Banto Royo, Berwisata Di Area Rawa Yang Cantik

Kabupaten Agam terletak di Provinsi Sumatera Barat, merujuk pada Bahasa Ibrani “Agam” memiliki maksud danau, atau kolam, atau rawa-rawa. Maka tak heran jika di Kabupaten ini tepatnya di Kecamatan Tilatang Kamang terdapat sebuah tempat wisata rawa yang saat ini sedang ramai dikunjungi wisatawan.

Taman Rekreasi Air Bonto Royo menyuguhkan panorama alam yang bisa menyejukan mata dan bikin pikiran serasa lebih tenang
Banto Royo. Image via: antarafoto.com

Tempat wisata ini bernama Banto Royo, yang baru saja 2 tahun berdiri tepatnya pada tanggal 28 Oktober 2018. Banto Royo berada di lahan seluas 6,2 hektar dengan didominasi oleh perairan atau rawa.

Rawa yang ditampilkan di Banto Royo bukan seperti rawa pada umumnya, lokasi ini sudah disulap sedemikian rupa sehingga layak untuk dikunjungi.

Dengan dilengkapi beberapa ragam wisata yang dapat dilakukan seperti, Flying Fox, Outbound, bermain kano atau perahu air lainnya, serta beberapa spot foto yang instragamabel banget.

Area Banto Royo memiliki 12 jembatan yang saling berhubungan, alam di sekitarnya masih sangat alami. Banyaknya pepohonan yang masih rindang di atas bukit, menjadikan udaranya sangat segar dan bersih.

Gerbang Masuk Banto Royo
Gerbang Masuk Banto Royo. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: objek wisata di Agam

Berikut ulasan lengkap mengenai lokasi wisata Banto Royo:

Lokasi dan Rute Banto Royo

Banto Royo berlokasi di Jl. Kaluang Tapi, Nagari Koto Tangah, Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat.

Rute menuju Banto Royo jika kamu bergerak dari Bukittinggi, hanya memerlukan waktu sekitar 20 hingga 30 menit. Dengan mengarahkan kendaraanmu menuju Gaduik kemudian menuju Jl. Raya Padang Medan. Dari Simpang Gaduik arahkan kendaraanmu untuk menuju Kamang, dari sana kamu tinggal menyusuri jalan yang ada.

Lokasinya berada tak jauh dari jalan raya juga bisa dilalui oleh kendaraan mobil maupun motor. Banto Royo berada tak jauh dengan objek wisata lainnya seperti Lawang Adventure Park, Bukik Sakura, dan Taman Tirtasari.

Jam Buka Banto Royo

Jam operasional Banto Royo dibuka mulai pukul 09.00 pagi hingga pukul 16.00 sore, dan setiap hari Senin lokasi wisata ini tutup. Jadi kamu dapat mengunjungi Banto Royo pada hari Selasa sampai dengan hari Minggu.

Tiket Banto Royo

Tiket masuk dan parkir Banto Royo dibedakan menjadi:

  • Tiket masuk weekday sebesar Rp. 10.000,- per orang
  • Tiket masuk weekend sebesar Rp. 20.000,- per orang
  • Tiket parkir motor sebesar Rp. 3.000,- per unit
  • Tiket parkir mobil sebesar Rp. 5.000,- per unit

Hasil dari penjualan tiket yang didapat Banto Royo akan disumbangkan untuk renovasi Masjid Nurul Ittihad, untuk kegiatan remaja mesjid, Majelis Ta’lim, sehingga kamu dapat berwisata sambil bersedekah.

Fasilitas Banto Royo

Fasilitas umum yang ada di area Banto Royo terdiri dari:

  • Area parkir yang dapat menampung mobil dan motor
  • Kamar mandi dan Toilet
  • Mushola
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Arena bermain untuk anak
  • Gazebo atau saung-saung sederhana tempat beristirahat

Daya Tarik Banto Royo

1. Asal Usul Nama Banto Royo

Bekas Area Rawa di sulap jadi tempat wisata.
Bekas Area Rawa. Image via: ridingread.com

Simak juga: Aneka objek wisata di Tahura Raden Soerjo

Lokasi wisata ini diberi nama Banto Royo diambil dari sebuah nama tumbuhan rumput yang bernama Rumput Banto. Hal ini dimaksudkan karena dulunya lokasi ini merupakan sebuah rawa yang banyak ditumbuhi Rumput Banto.

Sedangkan kata Royo sendiri memiliki arti bergoyang, mungkin hal ini dikarenakan pada saat menginjakkan kaki di salah satu jembatan yang ada badan kamu akan sedikit bergoyang-goyang.

Banto Royo dibangun berdasarkan inisiatif Andi Sahrandi untuk memanfaatkan lahan yang ada menjadi sebuah arena bermain yang mengasyikkan. Yang selanjutnya, secara swasembada area ini dibangun dan ditata sedemikian rupa sehingga jadilah sebuah telaga atau danau yang cukup luas dan indah dengan kedalaman yang tidak terlalu dalam.

2. Jembatan

Yang menarik dari tempat wisata Banto Royo ialah adanya 12 unit jembatan yang berada di sekitar area danau dengan kondisi yang saling terhubung satu dengan yang lainnya.

Jembatan Yang Saling Terhubung
Jembatan Yang Saling Terhubung. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Kamu ngga perlu khawatir atau merasa takut ketika melewati jembatan ini, karena dapat dipastikan jembatan yang ada di Banto Royo aman dan nyaman untuk dilalui.

Beberapa petugas selalu siap sedia berjaga disekitar jembatan untuk memastikan keamanan pengunjung. Jembatan-jembatan yang ada bisa juga digunakan untuk kegiatan foto selfie ataupun foto Prewedding.

3. Flying Fox dan Out Bond

Serunya Outbound Anak Anak
Serunya Outbound Anak Anak. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: 3 Air Terjun di Coban Srengenge

Ragam wisata yang dapat kamu lakukan ketika berada di Banto Royo diantaranya ialah dengan bermain Flying Fox dan Outbound. Kedua ragam wisata ini akan meningkatkan rasa keberanian dan percaya diri.

Kamu akan meluncur dengan kencangnya diatas sebuah tali sepanjang 185 meter dengan pemandangan danau atau telaga serta hamparan pemandangan alam yang sangat indah. Untuk menikmati wahan ini kamu harus membayar tiket sebesar Rp 20.000 sampai Rp 25.000 per orangnya.

Wahana lain yang nggak kalah seru dan mengasyikkan lainnya ialah Outbond. Disini kamu akan melewati beberapa tantangan yang telah dirancang sedemikian rupa, wahana yang satu ini dapat dinikmati oleh anak-anak maupun orang dewasa.

4. Bermain Kano Atau Perahu Air

Hal seru lainnya yang dapat kamu lakukan ketika berada di Banto Royo ialah dengan mengelilingi danau menggunakan Kano ataupun perahu dayung lainnya.

Tempat Penyewaan Perahu Air Dan Kano
Tempat Penyewaan Perahu Air Dan Kano. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Kamu dapat memilih beberapa perahu air yang ada, kamu juga akan dilengkapi dengan jaket pelampung. Dengan bermain perahu air kamu dapat mengeksplor lebih dekat mengenai keindahan danau yang satu ini.

Jika kamu ingin mencoba wahana permainan yang satu ini, kamu harus membeli tiket dengan rincian sebagai berikut:

  • Untuk bermain Kano atau Sampan dengan 1 orang penumpang harus membayar sekitar Rp. 20.000,-
  • jika menggunakan perahu yang berisi 2 orang harus membayar tiket sebesar Rp. 15.000,- per orangnya
  • Sedangkan untuk 3 orang penumpang hanya membayar Rp. 10.000,- per orang
Menyusuri Danau Bersama
Menyusuri Danau Bersama. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

5. Playground

Playground Anak Anak
Playground Anak Anak. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Bening dan melimpahnya Air di Aek Sijornih

Area wisata Banto Royo merupakan tempat yang cocok untuk membawa serta seluruh anggota keluarga tak terkecuali anak-anak. Di tempat wisata ini terdapat area bermain anak yang dilengkapi dengan beberapa wahana seru dan menyenangkan.

Wahana permainan yang ada seperti perosotan, ayunan, jungkat-jungkit, trampolin, halang rintang, bahkan terdapat area kolam untuk berenang.

Dijamin anak-anak pasti akan betah ketika berada di Banto Royo. Untuk dapat menikmati semua wahana permainan yang ada kamu harus membayar tiket sebesar Rp. 5.000,- per orang.

6. Spot Foto

Selain memiliki pemandangan alam yang indah, area wisata Banto Royo juga dilengkapi dengan beberapa spot foto yang cantik untuk menemanimu berfoto selfie.

Spot foto favorite para pengunjung ialah sebuah jembatan bambu, karena menimbulkan kesan alami apalagi latarnya berupa pepohonan yang berwarna hijau.

Area tersebut juga selalu digunakan oleh pasangan yang sedang melakukan foto Prewedding, sungguh romantis sekali. Untuk melakukan foto Prewedding di area Banto Royo kamu tak perlu membayar tiket masuk, kamu hanya perlu mencantumkan nama Banto Royo di hasil jepretannya.

Salah Satu Spot Sefie
Salah Satu Spot Sefie. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Hutan Joyoboyo, Taman Kota Kediri

Objek Wisata Dekat Banto Royo

Selain Banto Royo, masih ada beberapa tempat wisata di Kabupaten Agam yang harus kamu kunjungi diantaranya:

1. Danau Maninjau

Danau Maninjau terletak di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam. Danau ini merupakan danau vulkanik hasil dari letusan dahsyat sebuah gunung berapi. Danau Maninjau termasuk kedalam danau kedua teluas di Provinsi Sumatera Barat setelah Danau Singkarak.

Keindahan alamnya jangan diragukan lagi, ketika berada disini suasana hati kamu akan merasa tenang dan nyaman, apalagi ditambah dengan kondisi airnya yang tak terlalu bergejolak. Sebuah tempat yang sempurna untuk menenangkan diri, dan mencari kedamaian.

2. Sajuta Janjang

Sajuta Janjang merupakan sebuah tempat wisata yang mirip dengan The Great Wall yang ada di Tiongkok. Sajuta Janjang memiliki panjang sekitar 3,7 km dengan hamparan pemandangan alam yang luar biasa.

Ketika berada di Sajuta Janjang kamu dapat menyaksikan kokohnya Gunung Merapi dan pada saat berada di puncak Sajuta Janjang kamu dapat melihat keindahan kota Bukititnggi.

Awal pembuatannya Sajuta Janjang digunakan Sebagai akses jalan menuju lokasi pelataran pohon pinus yang berada di Puncak Singgalang. Namun, karena jalan tersebut dibuat menarik dan menghadirkan pemandangan yang tak kalah indahnya sehingga menjadikan Sajuta Janjang sebagai objek wisata tersendiri.

Banto Royo merupakan lokasi wisata yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama dengan seluruh anggota keluarga. Tempatnya yang masih asri dan nyaman untuk siapa saja.

Setelah mengunjungi Banto Royo sempatkan pula untuk mengunjungi beberap lokasi wisata yang masih berada di Kabupaten Agam, Sumatera Barat lainnya.


Leave a Comment