Bukit Klangon Jogja, Melihat Keagungan Merapi dari Ketinggian 1100 meter

Bukit Klangon Jogja berada di kaki Gunung Merapi tepatnya pada ketinggian kurang lebih 1100 meter di atas permukaan laut. Dari titik ini, pengunjung dapat menyaksikan pemandangan luar biasa dari Gunung Merapi. Juga bisa melihat betapa eksotis panorama alam di sekitar bukit.

Bukit Klangon Jogja berada di kaki Gunung Merapi tepatnya pada ketinggian kurang lebih 1100 meter di atas permukaan laut. Dari titik ini, pengunjung dapat menyaksikan pemandangan luar biasa dari Gunung Merapi
Bukit Klangon Jogja. Image via: visitingjogja.com

Di kawasan ini pengunjung dapat menjumpai gardu pandang yang terbuat dari kayu. Dengan menggunakan fasilitas ini pengunjung dapat melihat pemandangan yang menakjubkan. Selain itu area ini juga merupakan tempat favorite bagi para pecinta sepeda gunung.

Selain udaranya yang sejuk dan pemandangan yang asri, bukit Klangon memiliki trek sepeda gunung yang cukup menantang serta memacu adrenalin yang menjadikan area ini magnet bagi para biker. 

Kemudian bagi wisatawan yang senang berpetualang dapat menikmati pemandangan di area ini lebih lama dengan cara berkemah. Dengan berkemah di area ini tentunya pengunjung dapat sepuasnya mengagumi pemandangan yang menakjubkan ini.

Di lokasi tersebut kini tersedia gardu pandang yang terbuat dari kayu. Dari atas gardu pandang tersebut, gunung merapi semakin terlihat nyata dengan bentang alam disekitarnya yang mempesona.
Berlatar Merapi. Image via: backpackerjakarta.com

Simak juga: 66 lokasi wisata di Jogja

Lokasi Bukit Klangon Jogja

Lokasi tepatnya bukit klangon Jogja berada di Kalitengah Lor, Glagaharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Lokasi Bukit Klangon cukup terjangkau dan mudah ditemukan, tetapi lokasi wisata Bukit Klangon berada sekitar 36 km dari pusat kota Yogyakarta.

Rute Menuju Bukit Klangon Jogja

Rute menuju wisata Bukit Klangon Jogja cukup mudah dijangkau. Bagi pengunjung dari pusat kota yogyakarta dapat menjuju arah barat melewati jl. KH. Ahmad Dahlan kemudian belok ke utara melewati jl bhayangkara lurus terus sampai melewati jl jogonegaran.

Sampai perempatan ke barat melewati jl kemetiran kidul sampai perempatan ke utara melewati jl letjen suprapto lurus terus, lalu belok ke kanan melewati jl tentara rakyat mataram lurus terus, lalu menuju jl magelang jalan terus lalu melewati bundaran belok ke timur melewati jl padjajaran.

pertigaan menuju bukit klangon Jogja
Hitam-Putih, tujuan Sama. Image via: @pesona_klangon

Sampai perempatan ke kiri melewati jl kaliurang lurus terus sampai melewati jl pamungkas, sampai pertigaan ke timur melewati jl grogolan lurus terus sampai pertigaan ke utara melewati jl pasar butuh ikuti jalan tersebut maka anda akan sampai ke obyek wisata Bukit Klangon.

Jam Buka Bukit Klangon Jogja

Kawasan wisata bukit Klangon Jogja ini tidak memiliki jam operasional. Objek wisata ini selalu buka selama 24 jam. Sehingga, pengunjung dapat menikmati keindahannya di waktu kapanpun.

Menyaksikan asap Erupsi merapi, dilihat dari bukit Klangon Jogja.
Erupsi merapi, dilihat dari Klangon. Image via: @pesona_klangon

Simak juga: Harta Karun Keindahan di Canting Mas Puncak Dipowono

Tiket Bukit Klangon Jogja

Untuk dapat menikmati kesegaran udara dan indahnya pemandangan, pengunjung akan dikenakan tarif masuk. Begitu juga jika berencana berkemah di sini. Namun tenang saja harga tiket masuknya juga sangat murah.

Unutk tiket masuk dikenakan hanya Rp 5.000 saja. Sednagkan tiket berkemah, dikenakan Rp 10.000.

Fasilitas Bukit Klangon Jogja

Fasilitas di wisata ini sudah cukup lengkap terdapat kamar mandi, mushola, gazebo, hingga warung makan.

Daya Tarik Bukit Klangon Jogja

  1. Bukit yang indah

Tidak hanya sejuk, namun di sini juga pengunjung dapat menikmati keindahan pemandangan. Hamparan perkebunan milik warga dengan tanaman yang subur. Ditambah pepohonan yang tumbuh tanpa ampun, seolah menjadi pagar alam di wilayahnya.
Panorama alam. Image via: tribunnews.com

Nama asli dari Bukit Klangon ini adalah Wisata Alam Bukit Glagaharjo, tetpi para pengguna media sosial biasa menyebutnya Bukit Klangon. Bukit Klangon mendapatkan donasi pengembangan wisata minat khusus oleh Rotary International.

Itulah yang menyebabkan ada yang menyebut bukit ini dengan nama Gardu Pandang Rotary. Hal ini dikarenakan karena gardu pandang ini merupakan donasi dari Rotary Internasional. Gardu pandang ini memiliki ketinggian 5 meter dan cukup kuat.

Tidak hanya sejuk, namun di sini juga pengunjung dapat menikmati keindahan pemandangan. Hamparan perkebunan milik warga dengan tanaman yang subur. Ditambah pepohonan yang tumbuh tanpa ampun, seolah menjadi pagar alam di wilayahnya.

Bukit Klangon Merapi mengusung wisata gardu pandang sebagai konsep utama. Berbeda dengan wisata-wisata yang memiliki konsep sama, pemandangan gardu pandang di Bukit Klangon terlihat eksotis karena memiliki pemandangan Gunung Merapi.

  1. Lintasan Sepeda Gunung

Di Bukit Klangon Jogja ini juga sering mengadakan acara balapan untuk sepeda tingkat regional maupun nasional.
Downhill. Image via: @rezaakhmad

Simak juga: Keindahan Pantai Boom Banyuwangi

Selain gardu pandang, wisatawan juga bisa menjumpai lintasan sirkuit downhill sepanjang kurang lebih 20 km untuk pembalap sepeda gunung. Beberapa acara balapan tingkat nasional maupun regional sering diadakan di tempat ini.

Pada pagi hari yang terlihat dari Bukit Klangon ini membuat pagi hari menjadi berbeda dan terasa istimewa. Selain pagi hari, pengunjung juga dapat bersepeda sambil menikati suasana Bukit Klangon pada sore hari.

  1. Tracking

Bukit Klangon biasa dijadikan tempat untuk tracking dan mendaki yang ramah untuk pemula. Bahkan kita juga bisa menemui anak-anak yang mendaki ke Bukit Klangon Jogja ini.
Pejalan kaki. Image via: jejakpejalankaki.com

Bukit Klangon memeiliki jalur trekking yang tidak terlalau sulit bahkan bagi pemula. Pendaki akan dimanjakan dengan pemandangan Merapi yang menakjubkan. Bahkan para pendaki pun dapat melakukan pendakian dengan diiringi lantunan suara merdu satwa-satwa hutan yang tinggal disana.

Acara mendaki akan semakin asyik, karena pengunjung ditemani dengan musik khas hutan. Yaitu suara – suara burung serta serangga yang bersahutan.

Sambil mendaki, pengunjung juga dapat melihat Gunung Merapi. Bahkan saat aktif, erupsi dan aktivitas Gunung Merapi dapat dipantau jelas dari sini. Jarak Bukit Klangon dari Gunung Merapi hanya 4 -5 kilometer saja.

  1. Camping

Tidak hanya mendaki, pengunjung yang senang dengan aktivitas alam, dapat mencoba berkemah atau camping di Bukit Klangon Jogja ini
Camping. Image via: @romeography

Simak juga: To Tombi, negeri atas Awan nya Toraja

Tidak hanya mendaki, pengunjung yang senang dengan aktivitas alam, dapat mencoba berkemah atau camping di Bukit Klangon. Di sini, terdapat area landai yang digunakan sebagai lokasi kemah. Merasakan sensasi berkemah di atas bukit dengan pemandangan Gunung Merapi.

Pengunjung harus mengunjungi pengelola terlebih dahulu. Ditambah lagi membayar biaya Rp10.000 untuk berkemah.

Unutk yang berkemah, pastikan menyiapkan pakaian tebal. Karena dengan ketinggian 1000 meter lebih, udara di lokasi ini pada di malam dan pagi hari akan terasa dingin menusuk tulang.

Kesejukan dan keheningan panorama berhiaskan gunung, selalu emebawa ketenanga di dalam hati
Gunung dan Wanita. Image via: @rumputmenangis_

Simak juga: Mengenal Elang jawa di Loji Bogor

Objek Wisata Dekat Bukit Klangon Jogja

Walau hanya sebuah kecamatan, cangkringan memiliki beraneka ragam pilihan objek wisata, dan umumnya berkaitan dengan keindahan panorama alam dataran tingginya yang dekat dengan gunung merapi.

Yang pertama, cangkringan memiliki The Lost World Castle. Objek wsata ini menawarkan keindahan berupa bangunan mirip Benteng Takeshi. Wahana-wahana di sini memanfaatkan batu sisa erupsi Merapi sebagai bahan bakunya. Saat kabut turun, suasana jadi makin menarik untuk latar foto.

Kemudian cangkringan juga memiliki Objek wisata Stonehange Jogja. Struktur mirip tempat bersejarah di Inggris tersebut ternyata berdiri dengan memanfaatkan batuan sisa erupsi Merapi. Waktu terbaik berkunjung adalah pada waktu siang hari. Di saat itu sinar matahari akan membuat bangunan ini menjadi indah sekali.

Demikian sudah kita obrolkan info lengkap seputar objek wisata Bukit Klangon Jogja. Semoga memberikan referensi berarti bagi penyempurnaan rencana jalan-jalan kalian. Terimakasih.

Baca juga:

Leave a Comment