Cikao Park Purwakarta, Review Alamat, Penginapan, Dan HTM

Beberapa tahun belakangan ini, Kabupaten Purwakarta telah menjadi zona wisata yang selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Bahkan dari luar Purwakarta juga sangat banyak sekali yang datang.

Wisata Purwakarta ternyata bukan wisata biasa. Wisata kulinernya berupa Sate Maranggi sudah terkenal sampai ke luar negeri. Wisata Air Mancurnya, serta Taman Sri Baduga juga sudah sangat terkenal.

Pesona Wisata Purwakarta
Pesona Wisata Purwakarta. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Dan edisi kali ini, kita akan mereview sebuah objek wisata lainnya yang ada di Purwakarta, yang bernama Cikao Park Purwakarta.

Cikao Park Purwakarta adalah sebuah objek wisata yang memiliki daya tarik utama berupa water park, taman satwa, dan rumah ilusi dalam satu kawasan.

Wajar saja jika di musim liburan, objek wisata tersebut selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Jarang sekali yang datang ke lokasi tersebut tanpa bersama rombongan.

Cikao Park Purwakarta
Cikao Park Purwakarta. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Geliat wisata di Kabupaten Purwakarta, bisa menjadi contoh bagi daerah lain yang sedang mengembangkan potensi wisata lokalnya.

Penulis melihat bahwa kesuksesan Purwakarta dalam dunia wisata, terletak pada dukungan penuh dari semua pihak. Terutama keseriusan dari pemerintah daerahnya.

Bahkan di tahun 2019, Pemerintah Daerah Purwakarta sedang sibuk menyisir setiap desa yang memiliki potensi wisata. Ke depannya, desa tersebut akan dijadikan sebagai bagian dari destinasi wisata Purwakarta.

Itulah sedikit gambaran tenntang Purwakarta. Next, kita masuk ke review Cikao Park Purwakarta!

Daya Tarik Cikao Park Purwakarta

Sexara umum, daya tarik Cikao Park Purwakarta terletak pada sajian tema wisatanya yang sangat beragam. Seperti :

1. Desinasi Wisata Alam

Daya tarik utama Cikao Park Purwakarta terletak pada lokasi wisatanya yang ada di alam terbuka, dengan view alam sekitar yang sangat indah, serta udaranya cukup sejuk.

Destinasi Wisata Alam Di Cikao Park
Destinasi Wisata Alam Di Cikao Park. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Sebagaimana diketahui, bahwa cuaca di Purwakarta sedikit agak panas. Karena lokasinya berdekatan dengan kota-kota besar, yang padat dengan dunia industri.

Tetapi saat berada di Cikao Park, cuacanya cukup sejuk untuk dinikmati. Apalagi menikmati alam sekitar sambil mencicipi kuliner khas Purwakarta, yaitu Sate Maranggi, tentu saja akan menjadi kunjungan wisata yang sangat nyaman.

2. Destinasi Wisata Edukasi

Daya tarik yang ke dua, bahwa objek wisata Cikao Park Purwakarta menyajikan sebuah konten destinasi wisata edukasi, khususnya bagi anak – anak.

Konten edukasi lebih spesifik dapat ditemukan di spot Taman Satwa. Banyaknya ragam satwa yang ada, seakan menjadi mini zoo, serta para pengunjung dapat mengenal berbagai jenis hewan yang ada.

Area Taman Satwa
Area Taman Satwa. Sumber : cikaopark.com

3. Destinasi Wisata Keluarga

Secara keseluruhan, ragam wahana yang ada di Cikao Park Purwakarta sangat cocok sebagai destinasi wisata keluarga. Jangan heran jika setiap akhir pekan, lokasi tersebut selalu ramai dikunjungi.

Banyak juga pengunjung yang datang ke Cikao Park bersama rombongan sekolah. Memang Cikao Park bukan hanya sekedar wisata biasa.

Destinasi Wisata Keluarga Di Cikao Park
Destinasi Wisata Keluarga Di Cikao Park. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

4. Destinasi Wisata Kekinian

Spot Rumah Ilusi menjadi sebuah penegasan bahwa Cikao Park Purwakarta merupakan objek wisata yang menyesuaikan dengan kebutuhan jaman.

Spot tersebut menjadi spot favorit pengunjung untuk hunting foto, karena hasil jepretan mampu menghadirkan sentuhan I;usi bagi mereka yang melihat.

Spot Kekinian Berupa Rumah Ilusi
Spot Kekinian Berupa Rumah Ilusi. Sumber : cikaopark.com

Ragam Wahana Di Cikao Park Purwakarta

Sebetulnya banyak sekali ragam wahana yang ada di Cikao Park Purwakarta. Tetapi 3 wahana utama selalu menjadi magnet utama untuk mendatangkan para pengunjung. Adapun wahana tersebut adalah sebagai berikut :

1. Water Park

Keberadaan waterpark, atau waterboom, atau kolam renang, membuka peluang besar bagi sebuah objek wisata yang memiliki spot tersebut, selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Apalagi di spot kolam renang terdapat beragam wahana yang disajikan. Hal tersebut dipertegas dengan kenyataan yang ada di Cikao Park Purwakarta.

Spot Waterpark
Spot Waterpark. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Di Cikao Park, terdapat sebuh spot waterpark yang menyajikan berbagai macam keseruan bagi para pengunjung. Salah – satunya kolam busa, dan kolam obak.

Sangat sedikit sekali pengunjung yang datang tidak mencoba area waterpark tersebut. Hampir semua pengunjung tergoda oleh keseruan yang ditawarkan saat berada di kolam.

2. Taman Satwa

Area Taman Satwa adalah bagian dari keunggulan objek wisata Cikao Park Purwakarta. Area tersebut mampu menyajikan nilai edukasi yang berbalut dalam keseruan berwisata.

Hewan Di Taman Satwa Cikao Park
Hewan Di Taman Satwa Cikao Park. Sumber : cikaopark.com

Wajar saja jika Cikao Park selalu dijadikan destinasi wisata edukasi oleh beberapa sekolah. Terutama tingkat PAUD sampai tingkat SD.

Meskipun banyak juga kunjungan dalam bentuk rombongan keluarga, atau tingkatan pendidikan lainnya. Sekali lagi,bahwa Cikao Park Purwakarta bukan sekedar wisata biasa.

3. Rumah Ilusi

Wahana yang ke tiga, sebagai 3 spot unggulan di Cikao Park Purwakarta diberi nama Rumah Ilusi. Tempat tersebut adalah spot foto yang uni, kreatif, keren, serta mampu menghadirkan sentuhan ilusi bagi mereka yang melihatnya.

Rumah Ilusi
Rumah Ilusi. Sumber : cikaopark.com

Lokasi Cikao Park Purwakarta

Cikao Park Purwakarta berada di Jalan Raya Sukatani, Desa Cisalada, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat.

Rute Cikao Park Purwakarta

Jika pengunjung berangkat dari pusat kota Purwakarta, mereka hanya membutuhkan waktu sekitar 16 menit dengan jarak 5 KM untuk sampai di Cikao Park Purwakarta.

Pengunjung dari arah Bandung via tol dapat keluar di pintu tol Jatiluhur kemudian ikuti petunjuk arah menuju kawasan industri Cikao.

Jam Buka Cikao Park Purwakarta

Pengunjung yang ingin berkunjung ke Cikao Park tak perlu khawatir soal pemilihan hari kunjungan, karena tempat wisata ini  buka setiap hari.

Cikao Park Purwakarta buka dari hari Senin – Jumat dari pukul 10.00 – 18.00

Cikao Par Purwakarta buka dari hari Sabtu – Mingggu pukul 10.00 – 19.00

Harga Tiket Masuk Cikao Park Purwakarta

Untuk menikmati berbagai wahana yang tersedia di Cikao Park, para pengunjung wajib membeli tiket masuk terlebih dahulu :

Weekday (Senin-Jumat)

  •  Pintu utama: Rp 10.000
  •  Water Park: Rp 40.000
  •  Taman Satwa: Rp 20.000
  •  Rumah Ilusi: Rp 30.000

Weekend (Sabtu-Minggu) Dan Hari Libur Nasional

  •  Pintu utama: Rp 20.000
  •  Water Park: Rp 50.000
  •  Taman Satwa: Rp 30.000
  •  Rumah Ilusi: Rp 40.000

Fasilitas Cikao Park Purwakarta

Demi kenyamanan para pengunjung, Cikao Park Purwakarta juga dilengkapi dengan sejumlah fasilitas penunjang. Diantaranya area parkir, toilet, tempat ibadah, hingga tempat makan.

Area parkirannya sangat luas sekali. Tidak tanggung – tanggung, cukup untuk menampung 1000 unit bus yang datang.

Penginapan Cikao Park Purwakarta

Bagi anda yang ingin menginap, maka tidak jauh dari lokasi wisata Cikao Park terdapat hotel dengan harga yang sangat terjangkau.

Tidak lebih dari 3 kilometer dari lokasi wisata, para pengunjung sudah bisa mendapatkan penginapan.

Penutup

Demikian info lengkap tentang Cikao Park Purwakarta. Selalu patuhi protokol kesehatan, dan protokol keamanan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah maupun pihak pengelola.

Terakhir, jangan membuang sampah sembarangan. Karena “Sampahmu, Adalah Dosamu”.


Tinggalkan komentar