Kebun Raya Cibodas, Kawasan Dengan Segudang Wisata Alam

0

Kabupaten Cianjur adalah kota kecil di kawasan Jawa Barat yang memiliki keindahan tersembunyi. Hanya ada beberapa nama wisata saja yang sudah di kenal oleh Sobat native, Tetapi, tidak semua Sobat Native mengenal kawasan wisata yang indahnya luar biasa tidak kalah dengan pariwisata popular yang sudah mempunyai nama.

Kebun Raya Cibodas, nama ini mungkin masih terdengar sedikit asing. Berbeda dengan kebun raya Bogor yang namanya terangkat karena berdekatan dengan Istana Bogor yang saat ini sering digunakan oleh presiden. Ada yang unik dan menarik di kawasan ini yang wajib untuk diketahui dan wajib untuk dikunjungi.

dago dream park

dago dream park info

KR Cibodas Rumah Kaktus
Image via: www.instagram.com/winarsipricilya

Mengenal Kebun Raya Cibodas

Nama kebun raya cibodas sebenarnya sudah mempunyai nama sejak zaman dahulu. Bahkan, ilmuwan mancanegara pun mengakui bila kebun raya ini adalah firdausnya Asia. Seperti diketahui, Firdaus adalah salah satu nama dari surga yang terkenal dengan sangat indah.

Kebun raya ini berada di kaki Gunung Gede pangrango dengan ketinggian kurang lebih 1.275 mdpl. Dengan suhu kurang lebih 17 – 27 derajat celcius. Menurut catatan sejarah, kawasan ini didirikan oleh Johanes Elias Teijsman seorang botani yang berasal dari Belanda.

Awalnya, tempat ini di buka untuk menanam pohon kina. Tetapi, Kina tidak bisa hidup di kawasan yang mempunyai curah hujan 2.380 mm per tahun/ Sehingga, kawasan ini pun dirubah dan fokus untuk menanam tumbuhan dataran tinggi basah tropika. Seperti, tumbuhan runjung dan paku-pakuan.

Pohon kina yang datang pada tanggal 11 april 1852 ini dijadikan sebagai hari lahirnya kebun raya cibodas. Dan setiap tanggal 11 april ini sobat native bisa berkunjung ke sini dan masuk dengan gratis.

KR Cibodas Kolam Air Mancur
Image via: www.instagram.com/dede_nk28

Daya Tarik

Sobat native bisa melihat begitu banyak jenis pepohonan dan tanaman yang hidup dan menghadirkan sebuah pesona yang sangat menarik. Ada sekitar 1.206 jenis tanaman hidup yang bisa dilihat. Jumlah yang tidak sedikit untuk kawasan kebun raya ini.

Baca Juga :  Baturaden: Legenda Lutung Kasarung dan Icon Purwokerto

Ada sekitar 350 jenis kaktus dan 360 tanaman anggrek yang sangat mempesona mata. Keindahannya seperti sebuah gitar spanyol yang mampu menggoda setiap orang yang melihatnya. Berada di sebuah ruangan kaca yang menjadi wilayah konservasi bagi tanaman-tanaman ini.

Selain ruang kaca, Sobat native akan dihibur dan disuguhkan dengan kawasan jepang yaitu taman sakura. Cantik sekali taman ini. Apabila, musim bunga sakura tiba, sobat native seperti berada di negara jepang. Aduhai nian kawasan ini.

KR Cibodas Sakura
Image via: www.instagram.com/agatha_yunita

Kehadiran dari Taman Sakura ini cukup menarik dan unik dimana, pohon sakura hanya bisa hidup di tanah yang mempunyai 4 musim. Tetapi, di Indonesia yang mempunyai 2 musim saja pohon ini bisa tumbuh dengan cantiknya. Salah satu faktor nya adalah, kawasan cibodas yang berada di ketinggian diatas 1500 mdpl. Penasaran bukan dengan tempat ini?

Jika, ingin melihat bagaimana kecantikan bunga sakura, Sobat native bisa berkunjung ke sini pada bulan Januari – Februari dan bulan juli – agustus. Sobat native, akan melihat bagaimana keindahan dari kawasan ini.

Sebenarnya ada kurang leih 300 jenis dari pohon sakura. Hanya saja, di kebun raya cibodas ini hanya ada 7 yang sanggup bertahan.

KR Cibodas Air Terjun Ciismun
Image via: www.instagram.com/naldi_kops017

Udara panas memang paling asyik untuk menikmati kesegaran dari air terjun. Nah, di kebun raya Cibodas ada air terjun yang bernama Curug Ciebeureum yang tidak boleh untuk dilewatkan bila berkunjung ke sini. Keindahan curug yang berpadu dengan sulitnya medan menjadi sebuah tantangan yang wajib untuk ditaklukan.

Baca Juga :  Backpacker Ke Lombok 4D 3N Dengan 2 Juta Saja, Kok Bisa?

Ada sebuah jalan batu yang bisa dinikmati Sobat native. Jalan batu ini akan mengarahkan Sobat Native menuju ke sebuah kolam besar yang berada di kawasan ini jalan batu ini bernama arauvaria avenue.

Menariknya disini, saat Sobat native berjalan melintas ke kawasan ini disebelah kirinya menjulang tinggi sebuah pohon yang bernama Araucaria. Konon, pohon ini merupakan pohon tertua di kawasan ini dengan usia hampir 150 tahun, atau sudah berada di kebun ini sejak tahun 1866. Lama juga ya, pohon ini berada di kawasan ini.

Taman lumut, taman dengan ditumbuhi banyak lumut yang menarik. Ada kurang lebih 235 jenis lumut yang bisa sobat native nikmati. Jangan lupa untuk mengabadikan tempat ini dengan foto dan gambar yang pastinya akan menghasilkan gambar yang mumpuni.

Mau lihat beberapa jenis tanaman dari Indonesia, Jepang, China? Sobat native bisa langsung berkunjung ke Taman Rhododendron. Semua tanaman dari negara diatas ada disini. Pastikan Sobat native untuk tidak melewatkan kawasan ini.

Ada pula jalan air yang merupakan arus dari sungai cibogo, airnya begitu jernih, begitu sejuk dan menjadi tempat bermain anak-anak. Banyak Sobat native lain yang selalu memanfaatkan kawasan ini untuk beristirahat dan selfie bersama dengan teman dan keluarga.

KR Cibodas River
Image via: www.instagram.com/nabila_cp02

Mau lihat bunga bangkai raksasa? Sobat Native harus berkunjung ke kawasan ini. Bunga bangkai ini berbunga 4 tahun sekali. Terakhir berbunga pada tahun 2000. Tapi, harus diingat bunga ini mempunyai bau yang sangat menyengat. Pada tahun 2018 ini, tumbuh dengan tinggi lebih dari 3 meter.

Ada pula setidaknya 34 tumbuhan paku yang bisa dimanfaatkan sebagai obat-obatan , bahan makanan, dan juga bahan media tanam. Ada pula kolam besar yang didirikan pada tahun 1901. Dengan berbagai macam tumbuhan air.

Baca Juga :  Wisata Pulau Kenawa - The Simple Beauty Of Kenawa Island

Alamat Dan Rute Lokasi

Alamat kebun raya cibodas berada di jalan kebun raya cibodas, Cimacan, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa barat. Ada dua alternatif yang bisa digunakan untuk menuju ke lokasi ini. Bisa menggunakan kendaraan pribadi dan menggunakan transportasi umum.

Apabila, Sobat Native ingin mengunjungi kawasan ini dengan menggunakan transportasi umum. Sobat native bisa menggunakan KRL menuju ke stasiun Bogor. Dari Stasiun Bogor naik angkot dari bubulak-baranansiang. Dari terminal ini Sobat native bisa naik colt dan turn di pertigaan cibodas.

Oper lagi naik anglot kuning yang akan mengantarkan Sobat Native menuju ke Kebun raya Cibodas. Turun tepat di pintu gerbang Kebun Raya Cibodas.

Apabila Sobat native ingin menggunakan kendaraan pribadi. Sobat native bisa memilih rute bogor – perkebunan teh dan Puncak Pas. Sampai di pertigaan paragajen, arahkan kendaraan menuju kearah cibodas. Apabila Sobat Ntive berasal dari bandung Sobat native bisa mengikuti jalan menuju kearah cibodas melalui jalan menuju ke rumah sakit cimacan, setelah pertigaan paragajen belok ke kiri hingga menuju ke lokasi.

Harga Tiket masuk

Harga tiket masuk kawasan ini kurang lebih 16.500 rupiah. Ditambah dengan biaya parkir mobil 10 ribu dan biaya sebesar 5 ribu rupiah untuk parkir motor. Biaya tiket ini sudah termasuk dengan biaya asuransi jasa raharja,

Kebun Raya Cibodas adalah kawasan yang menarik untuk dikunjungi. Sebuah taman dengan berbagai macam jenisnya. Sobat Native wajib untuk berkunjung ke kawasan ini dan rasakan keindahan kawasan lereng Gunung gede pangrango yang juga dijadikan sebagai titik pendakian. Jangan lupa untuk berkunjung kesini, karena kawasan ini sudah menunggu.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.