34 Tempat Wisata Di Tasikmalaya yang populer

|

Tasikmalaya merupakan salah satu kota di Jawa Barat. Dari Bandung, Tasikmalaya berada di jarak 106 km ke arah timur. Seperti kota-kota lain di Jawa Barat, Tasikmalaya juga memiliki potensi wisata yang eksotis sehingga wajib dikunjungi jika Anda berkesempatan singgah ke kota ini.

Tempat wisata alam di Tasikmalaya menjadi andalan. Tidak dipungkiri memang jika daerah priangan timur di Jawa Barat memiliki pesona wisata alam yang indah.

1. Gunung Galunggung

gunung galunggung
sumber: ilham_official208

Gunung Galunggung termasuk salah satu tempat wisata di Tasikmalaya yang menjadi favorit para pelancong. Setelah meletus pada tahun 1982, gunung berapi ini menjadi tempat wisata dengan panorama yang begitu eksotis.

Ada beragam tempat asyik yang tersuguh seperti danau, kolam renang, kolam rendam, dan pemandian air panas.

2. Pantai Cipatujah

Tempat wisata di Tasikmalaya yang satu ini memiliki pemandangan yang cukup indah. Pantai Cipatujah tak hanya menyajikan hamparan pasir saja, tetapi juga terdapat batuan karang yang menghiasi pantai.

pantai cipatujah
sumber: Agini Ajimatinur Fitriani

Pantai cipatujah terletak di jalur selatan sehingga cukup mudah untuk dijangkau.

3. Pantai Karang Tawulan

Lokasi pantai Karang Tawulan berada di jalur selatan menuju ke Pangandaran. Jika anda menggunakan rute ini untuk ke Pangandaran, pantai Karang tawulan ada di perbatasan Tasik – Ciamis.

pantai karang tawulan

Lokasi pantainya berupa bukit yang sedikit menjorok ke laut. Selain itu juga terdapat pantai kecil yang indah dan tersembunyi. Suasana sekitarnya indah, dengan fasilitas yang cukup lengkap.

4. Kampung Naga

Di Tasikmalaya terdapat sebuah kampung yang masih memegang teguh budaya dan adat istiadat secara turun-temurun, namanya Kampung Naga. Nah, jika Anda tertarik untuk mengetahui sisi budaya dan tradisi masyarakat Tasikmalaya, maka datangnya ke kampung Naga.

kampung naga tasikmalaya
sumber: Dion Mlaku mlaku

Di sini, Anda akan melihat bangunan rumah yang masih sangat tradisional, juga gaya hidup yang diterapkan sehari-hari.

5. Situ Gede Tasikmalaya

Situ Gede menjadi tempat wisata di Tasikmalaya selanjutnya yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga. Danau seluas 47 hektar ini menjadi tempat wisata favorit, sehingga ramai dikunjungi wisatawan terutama pada akhir pekan.

situ gede tasikmalaya
 sumber: Reza Nur Ridwan

Tempat ini cocok untuk wisata keluarga karena banyak hiburan yang bisa dinikmati, mulai dari jogging track, wahana rekreasi, area memancing, perahu wisata, bahkan tempat untuk meeting juga tersedia di sini. Suatu paket wisata terpadu yang pastinya mengasyikkan dan murah meriah.

6. Teejay Waterpark

Teejay Waterpark merupakan tempat wisata keluarga di Tasikmalaya yang populer. Tempat wisata berkonsep waterboom ini terletak di kompleks Asia Plaza di Jalan Hz Mustofa.

Ada banyak wahana air yang bisa dimainkan di tempat ini, seperti kolam ombak, kolam arus, gazebo, dan tube slider.

teejay waterpark tasik
sumber: Yrma Rahmawaty

Tak hanya itu, tempat ini juga menyediakan food court. Jadi, tak perlu khawatir Anda akan kelaparan setelah merasakan keseruan bermain air.

7. Mangkubumi Park

Satu lagi tempat wisata di Tasikmalaya yang menarik untuk berlibur bersama dengan keluarga. Mangkubumi Park, tempat wisata terpadu yang menawarkan keseruan bermain air.

Di sini Anda bisa merasakan sensasi berenang dengan suasana perbukitan yang sejuk.

taman mangkubumi indah tasik
sumber: mia budiarti

Tak hanya melulu permainan air, Anda juga bisa mencoba sepeda air dan flying fox. Liburan semakin seru dengan adanya panggung hiburan, juga hotel yang menawarkan kenyamanan bagi pengunjung untuk menginap.

8. Waterboom Maarif Garden

Satu lagi wahana air yang bisa Anda kunjungi di Tasikmalaya, Waterboom Maarif Garden. Seperti tempat wisata lainnya, wahana air ini juga menawarkan beragam permainan mulai dari kolam renang, waterboom, flying fox, bola gelo, becak mini, hingga terapi ikan.

Waterboom Maarif Garden
 sumber: Wandi Saputra Ali

Selain itu, Anda juga bisa menemukan saung untuk beristirahat hingga wisata kuliner di tempat ini.

9. Masjid Agung Manonjaya

Tak hanya menawarkan potensi wisata alam dan wahana air, Tasikmalaya juga memiliki tempat wisata religi, yakni Masjid Agung Manonjaya. Lokasinya terletak sekitar 12 km dari pusat kota Tasikmalaya.

Masjid Agung Manonjaya
sumber: prabowo ajie

Konon, masjid ini dibangun sejak tahun 1832 sebagai peninggalan masa kejayaan Kerajaan Sukapura saat kepemimpinan Raden Tumenggung Danuningrat. Keberadaan kerajaan ini dipercaya menjadi titik awal berdirinya Tasikmalaya.

10. Curug Cileutak

sumber: Galeri Madu Pangandaran

Curug Cileutak berada di perbatasan antara Kabupaten Tasikmalaya dengan Kabupaten Pangandaran. Curug Leutak sering disebut mirip seperti air terjun Niagara. Curug Leutak memiliki lebar sekitar 20 meter dan tingginya berkisar antara 10 hingga 15 meter.

Di sekitar Curug Cileutak juga terdapat saung hidro. Saung tersebut dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik untuk menerangi rumah-rumah warga yang ada di sekitar Curug Cileutak atau Leuwi Leutak ini.

Lokasi: Desa Sindangasih, Kecamatan Cikatomas, Tasikmalaya, Jawa Barat.

11. Curug Gado Bangkong

sumber: Bagoes Singaparna

Curug Gado Bangkong terletak di kaki Gunung Galunggung, dan tak begitu jauh dari Curug Badak. Curug gado Bangkong memiliki ketinggian sekitar 70 meter.

Lokasinya yang cukup tersembunyi membuat Curug Gado Bangkong nampak masih sangat asri dan alami. Udara sejuk serta aliran air terjun yang bersih menjadi pemandangan yang utama. Untuk menuju Curug Gado Bangkong, kamu harus melakukan trekking terlebih dahulu dengan menyusuri ladang milik warga.

Lokasi: Kampung Pasir Malang, Desa Santanamekar, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.
Jam buka: 08.00 – 17.00
Tiket masuk: Rp. 7.000,-

12. Situ Sanghyang

sumber: M Soerya Adhie Faruq Fauzy

Selanjutnya ada Situ Sanghyang yang memiliki luas sekitar 37 hektar. Situ Sanghyang pas banget untuk menghabiskan waktu bersama keluarga tecinta sambil menikmati pemandangan.

Apalagi di sekitar Situ Sanghyang terdapat arena bermain untuk anak-anak, dijamin mereka akan betah dan nggak akan merasa bosan. Fasilitas yang ada di sekitar Situ Sanghyang bukan hanya itu saja, ada pula panggung terbuka yang bisa digunakan untuk acara-acara tertentu, gazebo, serta wahana permainan air yang seru pastinya.

Seperti mengelilingi situ dengan menyewa rakit, perahu naga ataupun bebek-bebekan.
Selain menikmati keindahan alamnya, Situ Sanghyang dapat pula dijadikan lokasi untuk berwisata religi dengan mengunjungi Makam Eyang Prabu Linggawastu.

Lokasi: Jalan Raya Cibalanarik, Desa Cilolohan, Kecamatan Tanjungjaya, Tasikmalaya, Jawa Barat.
Tiket masuk: Rp. 6.000,-

13. Bukit Panyangrayan

sumber: Fauzy Ikhwan02

Bukit Panyangrayan bisa dibilang masih baru karena baru dibuka pada tahun 2019. Meski baru, Bukit Panyangrayan tak pernah sepi dari pengunjung, apalagi mereka yang hobi fotografi. Terdapat beberapa spot foto yang dapat membuat hasil jepretanmu semakin ajib banget.

Kegiatan camping pun dapat dilakukan di Bukit Panyangrayan ini, jangan lewatkan untuk menyaksikan indahnya sunrise dan cantiknya sunset di senja hari.

Lokasi: Kampung Sadaukir, Desa Sukapura, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.
Jam buka: 24 jam
Tiket masuk: Rp. 10.000,-

14. Pasir Pataya

sumber: Ria Dahlia

Keseruan berlibur di Tasikmalaya selanjutnya bisa dengan mengunjungi Pasir Pataya. Pasir Pataya adalah tempat wisata yang memiliki konsep agrowisata dengan taglinenya “kota kecil sejuta cerita”.

Terdapat beberapa wahana permainan seru yang ada di Pasir Pataya, beberapa diantaranya:

  • Outbound,
  • Camping, dan
  • Kolam renang.

Wahana kolam renang yang paling diminati pengunjung ketika mengunjungi Pasir Pataya. Dengan menawarkan keindahan pemandangan yang mengelilinginya.

Lokasi: Kelurahan Ciakar, Kecamatan Cibeureum, Tasikmalaya, Jawa Barat.
Jam buka: 07.00 – 16.00
Tiket masuk: Rp. 10.000,-

15. Tonjong Canyon

sumber: Susana Juwono

Inilah Green Canyon-nya Tasikmalaya, yakni Tonjong Canyon. Yang menawarkan keindahan alam berupa sungai yang jernih dengan hiasan tebing di kiri dan kanannya.

Keseruan yang dapat kamu lakukan di Tonjong Canyon diantaranya:

  • Bermain air atau bahkan berenang di sepanjang aliran sungainya,
  • Body jumping,
  • Hunting foto-foto kece, dan
  • Duduk santai di atas tebing batu.

Air sungainya yang berwarna hijau kebiru-biruan ditambah dengan tebing batu yang berwarna cokelat, merupakan paduan keindahan yang sempurna.

Lokasi: Desa Nagrog, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.
Jam buka: 06.00 – 16.00
Tiket masuk: Rp. 20.000,-

16. Taman Wisata Karang Resik

sumber: Yoko . keplarak

Taman Wisata Karang Resik ialah tempat wisata di Tasikmalaya selanjutnya yang lagi hits saat ini. Disini kamu dapat menjelejah beberapa kota di dunia hanya dalam satu waktu.

Wahana yang ada di Taman Wisata Karang Resik diantaranya:

  • Taman bunga yang cantik,
  • Farm house,
  • Taman bermain air,
  • Wonderland,
  • Rumah pintar polisi,
  • Istana tanaman hias,
  • Wahana permainan wonderful,

Dan tak ketinggalan 5 anjungan yang membuat kamu keliling dunia dalam sesaat, yakni:

  • Taman India (The Delhi),
  • Bukit Jepang (Nagoya Hills),
  • Taman Korea (Jeju Park),
  • Taman Belanda (Volendam), dan
  • Taman Yunani (Santorini).

Karena banyaknya wahana yang ada di Taman Wisata Karang Resik, maka tiket masuknya pun terdiri dari tiket reguler dan juga tiket all-in.

Lokasi: Jl. Dr. Moh. Hatta No. 331, Desa Sukamanah, Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya.
Jam buka: 09.00 – 20.00

17. Curug Dengdeng

curug dengdeng wisata tasikmalaya
sumber: aphonecell net

Curug Dengdeng Tasikmalaya ini memiliki tiga tingkatan dengan tinggi yang berbeda-beda. Bagian atasnya memiliki tinggi sekitar 9 meter, bagian tengah 11 meter dan bagian yang paling bawah tinggi curugnya sekitar 13 meter.

Tempat favorit disini ialah curug di bagian atasnya, karena mudah untuk dijangkau dan tak jauh dari gazebo atau warung-warung makanan. Kamu dapat menyantap makanan ditemani dengan aliran air terjun yang sangat indah. Jangan ketinggalan untuk bermain aliran airnya juga ya.

Lokasi: Desa Tawang, Kecamatan Pancatengah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.
Jam buka: 24 jam
Tiket masuk: Rp. 5.000,-

18. Bukit Kacapi

sumber: Buana Rullah

Bukit Kacapi berada di ketinggian sekitar 950 mdpl, dengan menyajikan pemandangan hijau berupa hamparan kebun teh yang mengelilingi Bukit Kacapi. Jika hendak menyaksikan langsung para pemetik teh, datanglah di pagi hari.

Selain itu, di Bukit Kacapi juga terdapat wahana kolam renang yang berada di antara perbukitan hijaunya. Terdapat dua buah kolam dengan kedalaman yang berbeda, dimana salah satunya aman untuk anak-anak.

Lokasi: Desa Tanjungkarang, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.
Jam buka: 08.00 – 15.00
Tiket masuk: Rp. 7.000,- (sudah termasuk area kolam renang)

19. Kawah Karaha Bodas

sumber: Merisa Pangestu

Kawah Karaha Bodas lokasinya dekat dengan Talaga Bodas. Karaha Bodas merupakan area vulkanik yang cukup luas diantara rindangnya pohon pinus yang berwarna hijau. Kawasan wisata yang satu ini dimanfaatkan juga sebagai sumber panas bumi, dan dikelola oleh Pertamina.

Ragam keseruan yang dapat kamu lakukan ketika berada di Kawah Karaha Bodas misalnya dengan berendam di air hangatnya, juga hunting spot-spot kece untuk berfoto.

Lokasi: Desa Kadipaten, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya.
Jam buka: 24 jam
Tiket masuk: Rp. 10.000,-

20. Leuwi Citoe

sumber: wakemod yeu teh

Masih banyak tempat wisata di Tasikmalaya yang tersembunyi, dan memiliki keindahan yang mempesona. Salah satunya ialah Leuwi Citoe, yang menawarkan pemandangan yang masih asri dan alami. Leuwi atau sungai Citoe ini memiliki kedalaman mencapai 7 meter, jadi untuk kamu yang tak pandai berenang sebaiknya mengurungkan diri.

Tak jauh dari Leuwi Citoe terdapat sebuah curug yang memiliki tinggi sekitar 2 meter, dan biasa disebut dengan nama Curug Luhur Leuwi Citoe.

Lokasi: Desa Pangliaran, Kecamatan Pancatengah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.
Jam buka: 24 jam
Tiket masuk: Rp. 5.000,-

21. Kebun Teh Taraju

sumber: Deris Yuliacitra02

Selain di Bukit Kacapi, kamu juga dapat menyaksikan pemandangan hijau kebun teh di Kebun Teh Taraju. Suasana yang sejuk ini pas banget untuk refreshing sejenak dari segala kesibukan yang melanda.

Apalagi sambil menikmati secangkir teh yang diberasal dari kebun teh tersebut. Setelah itu, kunjungilah pabrik tehnya, yang sudah ada sejak tahun 1909.

Lokasi: Banyuasih, Taraju, Tasikmalaya, Jawa Barat.
Jam buka: 24 jam
Tiket masuk: gratis

22. Curug Ciparay

curug ciparay tasikmalaya
sumber foto

Curug Ciparay Tasikmalaya memiliki dua aliran terjun, maka sering disebut dengan nama Curug Kembar dengan masing-masing tingginya 55 meter dan 75 meter.

Alamnya yang sejuk dan airnya yang jernih, membuat kamu menjadi lebih tenang dan relaks. Apalagi ditambah dengan bermain aliran air terjunnya.

Lokasi: Dusun Parentas, Desa Cidugaleun, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.
Jam buka: 08.00 – 17.00
Tiket masuk: Rp. 8.000,-

23. Wisata Alam Pasir Kirisik

sumber: Paseo Lie

Wisata Alam Pasir Kirisik merupakan salah satu tempat wisata instagramable yang ada di Tasikmalaya. Tempat ini menyediakan beberapa spot foto yang kece banget. Selain itu ada pula beberapa wahana permainan lainnya, seperti ayunan, trampolin, flying fox, dan ada juga area kolam renang.

Wisata Alam Pasir Krisik ini memang cocok untuk dijadikan tempat berlibur bersama keluarga tercinta.
Lokasi: Desa Guranteng, Kecamatan Pagerageung, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Jam buka: 07.00 – 17.00
Tiket masuk: Rp. 50.00,- (tiket terusan)

24. Curug Citiis

sumber: TSM. EllAY

Curug Citiis merupakan bagian dari kawasan wisata Gunung Galunggung, dan merupakan tempat untuk menikmati pemandian air panas. Di Curug Citiis terdapat dua kolam yang memiliki fungsi sebagai kolam anak juga kolam dewasa.

Berendam di air panas dapat membuat badan menjadi lebih rileks dan segar kembali. Pas banget jika kamu datang di akhir pekan, apalagi dengan mengajak keluarga tercinta.

Lokasi: Citiis, Mandalagiri, Kecamatan Padakembang, Tasikmalaya, Jawa Barat.
Jam buka: 07.00 – 20.00
Tiket masuk: Rp. 5.000,-

25. Curug Cimanintin

sumber: M Faisal Luthfi M

Air terjun yang memiliki tinggi 100 meter ini bernama Curug Cimanintin. Curug Cimanintin berada di kawasan Gunung Bongkok dengan keindahan alamnya yang masih sangat asri.

Air yang dialirkannya tak begitu besar, sehingga aman untuk berada di bawah aliran curugnya. Kolam alaminya pun hanya setinggi perut orang dewasa, sehingga aman untuk kegiatan bermain air dan merasakan sejuknya air Curug Cimanintin.

26. Pantai Pamayangsari

pantai pamayangsari tasikmalaya
sumber: DHC Pro

Selain memiliki banyak curug, Tasikmalaya juga memiliki keindahan wisata bahari yang nggak boleh kamu lewatkan. Salah satunya ialah Pantai Pamayangsari, yang selalu digunakan untuk upacara adat syukur laut setiap tahun di bulan Muharam.

Terlepas dari hal tersebut, Pantai Pamayang sari memiliki keindahan bari berupa air lautnya yang berwarna biru, serta hamparan pasir putihnya pun ikut menghiasi pantai ini.

Lokasi: Sindangkerta, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.
Jam buka: 07.00 – 19.00
Tiket masuk: hanya membayar biaya parkir kendaraan saja

27. Curug Ciwatin

sumber: ridwan wahid

Curug Ciwatin termasuk salah satu curug yang unik, karena mengalir di dinding batu yang landai. Karena bentuknya yang unik tersebut, membuatnya menjadi spot utama untuk berfoto.

Aliran air yang mengairi Curug Ciwatin berasal dari Sungai Ciwatin, pengunjung yang datang biasanya berenang di kolam yang ada di sekitar curug.

Lokasi: Desa Linggalaksana, Kecamatan Cikatomas, Tasikmalaya, Jawa Barat.
Jam buka: 07.00 – 17.00
Tiket masuk: Rp. 5.000,-

28. Curug Batu Blek

curug batu blek tasikmalaya
foto: Hendra Satriana

Curug Batu Blek biasa disebut juga dengan Curug Kembar. Hal ini karena memiliki dua aliran air terjun yang berdampingan. Ini merupakan pesona curug di Cisayong yang nggak boleh kamu lewatkan.

Untuk menuju Curug Batu Blek ini, kamu harus melakukan trekking terlebih dahulu dengan menyusuri jalan setapak. Kira-kira dari parkir motor sekitar 1 km, dengan jalur yang cukup datar meski berkelok-kelok. Keseruan yang dapat kamu lakukan ketika berada di Curug Batu Blek pastinya bermain air di sekitar aliran air terjunnya serta hunting beberapa foto.

Lokasi: Di kawasan Hutan Cisayong dengan beralamat di Kampung Cipeuteuy, Desa Sukamukti, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.
Tiket masuk: Rp. 5.000,-

29. Curug Koja

curug koja tasikmalaya
foto: irwan utomo

Satu lagi curug atau air terjun yang berada di Kecamatan Cikatomas, Tasikmalaya, yakni Curug Koja. CuDengan memiliki tinggi mencapai 40 meter, dan aliran airnya menyebar ke samping. Sehingga aliran airnya tak begitu besar, dan aman untuk kamu bermain air atau bahkan berenang. Namun kedalaman kolam alaminya beragam, sehingga harus berhati-hati dan tetap waspada.

Untuk kamu yang punya nyali tinggi dapat melakukan keseruan body jumping dari dinding tebing batunya. Dan yang nggak kalah epicnya, dinding batu Curug Koja dapat digunakan untuk olahraga panjat dinding.

Lokasi: Desa Linggalaksana, Kecamatan Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya.
Jam buka: 24 jam
Tiket masuk: hanya membayar biaya parkir kendaraan saja

30. Curug Putih

sumber: Doed’s Hungkul

Curug Putih masih berada di kawasan dekat dengan Curug Batu Blek, dan berada di kawasan yang cukup tersembunyi. Sehingga untuk menuju Curug Putih mengharuskan kita berusaha lebih ekstra.

Namun keindahan dari Curug Putih memang patut untuk diperjuangkan, perjalanan yang cukup melelahkan akan terbayarkan dengan sajian sebuah curug atau air terjun yang sangat indah.

Lokasi: Desa Sukamukti, Kecamatan Cisayong, Tasikmalaya, Jawa Barat.
Jam buka: Sabtu dan Minggu, pukul 07.00 – 17.00
Tiket masuk: Rp. 5.000,-

31. Curug Sawer Mandalamekar

sumber: WNext_Fajar

Curug atau air terjun memang memikat dan memiliki tempat yang istimewa bagi para pecinta alam. Salah satu air terjun atau curug yang harus di eksplor di Tasikmalaya ialah Curug Sawer, yang berada di Desa Mandalamekar.

Air yang mengalir dari Curug Sawer Mandalamekar ini jatuh bagaikan tirai putih diantara tebing batu yang berwarna cokelat. Sungguh keindahan alam yang sangat menakubkan. Meski untuk menikmati keindahan tersebut kamu harus melakukan trekking sejauh 1 km.

Lokasi: Desa Mandalamekar, Kecamatan Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.
Jam buka: 08.00 – 17.00
Tiket masuk: Rp. 5.000,-

32. Curug Panganten Tasikmalaya

Image via: ridwanderful.com

Curug Panganten berdampingan dengan Curug Badak, Curug Catang, dan juga Curug Payung. Tak heran jika Tasikmalaya berjuluk kota 1001 curug.

Keindahan alam yang coba dihadirkan curug setinggi 50 meter ini, nggak kalah dengan curug-curug yang telah dibahas sebelumnya. Untuk kamu yang menyukai wisata curug atau air terjun harus eksplor di Tasikmalaya.

Lokasi: Kampung Malaganti, Desa Sukaharja, Kecamatan Sariwangi, Tasikmalaya.
Jam buka: 24 jam
Tiket masuk: gratis

33. Ampera Waterpark

sumber: Sofyan Triana

Ampera Waterpark adalah salah wisata air populer di Tasikmalaya. Di Ampera Waterpark, anda bisa berenang juga menikmati berbagai wahana yang tersedia.

Ngga cuma bermain air, di Ampera Waterpark juga terdapat taman dan berbagai spot foto keren.

34. Pineus Forest View

sumber: Siti Robiah

Secara administratif, Pineus Forest View terletak di wilayah Tasikmalaya. Tapi lebih dekat dijangkau dari Garut.

Di Pineus Forest View, anda bisa menikmati keindahan hutan pinus yang alami. Selain itu, terdapat banyak spot foto keren dan instagramable.

Travelling ke berbagai daerah memang mengasyikkan. Anda tak hanya bisa menjelajahi kota tetapi juga potensi wisatanya.

Nah, Anda tertarik untuk menjelajahi tempat wisata di Tasikmalaya?

Baca juga: