Air Terjun Sidoharjo, Sajian Air Terjun Tertinggi Di Yogyakarta

Air Terjun Sidoharjo, bagi yang terakhir berkunjung ke objek wisata tersebut di tahun 2018, tentu akan akan sangat berbeda dengan kondisi di tahun 2021, terutama akses jalannya yang sudah mengalami perbaikan.

Bagi traveler yang belum tahu, bahwa Air Terjun Sidoharjo di lokasi utamanya bisa juga dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga.

Karena kondisi kolamnya tidaklah dalam. Tetapi saat di perjalanan memang harus terus dalam pengawasan, dan selalu dijaga oleh orang tua.

Bukan berarti pas di lokasi utama, atau saat bermain air di kolam Air Terjun Sidoharjo tidak diawasi. Memastikan, serta mengedepankan aspek keselamatan dalam beriwsata, itulah yang prioritas.

dihiasi rindangnya pepohonan
dihiasi rindangnya pepohonan. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: berbagai alternatif wisata di Jogja

Nama Lain Air Terjun Sidoharjo

Seperti halnya objek wisata lainnya, Air Terjun Sidoharjo memiliki nama lain. Yaitu :

  • Curug Sidoharjo
  • Air Terjun Perawan
  • Curug Perawan

Dinamakan curug atau air terjun perawan, konon yang menemukan pertamakali Air Terjun Sidoharjo adalah seorang perawan.

Jalan Menuju Air Terjun Sidoharjo Atau Air Terjun Perawan

rute menuju air terjun sidoharo
rute menuju air terjun sidoharo. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Bagi traveler yang menggunakan mobil untuk menuju objek wisata Air Terjun Sidoharjo, maka harus berjalan kaki sedikit agak jauh dibandingkan dengan menggunakan motor.

Bagi yang menggunakan motor, perjalanan bisa dilanjutkan melalui jalan yang hanya pas untuk dua motor saja (Sisi kiri, dan kanan).

Pengguna kendaraan jenis motor harus sangat berhati-hati di jalur tersebut. Meskipun kondisi jalannya sudah bagus, tetapi di sampingnya merupakan tepian jurang.

Ya…. Ngeri-ngeri sedap gitu lah. Ngeri karena jurangnya, sedapnya karena pemandangan alam selama perjalanan sangat bagus, serta udara sekitar yang masih bersih.

Tetapi, kendaraan jenis motorpun tidak bisa sampai hingga lokasi utama Air Terjun Sidoharjo. Para pengunjung harus melanjutkan trekking, meskipun tidak terlalu jauh.

Saat memulai trekking, para pengunjung akan melihat undakan semacam air terjun mini. Namun itu bukanlah Air Terjun Sidoharjo, karena Air Terjun Sidoharjo sangatlah tinggi.

Lanjutkan saja perjalanan di jalur yang sudah disediakan. Jalur trekkingnya, saat ini sudah bagus, dan tertata baik. Terbukti, di samping kiri menuju lokasi utama, yang berupa tepian sudah dipasangi pagar pembatas, atau pagar keamanan.

Saat pengunjung masih di jalur trekking, sebetulnya view Air Terjun Sidoharjo sudah bisa terlihat. Karena Air Terjun Sidoharjo merupakan salah – satu air terjun tertinggi yang ada di Jogja.

aliran air terjun sidoharjo
aliran air terjun sidoharjo. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

SImak juga: Pantai Tanjung bastian

Daya Tarik Air Terjun Sidoharjo

Setidaknya, terdapat dua hal inti dari objek wisata Air Terjun Sidoharjo sebagai pesona keindahan yang mampu mendatakangkan para wisatawan. Yaitu :

1. Air Terjun

Daya tarik yang pertama, tentu saja pesona keindahan Air Terjun Sidoharjo, atau Curug Sidoharjo, atau disebut juga Air Terjun Perawan.

Air Terjun Sidoharjo merupakan air terjun yang sangat dipengaruhi oleh musim. Saat kunjungan di puncak musim kemarau, maka air terjunnya akan surut, hampir tidak ada.

Tetapi sebaliknya, saat musim penghujan airnya akan cukup deras, mengalir indah dari tebing yang sangat tinggi, langsung menuju kolam utama.

Saya sepakat jika Air Terjun Sidoharjo merupakan salah – satu air terjun tertinggi yang ada di Jogja. Hanya saja, terdapat perbedaan atau versi terkait berapa tinggi Air Terjun Sidoharjo?

Satu versi mengatakan 30 meter, versi yang lainnya mengatakan 40 meter, dan 70 meter. Yang jelas, Air Terjun Sidoharjo memang sangatlah tinggi.

Kolam utama dari Air Terjun Sidoharjo tidaklah dalam. Bahkan lokasi utama Air Terjun Sidoharjo bisa menjadi destinasi wisata keluarga, meskipun aspek keamanan harus tetap diutamakan.

air terjun sidoharjo
air terjun sidoharjo. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

2. Pesona Keindahan Alam  Sekitar

Daya tarik yang selanjutnya adalah pesona alam sekitar Air Terjun Sidoharjo. Hijaunya pepohonan, air yang jernih, udara yang sejuk, serta panorama pegunungan, adalah sajian pesona keindahan alam sekitar.

Bahkan, di lokasi yang tidak jauh dari Air Terjun Sidoharjo, terdapat hamparan area sawah yang sangat memanjakan mata. Karena di area tersebut terdapat sebuah embung, layaknya danau buatan.

Nama embungnya adalah Embung Canggal. Lokasi tersebut, bisa menjadi latar foto yang eksotis bagi para pengunjung yang suka eksis di media sosial.

suasana alamnya masih sangat asri
suasana alamnya masih sangat asri. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Lokasi Air Terjun Sidoharjo

Lokasi Air Terjun Sidoharjo berada di Dusun Madigondo, Kelurahan Sidoharjo, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Simak juga: Hutan Bonsai Eksotis di NTT

Rute Menuju Air Terjun Sidoharjo

Rute menuju Air Terjun Sidoharjo jika dari Yogyakarta dengan menuju Jl. KH. Ahmad Dahlan lalu menuju Jl, Godean. Ketika bertemu perempatan jalan arahkan menuju utara ke Jl. Gedongan.

Selanjutnya terus ikuti jalur yang ada hingga tiba di perempatan Nanggulan. Beloklah ke arah utara sampai di perempatan Dekso, ambillah arah menuju Samigaluh hingga tiba di MTs Sidoharjo. Untuk selanjutnya kamu akan segera menuju kawasan Air Terjun Sidoharjo.

Jam Buka Air Terjun Sidoharjo

Jam operasional Air Terjun Sidoharjo dibuka setiap hari selama 24 jam nonstop. Namun sebaiknya hindari datang ketika hari mulai gelap, karena lokasinya masih minim penerangan jalan.

menikmati segarnya air terjun sidoharjo
menikmati segarnya air terjun sidoharjo. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Gereja Blenduk di Kota lama Semarang

Tiket Air Terjun Sidoharjo

Ketika hendak menuju Air Terjun Sidoharjo kamu harus membayar sebesar Rp. 3.000 per orang, uang tersebut diperuntukkan untuk uang jasa kebersihan.

Sedangkan untuk biaya parkir, cukup membayar Rp. 2.000 untuk motor dan Rp. 5.000 untuk mobil.

Fasilitas Air Terjun Sidoharjo

Fasilitas umum yang ada di Air Terjun Sidoharjo belum memadai secara maksimal, karena kondisinya yang masih perawan jadi hanya terdapat hamparan keindahan alam saja.

Tips Wisata

  • Bawalah bekal makanan dan minuman yang cukup.
  • Berhati-hatilah ketika trekking menuju lokasi.
  • Sebaiknya datang di pagi hari untuk lebih lama menikmati keindahan Air Terjun Sidoharjo.
  • Jaga selalu kebersihan area Air Terjun Sidoharjo.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.
trekking menuju air terjun sidoharjo
trekking menuju air terjun sidoharjo. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Penutup

Alam yang Tuhan ciptakan memang sangat mengagumkan, tidak ada yang bisa menandinginya. Sudah sepantasnyalah kita menjaga dan melestarikannya. Jika kita menjaga alam, maka alam akan menjaga kita.


Tinggalkan komentar