Tonjong Canyon, Wisata Tasikmalaya Dengan Pesona Batu Purba

Tonjong Canyon adalah wisata Tasikmalaya yang perlahan, namun pasti, mulai menarik animo para wisatawan. Selain karena pesona keindahan alam yang ditawarkan, daya tarik lainnya karena dekat dengan tempat wisata lainnya yang ada di Cipatujah.

Tonjong Canyon pertamakali diperkenalkan kepada publik pada tahun 2015. Sehingga, dengan kehadiran Tonjong Canyon menjadi penegasan bahwa wisata Cipatujah bukan hanya sekedar tentang pantai, dan wisata religinya saja.

tonjong canyon
tonjong canyon. google maps. sumber: Ahmad Sofwan

Penyematan kata Tonjong sebetulnya melekat kepada tempat wisata yang ada di beberapa Kabupaten. Di antaranya:

  • Curug Tonjong, Wisata Kabupaten Garut,
  • Curug Tonjong, Wisata Kabupaten Majalengka,
  • Curug Tonjong, Wisata Kabupaten Tasikmalaya.

Adapun Tonjong Canyon, adalah sebuah wisata di Tasikmalaya, yang menawarkan orkestrasi alam, berupa keindahan sungai cantik, dengan warna air hijau, yang dikelilingi oleh batuan purba.

pesona batuan purba yang cantik
pesona batuan purba yang cantik. google maps. sumber: Septia Kusmiati

Lokasi Tonjong Canyon

Lokasi Tonjong Canyon terletak di alamat Desa Nagrog, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat.

Rute Menuju Tonjong Canyon Tasikmalaya

Kunjungan wisata ke Tonjong Canyon sangat direkomendasikan saat cuaca sedang cerah, tidak berkunjung saat puncak musim hujan.

Jalan menuju Tonjong Canyon sangat direkomendasikan untuk menggunakan kendaraan roda dua, karena jalan untuk mobil cukup kecil.

Setelah sampai di area parkir Tonjong Canyon, para pengunjung harus melanjutkan perjalanan dengan cara trekking menuruni jalur yang masih berbentuk tanah.

Saat cuaca cerah, perjalanan menuju lokasi utama Tonjong Canyon Tasikmalaya sangat menyenangkan, dan tersaji pesona keindahan alam yang masih lestari.

bermain air
bermain air. google maps. sumber: Tendi Febrian

Perjalanan menuju lokasi utama Tonjong Canyon, Cipatujah, Tasikmalaya, membutuhkan waktu sekitar 30 menit perjalanan dari loket tiket masuk. Bagi yang pertamakali berkunjung, ada baiknya menggunakan jasa pemandu wisata.

Akses jalan menuju Tonjong Canyon bisa ditempuh melalui rute:

  • Singaparna – Cipatujah – Desa Nagrog,
  • Garut – Singaparna – Cipatujah – Desa Nagrog,

Bagi yang datang dari arah Jawa Tengah, atau Jawa Timur bisa menggunakan rute menuju Singaparna, atau menuju jalur Kabupaten Pangandaran, melewati Pantai Pangandaran. Para pengunjung yang memiliki waktu yang banyak, bisa juga dengan menggunakan jalur lintas selatan.

Harga Tiket Masuk Tonjong Canyon

  • Tiket masuk Tonjong Canyon Rp. 5.000 per orang.
  • Harga tiket masuk di luar biaya parkir.
fasilitas di sekitar tonjong canyon
fasilitas di sekitar tonjong canyon. google maps. sumber: Ri Ve

Jam Buka Tonjong Canyon

  • Jam operasional Tonjong Canyon buka dari jam 06.00 – 16.00.
  • Tonjong Canyon buka setiap hari selama sepekan.

Fasilitas Di Tonjong Canyon

Fasilitas wisata di Tonjong Canyon adalah sebagai berikut:

  • Area parkir,
  • Gazebo,
  • Wahana wisata,
  • Pemandu wisata,
  • Sewa pelampung,
  • Dan paket makanan.

Daya Tarik Tonjong Canyon

1. Batu Purba, Dan Sungai Cantik

paduan yang sangat cantik
paduan yang sangat cantik. google maps. sumber: Susana Juwono

Daya tarik utama dari Tonjong Canyon Cipatujah adalah view sungai cantik yang berwarna hijau, kondisi airnya tenang, serta dikelilingi oleh batuan purba yang di sepanjang aliran sungai tersebut.

Batuan-batuan besar yang menghampar, sering dijadikan spot selfie yang instagramable oleh para pengunjung, serta dijadikan tempat untuk menikmati makanan, selepas lelah beraktivitas. Tapi, ingat sampahya jangan dibuang ke sungai ya…

Keindahan Tonjong Canyon Cipatujah tidak kalah cantik dari Green Canyon Pangandaran. Hanya tinggal penataan akses jalan, serta melengkapi fasilitas yang dibutuhkan wisatawan, maka Tonjong Canyon akan mampu menjadi destinasi wisata baru di Tasikmalaya yang hits di kalangan wisatawan.

2. Wahana Permainan

memacu adrenalin di tonjong canyon tasikmalaya
memacu adrenalin di tonjong canyon tasikmalaya. google maps. sumber: Uson Sinaga

Tonjong Canyon Cipatujah Tasikmalaya juga dilengkapi dengan aktivitas wisata yang akan membuat keseruan wisata semakin bertambah.

Wahana yang sangat populer, salah-satunya adalah santuy, dan tiduran di atas hammock yang ada di atas sungai Tonjong Canyon. Atau menguji adrenalin, duduk di atas hammock tersebut, kemudian tali hammock dilepaskan.

Aktifitas lain yang sangat populer di Tonjong Canyon Tasikmalaya adalah cliff jumping dari ketinggian 10-15 meter, dari atas tebing batu, kemudian terjun menuju sungai Tonjong Canyon.

Para pengunjung akan dilengkapi dengan pelampung badan, serta akan dipantau oleh tim pemandu wisata. Setelah lelah beraktivitas, maka nikmatilah kuliner khas di Tonjong Canyon, yaitu Nasi Oyek.