Pantai Selatan Cipatujah, Pesona, Hingga Misteri Solokan Wangi

|

Pantai Selatan Cipatujah hanyalah satu dari gugusan keindahan pantai selatan yang membentang sepanjang sisi selatan dari Pulau Jawa.

Pantai Selatan Cipatujah update terbaru saat ini sudah banyak sekali perbaikan, dan penataan wajah baru, terutama pasca tsunami Pangandaran tahun 2006 yang lalu.

Tidak bisa dipungkiri bahwa berita Pantai Cipatujah lebih populer dengan wisata religi, atau ziarah ke makam keramat. Di sisi lain juga, terdapat cerita misteri Pantai Cipatujah terkait jejak perjalanan Prabu Siliwangi.

pantai selatan cipatujah
pantai selatan cipatujah. google maps. sumber: Partho Djojodihardjo

Dan review Pantai Selatan Cipatujah akan penulis sajikan secara komprehensif, dari mulai pesona keindahan, sisi misteri, legenda, hingga pembahasan tentang makam keramat yang terletak di kawasan Pantai Pamijahan.

Rute Menuju Pantai Selatan Cipatujah Via Lintas Selatan

Perjalanan menuju Pantai Selatan Cipatujah, atau Pantai Cipatujah sangatlah menyenangkan, khususnya jika anda melewati rute lintas selatan.

Karena di sepanjang jalan, anda akan disuguhi rangkaian pesona alam yang sangat indah. Dari mulai hutan, perkebunan, hingga pantai-pantai yang populer di Jawa Barat, yang berakhir di Pantai Pangandaran.

Penulis berangkat menuju Pantai Cipatujah via lintas selatan, tepatnya melalui kecamatan Pameungpeuk, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut.

Penulis sengaja melalui jalur tersebut untuk memahami misteri Prabu Siliwangi, sebagai bagian cerita misteri dari Pantai Cipatujah, hingga bagian misteri Leuweung Sancang, atau Hutan Sancang Garut.

Selain melewati beberapa pantai yang populer di Garut, perjalanan pertama penulis melewati sebuah kawasan hutan yang sangat legend, yang bernama Hutan Sancang.

Pesona Sancang memang lekat sekali dengan cerita Prabu Siliwangi, yang masih dipercaya oleh banyak orang hingga saat ini, sebagai tempat terakhir, dan jejak terakhir Sri Baduga Maharaja Prabu Siliwangi, sebelum akhirnya menghilang.

Meskipun perjalanan menuju Pantai Cipatujah via lintas selatan menjadi sangat jauh, tetapi namanya juga mau liburan, sudah bosan melihat lalu lalang kendaraan, maka jalur lintas selatan menjadi pilihan terbaik untuk penulis.

Jalurnya sepi, hanya sesekali lewat kendaraan yang lain, disuguhkan panorama alam hutan, perkebunan, hingga view pantai sepanjang jalan, tepatnya di sisi sebelah kanan.

senja di pantai cipatujah
senja di pantai cipatujah. google maps. sumber: Agini Ajimatinur Fitriani

Catatan Penting Via Lintas Selatan

Catatan yang harus diperhatikan oleh pengunjung yang ingin menuju Pantai Selatan Cipatujah, atau Pantai Pangandaran via lintas selatan adalah sebagai berikut:

  • Pastikan kondisi ban, dan rem kendaraan anda berfungsi dengan baik,
  • Jangan memacu kendaraan dengan keceppatan tinggi, karena banyak tikungan, serta hewan ternak (sapi) yang melintas di jalanan,
  • Hindari kunjungan wisata saat curah hujan sedang tinggi. Karena ada beberapa titik rawan longsor, khususnya dari Garut menuju Pameungpek.
  • Oh iya, saat penulis beberapa hari yang lalu berangkat menuju lintas selatan, khususnya saat memasuki Kabupaten Tasikmalaya. Para pengemudi hendaknya tidak memacu kendaraan terlalu kencang, terutama saat malam hari.

Hal tersebut dikarenakan minimnya lampu penerangan jalan, banyak tikungan tajam, serta banyaknya truk-truk pengangkut pasir yang beroperasi saat malam hari. Selain itu di beberapa titik terdapat perbaikan jembatan. Tetapi, secara keseluruhan, kondisi jalannya sudah sangat baik.

Simak juga : tempat wisata di Tasikmalaya lengkap

Rute Lain Menuju Pantai Selatan Cipatujah

Akses jalan menuju Pantai Selatan Cipatujah dari Kabupaten Garut via lintas selatan, hanyalah satu dari sekian banyak opsi rute yang ditawarkan.

Rute lain menuju Pantai Cipatujah Tasikmalaya adalah sebagai berikut:

  • Garut – Singaparna – Cipatujah,
  • Tasikamalaya – Singaparna – Cipatujah,
  • Kota Tasik – Ciamis – Pangandaran – Cipatujah.

Setiap rute memiliki pesona yang berbeda-beda. Kalau saya sendiri memilih berangkat dari Garut, kemudian pulang dari Pantai Pangandaran melewati jalur Ciamis, dan Kota Tasik.

serunya bermain pasir
serunya bermain pasir. google maps. sumber: jaka jacks

Lokasi Pantai Selatan Cipatujah

Lokasi Pantai Cipatujah terletak di gugusan Pantai Selatan Pulau Jawa. Adapun alamat Pantai Selatan Cipatujah berada di Desa Cipatujah, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat.

Harga Tiket Masuk Pantai Selatan Cipatujah

Tiket masuk Pantai Selatan Cipatujah Rp. 5.000 per orang

Jam Buka Pantai Selatan Cipatujah

  • Pantai Selatan Cipatujah buka 24 jam.
  • Pantai Cipatujah Tasikmalaya buka setiap hari, dari hari Senin – Minggu.
liburan seru di pantai cipatujah
liburan seru di pantai cipatujah. google maps. sumber: nana suryana

Fasilitas Pantai Selatan Cipatujah

Fasilitas wisata di Pantai Cipatujah adalah sebagai berikut:

  • Area parkir,
  • Toilet,
  • Mushola,
  • Rumah makan,
  • Penginapan.

Daya Tarik Pantai Selatan Cipatujah

1. Pesona Alam Pantai

menikmati pesona pantai
menikmati pesona pantai. google maps. sumber: yusuf firdaus

Pesona keindahan Pantai Cipatujah adalah pesona pantainya yang masih terjaga baik, dengan area pasir pantai yang nyaman untuk melakukan aktivitas wisata bersama keluarga.

Sunrise di Pantai Selatan Cipatujah juga menawarkan keindahan yang sangat mengagumkan, sekaligus menyajikan suasana romantis, nan instagramable.

Perlu diketahui bahwa karakteristik Pantai Selatan didominasi oleh ombak yang sangat besar. Dan di Pantai Selatan Cipatujah, di beberapa titiknya memiliki gulungan ombak yang besar juga.

Oleh karena itu, para pengunjung harus tetap mematuhi protokol keamanan, serta rambu-rambu larangan, yang ada di kawasan tersebut.

2. Makam Keramat

makam syekh abdul muhyi
makam syekh abdul muhyi. google maps. sumber: arung sabrang jagad

Selain menawarkan pesona alam pantai, Cipatujah juga lebih populer dengan wisata religi, berupa ziarah ke salah-satu makam yang sangat dikeramatkan, yaitu Makam Syekh Abdul Muhyi.

Sebetulnya, lokasi Makam Syekh Abdul Muhyi terletak di Desa Pamijahan, Kecamatan Bantarkalong, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat.

Syekh Abdul Muhyi dipercaya sebagai sosok wali ke 10, dari Wali Songo. Serta lokasi Cipatujah pernah menjadi tempat berkumpulnya para Wali Songo, beserta Syekh Abdul Muhyi.

3. Wisata Kuliner

Daya tarik selanjutnya dari Pantai Selatan Cipatujah adalah wisata kulinernya. Setelah anda lelah melakukan aktivitas wisata, maka cobalah kuliner yang ditawarkan di rumah makan yang lokasinya tidak jauh dari pantai.

Semua ragam seafood, lengkap tersaji di rumah makan tersebut. Selain itu, sebagai oleh-oleh ke rumah, cobalah membeli gula aren yang diproduksi khas masyarakat sekitar yang bentuknya seperti mangkuk.

kuliner yang menyegarkan
kuliner yang menyegarkan. google maps. sumber: Muhammad Rifqi Banani

Misteri Pantai Selatan Cipatujah

Misteri Pantai Cipatujah berkaitan erat dengan keberadaan Solokan Wangi, yang dipercaya dulunya sebagai terowongan Prabu Siliwangi untuk bisa sampai ke Sancang.

Selain itu, misteri di Pantai Selatan Cipatujah terkait erat dengan keberadaan candi bawah laut yang dipercaya oleh masyarakat sekitar, hingga saat ini.

Para pengunjung diwajibkan mentaati larangan yang tertera di lokasi Solokan Wangi. Karena terdapat arus bawah air yang sangat kuat.

Mitos Pantai Selatan Cipatujah

Karena Pantai Cipatujah adalah bagian dari Pantai Selatan Pulau Jawa, maka mitos yang berkembangpun erat kaitannya dengan Nyi Roro Kidul.