Puncak Bangku Ciamis, Menikmatii Kecantikan Ciamis Dari Atas Awan

Kabupaten Ciamis merupakan bagian dari Jawa Barat yang berbatasan langsung dengan Majalengka dan Kuningan di sebelah utara. Alam Ciamis masih sangat alami, dan layak menjadi destinasi wisata untuk kamu kunjungi.

Salah satunya Puncak Bangku Ciamis yang berada di Desa Situmandala, Kecamatan Rancah. Dinamakan Puncak Bangku karena dulu di atas Puncak Caringin warga sekitar membuat sebuah bangku yang terbuat dari kayu.

Puncak Bangku Ciamis
Puncak Bangku Ciamis. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Sehingga untuk memudahkan penamaan disematkanlah nama Puncak Bangku, pada lokasi wisata ini. Berada di dataran tinggi dengan memiliki tebing-tebing yang sangat indah.

Kamu dapat melihat puncak bukit yang diselimuti kabut dari kejauhan, sungguh indah sekali. Cuaca disekitar puncak pun agak dingin, dengan semilir angin yang selalu menerpa ragamu.

Pesona Puncak Bangku Ciamis
Pesona Puncak Bangku Ciamis. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Pemandangan dari atas bukit berupa hamparan sawah serta pepohonan yang rindang, dengan jelasnya kamu dapat melihat gunung yang berdiri dengan kokohnya. Apalagi jika keadaan dimana semuanya dipenuhi oleh awan, wah pemandangan pasti akan sangat menakjubkan.

Simak juga: pilihan wisata di ciamis

Berikut ulasan lengkap mengenai tempat wisata Puncak Bangku Ciamis :

Lokasi Puncak Bangku Ciamis

Lokasi Puncak Bangku Ciamis terletak di Desa Situmandala, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat.

Rute Menuju Puncak Bangku Ciamis

Rute menuju Puncak Bangku Ciamis bisa dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat. Jika kamu berangkat dengan menggunakan mobil, kamu harus ekstra hati-hati dan waspada.

Karena kondisi jalan yang berkelok-kelok dan menanjak juga jalannya yang tidak terlalu lebar. Namun sepanjang perjalanan kamu sudah bisa merasakan sejuknya udara dan alam yang akan kamu saksikan nanti.

Puncak Eksotis Di Ciamis, Puncak Bangku
Puncak Eksotis Di Ciamis, Puncak Bangku. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Jika kamu berangkat dari Kota Ciamis kamu akan menempuh perjalanan sekitar 40 hingga 50 menit. Setelah tiba di alun-alun Ciamis arahkan kendaraanmu menuju Baregbeg kemudian belok ke Sukadana, kemudian dilanjutkan menuju Kecamatan Rancah. Setelah tiba di kecamatan tersebut, kamu tinggal mengikuti arah menuju Puncak Bangku Ciamis.

Sedangkan untuk kamu yang bergerak dari Kota Banjar, kamu dapat melalui Jl. Cisaga-Hayawang kemudian arahkan menuju Kecamatan Rancah.

Jam Buka Puncak Bangku Ciamis

Jam operasioanal Puncak Bangku Ciamis dibuka setiap hari mulai Pukul 06.00 sampai dengan pukul 17.00. Jika kamu ingin mendapatkan view terbaik datanglah ketika pagi hari.

 

Simak juga: Hukoci, belantara di tengah kota

Tiket Puncak Bangku Ciamis

Untuk menikmati keindahan Puncak Bangku Ciamis, belum ada tiket masuk khusus. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang seikhlasnya untuk biaya parkir kendaraan yang kamu bawa.

Fasilitas Puncak Bangku Ciamis

Fasilitas yang ada di Puncak Bangku Ciamis terdiri dari:

  • Lahan parkir
  • Mushola
  • Toilet
  • Saung atau gazebo sederhana
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Area Spot Foto
Salah Satu Fasilitas Di Puncak Bangku Ciamis
Salah Satu Fasilitas Di Puncak Bangku Ciamis. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Daya Tarik Puncak Bangku Ciamis

Banyak pengunjung yang terus mendatangi lokasi wisata yang satu ini, bahkan fotonya sudah wara wiri di media sosial. Berikut beberapa hal yang menjadi daya tarik dari Puncak Bangku Ciamis, yakni:

1. Menikmati Keindahan Alam

Menikmati pemandangan alam dari ketinggian memang sungguh luar biasa, kamu dapat melihat hamparan sawah serta pepohonan yang menghiasinya.

Udara yang sejuk dapat kamu rasakan ketika berada di Puncak Bangku, apalagi jika kamu datang ketika pagi hari. Dimana lokasi akan dipenuhi dengan kabut, sehingga kamu merasakan sensasi sedang berada di atas awan.

Menikmati Keindahan Alam Di Puncak Bangku
Menikmati Keindahan Alam Di Puncak Bangku. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Dengan duduk-duduk santai di tempat yang telah disediakan, ditemani secangkir kopi atau teh hangat nikmatnya dunia. Hilanglah semua penat yang kamu rasakan, resaplah energi positif yang coba diberikan alam padamu.

Bukit-bukit yang berdiri dengan kokohnya dihiasi pepohonan yang rindang, luasnya alam yang diciptakan oleh Tuhan. Begitu baiknya Tuhan pada kita sehingga Dia memberikan keindahan alam yang luar biasa seperti ini.

Keadaan sore hari tak kalah cantiknya, apalagi jika kamu menyaksikan keadaan dimana terjadinya matahari tenggelam ataupun sebaliknya.

Simak juga: Belajar Budaya Padi, di Kampung Pandanwangi

2. Spot Foto

Untuk memanjakan pengunjung yang hobi fotografi, pengelola Puncak Bangku Ciamis telah menyiapkan beberapa spot foto. Dengan dibuat sedemikian rupa sehingga berbentuk seperti sarang burung, jembatan pohon, bentuk love, serta beberapa spot foto yang lainnya.

Untuk dapat menikmati spot foto yang ada kamu hanya perlu membayar sebesar Rp. 3.000 saja per spot nya. Harga tersebut wajarlah mengingat kamu tak dikenai biaya sedikitpun ketika memasuki area Puncak Bangku.

Selain itu spot-spot foto tersebut harus dipelihara dengan baik supaya pengunjung yang datang dapat terus menikmatinya. Namun, tidak semua spot foto yang ada di Puncak Bangku berbayar, ada juga yang dapat kamu gunakan tanpa harus bayar alias gratis.

Spot Foto Favorite
Spot Foto Favorite. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Mandi Air Panas di Cikundul

3. Camping Ground

Puncak Bangku Ciamis menyediakan sebuah lahan untuk kamu yang ingin mendirikan tenda, dengan begitu kamu dapat menyaksikan pergantian siang menuju malam ataupun sebaliknya. Meskipun areanya tidak terlalu besar namun masih bisa menampung sekitar 2 atau 3 tenda.

Melewati malam diatas ketinggian dengan udara yang pastinya akan menusuk tulang, dengan ditemani suara kicauan burung dan serangga yang silih bersahutan.

Camping Ground Di Puncak Bangku
Camping Ground Di Puncak Bangku. Google Maps. Sumber: /lh5.googleusercontent.com

Tips Wisata 

Berikut beberapa tips wisata yang coba saya bagikan untuk kamu yang ingin mengunjungi Puncak Bangku, diantaranya yakni:

  • Selalu pastikan kondisi cuaca ketika hendak beranjak, karena kamu akan menghabiskan waktu di tempat terbuka.
  • Siapkan kendaraanmu sebaik mungkin, karena rute yang akan kamu lalui dipenuhi dengan belokan dan tanjakan.
  • Jika ingin menikmati sensasi Negeri Di Atas Awan, datanglah sepagi mungkin. Dimana keadaan alam yang masih diselimuti kabut.
  • Selalu jaga dan awasi anak-anak ketika berada di Puncak Bangku.
  • Jaga selalu kebersihan dan keasrian area wisata Puncak Bangku.
  • Hindarilah perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan Puncak Bangku.

Penutup

Kembali ke alam merupakan sebuah proses untuk kamu mengembalikan energi yang sudah hilang. Ketika berada di Puncak Bangku kamu akan melihat keindahan alam dengan lebih luas lagi.

Sejauh mata memandang hanya keindahan yang kamu saksikan, udara yang sejuk, serta keadaan alam yang masih sangat alami merupakan pelengkap dari perjalananmu menuju Puncak Bukit Ciamis ini.

Datanglah dan saksikanlah sendiri keindahan Negeri Di Atas Awan Ciamis!


Tinggalkan komentar