Pantai Pamayangsari, Pantai Di Tasik, Populer Dengan Pesona Menara

|

Pantai Pamayangsari merupakan salah satu wisata yang berada di Tasikmalaya, yang sama populernya dengan pantai Sidangkerta dan pantai Cipatujah.

Wisata Pantai Pamayangsari menjadi sebuah penegasan bahwa Kabupaten Tasikmalaya, memiliki banyak sekali potensi wisata pantai, yang layak untuk dikembangkan.

pantai pamayangsari
pantai pamayangsari. google maps. sumber: Asep Apandi Saputra

Seandainya berangkat dari Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, ataupun dari mulai Pantai Pangandaran, menuju Pantai Pamayangsari, maka menjadi perjalanan yang sangat seru.

Karena para pengunjung akan melewati wisata pantai lainnya, yang sangat populer. Bahkan beberapa di antaranya sudah terkenal hingga ke mancanegara.

Dan inilah review Pantai Pamayangsari, yang sudah kami persiapkan untuk anda. Sebagai referensi awal menentukan tujuan tempat liburan di Tasikmalaya nanti.

Lokasi Pantai Pamayangsari

Lokasi Pantai Pamayangsari berada di alamat SindangKerta, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat.

Rute Pantai Pamayangsari

pantai pamayangsari tasikmalaya
pantai pamayangsari tasikmalaya. google maps. sumber: sobari kun

Rute menuju Pantai Pamayangsari ini kalian dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum, bagi kalian yang menggunakan kendaraan umum bisa naik dari Terminal Indihiang Tasik dengan Rute Tasikmalaya-Cipatujah.

Sedangkan, jarak dari Pantai Pamayangsari ke Pantai Sindangkerta hanya berjarak 5 Km, dan berjarak 8 Km menuju Pantai Cipatujah.

Para pengunjung tidak perlu khawatir dengan kondisi jalan ke Pantai Pamayangsari, karena sudah nyaman dan bagus.

Harga Tiket Masuk Pantai Pamayangsari

  • Tiket masuk Pantai Pamayangsari gratis.
  • Para pengunjung hanya akan membayar biaya parkir di Pantai Pamayangsari.

Jam Buka Pantai Pamayangsari

  • Jam buka di Pantai Pamayangsari ini dimulai dari pukul 07.00 – 19.00 WIB.
  • Pantai Pamayangsari buka setiap hari selama sepekan, dari hari Senin – Minggu.
  • Untuk anda yang ingin camping di wilayah pantai ini bisa untuk melapor kepetugas pantai setempat.

Fasilitas Pantai Pamayangsari

patroli di pantai pamayangsari
patroli di pantai pamayangsari. google maps. sumber: Theo D Fredricka

Fasilitas wisata di Pantai Pamayangsari Tasikmalaya adalah sebagai berikut:

  • Area Parkir,
  • Patroli Keamanan Polisi
  • Mushola,
  • Kamar Mandi,
  • Warung,
  • Penginapan.

Daya Tarik Pantai Pamayangsari

1. Menara Kembar

menara pantai pamayangsari
menara pantai pamayangsari. google maps. sumber: DHC Pro

Daya tarik Pantai Pamayangsari yang pertama, yaitu menara pandang dan menara mercusuar yang terletak di ujung pemecah ombak, seolah-olah menjadi pintu gerbang menuju lautan lepas.

Menara pandang ini memiliki anak tangga yang melingkar, apabila kalian yang tidak takut ketinggian kalian bisa mencoba untuk menaiki menara tersebut.

Sesampainya diatas kalian akan takjub melihat pemandangan lautan lepas, yang membentang di pantai selatan ini, dan akan terasa sekali angin yang bertiup kencang saat sesampainya diatas menara ini,

Pemandangan itupun menjadi bahan buruan untuk para fotografer, kalian pun bisa untuk sekedar selfie, karna cocok untuk dijadikan spot foto selfie, dengan berlatarkan laut yang membentang luas dan indah, menjadikan foto yang kalian abadikan tentunya sangat estetik dan instagramable.

2. Pemecah Ombak, Dan Konservasi Penyu

pemecah ombak pantai pamayangsari
pemecah ombak pantai pamayangsari. google maps. sumber: Ganjar Nugraha

Daya tarik selanjutnya dari Pantai Pamayangsari adalah spot batuan pemecah ombak. Karena Pantai Pamayangsari merupakan bagian dari Pantai Selatan, yang terkenal memiliki ombak besar.

Oleh karena itu, kunjungan wisata ke Pantai Pamayangsari sangat direkomendasikan saat cuaca cerah, serta sellu mengutamakan keselamatan, dan menjaga kebersihan lingkungan, terutama dari sampah plastik.

Selain itu, Pantai Pamayangsari Tasikmlaya juga menyajikan wisata yang edukatif bagi para pengujung yang datang. Karena di kawasan tersebut terdapat lokasi penangkaran penyu.

3. Belanja Ikan Laut

perahu pamayang
perahu pamayang. google maps. sumber: heri herdiyana

Di Pantai Pamayangsari terdapat banyak sekali perahu nelayan yang bersandar, setelah pergi melaut untuk menangkap ikan. Wajar saja jika pantai tersebut diberi nama Pamayang, karena memiliki arti penangkap ikan.

Kalian bisa lho belanja ikan di Pantai Pamayangsari, dengan kondisi ikan nya yang masih fresh dan sangat segar karna langsung hasil dari laut.

Sebaiknya untuk berbelanja kalian bisa datang pukul 10.00 pagi, karena biasanya waktu nelayan pulang dari melaut, dan tentu saja harganya yang sangat terjangkau.

Jika anda ingin langsung menikmati hasil tangkapan dari laut ini, kalian bisa meminta untuk dimasak diwarung sekitar kawasan Pantai Pamayangsari.

Penduduk lokal didaerah ini pun sangat ramah kepada pengunjung, sekaligus menjadi nilai plus bagi wisata Pantai Pamayang Tasikmalaya.

Perlu diingat juga, bahwa kenyamanan, dan keamanan adalah salah-satu faktor utama di sektor wisata. Maka keramahan penduduk sekitar memiliki andil besar terhadap kemajuan sebuah objek wisata, dimanapun lokasinya.