Bukit Klangon Jogja, Pesona Merapi Dari Bukit Kecil

Gunung Merapi, adalah salah-satu gunung api teraktif yang ada di Indonesia. Di sisi lain, ternyata gunung merapi menyimpan banyak sekali pesona keindahan di lereng gunungnya.

Terdapat beberapa objek wisata populer yang terletak di lereng Gunung Merapi, salah satunya objek wisata Bukit Klangon yang terletak di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Meskipun Merapi sedang erupsi, setidaknya pembahasan ini menjadi rencana liburan nanti, saat situasi sudah benar-benar aman.

Bukit Klangon Jogja
Bukit Klangon JogjaGoogle Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Bukit Klangon adalah lokasi yang tepat untuk menikmati pesona keindahan keindahan Gunung Merapi. Karena lokasinya hanya berjarak 5 – 6 kilometer saja.

Bukit Klangon memiliki ketinggian sekitar 1100 mdpl, serta memiliki udara sekitar yang sejuk. Objek wisata ini sangat cocok bagi mereka yang belum pernah mencoba sensasi pendakian.

Spot Tepat Menikmati Pesona Merapi
Spot Tepat Menikmati Pesona Merapi. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Lalu apa saja yang menjadi daya tarik dari Bukit Klangon Yogyakarta tersebut? Yuk kita simak ulasan lengkapnya…

Daya Tarik Bukit Klangon Kabupaten Sleman, DIY

Daya tarik Bukit Klangon secara umum terletak pada destinasi wisata alamnya. Adpun secara spesifik, daya tarik Bukit Klangon adalah sebagai berikut:

1. Spot Terbaik Menikmati Keindahan Gunung Merapi

Daya tarik yang pertama dari ibjek wisata Bukit Klangon Jogja adalah spot terbaik untuk menikmati keindahan Gunung Merapi.

Jarak Bukit Klangon dengan Gunung Merapi hanya 5 – 6 kilometer, menjadikan view Gunung Merapi seolah-olah sangat dekat sekali.

Terdapat satu spot khusus untuk menikmati keindahan Merapi, serta keindahan alam sekitar, berupa menara pandang, yang bernama Gardu Pandang Rotary.

Gardu Pandang Bukit Klangon
Gardu Pandang Bukit Klangon. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Gardu Pandang Rotary memiliki ketinggian sekitar 5 meter. Dan pembangunannya berdasarkan donasi dari para pemimpin bisnis, dan profesional yang memberikan donasi untuk kemanusiaan.

Pemimpin bisnis, atau profesional tersebut bernama Rotarian, yang tersebar di seluruh dunia. Maka wajar saja, jika menara pandang tersebut diberi nama Gardu Pandang Rotary.

2. Jalur Untuk Sepeda Downhill Atau MTB

Bagi para pecinta aktivitas downhill, maka di Bukit Klangon terdapat jalur khusus untuk olahraga tersebut. Tidak tanggung-tanggung, jalur yang tersedia sepanjang 20 km, tentu saja menguji adrenalin, ditemani view alam pegunungan yang indah.

Aktivitas Downhill
Aktivitas Downhill. Gogle Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Jalur downhill atau MTB di Bukit Klangon Sleman, merupakan jalur yang rutin dipakai untuk perlombaan resmi kejuaraan downhill.

Sebagai catatan, untuk aktivitas tersebut, maka sepeda yang digunakan adalah sepeda khusus downhill. Dan di lokasi Bukit Klangon belum tersedia tempat penyewaan sepeda, jadi traveler harus membawa sendiri, termasuk perlengkapan keamanannya.

Downhill Di Bukit Klangon
Downhill Di Bukit Klangon. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

3. Camping Ground

Daya tarik lainnya dari Bukit Klangon adalah spot favorit kalangan milenial, yaitu camping ground. Di lokasi ini, traveler bisa melakukan keseruan aktivitas camping.

Lokasi camping ground di Bukit Klangon sangat luas, panorama alam sekitarnyapun sangat indah, apalagi view Gunung Merapi.

Camping Ground Bukit Klangon
Camping Ground Bukit Klangon. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Udaranya sangat sejuk, namun saat malam menuju pagi akan terasa sangat dingin sekali. Jadi persiapkan baju hangat, serta perlengkapan lainnya.

Aktivitas Camping Di Bukit Klangon
Aktivitas Camping Di Bukit Klangon. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

4. Edukasi Pendakian Bagi Anak-Anak

Satu lagi daya tarik dari Bukit Klangon yaitu lokasi wisata yang menyajikan nilai edukasi bagi bagi mereka yang pernah merasakan sensasi pendakian.

Bukit Klangon tidak terlalu tinggi, juga tidak curam. Maka jangan heran, jika di lokasi Bukit Klangon banyak juga anak-anak, dan remaja yang berkunjung ke sana.

Bukit Klangon, Bukit Kecil Nan Indah
Bukit Klangon, Bukit Kecil Nan Indah. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Itulah info lengkap tentang Bukit Klangon. Semoga bisa menjadi referensi awal tujuan wisata anda selanjutnya. Tetapi tetap patuhi protokol kesehatan, dan protokol keamanan.

Terutama saat erupsi. Karena status Gunung Merapi merupakan gunung yang sering terjadi erupsi. Dan perlu diingat bahwa Gunung Merapi merupakan gunung yang bersatus Gunung Dekade ini.

Gunung Merapi, Gunung Dekade Ini
Gunung Merapi, Gunung Dekade Ini. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Bersumber dari wikipedia, status Gunung Dekade ini adalah sebutan yang diberikan Asosiasi Internasional Vulcanologi Dan Kimia Interior Bumi, untuk 16 gunung berapi.

Gunung berapi tersebut memiliki kriteria:

  • Sejarah Erupsi yang berskala besar dan destruktif
  • Lokasinya dekat dengan pemukiman penduduk

Lokasi Bukit Klangon Jogja

Lokasi tepatnya bukit klangon Jogja berada di Kalitengah Lor, Glagaharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Lokasi Bukit Klangon cukup terjangkau dan mudah ditemukan, tetapi lokasi wisata Bukit Klangon berada sekitar 36 km dari pusat kota Yogyakarta.

Rute Menuju Bukit Klangon Jogja

Rute atau jalan menuju wisata Bukit Klangon Jogja cukup mudah dijangkau. Bagi pengunjung dari pusat kota yogyakarta dapat menjuju arah barat melewati jl. KH. Ahmad Dahlan kemudian belok ke utara melewati jl bhayangkara lurus terus sampai melewati jl jogonegaran.

Sampai perempatan ke barat melewati jl kemetiran kidul sampai perempatan ke utara melewati jl letjen suprapto lurus terus, lalu belok ke kanan melewati jl tentara rakyat mataram lurus terus, lalu menuju jl magelang jalan terus lalu melewati bundaran belok ke timur melewati jl padjajaran.

Jam Buka Bukit Klangon Jogja

Kawasan wisata bukit Klangon Jogja ini tidak memiliki jam operasional. Objek wisata ini selalu buka selama 24 jam. Sehingga, pengunjung dapat menikmati keindahannya di waktu kapanpun.

Tetapi, saat ini Gunung Merapi sedang erupsi. Jadi tahan dulu ya rencana liburan anda ke Bukit Klangon.

Tiket Bukit Klangon Jogja

Untuk dapat menikmati kesegaran udara dan indahnya pemandangan, pengunjung akan dikenakan tarif masuk. Begitu juga jika berencana berkemah di sini. Namun tenang saja harga tiket masuknya juga sangat murah.

Unutk tiket masuk dikenakan hanya Rp 5.000 saja. Sednagkan tiket berkemah, dikenakan Rp 10.000.

Fasilitas Bukit Klangon Jogja

Fasilitas di wisata ini sudah cukup lengkap terdapat kamar mandi, mushola, gazebo, hingga warung makan.

Fasilitas Spot Selfie Di Bukit Klangon
Fasilitas Spot Selfie Di Bukit Klangon. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Tinggalkan komentar