Ngarai Sianok, Geopark Nasional Layaknya Green Canyon Amerika

Ngarai Sianok kian terjaga kelestarian, pesona keindahan, serta kemegahannya setelah ditetapkan sebagai Geopark Nasional pada tahun 2018.

Sebuah mahakarya alam berupa ngarai yang megah, yang memiliki panjang sekitar 15 kilometer, yang sering disamakan juga dengan lukisan alam Green Canyon di Colorado, Amerika.

Sebetulnya gambar Ngarai Sianok, Kota Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat, tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Hanya saja banyak yang idak menyadarinya.

panorama alam ngarai sianok
panorama alam ngarai sianok. google maps. sumber: Bhekti Lestari

Gambar Ngarai Sianok bisa anda lihat di bagian belakang pecahan uang Rp. 2.000. Selain gambar Tari Piring, terdapat juga lukisan Ngarai Sianok.

Ngarai Sianok merupakan wisata Bukittinggi yang bisa menjadi pilihan destinasi wisata di akhir pekan bersama keluarga anda. Bukan hanya sebatas tempat wisata alam saja, namun Ngarai Sianok menyajikan juga nilai sejarah, dan edukasi.

Catatan penting, meskipun PPKM hanya untuk wilayah Jawa, dan Bali saja. Namun bukan berarti yang ada di luar pulau tersebut mesti lalai terhadap protokol kesehatan. Dan inilah informasi tentang Ngarai Sianok yang sudah kami siapkan untuk anda.

Lokasi Dan Alamat Ngarai Sianok

Lokasi Ngarai Sianok terdapat di kawasan Geopark Ngarai Sianok-Maninjau. Secara administratif, sebetulnya Ngarai Sianok masuk ke Kota Bukittinggi, dan Kabupaten Agam.

Adapun alamat Ngarai Sianok berada di Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Dan alamat yang masuk ke Bukittinggi berada di Taman Panorama, Kayu Kubu, Kecamatan Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat.

Rute Menuju Ngarai Sianok

Jalan menuju Ngarai Sianok dari pusat Kota Bukittinggi cukup dekat, dan bisa dilalui oeh kendaraan roda dua, maupun roda empat hingga ke area parkiran.

Bagi anda yang datang dari Bandara Internasional Minangkabau, bisa menggunakan jasa travel untuk bisa sampai di lokasi Ngarai Sianok.

arena bermain anak
arena bermain anak. google maps. sumber: Ega Arisandi

Harga Tiket Masuk Ngarai Sianok

  • Tiket masuk Ngarai Sianok Rp. 10.000 per orang.
  • Harga tiket masuk di luar biaya parkir.

Jam Buka Ngarai Sianok

  • Ngarai Sianok buka dari pukul 09.30 – 17.30.
  • Ngarai Sianok buka setiap hari, kecuali hari Jumat.
rute menuju lobang jepang
rute menuju lobang jepang. google maps. sumber: adrian risza firlana

Fasilitas Di Ngarai Sianok

Fasilitas wisata di Ngarai Sianok sudah sangat memadai, seperti:

  • Area parkir,
  • Toilet,
  • Cafe, dan kantin.
  • Spot untuk hunting foto.

Bahkan di dekat lokasi Ngarai Sianok terdapat penginapan, ataupun villa. Soal harga sangat ditentukan oleh jenis fasilitasnya.

pemandangan ala green canyon amerika
pemandangan ala green canyon amerika. google maps. sumber: Editin

Sejarah Ngarai Sianok

Ngarai Sianok merupakan tempat wisata alam yang terbentuk karena proses alam yang terjadi jutaan tahun yang lalu. Sejarah Ngarai Sianok dimulai dari proses tensional, Kala Eosen, sampay kepada proses Oligosen.

Ditambah lagi dengan proses alam berupa letusan gunung purba, yang bernama Gunung Api Purba Maninjau. Seperti yang sudah lumrah diketahui oleh masyarakat bahwa efek dari letusan gunung berapi, bisa berdampak terhadap kesuburan tanah di sekitarnya.

Dan kini, fakta-fakta proses alam tersebut bisa terlihat jelas dengan indah. Ditambah lingkungan kawasan sekitar Ngarai Sianok yang subur, dan dimanfaatkan sebahai lahan pertanian warga.

spot foto kece
spot foto kece. google maps. sumber: Ahmadi Yusuf

Misteri Ngarai Sianok

Misteri Ngarai Sianok terkait cerita tentang naga yang sangat besar yang membelah daratan, sebagai cikal-bakal terbentuknya Ngarai Sianok.

Cerita yang melegenda tersebut bermula dari pertarungan antara Katik Muno dengan Sang Purba. Padahal, Sang Purba adalah atasan dari Katik Muno.

Berdasar kepada legenda yang berkembang dari mulut ke mulut, bahwa kelokkan yang ada di lembah Ngarai Sianok terbentuk dari bentuk naga.

Aliran sungai yang ada di lembah Ngarai Sianok juga mulanya merupakan aliran api. Namun sebagai bukti permintaan maaf Katik Muno kepada Sang Purba, api tersebut berubah menjadi air.

Begitulah tempat wisata di Indonesia yang selalu memiliki bonus wisata berupa cerita mistis, atau misteri, legenda, hingga fakta sejarah.

Daya Tarik Ngarai Sianok

1. Layaknya Green Canyon Amerika

ngarai sianok
ngarai sianok. google maps. sumber: ?

Daya tarik yang pertama tentu saja keberadaan tebing-tebing batu, atau ngarai yang berdiri megah, kokoh, yang bernama Ngarai Sianok.

Ngarai Sianok memiliki tinggi sekitar 100 meter, panjang 15 kilometer, serta memiliki lebar sekitar 200 meter. Di bawah Ngarai Sianok terdapat Sungai Batang Sianok yang mengalir berkelok-kelok mengikuti bentukan Ngarai Sianok.

Terdapat perpaduan panorama yang eksotis, sekaligus menjadi latar alam bagi Ngarai Sianok, yaitu pesona keindahan, dan kemegahan Gunung Singgalang.

Pesona keindahannya sering disamakan denga keindahan Green Canyon Colorado, Amerika. Dan untuk kelestarian alam di kawasan Ngarai Sianok, maka ditetapkan statusnya menjadi Geopark Ngarai Sianok.

2. Lobang Jepang

lobang jepang
lobang jepang. google maps. sumber: Bhekti Lestari

Di Panorama Ngarai Sianok terdapat sajian wisata edukatif bukti sejarah, berupa Goa Jepang, atau disebut dengan nama Lobang Jepang.

Lobang Jepang dibangun pada tahun 1942, pada masa pendudukan Jepang di Indonesia. Goa Jepang memiliki panjang sekitar 1.400 meter, serta memiliki lebar sekitar 2 meter.


Tinggalkan komentar