Air Terjun Kembang Soka, Hamparan Kolam Indah di Yogyakarta

Yogyakarta merupakan sebuah Ibu Kota dan pusat pemerintahan dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, selain itu juga merupakan tempat kediaman bagi Sultan Hamengkubuwono dan Adipati Paku Alam.

DI Yogyakarta terletak di bagian selatan Pulau Jawa dan berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah dan Samudera Hindia.

Yogyakarta
Yogyakarta. Sumber: id.wikipedia.org

Sektor utama DI Yogyakarta ialah pariwisata, hal ini dikarenakan banyaknya objek wisata dengan daya tariknya yang ada di DI Yogyakarta mampu menyerap kunjungan para wisatawan.

Wisatawan yang datang bukan hanya dari Nusantara saja melainkan banyak juga wisatawan yang berasal dari mancanegara. Tercatat pada tahun 2019 lalu jumlah kunjungan wisatawan ke DI Yogyakarta mencapai 3,7 juta , dan angka tersebut selalu bertambah setiap tahunnya.

Salah satu tempat wisata yang akan saya ulas kali ini ialah tentang Air Terjun Kembang Soka, yang terletak di Desa Jatimulyo, Kulonprogo, DI Yogyakarta. Area wisata ini mempunyai kolam yang cantik dan pemandangan sekitar yang tak kalah indahnya.

Air Terjun Kembang Soka
Air Terjun Kembang Soka. Sumber: paketwisata.id

Simak yuk, ulasan lebih jauh tentang Air Terjun Kembang Soka ini. Check this out!

Ragam Wisata Yang Bisa Dilakukan Di Air Terjun Kembang Soka

Banyak ragam wisata yang dapat kamu lakukan saat berada di Air Terjun Kembang Soka, seperti :

1. Menikmati Keindahan Air Terjun Kembang Soka

Air Terjun Kembang Soka berada di lembah Sungai dengan hamparan Perbukitan Manoreh yang indah, yang merupakan bukit bebatuan. Maka tak heran jika keadaan alam yang dihadirkan sangat menggugah mata dan jiwa.

Untuk dapat menikmati keindahan Air Terjun Kembang Soka, kamu harus berjalan sejauh 200 meter. Terdapat dua kolam yang ada di area Air Terjun Kembang Soka. Kolam yang pertama kamu temui tidak terlalu besar, namun airnya jernih dan berwarna hijau tosca. Air kolam tersebut berasal dari Sungai Mudal yang berada di atasnya, yang dialirkan melalui sebuah pancuran.

Treking Menuju Air Terjun Kembang Soka
Treking Menuju Air Terjun Kembang Soka. Sumber: www.pesonajogjatour.net

Untuk sampai menikmati Air Terjun Kembang Soka harus melanjutkan perjalanan ke dasar lembah, dengan menapaki jalan berupa jembatan kayu. Jembatan kayu tersebut akan membawamu ke Air Terjun Kembang Soka.

Kolam yang kedua ini cukup besar dibandingkan kolam yang pertama. Namun sama-sama mempunyai kolam yang jernih dan bersih juga berwarna hijau tosca. Kolam tersebut tidak hanya berasal dari Air Terjun Kembang Soka saja namun berasal pula dari air terjun yang berada di sisi barat kolam yakni Kali (Sungai) Miri.

Kolam Air Terjun Kembang Soka
Kolam Air Terjun Kembang Soka. Sumber: www.dowes29.com

Warna hijau tosca pada kolam membuktikan bahwa airnya mengandung mineral yang tinggi. Di sekitar kolam banyak terdapat Kembang Soka, hal tersebutlah yang mendasari penamaan Air Terjun Kembang Soka ini.

Sempurnalah sudah keindahan yang diberikan, keindahan alam yang masih asri, udara yang sejuk, ditambah pancaran air kolam yang berwarna.

2. Bermain Air atau Berenang

Sayang sekali jika kamu melewatkan momen menikmati kolam yang jernih dan bersih ini. Jika kamu berenang di kolam yang kedua, kamu bisa melakukan aksi melompat dari jembatan kayu yang ada di atasnya.

Berenang di Kolam Air Terjun Kembang Soka
Berenang di Kolam Air Terjun Kembang Soka. Sumber: jalancerita.com

Kolam pertama memiliki kedalaman sekitar 1 meter, sedangkan kolam yang kedua memiliki kedalaman sekitar 2,5 meter. Jadi untuk kamu yang membawa anak-anak sebaiknya berenang di kolam yang pertama.

Bisa juga kamu membawa anak-anak untuk bermain seluncuran di bawah Air Terjun Kembang Soka.

3. Spot Selfie

Ini yang tidak boleh kamu lupakan, mengabadikan momen yang tercipta di Area Air Terjun Kembang Soka. Kamu bisa mengambil gambar dengan latar :

  • Keindahan kolamnya
Spot Foto Terbaik
Spot Foto Terbaik. Sumber: www.piknikdong.com
  • Cantiknya Kembang Soka
  • Tentu saja Air Terjun Kembang Soka
Keindahan Air Terjun Kembang Soka
Keindahan Air Terjun Kembang Soka. Sumber: explorewisata.com

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Kembang Soka

Lokasi dan alamat Air Terjun Kembang Soka berada di Banyunganti, Dusun Gunung Kelir, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Air Terjun Kembang Soka

Rute menuju Air Terjun Kembang Soka dapat dilalui dengan menggunakan moda transportasi sebagai berikut:

Jika kamu menggunakan kereta api, berhentilah di Stasiun Lempuyang. Setelah itu kamu melanjutkan perjalanan menuju Jl. Godean kemudian Jl. Nanggulan sampailah kamu di Girimulyo.

Untuk kamu yang datang dari arah luar Yogyakarta dan mendarat di Bandara Adi Sucipto, kamu harus melanjutkan perjalanan menuju Jl. Godean setelah itu menuju Jl. Nanggulan kemudian sampailah di Girimulyo.

Kalau kamu bergerak dari arah Yogyakarta kamu arahkan kendaraanmu menuju Jl. Nanggulan kemudian sampailah kamu di Girimulyo. Dari Tugu Yogya bergerak ke arah barat, kamu akan menempuh jarak sejauh 32 kilometer atau memakan waktu tempuh kira-kira selama 1 jam. Jalanan yang akan kamu lalui menanjak dan berkelok-kelok, maka dari itu kamu harus hati-hati dan tetap waspada.

Lokasi Air Terjun Kembang Soka searah dengan Taman Air Sungai Mudal, karena memang berada di Desa yang sama. Namun Air Terjun Kembang Soka berada di area lebih rendah.

Tiket Masuk Air Terjun Kembang Soka

Tiket masuk untuk dapat menikmati keindahan Air Terjun Kembang Soka ini, kamu hanya mengeluarkan uang sebesar :

  • Tiket Masuk       : Rp. 5.000,- per orangnya.
  • Tiket Parkir         : Rp. 3.000,-

Jam Operasional Air Terjun Kembang Soka

Jam operasional Air Terjun Kembang Soka dibuka selama 7 hari seminggu mulai dari hari Senin sampai hari Minggu dan mulai Pukul 07.00 sampai Pukul 17.00 WIB.

Fasilitas yang Tersedia di Air Terjun Kembang Soka

Fasilitas yang tersedia di Air Terjun Kembang Soka sudah lengkap dimulai tersedianya :

  • Gazebo untuk kamu duduk-duduk manja
  • Warung-warung makanan dan minuman untuk memenuhi logistik kamu
  • Kamar mandi umum
  • Mushola

Penginapan

Belum tesedia penginapan di area Air Terjun Kembang Soka ini, namun kamu bisa menemukannya sejauh 2 kilometer dari lokasi tersebut.

Kuliner

Wisata kuliner merupakan agenda wajib selanjutnya, setelah menikmati keindahan Air Terjun Kembang Soka. Berikut merupakan wisata kuliner khas Kulonprogo yang wajib kamu coba :

1. Geblek

Geblek memiliki tekstur yang kenyal dan gurih karena terbuat dari tepung kanji. Geblek berwarna putih dan biasanya berbentuk seperti angka 8. Sangat enak jika disajikan dengan secangkir teh panas.

2. Tempe Benguk

Tempe Benguk merupakan tempe yang diselimuti santan, kemudian disajikan di dalam daun pisang.

3. Growol

Growol berbahan dasar singkong dengan teksturnya yang lembut biasanya disajikan dengan parutan kelapa.

4. Kopi Manoreh

Untuk kamu para pencinta kopi, kamu wajib mencicipi Kopi Manoreh Pak Rahmat yang buka selama 24 jam. Disini kamu bisa pesan 1 paket yang berisi 2 gelas kopi plus gula dan 1 piring gorengan panas hanya  dengan harga Rp. 12.000,- saja.

Tips Wisata

Tips wisata berikut mungkin dapat mempermudah kamu pada saat mengunjungi Air Terjun Kembang Soka :

  • Siapkan baju ganti atau perlengkapan lainnya, jika kamu mau berenang.
  • Selalu pantau anak-anak saat bermain air.
  • Berhati-hatilah saat melakukan lompatan.
  • Jagalah selalu kebersihan area Air Terjun Kembang Soka.
  • Jika ingin mendapatkan ketenangan yang lebih, datanglah pada hari-hari biasa.
  • Siapkan gawai kamu untuk mengabadikan setiap momen yang tercipta.

Penutup

Alam selalu menghadirkan keadaan yang sempurna, yang tidak bisa digambarkan dengan kata-kata. Hal tersebut merupakan bukti betapa baiknya Tuhan kepada kita, dengan memberikan kita keindahan alam yang tiada tara.

Maka, sudah sepatutnyalah kita merawat dan menjaganya dengan sepenuh hati. Dengan tidak melakukan hal-hal yang dapat merusak keindahan alam. Siapkan foto terbaikmu saat mengunjungi Air Terjun Kembang Soka, ya!

Baca juga:

Leave a Comment