Pasir Pataya, Eksplor Kota Kecil Sejuta Cerita Di Tasikmalaya

Pasir Pataya memiliki jargon “kota kecil sejuta cerita”, dan merupakan salah satu tempat wisata keluarga dengan mengusung tema agrowisata.

Sebenarnya tempat wisata ini bernama Pasir Paraya, namun supaya lebih mudah dan enak diucapakn diganti menjadi Pasir Pataya. Meski ada kata pasir, ini bukanlah tempat wisata gurun ya…

Yang ada hanyalah pemandangan alam berupa area sawah yang cukup luas, serta dikelilingi oleh area perkebunan yag ditanami dengan beragam buah-buahan.

Pasir Pataya sempat ditutup dalam beberapa bulan, dan sempat viral di media sosial. Alasan penutupan sementara tersebut dikarenaka fasilitas yang ada di Pasir Pataya belum layak untuk dijadikan lokasi wisata.

landmark pasir pataya
landmark pasir pataya. google maps. sumber: MahPuji Yu_Sit

Saat ini setela melakukan renovasi dan perbaikan di beberapa lini, Pasir Pataya hadir dengan wajah baru dan tentunya semakin menarik minat wisatawan untuk berlibur dan mengabiskan waktu di agrowisata Pasir Pataya ini.

Berikut ulasan tentang agrowisata Pasir Pataya, sebagai bahan referensi awal dalam menentukan tempat berlibur bersama keluarga.

Lokasi dan Alamat Pasir Pataya

Lokasi dan alamat Pasir Pataya ini terletak di Jl. Padati, Kel. Ciakar, Kec. Cibereum, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Rute Menuju Pasir Pataya

Akses jalan menuju Pasir Pataya dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat.

Rute yang dapat kamu tempuh dari Kota Tasikmalaya setelah tiba di SPBU Awipari belok ke kanan, terus saja lurus kemudian belok ke arah kiri.

Nantinya kamu akan bertemu pertigaan jalan, ambil ke arah kiri terus lurus hingga menemukan sebuah masjid. Lokasi Pasir Pataya dekat dengan masjid tersebut.

Sedangkan jika dari terminal bus Singaparna, jarak yang harus ditempuh sekitar 25 km, dengan kira-kira memakan waktu perjalanan selama 54 menit.

kolam renang pasir pataya
kolam renang pasir pataya. google maps. sumber: Ria Dahlia

Jam Buka Pasir Pataya

Jam operasional Pasir Pataya buka setiap hari dari pukul 08.00 – 17.00 waktu setempat.

Untuk saat ini, pengunjung agrowisata Pasir Pataya dibatasi yakni hanya menerima 50% dari kapasitas pengunjung.

Tiket Masuk Pasir Pataya

Harga tiket masuk Pasir Pataya sebesar:

  • Rp. 10.000,- untuk anak-anak
  • Rp. 15.000,- untuk dewasa

Harga tersebut sudah termasuk berenang di area kolam renangnya ya

Fasilitas di Pasir Pataya

Setelah ditutup dalam beberapa bulan, Pasir Pataya hadir dengan beragam fasilitas lengkap, seperti:

  • Area parkir yang luas,
  • Mushola,
  • Spot foto,
  • Gazebo,
  • Toilet laki-laki dan perempuan,
  • Kamar bilas laki-laki dan perempuan,
  • Tempat sewa ban dan tikar,
  • Kantin,

Daya Tarik Pasir Pataya

Hadir dengan wajah dan fasilitas baru, Pasir Pataya semakin banyak dikunjungi wisatawan yang ingin berlibur bersama keluarga tercinta. Berikut beberapa daya tarik yang dimiliki Pasir Pataya di Tasikmalaya:

1. Kolam renang

serunya berenang di pasir pataya
serunya berenang di pasir pataya. google maps. sumber: Sandi Joan

Daya tarik yang pertama dari Pasir Pataya ialah adanya tiga buah kolam renang, dengan bentuk dan kedalaman yang berbeda-beda. Ada kolam yang memiliki kedalaman 40 cm, yang aman untuk anak-anak.

Selanjutnya ada juga kolam yang kedalamannya sekitar 90 cm, dan terakhir kedalamannya kira-kira 1,5 meter. Ketiga kolam tersebut berada di dalam satu kawasan yang sama.

Serta dilengkapi pula dengan seluncuran air yang aman untuk dimainkan anak-anak. Dan yang paling menarik ialah ada kolam yang bentuknya hati loh…

Kegiatan berenang kamu dipastikan aman, karena di sekitar kolam selalu siap sedia safety guard yang memantau setiap pengunjung yang sedang berenang.

Kolam renang di Pasir Pataya berasal dari mata air asli, sangat jernih, bersih, juga menyegarkan sekali. Karena di daerah sekitar Pasir Pataya terdapat mata air yang selalu mengalirkan airnya.

2. Outbound

wahana outbound di pasir pataya
wahana outbound di pasir pataya. google maps. sumber: RAISSA CNL

Selain berenang, di Pasir Pataya juga tersedia beberapa wahana permainan seru lainnya, salah satunya ialah wahana outbound. Terdapat 6 wahana outbound yang dapat dimainkan anak-anak, tapi kamu harus membayar biaya tambahan untuk kegiatan tersebut.

Yang menjadi spot favorit pengunjung ialah sebuah jembatan kayu yang cukup panjang, berada diantara hamparan sawah. Yang biasa digunakan untuk lokasi berfoto juga.

3. Camping

Camping merupakan sebuah kegiatan berkemah yang dilakukan di alam terbuka untuk menikmati keindahan alam lebih lama. Kegiatan tersebut dapat kamu lakukan juga di Pasir Pataya, Tasikmalaya ini.

pemandangan di pasir pataya
pemandangan di pasir pataya. google maps. sumber: suminto bpkp tsk

4. Agrowisata Pasir Pataya

Setelah puas bermain air di kolam renangnya, sempatkan waktu untuk eksplor lebih jauh Pasir Pataya. Karena di sini terdapat beberapa kebun yang ditanami dengan beragam buah, seperti:

  • Kebun jeruk,
  • Kebun durian,
  • Kebun salak, dan
  • Kebun pepaya.

Serta kamu juga dapat menemukan perternakan beberapa hewan peliharaan misalnya saja kambing.