Kampung Padi Pandanwangi, Wisata Cianjur Yang Berbalut Budaya

Negeri agraris merupakan status yang di sandang oleh Indonesia. Hal ini menunjuk kepada potensi sumber daya alam pertanian, khususnya area sawah yang dimilikinya.Seiring perkembangan jaman, area pesawahan bukan hanya sebagai tempat untuk menanam bahan makanan pokok saja, berupa padi.

Namun, saat ini banyak sekali area sawah yang mampu menjelma menjadi area wisata yang hits, bahkan bagi kalangan milenial.

Kampung Padi Pandanwangi
Kampung Padi Pandanwangi. GoogleMap. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Seperti objek wisata Kampung Padi Pandanwangi yang terletak di Kabupaten Cianjur, provinsi Jawa Barat. Dan bagi kalian yang belum tahu, bahwa Cianjur merupakan salah-satu kabupaten penghasil beras terbaik yang ada di Jawa Barat.

Jenis beras terbaik salah-satunya adalah varietas beras Pandanwangi. Dan Cianjur adalah pusat dari jenis pandanwangi ini. Beras pandanwangi memang memiliki aroma khas, apalagi saat sudah dimasak.

Dan kini, potensi alam kabupaten Cianjur berupa beras dan area pesawahan yang luas, tersaji dalam bentuk keseruan wisata yang bernama Kampung Padi Pandanwangi Cianjur.

Daya Tarik Kampung Padi Pandanwangi Cianjur

Daya tarik objek wiata Kampung Padi Pandanwangi Cianjur adalah sebuah kawasan yang mampu menyajikan beragam pesona wisata, yang terangkum dalam tema wisata sebagai berikut :

1. Sajian Wisata Alam Dan Wisata Edukasi

Kampung Padi Pandanwangi sebagai bagian dari wisata Cianjur yang populer, mampu menyajikan tema wisata alam, dan wisata edukasi dalam satu kawasan.

Kampung Padi Pandanwangi yang terkenal juga sbagai wisata Warung Kondang, merupakan objek wisata Cianjur yang didominasi oleh area sawah sebagai sajian utamanya.

Landscape Kampung Padi Pandanwangi
Landscape Kampung Padi Pandanwangi. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Objek wisata Kampung Padi Pandanwangi memiliki luas sekitar 12 ha, dan di dalam kawaan tersebut bukan hanya sebatas wiata alam terbuka saja, namun wisata budaya juga merupakan bagian tidak terpisahkan dari Kampung Padi Pandanwangi Cianjur.

Jika wisata alam dapat terlihat dari hamparan area sawah yang luas, maka balutan wisata budaya, dan wisata edukasi dapat terlihat dari adanya bangunan kayu khas rumah adat sunda, serta museum pandanwangi.

Jembatan Ikonik Di Kampung Padi Pandanwangi
Jembatan Ikonik Di Kampung Padi Pandanwangi. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Bahkan di waktu-waktu tertentu sering diadakan pagelaran seni dan budaya Jaipongan, dan kesenian musik Cianjuran di sebuah sanggar yang ada di kawasan tersebut.

2. Sajian Wisata Keluarga

Daya tarik selanjutnya dari objek wisata Kampung Padi Pandanwangi Cianjur adalah objek wisata yang mampu menghadirkan destinasi wisata keluarga.

Hal ini bisa dilihat dari konsep wisata Kampung Padi Pandanwangi yang aman untuk anak kecil, serta terdapat penginapan atau pondok yang terbuat dari kayu.

Indahnya Padi Yang Terhampar
Indahnya Padi Yang Terhampar. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Di pondok tersebut, para pengunjung bisa menginap bersama keluarga dengan harga terjangkau. Ada baiknya sejenak melepaskan diri dari penatnya kehidupan kota yang dipenuhi polusi dan deretan gedung-gedung bertingkat.

Rasakan sehari saja hidup di lingkungan yang asri, dengan cara menginap di pondok yang ada di Kampung Padi Pandanwangi.

Suasana asri, pondok yang berbentuk adat sunda, view alam yang elok, serta udara pagi yang menyejukkan adalah daya tarik saat berada di Kampung Padi Pandanwangi.

Untuk spot yang instagramable, so pasti ada juga di Kampung Padi Pandanwangi. Berupa jembatan kayu, dan bambu yang membentang panjang, kemudian di ujungnya membentuk sebuah lingkaran besar.

Bangunannya Khas Zaman Pedesaan
Bangunannya Khas Zaman Pedesaan. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: 13 lokasi wisata di Cianjur

Lokasi Kampung Padi Pandanwangi

Lokasi Kampung Padi Pandanwangi berada di Desa Mekarwangi, Kecamatan Warungkondang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Gerbang Menuju Kampung Padi Pandanwangi
Gerbang Menuju Kampung Padi Pandanwangi. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Rute Menuju Kampung Padi Pandanwangi

Ada beberapa pilihan Rute Perjalanan Menuju Kampung Padi Pandan Wangi, Warungkondang Cianjur.

Transportasi Umum Via Puncak.  Dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi & kota lainya yg menggunakan Transportasi umum via Puncak, berhenti di Terminal Jebrod Pasir Hayam. Atau turun di pertigaan Tugu PandanWangi.

Dari situ naik Angkot warna Ijo nomor 41 turun di Cimanggu Kampung Budaya Padi PandanWangi

Bisa juga menggunakan Kendaraan Pribadi Via Puncak. Dari Puncak mentok Hypermart Cianjur ambil arah Sukabumi lewatin Tugu Pandanwangi dipertigaan Pasar Warungkondang ambil arah Lokasi Kampung Budaya Padi Pandan Wangi.

Bagi pengguna Kendaraan Pribadi Via Jonggol. Dari Cikarang, Karawang, Subang, Purwakarta arah Cirata – Cikalong ambil arah Hypermart Cianjur.

Dari arah Sukabumi ambil jurusan Bandung dan berhenti di pertigaan warungkondang, sampai di Warungkondang bisa kontak Panitia Penjemputan atau langsung bertanya lokasi menuju ke Wisata Pandanwangi.

Dari Bandung, Tasik, Ciamis, Garut dansekitarnya ambil arah menuju ke Sukabumi,. sampai di Cianjur warungkondang, bisa langsung kontak panitia penjemputan atau langsung bertanya arah ke lokasi wisata pandan wangi.

Jam Buka Kampung Padi Pandanwangi

Kampung Padi pandanwangi buka setia hari. Mulai jam 07.00-17.00. Namun karena di dalamnya ada fasilitas penginapan, sebenarnya pengunjung dapat beraktifitas di lokasi ini sampai larut malam.

Suasana Pedesaan Yang Sangat Kental
Suasana Pedesaan Yang Sangat Kental. GoogleMaps: Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Mandi Air panas di Wisata Cikundul

Tiket Kampung Padi Pandanwangi

  • Harga Tiket Masuk Kampung Padi Pandanwangi Cianjur adalah Rp. 7.000 per orang
  • Harga penginapan atau pondok Kampung Padi Pandanwangi berkisar Rp. 150.000 sampai dengan Rp. 200.000 per malamnya.

Fasilitas Kampung Padi Pandanwangi

Kampung Wisata Pandanwangi sudah semakin dibekali dengan fasilitas pendukung pariwisata.

Di area seluas lebih kurang 12 hektare itu terdapat sejumlah leuit (lumbung) serta bangunan fasilitas lain seperti musala, museum dan lainnya terbuat dari kayu dan bilik bambu yang memang identik dengan suasana perdesaan.

Penutup

Demikian review tentang Kampung Padi Pandanwangi, tetap patuhi protokol kesehatan, dan protokol keamanan yang sudah ditetapkan.


Leave a Comment