Air Terjun Luweng Sampang, Wisata Gunung Kidul Yang Murah Meriah Namun Menawan

Kabupaten Gunung Kidul merupakan salah-satu Kabupaten yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta, dan dikenal sebagai daerah tandus, yang sering mengalami kekeringan di musim kemarau.

Hal tersebut berdampak juga terhadap objek wisata yang ada di sana, terutama wisata alam air terjun yang sangat dipengaruhi oleh debit air.

Air Terjun Luweng Sampang, merupakan salah-satu objek wisata air terjun yang berada di Kabupaten Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta.

Air Terjun Luweng Sampang
Air Terjun Luweng Sampang. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Air Terjun Luweng Sampang, dikenal sebagai air terjun musiman. Namun bukan berarti di musim  kemarau menjadi surut samasekali, hanya saja debit airnya sangat sedikit.

Meskipun demikian, lokasi wisata Air Terjun Luweng Sampang tetap memiliki daya tarik yang mampu mendatangkan para wisatawan.

Apa saja daya tariknya? Yuk kita simak ulasan lengkapnya!

Trekking Menuju Air Terjun Luweng Sampang

Potensi terbesar Desa Sampang sebagai tempat Air Terjun Luweng Sampang berada, sebagian besar masyarakatnya berprofesi sebagai petani dan peternak.

Karena hal tersebut, kelestarian alam menjadi faktor utama keberhasilan dunia peternakan dan pertanian. Sehingga tidak mengherankan saat mulai memasuki Desa Sampang akan tersaji view alam pedesaan yang sangat asri.

Akses jalan menuju lokasi parkiran Air Terjun Luweng Sampang bisa dilalui oleh kendaraan jenis motor maupun mobil. Dan jangan heran jika lokasi wisata tersebut didominasi oleh view bebatuan yang eksotis.

Saat sampai dilokasi parkiran, para pengunjung akan melihat sebuah tembok penyangga tanah yang terbuat dari campuran pasir, semen, dan batu muka.

View Di Area Pertama
View Di Area Pertama. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Bangunan tersebut menjadi penguat bagi bukit kecil yang ada di lokasi parkiran dari bahaya longsor. Dan area parkirannya cukup luas serta memiliki view alam pedesaan yang menawan.

Seperti biasa, mayoritas lokasi utama objek wisata air terjun harus ditempuh dengan cara berjalan kaki dari lokasi parkiran. Jarang sekali lokasi air terjun yang tepat berada di samping atau depan area parkiran.

Begitupun dengan Air Terjun Luweng Sampang. Lokasi utamanya harus dicapai dengan cara berjalan kaki melalui jalur yang sudah ditentukan.

Lokasi utama Air Terjun Luweng Sampang tidak terlalu jauh dari area parkiran. Dan kondisinya sudah tertata baik, buktinya jalur trekkingnya sudah tidak berupa lapisan tanah lagi.

Trekking Menuju Air Terjun Luweng Sampang
Trekking Menuju Air Terjun Luweng Sampang. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Jalur trekkingnya cukup lebar, serta anak tangganya sudah terbuat dari cor-coran serta tidak terlalu miring, dan tidak terlalu curam.

Karena kondisi jalur trekkingnya yang tidak ekstrim, maka lokasi wisata Air Terjun Luweng Sampang cocok sebagai destinasi wisata keluarga saat musim liburan.

Selain pemandangan alam berupa bukit-bukit kecil serta rindangnya pepohonan, namun view lainnya adalah bebatuan besar di sepanjang aliran sungai dekat jalur trekking.

Dominasi View Batu Besar
Dominasi View Batu Besar. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Trekking pertama akan menuruni anak tanga, serta melewati sebuah gazebo yang berada di samping jalur. Mungkin saja gazebo pertama tidak terlalu dilirik manfaatnya saat pertama datang.

Namun gazebo tersebut menjadi sangat dibutuhkan saat pulang dari lokasi utama Air Terjun Luweng Sampang. Gazebo tersebut menjadi spot untuk meredakan lelah sambil menikmati keindahan alam sekitar.

Bagi sebagian orang yang tidak mempunyai referensi awal, apalagi kunjungannya di puncak musim kemarau, maka akan kebingungan mencari Air Terjun Luweng Sampang.

Air Terjun Luweng Sampang lokasinya diapit oleh tebing batu yang kokoh. Tebing tersebut tidak terlalu tinggi, namun di musim kemarau menjadi “tempat ngumpet” Air Terjun Luweng Sampang.

Lokasi Air Terjun Luweng Sampang
Lokasi Air Terjun Luweng Sampang. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Sekali lagi, jangan heran jika sepanjang jalur trekking hingga di lokasi utama didominasi oleh view batuan besar. Karena batu-batu tersebut menjadi pelengkap pesona keindahan Air Terjun Luweng Sampang.

Pesona Keindahan Dan Ragam Aktivitas Wisata Di Air Terjun Luweng Sampang

Ternyata di lokasi wisata tersebut bukan hanya satu saja daya tariknya. Namun memiliki pesona keindahan lainnya yang mampu mendatangkan para wisatawan ke lokasi wisata Air Terjun Luweng Sampang.

Pesona keindahan tersebut diantaranya :

1. Pesona Keindahan Air Terjun

Air Terjun Luweng Sampang merupakan air terjun musiman. Deras dan tidaknya air yang turun sangat ditentukan oleh musim yang sedang berlangsung.

Jika di musim kemarau, maka debit airnya akan sedikit. Namun jika di musim penghujan, maka debit airnya akan besar, termasuk di kolam utamanya.

Pesona Keindahan Air Terjun Luweng sampang
Pesona Keindahan Air Terjun Luweng sampang. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Begitupun dengan kondisi kejernihan airnya dipengaruhi oleh musim. Terkadang airnya sangat jernih, namun bisa juga warna airnya berubah menjadi kecoklat-coklatan.

Air Terjun Luweng Sampang memiliki ketinggian sekitar 5 meter. Dan lokasi Air Terjun Luweng Sampang berada diantara dua tebing, menjadi sebuah pesona keindahan bagi orang yang melihatnya.

Kolamnya cukup lebar, serta kedalamanya tergantung debit air Air Terjun Luweng Sampang. Lokasi kolam tersebut menjadi lokasi favorit pengunjung untuk mengabadikan momen kebahagiaan bersama orang tersayang.

Kolam Air Terjun Luweng sampang
Kolam Air Terjun Luweng sampang. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Pesona alam sekitarnya juga sangat menawan. Air yang mengalir melalui sela-sela batua besar menjadi suguhan mata yang sangat menarik.

Moment terindah di lokasi wisata Air Terjun Luweng Sampang saat menikmati secangkir kopi hangat di atas batu besar, sambil menghadap ke air terjun.

Air Terjun Luweng Sampang diambil dari bahasa Jawa, kata Luweng berarti lubang, sedangkan sampang adalah lokasi keberadaan air terjun tersebut.

2. Area Taman

Tidak jauh dari lokasi utama Air Terjun Luweng Sampang, terdapat sebuah taman yang dilengkapi dengan spot foto, serta gazebo dengan latar pemandangan yang sangat elok.

Keindahan lainnya di taman tersebut adalah saat menaiki anak tangga, maka para pengunjung akan melihat tumpukan batu yang tersusun rapih, membentuk sebuah jalur, serta menyangga tebing-tebing tanah.

Suasana di area taman begitu teduh, serta udaranya cukup sejuk. Spot ini sangat cocok untuk meredakan lelah di akhir pekan. Yang paling penting lagi, spot ini menjadi lokasi yang cocok buat hunting foto.

Suasana Keteduhan Alam Sekitar
Suasana Keteduhan Alam Sekitar. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Luweng Sampang

Lokasi dan alamat Air Terjun Luweng Sampang berda di Jalan Juminahan, Dusun Mongkrong, Desa sampang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Rute Atau Akses Jalan Menuju Air Terjun Luweng Sampang

Rute atau akses jalan menuju lokasi Air Terjun Luweng Sampang bisa melalui Wonosari, atau melalui Klaten. Namun jika dari pusat kota Yogyakarta, maka rutenya sebagai berikut :

  • Jalur pertama, ambil arah menuju Wonosari
  • Selanjutnya menuju Patuk
  • Setelah itu, lanjutkan menuju Nglipar dan Gedangsari
  • Dan terakhir masuk ke Desa Sampang hingga ke area parkir Air Terjun Luweng Sampang
  • Dari area parkiran, lanjutkan dengan berjalan kaki menuju lokasi utama Air Terjun Luweng Sampang

Harga Tiket Masuk Air Terjun Luweng Sampang

Harga tiket masuk Air Terjun Luweng Sampang gratis. Para pengunjung hanya dikenakan biaya parkir sebagai berikut :

  • Rp. 2.000 untuk kendaraan jenis motor
  • Rp. 5.000 untuk kendaraan jenis mobil

Jam Operasional Air Terjun Luweng Sampang

Jam operasional Air Terjun Luweng Sampang buka selama 24 jam. Dan objek wisata Air Terjun Luweng Sampang buka dari hari Senin sampai dengan hari Minggu.

Penginapan Di Air Terjun Luweng Sampang

Tidak ada penginapan di objek wisata Air Terjun Luweng Sampang

Penutup

Itulah info lengkap tentang Air Terjun Luweng Sampang. Selalu patuhi protokol keamanan, dan kesehatan yang telah ditetapkan.

Jangan membuang sampah sembarangan, karena “Sampahmu, Adalah Dosamu”.

Baca juga:

Leave a Comment