Bukit Kacapi, Spot Berenang Terbaik Di Tasikmalaya

Bukit Kacapi merupakan tempat wisata yang berada di Tasikmalaya, tepatnya di Kecamatan Cigalontang yang berada dikawasan alam terbuka. Dengan menyuguhkan spot pemandangan wisata alam, hamparan kebun teh serta kolam renang.

Bukit Kacapi ini selain terkenal dengan keindahan pemandangan, ada salah satu objek yang sangat populer yaitu kolam renang yang berada di ketinggian dan ditengah hamparan kebun teh.

Karena itulah salah satu daya tarik yang membuat wisatawan penasaran dengan tempat wisata Bukit Kacapi ini, yang menjadikannya sebagai tempat wisata di Tasik yang yang sejuk, indah, dan dapat mendamaikan jiwa dari kebisingan kota.

daya tarik utama bukit kacapi
daya tarik utama bukit kacapi. google maps. sumber: Buana Rullah

Bukit Kacapi ini adalah pilihan wisata yang sangat cocok untuk kalian yang menyukai hal-hal yang berbau alam, dan bisa menjadi salah satu pilihan untuk mencari tempat yang instagramable di Tasikmalaya.

Tidak lupa sambil menikmati sejuknya alam, kamu bisa menikmati makanan dan minuman yang hangat, yang sangat mudah dijumpai disekitar lokasi wisata dengan harga yang cukup affordable.

Dan bagi kalian pengunjung yang ingin berlibur tidak lupa dengan kewajiban melaksanakan protokol kesehatan nya ya,,,,karena pihak pengelola pun memastikan pengunjung menerapkan prokes, serta melakukan pembatasan jumlah kunjungan, dan jam operasional.

Lokasi dan Alamat Bukit Kacapi

Lokasi Bukit Kacapi, terletak di alamat Desa TanjungKarang, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Rute Menuju Bukit Kacapi

Akses jalan menuju Bukit Kacapi ini sangatlah mudah, karena bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua, roda empat juga. Tetapi disarankan untuk memakai roda dua karena kondisi jalan yang lumayan berkelok-kelok dan kurang bagus.

Rute menuju Bukit Kecapi ini dapat dilalui lewat 2 rute alternatif, Rute pertama melewati pertigaan Citengek Desa Cilawu, Kabupaten Garut dengan jarak tempuh 4,5  Km. Lalu Rute kedua dapat di tempuh melalui jalur Gunung Cikuray, Kabupaten Garut dengan jarak yang lebih jauh yakni sekitar 6 Km.

Jarak Bukit Kacapi dari arah Terminal Singaparna lumayan dekat, yakni sekitar 27 km dengan estimasi waktunya sekitar 1 jam perjalanan. Karena memang tempat wisata Bukit Kacapi ini berada di perbatasan dengan Kabupaten Garut.

kebun teh yang menghampar indah
kebun teh yang menghampar indah. google maps. sumber: Ramdan 2018

Harga Tiket Masuk Bukit Kacapi

  • Tiket masuk Bukit Kacapi Rp. 7.000 per orang.
  • Sedangkan untuk biaya parkir motor sebesar Rp. 3.000,- dan untuk mobil Rp. 5.000,-

Jam Buka Bukit Kacapi

  • Jam operasional Wisata Bukit Kacapi buka setiap hari.
  • Dan beroperasi mulai dari pukul 08.00 – 15.00 WIB.
fasilitas di bukit kacapi
fasilitas di bukit kacapi. google maps. sumber: Asep Firman

Fasilitas Bukit Kacapi

Fasilitas wisata di Bukit Kacapi adalah sebagai berikut:

  • Area parkir,
  • Toilet,
  • Mushola,
  • Warung di area wisata,
  • Gazebo,
  • Kolam Renang.

Daya Tarik Bukit Kacapi Tasikmalaya

1. Kolam Renang

kolam renang di bukit kacapi
kolam renang di bukit kacapi. google maps. sumber: RIZAL SAEPUL AZIZ

Keunikan Wisata Bukit Kacapi ini terdapat di Kolam Renang yang berada di ketinggian dikelilingi oleh perbukitan, tentunya sangat jarang ada wisata seperti ini.

Disini terdapat kolam renang besar dengan kedalaman sekitar 1,5 m dan terdapat juga kolam renang kecil yang lebih dangkal, dan dilengkapi dua perosotan dan pengunjung pun bisa memakai ban karet tanpa harus membayar sewa.

Airnya begitu jernih dan tidak berbau kaporit seperti kolam renang pada umumnya, airnya pun sejuk apalagi ditambah dengan alam di sekitarnya yang menambah suasana liburan menjadi menyenangkan.

Di sekitar kolam renangnya, sudah dilengkapi dengan perosotan air yang semakin membuat acara berenang tambah seru. Meski kadang hawa dingin mulai menerpa.

berenang diantara indahnya alam
berenang diantara indahnya alam. google maps. sumber: Hikmat Abdul Gani

2. Gazebo / Saung

Di wisata ini terdapat saung atau gazebo serba guna yang bisa dipakai untuk pengunjung yang ingin bersantai dan menikmati pemandangan atau juga bisa untuk digunakan menyantap makanan atau bekal.

Gazebo ini terbuat dari kayu sedangkan atapnya memakai jerami, yang membuat gazebo ini terlihat sangat artistik dan berkonsep menyatu dengan alam. Sehingga membuat pengunjung sangat nyaman berada di gazebo/saung ini.

Tentunya sangat nyaman bagi pengunjung dapat beristirahat sejenak, bahkan untuk berswafoto karena bisa dijadikan spot selfie dengan latar belakang kolam renang dan perkebunan teh yang tentunya sangat instagramable.

3. Spot Foto yang Hits

berfoto di antara kebun teh
berfoto di antara kebun teh. google maps. sumber: Hendri Pewe

Di Bukit Kacapi Tasikmalaya ini kalian dapat melihat spot foto bingkai hati di area kolam renang, dimana kamu bisa berfoto dengan latar perkebunan dan perbukitan yang indah.

Ada juga beberapa spot foto lainnya yakni hammock atau ayunan tali, yang berada diantara dua pohon. Kamu dapat menggunakan hammock bebas tanpa harus membayar sewa.

Kamu dapat bersantai sambil tiduran di atas hammock atau ayunan tersebut, dengan posisi hammock yang langsung menghadap ke area perbukitan hijau nan indah yang tentunya jika berswafoto dapat menghasilkan foto yang hits dan kekinian banget.

Selain itu ada pula replika perahu yang terbuat dari kayu, satu berada di area kolam dan satu lagi berada di puncak bukit.

Tips Wisata

Simak beberapa tips wisata berikut ketika hendak mengunjungi Bukit Kacapi, Tasikmalaya:

  • Pastikan kondisi cuaca sedang cerah, tidak mendung, apalagi turun hujan.
  • Kondisi kendaraanmu juga harus dalam keadaan prima, agar sepanjang jalan mulus terus.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin.
  • Jika hendak coba berenang di ketinggian dengan hamparan keindahan alam yang ajib, bawa baju ganti dan perlengkapan lainnya ya.
  • Waktu terbaik mengunjungi Bukit Kacapi ialah di pagi dan sore hari, serta ketika cuaca sedang cerah.

Penutup

Bukit Kacapi ini dapat menjadi pilihan tempat wisata alam di Tasikmalaya, khususnya untuk kamu yang berada di perbatasan antara Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Garut.

Ternyata disamping ada Bukit Panyangrayan dengan “negeri di atas awannya”, Tasik juga memiliki Bukit Kacapi dengan “kolam renang di atas bukitnya”.