Cikao Park Purwakarta Dengan 4 Zona, dari Zona Air Sampai Zona Adventure

Cikao Park Purwakarta adalah taman wisata yang terdiri dari berbagai macam wahana. Salah satu yang paling populer dari tempat ini yaitu kolam renangnya. Nama Cikao Park sendiri diambil dari nama Sungai Cikao yang melintasi Kabupaten Purwakarta.

Cikao Park Purwakarta adalah taman wisata yang terdiri dari berbagai macam wahana. Salah satu yang paling populer dari tempat ini yaitu kolam renangnya
Cikao Park Purwakarta. Image via: @officialcikaopark

Mengenai wahana di Cikao Park, tempat wisata ini memiliki 4 zona seru. Zona yang pertama yaitu zona Adventure. Di zona ini pengunjung dapat memompa adrenalin dengan menaiki wahana seperti rolercoster, bumpercar, atv offroad, bebek air dan banyak lagi.

Zona yang kedua yaitu zona air atau water park Cikao. Berbagai keseruan akan terasa di zona ini. Pengunjung dapat bermain air di spot – spot seru di dalam zona ini. Spot tersebut diantaranya kolam dengan batu warna-warni, kolam pantai lengkap dengan pasir laut dan ombak, hingga kolam busa yang sangat mengasikkan.

Berikutnya zona ketiga, yaitu zona minizoo. Di dalam zona ini pengunjung dapat mengenalkan berbagai satwa kepada anak – anak. Jadi selain berlibur dan bermain wisatawan juga dapat edukasi.

Terakhir yaitu zona Food. Setelah puas bermain dan berkeliling Cikao Park Purwakarta, pengunjung dapat sekaligus mencicipi berbagai kuliner lezat di zona Food ini. Terdapat berbagai stand makanan mulai dari makanan tradisional hingga makanan siap saji.

Cikao Park Purwakarta diantaranya memiliki kolam dengan batu warna-warni
Penataan yang mempesona. Image via: @hellojabar

Simak juga: 23 lokasi wisata populer di Purwakarta

Lokasi Cikao Park Purwakarta

Cikao Park Purwakarta berada di Jalan Raya Sukatani, Cisalada, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Rute Cikao Park Purwakarta

Jika pengunjung berangkat dari pusat kota Purwakarta, mereka hanya membutuhkan waktu sekitar 16 menit dengan jarak 5 KM untuk sampai di Cikao Park Purwakarta.

Pengunjung dari arah Bandung via tol dapat keluar di pintu tol Jatiluhur kemudian ikuti petunjuk arah menuju kawasan industri Cikao.

Jam Buka Cikao Park Purwakarta

Pengunjung yang ingin berkunjung ke Cikao Park tak perlu khawatir soal pemilihan hari kunjungan, karena tempat wisata ini  buka setiap hari.

Cikao Park Purwakarta buka mulai pukul 08.00 pagi hingga 18.00 sore.

Tiket Cikao Park Purwakarta

Untuk menikmati berbagai wahana yang tersedia di Cikao Park, para pengunjung wajib membeli tiket masuk terlebih dahulu. Dari akun Instagram Cikao Park, berikut informasi harga tiket masuk Cikao Park:

  • Weekday (Senin-Jumat)

– Pintu utama: Rp 10.000

– Water Park: Rp 40.000

– Taman Satwa: Rp 20.000

– Rumah Ilusi: Rp 30.000

  • Weekend (Sabtu-Minggu) dan Hari Libur Nasional

– Pintu utama: Rp 20.000

– Water Park: Rp 50.000

– Taman Satwa: Rp 30.000

– Rumah Ilusi: Rp 40.000

Cikao park purwakarta memiliki kolam pantai lengkap dengan pasir laut dan ombak
Pasir Pantai. Image via: cikaopark.com

Simak juga: Berendam Air hangat di tengah Kota Bogor, di Marcopolo

Fasilitas Cikao Park Purwakarta

Demi kenyamanan para pengunjung, Cikao Park Purwakarta juga dilengkapi dengan sejumlah fasilitas penunjang. Diantaranya area parkir, toilet, tempat ibadah, hingga tempat makan.

Dengan segala keseruan yang ditawarkan, tak heran jika Cikao Park selalu ramai dikunjungi, terlebih saat liburan akhir pekan.

Daya Tarik Wahana Cikao Park Purwakarta

  1. Waterpark

Cikao Park Purwakarta menyediakan kolam renang cantik dengan tepi kolam renang yang dihiasi batuan warna warni. Pengunjung  juga dapat menikmati kolam ombak dengan desain pantai pasir putih yang pastinya memiliki sensasi seru tersendiri. Selain itu juga terdapat gazebo jerami yang membuat waterpark ini semakin unik.

Sungai Instagramable.

Sungai Instagramable. Image via: wisatakaka.comDi lokasi wisata ini pengunjung juga akan mendapati kolam yang sangat mirip dengan pantai. Anak-anak dapat bermain membuat istana pasir dari pasir putih yang ada di kolam ini. Tak hanya itu, begitu di kolam ini juga pengunjung dapat merasakan desiran ombak ketika mencebur ke kolam.

Kemudian, ada lagi kolam busa, pengunjung dapat menikmati mandi busa di kolam busa. Pengunjung akan bersenang-senang dengan busa-busa yang bertaburan semburan air dari air pancur di kolam yang luas.

KOlam BUsa di cikao park purwakarta

Kolam Busa. Image via: wisataoke.comSimak juga: Taman wisata air bertema Pewayangan Pandawa

Selain kolam-kolam unik tadi, pengunjung juga dapat menikmati berbagai wahana laninnya yang tersedia disini, seperti seluncuran spiral, hingga Race Slides.

  1. Taman Satwa

Pengunjung juga dapat menikmati wisata edukasi di taman satwa Cikao Park. terdapat bcukup banayak satwa di sini seperti, iguana, monyet dan juga harimau. Selain itu juga terdapat Bird Park yang memamerkan berbagai macan jenis unggas seperti burung beo, kalkun dan merak.

Dengan mengunjungi taman satwa ini, anak-anak dapat bersenang-senang sekaligus belajatr dabn beriteraksi dengan binatang secara langsung.

pengunjung dapat memberi makan hewan sendiri. Seraya belajar, anak-anak dapat berinteraksi dengan hewan secara langsung.

Memberi makan Kelinci. Image via: @officialcikaopark

  1. Lampion Garden dan Rumah Hobbit

Lampion Garden di Cikao Park Purwakarta menyediakan tempat untuk pengunjung bisa menikmati saat malam. Kegiatan bisa diisi dengan jalan-jalan santai atau berfoto ria dengan latar belakang ornamen cantik lampion yang menyala.

Lokasi yang dianggap sebgai taman lampion terbesar di Jawa Barat ini dapat digunakan oleh pengunjung sebagai latar foto yang sangat keren. Pengunjung dapat melihat berbagai macam lampion cantik yang gemerlap dengan macam-macam bentuk.

ada juga Rumah Hobbit. Sebuah rumah dengan pintu bulat seperti di film The Hobbit.

Rumah Hobbit. Image via: @kulinerpwkSimak juga: Kemah rekreasi di Mandalawangi Camping Ground

Di area yang bersebelahan ada juga Rumah Hobbit. Sebuah rumah dengan pintu bulat seperti di film The Hobbit. Bedanya rumah hobit disini ukurannya besar, berbeda dnegan rumah hobit umumnya yang dibuat kecil, sesuai cerita di dalam film.

Di dalam Area taman ada juga sejumlah rumah jamur kecil berwarna-warni di beberapa tempt. Ada kelinci-kelinci menggemaskan yang menghuni rumah jamur tersebut. Pengunjung dapat memberi makanan, dan juga berfoto foto.

  1. Rumah Ilusi

Rumah Ilusi denganhasil foto yang tampak nyata
Rumah Ilusi. Image via: cikaopark.com

Rumah Ilusi merupakan salah satu wahana terbaru di Cikao Park. Di rumah ilusi ini ada fortex tunnel atau terowongan berputar. Wahana ini cukup unik dan jarang dijumpai di tempat wisata lain. Pengunjung bisa menikmati keseruan wahana ini dan berswafoto di sana.

Rumah ilusi ini menyuguhkan spot-spot untuk berswafoto yang menarik bagi pengunjung. Efek 3D yang dihadirkan rumah ilusi ini akan membuat hasil jepretan semakin sempurna dan terlihat nyata.

Wahana Vortex Tunel atau terowongan pusaran, memberikan kesan seolah-olah masuk dalam terowongan mesin waktu. Wahana Vortex TUnbel di Cikao Park Purwakarta ini adalah pertama dan satu-satunya di Jawa Barat.

Rumah Ilusi pun menawarkan fasilitas spot lain, yaitu ruang kaca. Instalasi cermin di ruangan ini membuat bayangan pengunjung lebih dari satu. Jika Anda berfoto di sana akan terlihat lucu, apalagi ditambah kelap klip lampu membuat hasil jempretan lebih menarik.

Selama berada di Rumah Ilusi, pengunjung dipandu petugas yang siap menunjukkan fasilitas yang ada dan teknik pengambilan foto, terutama di ruang kaca.

ATV Offroad di Zona adventure Cikao Park Purwakarta.
ATV Offroad. Image via: dolanbae.com

Simak juga: Flaying Fox di atas kolam Batu Malakasari

Objek Wisata Dekat Cikao Park Purwakarta

Belum puas menjelajahi Purwakarta? Cobalah kunjungi Jatiluhur Water world yang berjarak 12 km dari Cikao dan berada di kawasan Waduk Jatiluhur. Beberapa wahana seperti seluncuran air, ember tumpah, flying fox, dan bungge trampolin dapat dinikamati di lokasi ini.

Sedikit lebih jauh, dalam jarak 18 km, terdapat  Giri Tirta Kahuripan. Letaknya di daerah pegunungan sehingga tak heran jika tempat wisata ini menyuguhkan pemandangan alam yang asri dengan hawa yang sejuk dan segar.

Di sini tersedia aneka wahana bermain yang pastinya seru seperti sepeda air, lapangan futsal, ATV, skypool, dan lainnya. Untuk memenuhi kebutuhan istirahat wisatawan, telah tersedia penginapan baik villa maupun cottage dengan pemandangan pegunungan yang indah menenangkan.

Baca juga:

Leave a Comment