul 09.00-16.00 WIB.

Setiap bulannya digelar kegiatan rutin berupa pertunjukan tarian nasional dari berbagai daerah di Indonesia, pertunjukan wayang dengan dalang lokal daerah Bantul, pameran senirupa, musik, pertunjukan seni baca puisi, workshop, diskusi, dan seminar.

membajak sawah di desa wisata tembi mengajak pengunjung utnuk mengenal lebh jauh suasana kehidupan petani di desa
Mengenal cara memebajak sawah. Image via: sewasepedajogja.com

Simak juga: Indahnya Pulau Moyo NTB

Tembi juga memperkenalkan budaya Jawa kepada pengunjung dengan menyelenggarakan kegiatan tradisional seperti membajak sawah dengan sapi, membatik, berlatih gamelan, permainan anak-anak, dan lain-lain.

  1. Wisata kuliner

Pengunjung diajak menikmati makanan khas jawa dengan resep-resep spesial dari Tembi. Makanan tersaji prasmanan dan di akhir acara, pengunjung dapat bersama-sama membakar jagung dengan teman dan warga Tembi.

Nasi bancakan, salah satu menu tradisional di pedesaan jawa
Nasi bancakan. Image via: jawapos.com

Beberapa menu makanan khas tembi antaranya Sagon. Sagon merupakan panganan khas yang paling populer di TEMBI. Panganan ini terbuat dari tepung beras, kelapa dan gula. Ada juga Jamu dari gedang klutuk. Panganan ini memiliki mitos dapat mengobati penyakit panas. Biasanya diberikan kepada anak-anak.

Ada juga Bancakan. Bancakan merupakan panganan/ sajen yang biasa disajikan pada upacara wiwitan. Panganan ini biasanya terdiri dari nasi, gereh, labu siam, dan beberapa jenis lauk lainnya. Biasanya bancakan di doakan terlebih dahulu oleh pemimpin ritual kemudian dibagikan kepada semua orang yang mengikuti upacara wiwitan.

Ada menu baru yang dikembangkan, yakni Wedang Rempah. Secara harafiah berarti “minuman rempah” adalah minuman yang terbuat dari rempah. Berbagai rasa yang di sajikan yaitu: Jahe, Kunir Asem, Beras Kencur, Temulawak, Kopi Jahe, Kunir Putih.

Dengan cara pembuatan yang mudah karena komposisi Gula Jawa (gula merah) yang di padukan dengan rempah-rempah tersebut, sehingga pembuatannya tinggal seduh untuk satu gula wedang rempah dengan 1(satu) gelas air panas atau mau dikasih es yang senang pakai es.

Belajar membatik di desa wisata tembi tidak hanya menarik minat pengunjung nusantara. pengunjung mancanegara juga banyak yang tertarik dengan kegiatan ini..
Belajar membatik. Image via: cvtugu.com

Simak juga: Keajaiban Pantai Pasir Padi

Objek Wisata Dekat Desa Wisata Tembi

Selain desa wisata Tembi, di Jogja ada juga Desa wisata pentingsari. Kedua desa wisata ini berjarak 40 km. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di desa wisata pentingsari, mulai dari menikmati keindahan alam pedesaan hingga mengikuti berbagai aktivitas dan berbaur dengan penduduk sekitar. Kegiatan itu meliputi membajak sawah, panen padi, memancing dan latihan menari jawa.

Desa Wisata lain adalah Desa Wisata Pulesari yang berjarak 31 km. Kegiatan yang dapat pengunjung lakukan ketika berkunjung ke Desa wisata Pulesari yaitu kegiatan outbond. Desa wisata Pulesari menawarkan paket outbont yang sangat menyenangkan. Kegiatan yang lain yang dapat pengunjung lakukan yaitu fun time, treking, sampai ke wisata sungai.

Sekian dulu kami berbagi kisah soal puncak desa wisata Tembi yang indah ini. Segera rencanakan perjalanan wisata anda ke desa wisata di DIY ini.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment