Janjang Sajuta, Jembatan Dengan Sejuta Keindahan Sumatera Barat

Pernahkah kamu melihat The Great Wall Di Tiongkok? Jembatan tersebut merupakan jembatan terpanjang yang pernah dibuat oleh manusia, karena memiliki panjang sekitar 21.196 km.

Oleh sebab itu Tembok Raksasa itu masuk ke dalam 7 keajaiban dunia, dan selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan yang datang dari belahan dunia manapun.

Dan ternyata di Indonesia juga ada sebuah jembatan yang dibuat seperti The Great Wall Of China namun tak sepanjang itu. Namanya ialah Sajuta Janjang, yang merupakan jalan penghubung menuju lokasi pelataran pohon pinus di Puncak Singgalang.

Sajuta Janjang memiliki panjang sekitar 3,7 km dengan corak dinding jembatan menyerupai The Great Wall Of China. Meskipun difungsikan sebagai jalan penghubung menuju Puncak Singgalang, namun ternyata jembatan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Sehingga banyak wisatawan yang datang untuk menjajal jembatan tersebut, sembari menyaksikan pemandangan alam yang sangat mengagumkan.

Jembatan Dengan Sejuta Keindahan
Jembatan Dengan Sejuta Keindahan. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Aneka wisata di Sumatera Barat

Lokasi Janjang Sajuta

Lokasi Janjang Sajuta terletak di kanagarian Pakan Sinayan, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Gapura Sajuta Janjang
Gapura Sajuta Janjang. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Rute Menuju Janjang Sajuta

Lokasi Janjang Sajuta sekitar 42 km dari pusat Kota Agam dengan estimasi waktu sekitar 1,5 jam. Ketika kamu sudah berada di simpang empat Pasar Padang Luar belok ke kiri, terus lurus sejauh kurang lebih 2 km.

Kemudian belok kiri menuju kawasan pemukiman warga, setelah menemukan jalan yang bercabang belok ke kiri kembali. Kamu akan memulai perjalanan dengan jalan yang menanjak dan berkelok-kelok.

Suasana mulai terasa sejuk dengan rindangnya pepohonan di sepanjang perjalanan, sesekali kamu akan menjumpai rumah warga. Tetaplah berada di jalur sebelah kiri, dan ikuti jalanan yang sudah beraspal.

Kondisi jalannya mulus dan dapat dilalui oleh kendaraan motor maupun mobil. Namun jika kamu menggunakan mobil, harus lebih waspada dan berhati-hati. Karena kondisi jalan yang tak terlalu lebar, sehingga harus ekstra tindakan ketika berpapasan dengan mobil lain dari arah yang berlawanan.

Kemudian ketika kamu menemukan jalan persimpangan kembali beloklah ke arah kiri melalui jalanan yang sudah di cor, kemudian kamu akan menemukan sebuah tulisan Lereng Singgalang.

Kondisi jalan sangat menanjak dan berbelok, jadi kamu harus berhati-hati. Dari tulisan tadi sekitar 250 meter lagi tiba di area Sajuta Janjang. Lokasinya berada di sebelah kiri jalan.

Jam Buka Janjang Sajuta

Jam operasional Janjang Sajuta dibuka mulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 17.00. Sedangkan untuk hari Jum’at lokasi wisata ini ditutup untuk umum.

Tiket Janjang Sajuta

Tidak ada tiket masuk yang diberlakukan ketika kamu mengunjungi Janjang Sajuta ini, namun kamu hanya perlu membayar tiket parkir sebesar:

  • Untuk motor harus membayar sebesar Rp. 5.000 per unitnya
  • Sedangkan untuk mobil sebesar Rp. 10.000 per unitnya

Fasilitas Janjang Sajuta

Fasilitas pendukung yang ada di lokasi Janjang Sajuta diantaranya:

  • Area parkir yang luas
  • Mushola
  • Kamar mandi atau Toilet
  • Mushola
  • Warung-warung makanan dan minuman

Daya Tarik Janjang Sajuta

Meskipun hanya sebuah jembatan penghubung, namun Janjang Sajuta memiliki daya tarik tersendiri. Yakni diantaranya:

1. Jembatan Yang Kece Badai

Sajuta Janjang
Sajuta Janjang. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Foto Selfie di Taman Gunung Batu Karang

Kita patut berbangga diri dengan kehadiran Sajuta Janjang di Indonesia, khususnya untuk masyarakat Kabupaten Agam. Karena ternyata kita mampu membuat sebuah jembatan yang kece badai seperti ini.

Meskipun tujuan awal pembuatan jembatan ini hanyalah sebuah penghubung, namun ternyata Sajuta Janjang menjadi icon dari Lereng Singgalang.

Trekking yang akan kamu lakukan sejauh 3,7 km dengan menghadirkan panorama alam yang sangat indah. Pemandangan di awal trekking akan tampak Nagari Balingka dan Ngarai Sianok.

Kemudian ketika kamu berada di tengah perjalanan, kamu akan menyaksikan Gunung Marapi, Aua Kuning serta Jam Gadang. Kemudian ketika tiba di puncak pinus akan nampak Bukit Taman Raya Balingka serta Kota Bukit Tinggi.

Meskipun cukup melelahkan namun hal tersebut terbayarkan dengan apa yang kamu saksikan di sepanjang perjalanan. Jika kamu lelah beristirahatlah sambil mengambil beberapa gambar dengan keindahan tersebut.

2. Pelataran Pinus Di Puncak Bukit Singgalang

Panorama Alam Di Puncak Bukit Singgalang
Panorama Alam Di Puncak Bukit Singgalang. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Ketika tiba di puncak Bukit Singgalang, panorama alam yang terhampar di depan mata sungguh sangat mengagumkan. Kamu dapat melihat kota yang dikelilingi oleh barisan gunung dan bukit-bukit.

Keadaan di puncak memang cukup dingin namun menyegarkan, udara yang kamu hirup sangat segar. Hal tersebut karena kehadiran Pohon Pinus, yang dapat memberikan udara yang lebih bersih juga segar.

Deretan Pohon Pinus
Deretan Pohon Pinus. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Deretan pohon pinus membuat kita semakin mencintai keindahan di Sajuta Janjang, karena telah memanjakan mata dan diri ini dengan keindahan alamnya yang luar biasa.

3. Spot Foto

Lokasi wisata yang satu ini pasti akan membuat siapa saja betah untuk berlama-lama disini, apalagi untuk kamu yang mencintai dunia fotografi atau kamu yang doyan selfie.

Keindahan alam memang selalu jadi spot foto terbaik, kamu dapat berfoto ketika sedang berada di Janjang Sajuta dengan segala keunikan dan keindahan yang ada.

Atau kamu juga bisa berfoto ketika di pelataran pohon pinus dengan deretan pinus yang menjulang tinggi, ditambah dengan keindahan Kota Bukit Tinggi dari ketinggian.

Mengabadikan Keindahan Alam
Mengabadikan Keindahan Alam. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Grand Sayang Kaak Ciamis

4. Menikmati Keindahan Alam

Selalu Ramai Dikunjungi
Selalu Ramai Dikunjungi. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Nikmatilah apa yang telah diberikan ketika kamu berada di Janjang Sajuta, panorama alam yang memanjakkan mata seakan dapat melupakan semua kepenatan dalam diri.

Dengan duduk-duduk di tempat yang sudah disediakan ketika berada di puncak, kamu dapat menikmati keindahan sambil ditemani secangkir kopi atau teh hangat.

Sangat menyegarkan jiwa dan raga, resap energi positif yang diberikan alam buang energi negatif yang ada dalam diri.

Tips Wisata

Tips wisata berikut semoga bermanfaat untuk kamu yang berencana mengunjungi Sajuta Janjang, yakni:

  • Perhatikan kondisi cuaca sebelum kamu berangkat, cuaca yang cerah merupakan waktu yang tepat.
  • Berhati-hatilah ketika melajukan kendaraan menuju lokasi, apalagi jika kamu menggunakan kendaraan mobil.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman untuk digunakan berjalan kaki.
  • Berhati-hatilah ketika mengambil gambar atau video, karena kamu sedang berada di ketinggian.
  • Jaga selalu kebersihan dan keasrian lokasi Sajuta Janjang.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan alam di Sajuta Janjang.

Simak juga: Taman bunga indah Merangin Garden

Penutup

Tuhan memang baik kepada kita manusia, Dia memberikan kita kemudahan serta keindahan untuk tinggal di bumi ini dengan percuma. Maka, jaga selalu alam yang sudah Tuhan berikan.

Jika kita menjaga alam, maka alam akan menjaga kita. Nikmatilah alam yang disajikan Tuhan di Sajuta Janjang!


Tinggalkan komentar