Bukit Panyangrayan, Wisata Terbaru Di Tasik, Bak Negeri Di Atas Awan

|

Bukit Panyangrayan merupakan salah-satu tempat wisata Tasikmalaya terbaru, dan mampu memikat hati para pengunjungnya dengan sajian pesona alam, ragam wahana, dan spot selfie yang instagramable.

Bukit Panyangrayan memiliki sejarah inspiratif dalam upaya merevitalisasi potensi alam, yang bermuara menjadi sebuah wisata keluarga di Tasikmalaya yang sangat populer.

Tidak sedikit pengunjung yang mengatakan bahwa Bukit Panyangrayan Tasikmalaya, layaknya negeri di atas awan, khususnya saat berada di puncak bukitnya.

Keberadaan spot selfie yang kekinian, menjadi sebuah penegasan bahwa Bukit Panyangrayan cocok sebagai wisata alam instagramable, tempat nongkrong yang nyaman di Tasikmalaya, yang menyajikan nuansa romantis, berlatarkan pesona alam yang indah.

Dan inilah info Bukit Panyangrayan Tasikmalaya, yang sudah kami siapkan untuk anda. Sebagai sebuah referensi awal menentukan tujuan wisata, saat liburan tiba.

negeri di atas awan
negeri di atas awan. google maps. sumber: Adic Dochil

Sejarah Bukit Panyangrayan

Sejarah berdirinya objek wisata Bukit Panyangrayan, berawal dari sebuah kesadaran tentang potensi alam yang dimilikinya, mampu membuat mata pengunjung terpesona.

Kemudian, Bukit Panyangrayan lahir atas inisiasi dari masyarakat setempat, Mahasiswa Universitas Perjuangan yang sedang KKN, serta kelompok petani pepaya.

Dana awal pembangunan Bukit Panyangrayan berdasarkan kepada swadaya masyarakat. Dan kini, pengelolaan Bukit Panyangrayan Tasikmalaya melibatkan kelompok organisasi Karang Taruna.

Kehadiran media sosial pun mampu dimanfaatkan secara baik, untuk mempromosikan Bukit Panyangrayan. Faktanya, saat ini Bukit Panyangrayan adalah salah-satu wisata Tasikmalaya yang hits di kalangan masyarakat.

Lokasi Bukit Panyangrayan

Lokasi Bukit Panyangrayan berada di alamat Kampung Pramuka, Sadaukir, Sukapura, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat.

banyak banget spot kecenya
banyak banget spot kecenya. google maps. sumber: Fahmy Bulakan

Rute Menuju Bukit Panyangrayan

Jalan menuju Bukit Panyangrayan bisa diakses oleh kendaraan jenis roda dua, maupun roda empat. Kondisi jalannya sudah bagus, tetapi bagi yang membawa mobil harus berhati-hati, karena banyak tikungan tajam, dan jalannya tidak lebar.

Jarak Bukit Panyangrayan dari terminal bus Singaparna, sekitar 20 kilometer, dengan perkiraan waktu tempuh 45 menit perjalanan, jika menggunakan kendaraan roda empat.

Trekking Menuju Bukit Panyangrayan Tasikmalaya

Setelah anda sampai di lokasi parkiran utama Bukit Panyangrayan, maka anda harus melanjutkan perjalanan dengan cara berjalan kaki di sebuah jalur yang sudah tertata baik.

Trekking menuju Bukit Panyangrayan tidak terlalu jauh dari area parkir. Serta di sepanjang jalan akan disuguhkan dengan panorama alam yang memanjakan mata.

Kunjungan wisata ke Bukit Panyangrayan direkomendasikan tidak di saat puncak musim hujan. Supaya anda mampu menikmati sajian pesona alam secara baik, termasuk menikmati semua spot yang ada di kawasan Bukit Panyangrayan.

awal jalur pendakian
awal jalur pendakian. google maps. sumber: Info Aku&Kau

Harga Tiket Masuk Bukit Panyangrayan

  • Tiket masuk Bukit Panyangrayan Rp. 2.000 per orang.
  • Tiket masuk area kolam renang Bukit Panyangrayan Rp. 8.000 per orang.
  • Tiket parkir motor Bukit Panyangrayan Rp. 2.000 per unit.
  • Tiket parkir mobil Bukit Panyangrayan Rp. 5.000 per unit.

Jam Buka Bukit Panyangrayan

  • Bukit Panyangrayan buka selama 24 jam.
  • Bukit Panyangrayan beroperasional setiap hari selama sepekan.

Meskipun Bukit Panyangrayan buka 24 jam, tetapi kebanyakan pengunjung akan pulang saat hari menjelang magrib.

Fasilitas Di Bukit Panyangrayan

Fasilitas wisata di Bukit Panyangrayan adalah sebagai berikut:

  • Area parkir,
  • Kantin, atau warung,
  • Gazebo, atau lesehan,
  • Spot sefie,
  • Kolam renang.
bukit panyangrayan
bukit panyangrayan. google maps. sumber: Buana Rullah

Daya Tarik Bukit Panyangrayan

1. Bukit Cantik

Pesona keindahan Bukit Panyangrayan terletak pada sebuah bukit di Sukaraja yang sangat cantik. Di puncak bukitnya terdapat sebuah gazebo, sebuah tempat yang nyaman untuk menikmati pesona alam dari ketinggian.

View yang disajikan dari mulai sungai, perkebunan pepaya, area sawah, hingga beberapa sudut kota. Bukit tersebut tidaklah terlalu tinggi, sehingga anak-anakpun bisa sampai ke puncaknya. Apalagi jalurnya sudah tertata secara baik.

Area puncak bukit dari Bukit Panyangrayan menjadi salah-satu spot favorit bagi muda-mudi, dan bagi mereka yang butuh menghela nafas sejenak dari setumpuk pekerjaan yang tida berhenti.

2. Spot Selfie

salah satu spot terbaik
salah satu spot terbaik. google maps. sumber: Fauzy Ikhwan02

Daya tarik selanjutnya dari Bukit Panyangrayan terletak pada spot selfie yang kekinian. Bahan bakunya didominasi terbuat dari kayu dan bambu, serta finishing dengan sentuhan warna-warni cat.

Di antara sekian banyak spot selfie di Bukit Panyangrayan, salah-satu yang difavoritkan oleh pengunjung adalah spot jembatan bambu, dan spot kapal yang berada di tepian jurang.

Memang ngeri-ngeri sedap, tetapi sangat sebanding dengan hasil jepretan kamera. Namun yang paling penting adalah tetap mengutamakan keselamatan, terutama anak-anak.

3. Kolam Renang

kolam renang
kolam renang. google maps. sumber: Lida Andrayani

Bukit Panyangrayan menjadi destinasi wisata keluarga di Tasikmalaya, terutama saat akhir pekan, semakin ramai dikunjungi karena keberadaan area kolam renangnya.

Meskipun hanya ada satu kolam renang saja, dan cocok untuk anak-anak, namun mampu menjadi pelengkap kesempurnaan wahana yang tersaji di Bukit Panyangrayan.