Kampung Padi Pandanwangi, Mendekatkan Milenial Pada Akar Budaya Agraris

Kampung Padi Pandanwangi didesain sebagai kampung budaya. Artinya sebuah loaksi wisata yang selain rekreasi, juga fokus pada pengenalan kebudayaan kepada para pengujung. Budaya yang dimaksud, adalah budaya agraris pertanian Sawah. Hal ini dilakukan untuk membuat generasi masa ini tidak putus hubungan dengan budaya agraris itu.

Kampung Padi Pandanwangi didesain sebagai kampung budaya. Artinya sebuah loaksi wisata yang selain rekreasi, juga fokus pada pengenalan kebudayaan kepada para pengujung.
Kampung Padi Pandanwangi. Image via: yukpigi.com

Kampung budaya Padi Pandanwangi ini memiliki luas lahan 12 hektare yang membentang di Kecamatan Warungkondang Cianjur. Di sini, pengunjung dapat menikmati suasana desa yang asri, karena semua bangunan rumah terbuat dari kayu seperti zaman dulu. Rumah tersebut juga berbentuk panggung.

Di Kampung Budaya ini, ternyata, padi yang ditanam adalah varietas padi yang memang asli dari cianjur yaitu Pandan Wangi. Kampung ini memang didisain untuk selain sebagai lokasi wisata, juga untuk tempat budidaya Padi Pandan Wangi.

Fasilitas yang tengah dibangun ini meliputi bangunan museum tani. DI museum itu terdapat alat–alat pertanian yang terpajang, khususnya yang berkaitan dengan padi pandan wangi. Di sana juga ada bangunan pendopo mini yakni tempat berkumpul para petani untuk berdiskusi.

DAlama rea seluas 1.3 hektar, ada tempat informasi sekitar padi Pandanwangi, rumah pegawai, bangunan tujuh lumbung padi, sarana ibadah dan area parkir.

DAlama rea seluas 1.3 hektar, ada tempat informasi sekitar padi Pandanwangi, rumah pegawai, bangunan tujuh lumbung padi, sarana ibadah dan area parkir
Balai tradisional. Image via: phinemo.com

Simak juga: 13 lokasi wisata di Cianjur

Lokasi Kampung Padi Pandanwangi

Lokasi Kampung Padi Pandanwangi ada di Kampung Budaya Padi Pandanwangi, di Desa Mekarwangi, Kecamatan Warungkondang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Lokasi ini berjarak sekitar 15 km dari pusat kota cianjur. Jarak ini biasa ditempuh dalam waktu 15-30 menit perjalanan kendaraan bermotor.

Rute Menuju Kampung Padi Pandanwangi

Ada beberapa pilihan Rute Perjalanan Menuju Kampung Padi Pandan Wangi, Warungkondang Cianjur.

Transportasi Umum Via Puncak.  Dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi & kota lainya yg menggunakan Transportasi umum via Puncak, berhenti di Terminal Jebrod Pasir Hayam. Atau turun di pertigaan Tugu PandanWangi.

Dari situ naik Angkot warna Ijo nomor 41 turun di Cimanggu Kampung Budaya Padi PandanWangi

Bisa juga menggunakan Kendaraan Pribadi Via Puncak. Dari Puncak mentok Hypermart Cianjur ambil arah Sukabumi lewatin Tugu Pandanwangi dipertigaan Pasar Warungkondang ambil arah Lokasi Kampung Budaya Padi Pandan Wangi.

Rute yang menyenangkan sambil menikmati gunung di kejauhan
Rute yang menyenangkan. Image via: @kampungbudayapadipandanwangi

Bagi pengguna Kendaraan Pribadi Via Jonggol. Dari Cikarang, Karawang, Subang, Purwakarta arah Cirata – Cikalong ambil arah Hypermart Cianjur.

Dari arah Sukabumi ambil jurusan Bandung dan berhenti di pertigaan warungkondang, sampai di Warungkondang bisa kontak Panitia Penjemputan atau langsung bertanya lokasi menuju ke Wisata Pandanwangi.

Dari Bandung, Tasik, Ciamis, Garut dansekitarnya ambil arah menuju ke Sukabumi,. sampai di Cianjur warungkondang, bisa langsung kontak panitia penjemputan atau langsung bertanya arah ke lokasi wisata pandan wangi.

Jam Buka Kampung Padi Pandanwangi

Kampung Padi pandanwangi buka setia hari. Mulai jam 07.00-17.00. Namun karena di dalamnya ada fasilitas penginapan, sebenarnya pengunjung dapat beraktifitas di lokasi ini sampai larut malam.

Fasilitas Parkir di kampung padi pandanwangi didesain seni dnegan budaya jawa barat yang kental.
Fasilitas Parkir. Image via: petawisatadunia

Simak juga: Mandi Air panas di Wisata Cikundul

Tiket Kampung Padi Pandanwangi

Mengenai tiket masuk, sampai Januari 2020, lokasi ini masih gratis. Namun ada kabar kalau pemda Cianjur akan mulai mengenakan tiket masuk apda tahun 2020. Namun karena kondisi wabah saat ini, rencana tersebut belum terealisasi. Jadi saat Wabah berakhir dan kampung ini kembali dibuka, kemungkinan aturan tiket sudah akan diberlakukan.

Fasilitas Kampung Padi Pandanwangi

Kampung Wisata Pandanwangi sudah semakin dibekali dengan fasilitas pendukung pariwisata.

Di area seluas lebih kurang 12 hektare itu terdapat sejumlah leuit (lumbung) serta bangunan fasilitas lain seperti musala, museum dan lainnya terbuat dari kayu dan bilik bambu yang memang identik dengan suasana perdesaan.

Daya Tarik Kampung Padi Pandanwangi

  1. Suasana Yang Asri

Pemandangan kampung budaya padi pandanwangi yang Asri.
Pemandangan yang Asri. Image via: kompasiana.com

Masuk ke dalam, pengunjung bisa mengeksplorasi kampung budaya, kampung Padi Pandanwangi ini. Masuk ke dalam Kampung Budaya ini, berderet beberapa rumah panggung. Entah tempat buat menginap atau ini semacam kantor pengelola. Bangunanya sangat tradisional.

Ada juga aula yang juga didisain tradisional. masih berbentuk rumah panggung juga. Di aula inilah menjadi tempat pertemuan dan dialog dengan warga. Dari aula ini, ada tangga untuk menapaki bukit dan persawahan.

Setelah menapaki tangga, terhamparlah pemandangan persawahan dan pegunungan. Sebuah landscape yang sangat indah dan menyejukkan mata. Areal Kampung Budaya Padi Pandan Wangi ini didominiasi oleh persawahan.

Tidak hanya sawah saja, ada juga beberapa rumah tradisional. Ini sepertinya menjadi tempat menginap. Memang betul-betul dibuat tradisional. Kebayang menginap disini dengan udara sejuk ditambah juga pemandangan hijau.

Selain rumah, juga terlihat ada lumbung padi yang bentuknya masih asli dan benar-benar tradisional. Jumlahnya bukan hanya satu saja, namun lebih. Tapi yang menarik adalah sebuah lumbung yang berada di tengah sawah dengan latar belakang gunung.

  1. Beras Pandanwangi

persawahan Padi Pandanwangi.
Padi Pandanwangi. Image via: bbplm-jakarta.kemendesa.go.id

Simak juga: Bertemu alam liar di Ketambe Aceh

Beras pandanwangi merupakan beras asli Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Beras ini merupakan beras unggulan khas Cianjur yang mempunyai ciri tersendiri yang bisa dibedakan dengan beras varietas lainnya.

Baunya yang harum pandan bukan dari pengharum buatan. Fisik dari berasnya pun unik berbentuk bulat dan ada titik putih di tengahnya. Bahkan beras pandanwangi ini hanya ada di Indonesia yaitu di Kabupaten Cianjur dengan varietas yang mirip beras jenis ini juga ada di Siberia.

Padi seperti ini punya keunggulan seperti: rasanya enak, pulen, dan beraroma wangi seperti pandan. Karena rasanya yang enak, maka harga berasnya bisa dua kali lebih mahal daripada biasanya.

Padi pandanwangi hanya bisa ditanam di daerah Cianjur. Itupun tidak semua daerah bisa ditanami oleh Padi Pandanwangi tersebut. Beras pandanwangi hanya bisa ditanam di tujuh kecamatan di Kabupaten Cianjur, yaitu Cugenang, Warungkondang, Cianjur, Cilaku, Cibeber, Gekbrong dan Campaka.

Bukan berarti di daerah lain Padi Padi Pandanwangi itu tidak bisa tumbuh. Bisa tumbuh, namun aroma, rasa dan apa yang ada di Padi tersebut tidak akan terasa.

  1. Museum dan Spot Foto

Jembatan di atas persawahan kampung pandanwangi menjadi Spot Foto.
Jembatan Spot Foto. Image via: @kampungbudayapadipandanwangi

Tempat wisata yang memiliki luas lahan 12 hektare ini memiliki pemandangan desa yang indah karena dikelilingi oleh persawahan dan menghadap langsung pada pemandangan Gunung Gede Pangrango. Di kampung Padi PAndanwangi,  terdapat bangunan-bangunan seperti rumah panggung yang terbuat dari kayu, sangat cocok dijadikan spot foto yang instagramable.

Selain itu ada beberapa fasilitas yang disediakan untuk pengunjung yaitu tempat informasi mengenai padi Pandanwangi seperti museum tani. Di museum tani pengunjung akan dikenalkan dengan berbagai macam alat pertanian yang digunakan untuk proses menanam dan memanen padi pandanwangi.

Jika pengunjung ingin melihat tanaman padi Pandanwangi dari dekat, Kampung Padi Pandanwangi ini menyediakan skywalk yang diwarnai dengan berbagai macam warna. Dengan menggunakan skywalk, pengunjung tidak perlu khawatir akan langsung menginjak pematang sawah atau merusak padi Pandanwangi tersebut.

Sambil menikmati pemandangan sawah dari dekat, pengunjung juga bisa berfoto di atas skywalk karena memiliki pemandangan yang tidak kalah menarik dari spot-spot foto lainnya.

Di kampung Padi PAndanwangi,  terdapat bangunan-bangunan seperti rumah panggung yang terbuat dari kayu, sangat cocok dijadikan spot foto yang instagramable.
Rumah Adat. Image via: cianjurekspres.net

Simak juga: Wayang Windu Panenjoan, di dataran tinggi Bandung

Objek Wisata Dekat Kampung Padi Pandanwangi

Selain wisata pertanian Padi Cianjur ternyata juga memiliki wisata pertanian kebun The. Salah satu yang terkenal adalah Kebun The Sukanagara. Di wisata kebun the ini, pengunjung akan disuguhi pemandangan cantik area sekitar dengan jejeran pohon teh tersusun rapi yang nampak cantik dan instagramable.

Bahkan, pengunjung juga bisa melihat langsung proses pembuatan teh, dari memetik hingga dihidangkan dalam sebuah cangkir. Selain itu, tersedia juga area outbond yang bisa pengunjung gunakan untuk melengkapi kunjunganmu di sana.

Bagi para penikmat sunset bisa mencoba Pantai Apra. Seperti pantai selatan pada umumnya, berombak besar dan berangin kencang. Pantai ini cocok digunakan untuk berselancar dan menanti sunset. Di sore hari banyak orang berdatangan untuk menikmati panorama matahari terbenam maupun untuk sekedar hunting foto.

Secara keseluruhan, Kampung Padi Pandanwangi ini merupakan destinasi wisata keluarga yang menarik. Karena selain mengedukasi soal beras Pandanwangi, Kampung Budaya ini juga bertujuan untuk mengenalkan kepada masyarakat luas, bahwa Cianjur adalah penghasil beras Pandanwangi yang berkualitas.

Baca juga:

Leave a Comment