Janjang Sajuta, The Great Wall Of Sumatera Barat

Sejuta Janjang aslinya adalah fasilitas jalan menuju lokasi Pelataran pinus di puncak Singgalang. Namun lokasi ini justru menjadi incaran bagi wisatwan karena memiliki pemandangan yang sangat mengagumkan.

Sejuta Janjang aslinya adalah fasilitas bagi pengunjung sebagai sarana atau jalan menuju lokasi Pelataran pinus di puncak Singgalang. Namun sepanjang perjalanan itu, pengunjung justru akan menikmati pemandangan yang luar biasa indah
Janjang Sajuta. Image via: infopublik.id

Sejuta Janjang memiliki panjang sekitar 3,7 km dengan awal rute dari pinggir jalan Provinsi Padang Luar Lubuk Busung dan ujungnya merupakan pepohonan pinus. Pada awal perjalanan pengunjung akan mendapati pemandangan Nagari Balingka dan Ngarai Sianok.

Kemudian, pada saat sudah setengah pengunjung bisa menyaksikan pemandangan dari gunung Marapi. selanjutnya sesampainya di bukit pinus pengunjung akan melihat pemandangan Bukit tmTaman raya Balingka dan kota Bukittinggi.

Dari lokasi ini Kota Bukittinggi nampak begitu indah dengan Kabupatebn Agam yang mengelilinginya. Tak hanya itu lokasi di ketinggian 1200 mdpl ini juga merupakan tempat favorite bagi pengunjung yang berolahraga terutama jogging.

Gunung Merapi tampak gagah dari janjang sajuta
Gunung Merapi. Image via: travelingyuk.com

Simak juga: Aneka wisata di Sumatera Barat

Lokasi Janjang Sajuta

Janjang Sajuta dengan plataran Pinus Lereng Singgalang, berada di kanagarian Pakan Sinayan, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Meski objek wisata ini belum seratus persen rampung pengerjaannya, namun para pengunjung sudah mendatangi lokasi tersebut.

Dari pusat kota Agam, lokasi wisata Janjang Sajuta, sekitar 42 km. Jarak ini biasa bisa ditempuh dengan waktu 1.5 jam.

Jam Buka Janjang Sajuta

Untuk masuk ke sini, pengunjung harus sudah sampai di lokasi saat siang hari. Tujuannya supaya tetap bisa melihat keindahan panorama sekitar. Selain itu, pemerintah setempat hanya membuka kunjungan hingga pukul 17.00 saja, dikarenakan untuk keamanan pengunjung itu sendiri.

Kontur alam yang penuh tanjakan dan berliku, tidak memungkinkan dikunjungi saat gelap.

Lereng Singgalang adalah loaksi dari janjang sajuta tanah agam sumbar ini
Lereng Singgalang. Image via: prokabar.com

Tiket Janjang Sajuta

Tidak ada biaya untuk masuk ke Sajuta Janjang alias gratis. Ini dikarenakan tempat tersebut masih menjadi wisata baru. Selain itu, pemerintah setempat juga ingin mempromosikan Janjang Sajuta lebih luas ke khalayak ramai.

Pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir saja yakni untuk sepeda motor Rp 3000 dan mobil Rp 5000.

Fasilitas Janjang Sajuta

Selain fasilitas utama berupa jalan setapak bertangga dan plaza, Janjang Sajuta juga memilki fasilitas penunjang wisata. Paling tidak telah tersedia fasilitas Musholla, MCK, dan pos jaga.

Daya Tarik Janjang Sajuta

  1. Trek Hikking

tembok cina dari Sumatera BArat
“Tembok Cina”. Image via: @Ceritapadang

Simak juga: Foto Selfie di Taman Gunung Batu Karang

Sejuta Janjang merupakan kawasan wisata yang menghadirkan pemandangan alam di lereng Gunung Singgalang sebagai daya tarik utamanya. Bahkan kini lokasi ini sudah menjadi salah satu ikon dari Kabupaten Agam.

Selama perjalanan menaiki ratusan anak tangga menuju puncak pengunjung akan disuguhkan dengan panorama alam kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam yang nampak begitu mempesona. Selai itu pemandangan berupa hamparan perkebunan sayurpun akan setia menemani perjalanan.

Pada saat sampai di puncak, rasa lelah setelah berjalan di jamin akan langsung hilang. Tentu saja pemandangan yang dihadirkan di puncak ini akan menghilangkan rasa lelah setelah menempuh ratusan anak tangga tadi. Potret gunung Marapi dan Gunung Singgalang akan menjadi hidangan utama pada saat di puncak.

  1. Panorama Alam

Indahnya alam Singgalang di lihat dari janjang Sajuta.
Indahnya alam Singgalang. Image via: @Sumbarholiday

Sajuta Janjang merupakan salah satu wisata alam yang wajib dikunjungi bagi wisatawan pecinta alam. Hal ini dikarenakan kawasan ini memiliki pemandangan yang sangat mengagumkan. Hal ini tentunya dapat membuat siapa pun yang berada di lokasi ini ingin berlama-lama menikmati keindahannya.

Kehadiran pemandangan indah ini tentu menjadikan kawasan ini sebagai area yang cocok bagi para pemburu foto. Para pengunjung dapat mengabadikan momen pada saat berada di sajuta Janjang yang kerap disebut memiliki kemiripan dengan tembok cina.

Kemudian, pada saat berada di puncak pengunjung juga dapat bersantai menikmati pemadangan sambil mencicipi berbagai makanan yang dijual di sekitar puncak Sajuta Janjang.

  1. Pelataran Pinus

Berada di ketinggian 1.200 Meter di Atas Permukaan Laut (MdPL) menawarkan panorama alam nan memukau ditemani suhu yang dingin dingin, apalagi jika berkunjung ketika mentari belum terlalu tinggi di timur.
Plaza Pinus. Image via: id.pinterest.com

Simak juga: Grand Sayang Kaak Ciamis

Pada saat mencapai puncak Sajuta Janjang, pengunjung akan langsung mendapati area dengan pepohonan pinus yang menyejukan suasana. Pepohonan pinus ini tentunya memberi udara yang sejuk dan segar setelah melakukan perjalan menaiki anak tangga.

Dari area ini jug pengunjung dapat menyaksikan pemandangan Gunung Marapi, Jam Gadang Bukit Tamanraya Balingka, dan kota Bukittinggi. Di sisi lain area ini berada pada ketinggian sekitar 1.200 mdpl sehingga udara yang tersaji di area ini sangatlah sejuk dan segar. Hal ini tentunya akan membuat para pengunjung merasa nyaman dan betah dan hal ini akan membuat pikiran kembali segar kembali.

Tips Mengunjungi Janjang Sajuta

  • Datang lah pada pada saat cuaca cerah karena pemandangan lereng Gunung Singgalang akan nampak jelas. Dengan begitu bagi pengunjung yang berfoto dengan latar pemandangan ini tak akan terganngu oleh awan gelap.
  • Berhati-hatilah pada saat hendak berfoto. Spot-sppot berfoto yang ada di lokasi ini mayoritas ckup tinggi sehingga menuntut para pengunjung selalu waspada dan berhati-hati agar tidak terjatuh.
tempat sampah salah satu fasilitas yang disediakan pengelola janjang sajuta.
Buanglah mantan pada tempatnya. Image via: @jovemiyoshaa

Simak juga: Taman bunga indah Merangin Garden

Objek Wisata Dekat Janjang Sajuta

Selain wisata dataran tinggi, Kabupaten Agam juga punay wisata Danau. Yaitu Danau Maninjau. Danau dan merupakan sebuah kaldera dari letusan besar gunung api. Pemandangan di sekeliling danau ini sangat menarik. Bukit-bukit yang diselimuti kabut dan pepohonan yang hijau akan menyambut. Di sini pengunjung akan merasakan suasana yang amat tenang.

Selain danau di Agam juga ada Air Terjun, salah satunya Air Terjun Gadih Ranti. Air terjun ini benar-benar indah dan memebuat pengunjung tak sabar menceburkan diri ke pemandian yang jernih. Lokasi wisata ini terletak di perbatasan Jorong Dama Gadang dengan Jorong Arikia, Nagari Tanjung Sani, Kecamatan Tanjung Ray.

Demikianlah sekilas gambaran keindahan dari wisata Janjang Sajuta di Agam Sumatera Barat ini. Walau sekarang masih musim Corona, namun tidak ada salahnya mulai merencakan agenda perjalanan mulai saat ini. Sehingga ketika wabah berakhir, anda bisa segera berwisata ke lokasi-lokasi idaman.

Baca juga:

Leave a Comment