Alun-Alun Cianjur, Review Sejarah Kemegahan, Dan Update Terbaru Di Masa PPKM

Alun-Alun Cianjur yang ada saat ini mencerminkan kemegahan bangunan yang ikonik, memiliki nilai filosofis, sekaligus landmark, atau ikon Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

Alun-Alun Cianjur menghadirkan pesona tempat wisata yang kekinian, Islami, yang berpadu dengan nilai filosofis, dan budaya lokal. Sehingga menjadi salah-satu tempat wisata Cianjur yang hits, dan populer di kalangan masyarakat.

alun alun cianjur
alun alun cianjur. google maps. sumber: Depi Rusnandar

Seperti yang pernah penulis sampaikan pada artikel-artikel sebelumnya, sejatinya sebuah alun-alun adalah citra diri, miniatur, kesan awal, sekaligus menjadi pusat interaksi sosial sebuah daerah, atau kota, dimanapun adanya.

Jadi, wajar saja jika pembangunan setiap alun-alun kota, atau kabupaten, selalu ditata sedemikian rupa, supaya cantik, nan megah. Bahkan, terkesan menjadi sebuah “adu gengsi”, “adu geulis”, dengan daerah lainnya.

Dan inilah deskripsi Alun-Alun Cianjur yang sudah kami siapkan untuk anda. Saat ini, kondisi Alun-Alun Cianjur sudah buka kembali, setelah penutupan sementara. Tetapi, selalu update terus level zonasi destinasi wisata yang akan dikunjungi, karena perubahan level bisa terjadi kapan saja.

Simak juga: The Jhons Cianjur Aquatic Resort

Lokasi Alun-Alun Cianjur

Lokasi Alun-Alun Cianjur berada di alamat Kelurahan Pamoyanan, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

Rute Menuju Alun-Alun Cianjur

Jalan menuju Alun-Alun Cianjur bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua, roda empat, hingga angkutan umum. Lokasinya sangat strategis, terletak di jantung kota, sehingga bisa diakses dari segala arah.

Adapun akses pintu masuk dipusatkan melalui gerbang yang ada di Jalan Suroso. Pengunjung yang datang diwajibkan mematuhi prokes, serta aturan lainnya, yang akan dijelaskan selanjutnya.

Simak juga: Alun-Alun Suryakencana

Aturan Saat Berada Di Alun-Alun Cianjur

larangan di alun alun cianjur
larangan di alun alun cianjur. google maps. sumber: Sandixing

Terdapat aturan yang harus dipatuhi oleh para pengunjung selama berada di kawasan, atau taman Alun-Alun Cianjur. Yaitu:

  • Dilarang menginjak rumput dengan menggunakan alas kaki,
  • Dilarang membuang sampah sembarangan,
  • Dilarang merokok,
  • Menerapkan protokol kesehatan,
  • Setiap pelanggar, akan ditindak oleh petugas satpol PP.

Harga Tiket Masuk Alun-Alun Cianjur

  • Tiket masuk Alun-Alun Cianjur gratis.
  • Para pengunjung hanya dikenakan biaya parkir saja.

Jam Buka Alun-Alun Cianjur

  • Alun-Alun Cianjur beroperasional setiap hari.
  • Alun-Alun Cianjur buka dari jam 13.00 – 18.00 Senin – Jumat,
  • Alun-Alun Cianjur buka dari jam 09.00 – 21.00 Sabtu,
  • Alun-Alun Cianjur buka dari jam 08.30 – 18.00 hari Minggu.

Simak juga: Gunung Gede

Fasilitas Di Alun-Alun Cianjur

fasilitas di alun alun cianjur
fasilitas di alun alun cianjur. google maps. sumber: Koko Aja

Fasilitas yang ada di Alun-Alun Cianjur adalah sebagai berikut:

  • Area parkir,
  • Toilet,
  • Masjid Agung,
  • Taman,
  • Spot instagramable.

Simak juga: Pantai Jayanti

Sejarah Alun-Alun Cianjur

Alun-Alun Cianjur memiliki luas sekitar 3 ha, serta dari tahun 1800 sampai sekarang sudah mengalamai beberapakali renovasi, dengan konsep yang berbeda-beda.

Sebelumnya, kawasan Alun-Alun Cianjur yang sekarang menjadi landmark Kabupaten Cianjur adalah kawasan Pasar Induk Cianjur, atau yang disebut juga dengan nama PIC, yang terdiri dari 4000 pedagang di dalamnya.

Pada tahun 2013, rencana relokasi pasar, beserta sosialisasi dilakukan oleh pihak terkait, untuk memindahkan para pedagang ke kawasan di dekat Terminal Pasir Hayam.

Sebelum relokasi pasar goal 100%, kejadian pilu pun menimpa para pedagang. Pada tanggal 27 Agustus 2013, kawasan Pasar Induk Cianjur mengalami kebakaran, yang mengakibatkan kerugian yang sangat besar baik moril, maupun materil bagi para pedagang.

Simak juga: Telaga Biru

Daya Tarik Alun-Alun Cianjur

1. Arsitektur Filosofis

sisi budaya alun alun cianjur
sisi budaya alun alun cianjur. google maps. sumber: Yusuf Anwar S

Ternyata, arsitertur bangunan Alun-Alun Cianjur tidak asal. Setiap bangunan menggambarkan nilai filosofis, budaya, dan memberikan nuansa Islami, yang dibuktikan dengan jumlah tiang asmaul husna, dan Tugu Al-Quran yang sangat besar, dengan latar Masjid Agung Cianjur.

Seara umum, arsitektur bangunan yang ada di Alun-Alun Cianjur menggambarkan 3 pilar Kaupaten Cianjur, Yaitu:

  • Ngaos,
  • Menpo,
  • Mamaos,

Nilai budaya, tercermin dari replika perahu yang sangat besar, serta dilengkapi dengan replika orang yang sedang melakukan pencak silat khas Cianjur.

2. Arsitektur Kekinian

spot selfie favorit pengunjung
spot selfie favorit pengunjung. google maps. sumber: Shalat Fuadie

Alun-Alun Cianjur menjadi rekomendasi tempat wisata yang cocok untuk semua kalangan. Kawasan Alun-Alun Cianjur juga ditata sedemikian rupa, sehingga menjadi tempat wisata yang kekinian.

Dari mulai area taman yang tertata indah, kolam, lampu-lampu, serta spot instagramable yang ada di jalur pejalan kaki. Para pengunjung diharuskan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan ya…

Selamat berlibur…


shopee