Air Terjun Langkuik Tinggi, Air Terjun Di Malalak Yang Bertaraf Internasional

Malalak, mungkin sedikit sekali orang yang ada di Indonesia mengenal Malalak. Hal tersebut wajar, karena Malalak merupakan Kecamatan termuda yang ada di Kabupaten Agam.

Yang menarik adalah, di Malalak setidaknya terdapat 17 air terjun yang mempunyai karakter dan pesona keindahan yang sangat luar biasa.

Air Terjun Langkuik Tinggi
Air Terjun Langkuik Tinggi. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Salah-satunya adalah Air Terjun Langkuik Tinggi. Apa sebetulnya yang sangat menarik sehingga penulis berani menyatakan bahwa Air Terjun Langkuik Tinggi bertaraf internasional. Inilah alasannya :

1. Kawasan Malalak

Alasan yang pertama karena banyaknya air terjun yang sangat indah, maka Kecamatan Malalak seharusnya menjadi kawasan wisata alam air terjun.

Selain Air Terjun Langkuik Tinggi, terdapat air terjun lainnya yang sangat terkenal juga dengan keindahannya, yaitu Air Terjun Langkuik Tamiang.

Air Terjun Langkuik Tamiang
Air Terjun Langkuik Tamiang. Sumber: andoeankadventure.blogspot.com

Dengan demikian, saat wisatawan datang ke Malalak, maka mereka akan disajikan banyak pilihan objek wisata alam air terjun. Selain dari destinasi wisata lainnya yang ada di Malalak.

2. Kawasan Air Terjun Langkuik Tinggi

Lokasi Air Terjun Langkuik Tinggi terletak di kaki Gunung Singgalang, dan Tandikek. Para pengunjung sebelum sampai di lokasi utama Air Terjun Langkuik Tinggi, akan disajikan dengan kehadiran air terjun lainnya.

Dalam kawasan tersebut banyak sekali air terjun dengan view yang sangat menawan. Ketinggiannya berbeda-beda, namun memiliki kesamaan dalam hal keindahan.

Salah-Satu Air Terjun Lainnya
Salah-Satu Air Terjun Lainnya. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Semua air terjun tersebut berada dalam satu jalur dengan Air Terjun Langkuik Tinggi. Ironis jika pengunjung tidak bisa mengatakan sangat puas berkunjung ke Air Terjun Langkuik Tinggi.

Hanya dengan tiket masuk Rp. 5.000 saja, para pengunjung akan mendapatkan sajian lebih dari satu air terjun, dengan pesona yang sangat menawan.

Trekking Menuju Air Terjun Langkuik Tinggi

Jika kita menyimaka bahwa kebanyakan objek wisata alam air terjun banyak sekali dikunjungi oleh para wisatawan lokal, nasional, maupun internasional, bahwa kondisi jalur trekking sangat mempengaruhi hal tersebut.

Meskipun banyak juga lokasi air terjun yang sering dikunjungi oleh para wisatawan meskipun kondisi jalur trekkingnya belum optimal. Namun tetap bahwa optimalisasi jalur, serta ketersediaan fasilitas, dan ragam wahana adalah faktor yang sangat penting.

Dan inilah yang dialami oleh Air Terjun Langkuik Tinggi, trekking menuju lokasi utamanya sangat menguras tenaga, belum optimal, serta menuntut para pengunjungnya untuk selalu ekstra hati-hati.

Traveler yang datang wajib menggunakan jasa guide yang sudaah disediakan oleh pihak pengelola. Hal tersebut sebagai bentuk pelayanan kenyamanan, dan keamanan dalam berwisata.

Saya mencoba membagi menjadi 2 bagian trekking menuju Air Terjun Langkuik Tinggi. Diantaranya :

1. Trekking Bagian Pertama

Setelah melakukan registrasi, dan pembayaran tiket masuk, maka para pengunjung akan mendapatkan jasa guide, serta pengarahan.

Kondisi trekking di tahap pertama akan berjalan di sepanjang perkebunan, atau hutan. Kehadiran pepohonan bisa memberikan keteduhan selama di perjalanan.

Yang harus disiapkan terlebih dahulu selain kondisi badan yang harus prima, maka gunakan alas kaki yang tepat, serta gunakan sarung tangan. Karena ada beberapa tumbuhan yang bisa menyebabkan gatal-gatal pada kulit.

Kondisi jalur di bagian pertama ini masih berupa tanah, serta tanjakan, maupun turunanya belum berbentuk tangga. Hanya berupa lapisan tanah, dan bebatuan.

Trekking Menuju Air Terjun Langkuik Tinggi
Trekking Menuju Air Terjun Langkuik Tinggi. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Oleh karena itu kunjungan ke Air Terjun Langkuik Tinggi jangan di musim hujan. Karena trekkingnya akan sangat sulit, dan licin. Apalagi di beberapa titik, turunannya sangat miring, apalagi saat pulang akan terasa lebih sulit.

2. Trekking Bagian Ke Dua

Trekking di bagian ke dua diawali melintas di sungai – sungai kecil terlebih dahulu, hingga pada akhirnya sampai di sebuah sungai yang cukup besar, denga arus air yang kuat.

Trekkingnya di samping sungai tersebut, serta di beberapa titik harus menyebrangi sungai. Terdapat sebuah tali yang membentang ke seberang sungai.

Tali tersebut berfungsi sebagai pegangan untuk melintas di tengah arus sungai yang cukup kuat. Jadi traveler wajib membawa baju ganti, serta tas anti air untuk mengamankan alat elektronik.

Trekking Melewati Sungai
Trekking Melewati Sungai. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Tantangan berbanding lurus dengan sajian keindahannya. Di trekking inilah dimulai sajian keindahan air terjun satu per satu.

Trekking untuk sampai di Air Terjun Langkuik Tinggi akan terus seperti itu, dan akan menyaksikan banyak sekali air terjun yang menawan.

Salah-Satu Air Terjun Di Jalur Trekking
Salah-Satu Air Terjun Di Jalur Trekking. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Akhir trekking tersaji sebuah air terjun yang tinggi, dengan arus air yang sangat kuat dan besar. Itulah Air Terjun Langkuik Tinggi.

Sisakan tenaga, karena anda harus kembali pulang.

Pesona Keindahan Air Terjun Langkuik Tinggi

Air Terjun Langkuik Tinggi memiliki arus air yang turun sangat deras sekali. Sehingga percikan airnya bisa mencapai radius 15 meter.

Kolam utamanya sangat dilarang untuk melakukan aktivitas berenang, karena memiliki pusaran air yang kuat. Aktivitas berenang, atau mandi, dan bermain air bisa dilakukan di air terjun sebelumnya, atau di titik aliran air.

Ketinggian Air Terjun Langkuik Tinggi sekitar 100 meter. wajar saja, meskipun hanya berdiri, baju para pengunjung akan tetap kebasahan karena percikan airnya.

Pesona Keindahan Air Terjun Langkuik Tinggi
Pesona Keindahan Air Terjun Langkuik Tinggi. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Pesona alam sekitar juga sangat menawan. Keberadaan pohon-pohon besar, suara air, sejuknya udara sekitar, serta tebing-tebing batu,menjadi orkestra alam yang tersaji di Air Terjun Langkuik Tinggi.

Selama di lokasi tersebut, selalu patuhi arahan, dan protokol yang disampaikan oleh guide. Demi keselamatan, dan kenyamanan berwisata.

Derasnya Air Terjun Langkuik Tinggi
Derasnya Air Terjun Langkuik Tinggi. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Kunjungan terbaik ke objek wisata Air Terjun Langkuik Tinggi sebaiknya dilakukan tidak di puncak musim penghujan. Oh iya, kata Langkuik mempunyai arti “Air Terjun”. Sehingga arti nama Air Terjun Langkuik Tinggi adalah air terjun yang sangat tinggi.

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Langkuik Tinggi

Lokasi Air Terjun Langkuik Tinggi terletak di kaki Gunung Singgalang, dan Tandikek. Alamat Air Terjun Langkuik Tinggi berada di Kecamatan Malalak, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat.

Rute Menuju Air Terjun Langkuik Tinggi

Rute menuju Air Terjun Langkuik Tinggi bisa melalui Bukittinggi, dengan jarak sekitar 40 kilometer. Akses jalannya bisa dilalui oleh kendaraan roda empat, maupun roda dua hingga sampai di lokasi parkiran.

Jika perjalanan dari Padang, maka bisa melalui terminal Sicincin, kemudian menuju arah Koto Mambang, kemudian ke Tandikek, dan terakhir masuk ke Jorong Nyiur.

Setelah sampai di lokasi parkiran. Maka lanjutkan dengan cara berjalan kaki, ditemani oleh guide yang sudah disediakan.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Langkuik Tinggi

Harga tiket masuk Air Terjun Langkuik Tinggi adalah :

  • Rp. 5.000 tiket masuk per orang
  • Rp. 5.000 tarif parkir

Jam Operasional Air Terjun Langkuik Tinggi

  • Jam operasional Air Terjun Langkuik Tinggi buka dari pukul 08.00-15.00.
  • Air Terjun Langkuik Tinggi buka dari hari Senin-Minggu.

Penginapan

Tidak ada penginapan di Air Terjun Langkuik Tinggi.

Penutup

Harapan terbesar semoga saja ragam wahan, fasilitas, serta penataan jalur trekking bisa segera terealisasi. Meningat animo yang sangat luar biasa dari para pengunjung.

Dukungan dari semua pihak adalah kunci utamanya. Dan sumbangsih dari pengunjung adalah denga cara tidak membuang sampah dimana saja, karena “Sampahmu, Adalah Dosamu”.


Leave a Comment