Wisata Cikundul Cianjur, Objek Wisata Yang Dikelola Pemkot

Wisata Cikundul Cianjur, dengan unggulannya berupa Pemandian Air Panas, berada di area pegunungan. Dengan demikian suasananya masih alami dengan udara nya pun masih sangat segar nan asri. Walaupun sedang musim hujan, air di pemandian ini masih terasa hangat dan mampu menyegarkan seluruh badan.

Wisata Sikundul Cianjur, dengan unggulannya berupa Pemandian Air Panas, berada di area pegunungan. Dengan demikian suasananya masih alami dengan udara nya pun masih sangat segar nan asri.
Wisata Sikundul Cianjur. Image via: mari-liburan-yuk

Di Pemandian Air Panas Cikundul terdapat 2 kolam, yaitu kolam air panas dan kolam air dingin. Pengunjung bisa memilih untuk berendam di salah satu kolam tersebut. Biasanya yang paling menarik minat adalah kolam air panas.

Merasakan berendam di air panas sambil menikmati aliran Sungai Cimandiri pegunungan di sekitarnya, serta hijaunya pepohonan yang mengelilingi tempat ini akan membuat pikiran merasa nyaman dan badan pun akan kembali bugar seperti semula.

Fasilitas yang ada di sini sangat lengkap. Ada spot foto, tempat ibadah, tempat parkir, toilet, dan warung-warung yang menyediakan cemilan seperti gorengan dan kopi serta cemilan khas tanah sunda lainnya. Terdapat juga kios-kios yang menawarkan berbagai barang untuk oleh-oleh.

Pemandian Air Panas Cikundul sangat cocok dikunjungi bersama keluarga, dan pilihan yang tepat bagi pengunjung yang ingin memanjakan badan.

Pemandian Air Panas Cikundul sangat cocok dikunjungi bersama keluarga, dan pilihan yang tepat bagi pengunjung yang ingin memanjakan badan.
Di tepi sungai. Image via: sukabumiupdate.com

Simak juga: 13 Lokasi wisata indah di Cianjur

Lokasi Wisata Cikundul Cianjur

Wisata Cikundul Cianjur beralamat di di Jl Proklamasi No 242, Kelurahan Cikundul, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi.

Lokasi ini berjarak 10 km dari Kota Sukabumi.

Rute Menuju Wisata Cikundul Cianjur

Untuk pengunjung yang ingin berendam atau sekedar bermain air panas di Sumber Air Panas wisata Cikundul Cianjur, bisa datang dengan menggunakan 3 jenis alat transportasi. Kendaraan pribadi, Bus, maupun Kereta.

  • Menggunakan alat transportasi pribadi

Jika ingin menggunakan alat transportasi pribadi, pengunjung bisa menggunakan GPS untuk bisa sampai ke Sumber Air Panas Cikundul ini.

  • Menggunakan bus

Jika pengunjung ingin menggunakan bus, bisa mencari bus yang bertujuan ke terminal Lembursitu. Jaraknya cukup dekat dan waktu tempuhnya kurang dari 15 menit. Setelah itu pengunjung bisa menggunakan angkutan seperti ojek lokal.

Jika tidak ada, menggunakan ojek online juga bukan masalah.

Agrowisata di Kawasan Wisata Cikundul Cianjur.
Agrowisata di Kawasan Wisata Cikundul. Image via: potensilokal.com
  • Menggunakan kereta

Untuk pengunjung yang ingin menggunakan kereta, mereka bisa juga turun ke stasiun Sukabumi. Jaraknya adalah sekitar 10 km dan dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 30 menit.

Jam Buka Wisata Cikundul Cianjur

Wisata Cikundul Cianjur buka setipa hari dari Senin sampai Minggu. Pemandian air panas ini buka Mulai jam 08.00 agi dan tutup jam 23.00 Malam.

Tiket Wisata Cikundul Cianjur

Tiket masuk lokasi wisata Cikundul Cianjur tarifnya Rp 6.000 untuk anak kecil, dan Rp 8.000 dewasa. Pengunjung yang memebawa kendaraan bermotor juga dikenakan tarif parkir sebesar Rp. 5.000,- untuk kendaraan roda dua dan tarif Rp. 10.000,- untuk parkir roda empat.

Ada juga tambahan fasilitas kamar rendam dengan tarif Rp 30.000 per jam dengan kapasitas maksimal tiga orang. Ada juga cottage yang harga sewanya Rp 110.000 per 12 jam, serta Rp 125.000 per 12 jam untuk akhir pekan.

Fasilitas Wisata Cikundul Cianjur

Wisata Cikundul Cianjur, dengan unggulannya berupa Wisata Pemandian Air Panas Cikundul, memiliki sejumlah fasilitas wisata. Diantaranya satu kolam renang air panas, satu kolam renang air dingin, sembilan kamar rendam, dan lima penginapan.

Daya Tarik Wisata Cikundul Cianjur

  1. Pemandian Air Panas

Mandi air panas Malam Hari di wisata cikundul cianjur.
Mandi air panas Malam Hari. Iamge via: alimuakhir.com

Simak juga: Bertemu alam liar di Ketambe Aceh

Spot atau destinasi utama di kawasan wisata cikundul Cianjur ini adalah berupa kolam air panas. Kolam air panas ini bersumber langsung dari mata air vulkanik alami di samping sungai cimandiri kota sukabumi.

Pengunjung juga bisa memilih ada beberapa macam fasilitas kolam air panas ini. Yang pertama, pengunjung bisa langsung ikut bersama orang lain berendam di kolam renang air panas umum yang menjadi pilihan umumnya pengunjung lokasi ini.

Di sana bisa sambil bersantai dan mengobrol dengan rekan atau sahabat sembari menikmati berendam di kolam air panas ini. Pilihan kedua, tersedia berupa kamar – kamar, yang di dalam nya masuk untuk sekitar 4 orang dan tertutup. Jadi ini adalah tempat mandi / kolam tertutup yang berada di kawasan wisata cikundul.

Selain pemandian air panas, di wisata Cikundul Cianjur juga tersedia pemandian air dingin. Lokasinya di awal pintu masuk ke kawasan pemandian air panas cikundul. Bersebelahan dengan panggung pertunjukan yang ada di kawasan cikundul.

Kolam air dingin ini cocok untuk berendam air dalam mencari kesejukan. Air dalam kolam ini dingin dan segar. Hal ini karena lokasinya yang berada di alam yang terbuka, ditambah dengan pemandangan sekitar berupa pohon – pohon Hijau rindang.

berendam dan sosialisasi di kolam air hangat wisata cikundul cianjur
Berendam dan Sosialisasi. Image via: nchiehanie.com
  1. Manfaat Kesehatan

Wisata Pemandian air panas di lokasi wisata Cikundul Cianjur, cocok untuk pengunjung yang ingin melepas penat. Pemandian air panas ini memiliki banyak manfaat. Baik kesegaran pikiran maupun kesegaran fisik.

Bagi kesehatan fisik, pemandian air panas ini dipercayai dapat memberikan efek penyembuhan pada flu, sakit kepala, menyembuhkan insomnia, melepas racun dalam tubuh, penghilang stress, menurunkan tekanan darah, menurunkan berat badan.

Bahkan termasuk meningkatkan kecerdasan otak dan kesehatan syaraf dan tentunya masih banyak lagi.

  1. Panggung dan Gazebo

Gazebo di tepi sungai
Gazebo tepi sungai. Image via: cowasjp.com

Simak juga: Wayang Windu Panenjoan di dataran tinggi Bandung

Wisata Cikundul juga memiliki panggung pertunjukan. Fasilitas ini terbilang baru, karena  yang baru dibangun beberapa tahun terakhir. Spot ini menjadi magnet baru bagi pariwisata di kota sukabumi.

Dengan adanya fasilitas panggung pertunjukan, selain sebagai pusat wisata air bagi masyarakat kota sukabumi, Cikundul juga menjadi pusat kebudayaan. DI panggung ini sering di tampilkan kegiatan – kegiatan budaya di kota sukabumi. Seperti gelaran pencak silat dan lain sebagainya

Saung si leugeut tereup adalah gazebo untuk bersantai selagi menunggu yang sedang mandi. Atau bahakn bagi yangs udah selesai mandi, dan ingin menikmati waktu dipinggir sungai cimandiri. Di sini pengunjung bisa berswafoto. Spot ini Instagramable sekali.

Selain bersantai di Gazebo, pengunjung bisa juga naik ke gazebo yang ada di pohon dan merasa degdegan disana karena lumayan tinggi.

Makan di Pasar cikundul wilayah wisata cikundul.
Makan di Pasar cikundul. Image via: genpi.co

Tips Mengunjungi Wisata Cikundul Cianjur

  • Pastikan kondisi badan anda fit dan memungkinkan untuk berlibur ke tempat wisata yang suhu udaranya dingin.
  • Bawalah pakaian ganti, karena tidak mungkin jika anda tidak tertarik untuk berendam di Pemandian Air Panas Cikundul.
  • Membawa kamera untuk mengabadikan momen-momen yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Objek Wisata Dekat Wisata Cikundul Cianjur

Untuk wisata Alam, cianjur memang memiliki sangat banyak pilihan, Mulai dari kebun raya hingga Air terjun.

Kebun Raya Cibodas Kebun Raya Cibodas merupakan sebuah daya tarik utama di Canjur. Kebun Raya Cibodas menawarkan keindahan alam untuk dinikmati saat liburan bersama keluarga. Berada di ketinggian sekitar 1.275 mdpl, suhu udara di tempat wisata di Cianjur ini cenderung sejuk.

Kebun raya Cibodas.
Kebun raya Cibodas. Image via: genpi.co

Simak juga: Bukit Sewu Sambang Banyuwangi

Beragam aktivitas menarik bisa dilakukan saat berkunjung ke Kebun Raya Cibodas. terdapat aneka ragam flora, dengan jumlah lebih dari 1.206 jenis tanaman yang tumbuh di sini. Selain itu, tempat wisata di Cianjur ini juga memiliki rumah kaca yang menyimpan koleksi lebih dari 4.000 tanaman.

Untuk air terjun, cianjur memiliki Curug Cikondang. Air terjun ini memiliki kontur batuan berundak-undak. Sehingga menciptakan visual yang menakjubkan, berbeda dari air terjun kebanyakan. Bahkan, ada juga yang mengatakan bahwa Curug Cikondang adalah minatur dari air terjun Niagara.

Pengunjung akan disambut oleh gemuruh air yang cukup deras, dengan ketinggian kira-kira 50 meter, serta lebar air terjun yang mencapai 30 meter. Di musim hujan, debet air yang mengalir akan lebih banyak dan udara di sekitar pun menjadi lebih sejuk.

Jadi Pemandian di wisata Cikundul Cianjur dapat dijadikan referensi wisata anda bersama keluarga yang selanjutnya. Jangan lupa untuk mengikuti tips yang kami berikan di atas agar liburan lebih menyenangkan.

Baca juga:

Leave a Comment