Little Venice, Miniatur Venesia Yang Ada di Cianjur

0

Siapa yang tidak mengenal italia, negara dengan ikon wisata menara miring pisa dan colloseum ini memang menggoda setiap insan untuk datang mengunjunginya. Apalagi, para pecinta kopi dimana cappuccino lahir dari sana. Menikmati alam italia sembari meneguk secangkir kopi memang sangat menyenangkan.

Di Italia ada sebuah kota yang sangat indah, menelusuri kota ini memang menjadi sebuah kewajiban bagi sobat native. Melihat bangunan khas eropa klasik yang megah dan ditambah dengan menyusuri sungai dengan menggunakan perahu klasik pula. Menyenangkan bukan? Penasaran, kota mana yang dimaksud?

dago dream park

dago dream park info

Ya, kota Venesia adalah kota di Italia yang memiliki bangunan-bangunan nan esoktis layaknya ciri khas eropa. Bangunan kuno ini berdiri sudah sejak lama tetapi, masih terlihat sangat kokoh seperti baru dibangun. Nah, tidak perlu jauh-jauh ke Venesia, di Indonesia juga punya tempat wisata yang sangat mirip dengan kota ini.

Tepatnya, berada di Kabupaten Cianjur, namanya adalah little Venice. Dinamakan sebagai little Venice lantaran tempat wisata ini sama persis dengan kota aslinya. Semua yang ada di kawasan ini di bentuk sedemikian rupa agar sama persis dengan Venesia. Menarik bukan, kawasan yang satu ini?

Little Venice Sign
Image via: www.instagram.com/eka_setiawati

Daya Tarik Little Venice Cianjur

Little Venice berada di dekat Taman Bunga Nusantara, Sobat Native yang berkunjung ke sini di sarankan untuk mengunjungi kedua kawasan ini dalam satu rangkaian. Kota Bunga Little Venice sendiri merupakan sebuah kawasan Villa Estate yang dibangun di atas luas lahan sekitar 125 ha.

Villa dengan konsep yang megah ini awalnya diperuntukkan bagi mereka yang datang menginap. Tetapi, semakin viralnya tempat ini membuat pihak pengelola membukanya untuk umum, bagi mereka yang ingin berburu tempat-tempat yang instagramable.

Baca Juga :  Jogja Escape; Pantai Depok Yang Menawan Dan Eksotis

Tempat ini sebenarnya sangat cocok untuk destinasi dua orang kekasih yang sedang di mabuk asmara. Apalagi, spot mendayung perahu menyusuri sungai dan melihat pemandangan bangunan yang erlihat megah. Dunia serasa milik berdua.

Little Venice Couple
Image via: www.instagram.com/trisna_tiktok

Nah, di little Venice ini Sobat Native tidak hanya menyajikan miniatur kota venesia melainkan, beberapa miniatur kota lain di Eropa dan Asia bahkan miniatur dufan pun disajikan di tempat ini. Inilah mengapa kawasan ini pernah ada yang menyebutnya sebagai miniatur kota di dunia dengan suasana yang hampir sama persis dengan aslinya.

Sobat Native pun bisa memanfaatkan beberapa wahana di tempat ini seperti perahu, kapal, sepeda air, banana boat, gondola, perahu naga, buble ball, rubber boat kapal missisipi. Nah, diantara beberapa wahana ini gondola adalah wahana yang paling favorit. Dimana, Sobat Native akan melihat betapa eloknya little Venice bila dilihat dari atas.

Kurang lebih 15 menit sobat Native bisa melihat cantiknya bangunan-bangunan ini. Rasanya enggan untuk bekedip dan melewatkan sedetik pun pemandangan dari atas ini. Kerennya minta ampun, dan rasanya tidak ada kata paling pas selain kata “wow”.

Little Venice Boating 1
Image via: www.instagram.com/evienidrus

Ada sebuah tempat yang mengusung konsep wisata koboi amerika mengesankan sekali bukan? Rasanya itu benar-benar mirip seperti aslinya. Walaupun, belum penah merasakan aslinya seperti apa. Namun, pengalaman yang di dapat di miniatur ini cukup menggambarkan segalanya.

Kawasan ini memang sesuai dengan namanya, kecil. Jadi, disarankan berkunjung ke sini jangan hari libur. Lebih baik hari biasa saja. Karena, antrian yang panjang akan merusak mood Sobat Native. Atau lebih baik datang paling pagi.

Little Venice View
Image via: www.instagram.com/dani.riyanto

Fasilitas Lain yang Ditawarkan

Selain bisa mengunjungi berbagai macam bangunan dan kota, di tempat ini juga sudah di sediakan berbagai macam fasilitas penunjang yang cukup baik. Fasilitas ini bertujuan untuk memanjakan Sobat Native, agar betah berlama-lama di sini.

Baca Juga :  Ngopi Sambil Belajar Sejarah di Museum Benteng Vredeburg

Fasilitas yang disediakan adalah Kolam renang untuk Sobat Native yang ingin merasakan sejuknya udara di sekitar. Atau yang mungkin hobi bermain tenis, Sobat Native bisa menyalurkan hobinya di kawasan ini.

Tak ketinggalan pula yang hobi memancing, ada kolam pancing yang menyediakan banyak sekali ikan. Untuk anak-anak juga sudah tersedia playground dan arena fantasi yang bisa digunakan, dengan hadirnya sarana ini diharapkan mom and dad bisa tenang menikmati kawasan ini.

Bisa naik kuda? Coba deh, sobat native menikmati fasilitas sewa kuda yang ada disini. Pacu adrenalin sobat native dengan naik kuda. Lapar setelah mengelilingi kawasan ini, di tempat ini ada restoran dengan menu makanan yang dijamin bakal nagih. Dengan harga yang cukup terjangkau.

Bisa dibilang little Venice adalah kawasan yang tepat bagi sobat native yang sudah lelah dengan urusan pekerjaan dan membutuhkan hiburan. Dijamin, kawasan ini memiliki segala yang dibutuhkan untuk merelaksasi sobat native.

Little Venice Boating
image via: www.instagram.com/won.choii
Little Venice Feature
Image via: www.instagram.com/iscahyaamaloola

Alamat Dan Rute Lokasi

Alamat lokasi ini berada di Jl. Hanjawar, Pacet Desa, Batulawang, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Ingat sobat native wilayah ini berada di kabupaten cipanas, bukan berada di bogor. Mungkin, sebagian sobat native hanya mengerti bila cipanas berada di bogor.

Berjarak kurang lebih 44km dari pusat Kabupaten Cianjur. Atau menempuh waktu kurang lebih 2 jam. Sobat Native yang berangkat dari Jakarta bisa menempuh jalur menujun ke tol jagorawi kemudian, melalui Tol Gadog – Cisarua menuju ke arah cianjur.

Baca Juga :  Trekking ke Curug Tilu Leuwi Opat Lembang

Saat sudah sampai di Puncak pass lurus hingga jembatan kemudian, di pertigaan ada plang yang bertuliskan Taman Bunga Nusantara. Kemudian, belok ke kiri dan ikuti jalannya kurang lebih 3 km. hingga sobat native melihat gerbang masuk kota bunga, masuk ke dalam gapura tersebut melewati kota bunga belok ke kiri sejauh 1km menuju ke lokas ini.

Bila sobat native berasal dari Bandung, bisa melalui jalur menuju cipanas. Sesampainya, di wilayah Ciherang belok ke kanan menuju ke Benying Hanjawar, kemudian ada perempatan pasar ikuti jalan kira-kira 3km. hingga menuju ke gerbang masuk villa kota bunga. Lanjut lurus hingga melewati bunderan dan lurus hingga menuju ke lokasi.

Little Venice Spot
Image via: www.instagram.com/iamjasmineglory

Harga Tiket Masuk

Berikut harga tiket lengkap kawasan little Venice:

  • Harga tiket masuk : Rp 25.000,-
  • Tiket Fun : Rp 35.000,-
  • Gondola/Perahu : Rp 20.000,-/orang, max 3 orang
  • Kapal missisipi : Rp 20.000,-/orang max 3 orang
  • Perahu bebek kecil : Rp 40.000,-/orang max 4 orang
  • Perahu bebek besar : Rp 80.000,-/orang max 8 orang
  • Perahu bebek motor : Rp 20.000,-/orang max 9 orang
  • Sepeda air kecil : Rp 20.000,-/orang max 2 orang
  • Sepeda air besar : Rp 40.000,- /orang max 4 orang
  • Banana boat : Rp 25.000,- /orang max 5 orang
  • Perahu naga : Rp 20.000,-/orang max 9 orang
  • Battery Car : Rp 15.000,-/coin
  • Sniper : Rp 15.000,-/ 40 butir peluru
  • Brake the plate : Rp 15.000,-/ token
  • Rumah midway : Rp 15.000,-/ token
  • Preweding : Rp 1.500.000,-/ 2 lokasi
  • Shooting : Rp 3.000.000,-/2 lokasi

Cukup berbangga, dengan kawasan ini karena Indonesia mampu meniru negeri tetangga yang mempunyai bangunan dan arsitektur yang mengesankan. Tidak usah jauh-jauh ke italia, bila di Indonesia punya nuansa yang sama.

Jadi, kapan Sobat Native akan mengajak keluarga dan sahabat berkunjung ke kawasan ini?

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.