Telaga Biru, Bonus Wisata Pendakian Gunung Gede Pangrango

|

Telaga Biru, tentu saja tidak asing bagi mereka yang pernah mendaki ke Gunung Gede Pangrango. Sebuah danau cantik yang terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, atau Kebun Raya Cibodas.

Telaga Biru bisa menjadi paket pembuka, atau penutup, bagi mereka yang melakukan pendakian, atau yang berkunjung ke objek wisata Air Terjun Cibeureum Kabupaten Cianjur.

telaga biru cianjur
telaga biru cianjur. google maps. sumber: Aganto Seno

simak juga: tempat wisata di cianjur

Di beberapa daerah, ternyata memiliki objek wisata yang sama-sama menggunakan diksi Telaga Biru, dan sama-sama populer. Di antaranya:

  • Telaga Biru Cicerem, Kuningan.
  • Telaga Biru Cisoka, Banten.
  • Telaga Biru Kebun Raya Cibodas, Cianjur.

Dan yang saat ini akan kita review adalah Telaga Biru Kebun Raya Cibodas Kabupaten Cianjur. Apa saja pesona keindahannya? Inilah info lengkapnya…

Lokasi Dan Alamat Telaga Biru

  • Lokasi Telaga Biru berada di kawasan Kebun Raya Cibodas, dan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.
  • Alamat Telaga Biru berada di Desa Sindangjaya, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.
suasana yang masih alami
suasana yang masih alami. google maps. sumber: Muhammad Muhajirin

simak juga: little venice

Rute Menuju Telaga Biru

Jalan menuju Telaga Biru bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua, muapun roda empat, hingga area parkiran Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Jarak dari Alun-Alun Kabupaten Cianjur ke wisata Telaga Biru cianjur adalah 25 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan mobil.

Adapun jarak tempuh dari Sukabumi ke Telaga Biru sekitar 44 kilometer, dengan perkiraan waktu tempuh 2 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan mobil.

Trekking Menuju Telaga Biru

Setelah anda sampai di area parkir, kemudian dilanjutkan registrasi, maka untuk bisa sampai dilokasi utama Telaga Biru, para pengunjung harus melakukan trekking sejauh 1,4 kilometer, dengan waktu tempuh 30 menit.

Perjalanan anda akan memasuki kawasan hutan lindung, yang masih terjaga baik kelestarian alamnya. Dari mulai pohon-pohon besar, suara burung, hingga udara yang khas.

Jalur trekkingnya sudah tertata, dari bebatuan yang tersusun rapih. Suasana teduh, asri, sepi, dan nyaman, adalah sajian nuansa alam menuju lokasi utama Telaga Biru.

jalur trekking yang tertata dengan baik
jalur trekking yang tertata dengan baik. google maps. sumber: Diaz Adritya Putra

simak juga: kebun raya cibodas

Ada hal-hal yang perlu anda perhatikan saat trekking menuju Telaga Biru. Yaitu:

  • Persiapkan perbekalan, karena di lokasi utama tidak ada warung yang berjualan,
  • Tidak ada fasilitas WC, maupun Mushola,
  • Pertimbangkan faktor cuaca,
  • Jangan membuang sampah sembarangan, dan jangan merusak lingkungan alam.

Harga Tiket Masuk Telaga Biru

Tiket masuk Telaga Biru, satu paket dengan tiket pendakian ke Gunung Gede Pangrango,

  • Tiket masuk Telaga Biru Rp. 16.000 weekday.

Jam Buka Telaga Biru

  • Jam buka pelayanan tiket Telaga Biru dari jam 08.00 – 15.00.
  • Telaga Biru beroperasional setiap hari.
menikmati keindahan telaga biru
menikmati keindahan telaga biru. google maps. sumber: Wirda Yanti

simak juga: waduk cirata

Fasilitas Di Telaga Biru

Di lokasi utama Telaga Biru Cianjur, tidak ada fasilitas umum yang tersedia. Hal tersebut dikarenakan kawasan tersebut merupakan area hutan lindung yang berstatus sebagai area Taman Nasional. Fasilitas publik seperti wc, dan mushola, bisa anda temukan di dekat area parkiran, atau area registrasi.

Daya Tarik Telaga Biru

1. Danau Cantik

berfoto bersama danaunya yang cantik
berfoto bersama danaunya yang cantik. google maps. sumber: Aganto Seno

simak juga: curug cibeureum

Daya tarik utamanya terletak pada sebuah danau cantik, yang terletak di kawasan Taman Nasional, yang notabene masih terjaga kelestarian alamnya.

Danau cantik tersebut bernama Telaga Biru. Perlu diketahui bahwa Telaga Biru tidak selamnya berwarna biru. Bahkan bisa berubah warna coklat, hijau toska, dan paling sering berwarna hijau.

Hal tersebut diakibatkan oleh siklus ekosistem yang ada di dalam telaga tersebut. Perlu diingat juga, bahwa para pengunjung dilarang berenang di Telaga Biru.

Telaga Biru memiliki luas sekitar 500 meter persegi, yang dikelilingi oleh pohon-pohon besar, yang berpadu dengan nyanyian alam. Suasana tenang, adalah kepastian saat berada di lokasi Telaga Biru.

2. Dekat Dengan Objek Wisata Populer Lainnya

curug cibeureum
curug cibeureum. google maps. sumber: Uci Bukit golf

simak juga: curug citambur

Telaga Biru adalah bagian tak terpisahkan dari wisata Cipanas Cianjur, yang populer di kalangan wisatawan. Salah-satu alasannya dekat, atau satu paket perjalanan menuju objek wisata populer lainnya di Cianjur.

Telaga Biru bisa jadi sajian pembuka, atau penutup, bagi anda yang ingin melakukan pendakian ke Gunung Gede Pangrango, atau Air Terjun Cibeureum.

Selain itu, objek wisata lainnya yang dekat dengan Telaga Biru, atau masih dalam satu kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango adalah Kandang Badak, dan Alun-Alun Suryakancana.