Curug Panganten Tasikmalaya, 1 diantara Ratusan Curug di Tasikmalaya

Curug panganten Tasikmalaya adalah satu dari sekitar ratusan air terjun yang ada di wilayah Tasikmalaya. Sajian keindahan dan kesejukan alam wisata air terjun di jalur selatan Tasikmalaya ini mengundang pengunjung untuk menikmati ketenangan nya yang alami.

Curug panganten Tasikmalaya adalah 1 dari sekitar ratusan air terjun yang ada di wilayah Tasikmalaya.
Curug Panganten Tasikmalaya.  Image via: money.id

Suasana di Curug Panganten terbilang masih sangat perawan. Ini disebabkan karena Curug Panganten tidak terlalu terkenal seperti Curug Pelangi, bahkan jika boleh dikatakan lokasi Curug Panganten ini cukup tersembunyi.

Jika anda mencari spot foto di tempat ini, rasanya anda akan kurang puas karena sekeliling Curug Panganten ini hanyalah pepohonan dan tebing. Namun jika anda adalah seorang penikmat alam, pecinta hiking ringan dan seorang yang menyukai kesunyian, ini adalah tempat yang cocok untuk anda.

Debit air yang besar serta daerah yang asri, menjadi kombinasi yang baik untuk kamu melepas penat pekerjaan. Curug Panganten berdampingan dengan Curug Badak,Curug Catang, dan Curug Payung. Kondisi ini saling melengkapi dan memuaskan dalam berkunjung.

Curug Panganten Ciamis
Curug Panganten Ciamis. Image via: hayutravelling

Simak juga: 10 lokasi wisata di Tasikmalaya

Lokasi Curug Panganten Tasikmalaya

Curug panganten Tasikmalaya berlokasi di Kampung Malaganti , Desa Sukaharja, Kecamatan Sariwangi, Tasikmalaya.

Dari kota Tasikmalaya, lokasi ini berjarak sekitar 33 km, dengan waktu tempuh berkisar 1 hingga 1,5 jam.

Rute Menuju Curug Panganten Tasikmalaya

Sarana transportasi berwisata ke Obyek Wisata Curug Panganten di Tasikmalaya Jawa Barat dengan memakai kendaraan pribadi seperti : Mobil atau motor pribadi. Anda bisa meminta panduan arah ke Obyek Wisata Curug Panganten di Tasikmalaya Jawa Barat di google maps yang terpasang di smartphone.

Bagi pengunjung yang ngin datang ke air terjun Panganten TAsikmalaya ini perjalannd apat dimulai dari Kota Tasikmalaya. Perjalanan diawali dengan mellaui Jalan Jl. Garut – Tasikmalaya untuk menuju ke Singaparna.

Perjalanan ini kira kira berjarak 14.5 Km dengan waktu tempuh 30 menit.

Selnajutnya setelah tiba di singaparna, pengunjung dapat melaui jalan-jalan  Jl. Kp. Limabelas, Jl. Raya Sariwangi, Jl. Cipondok, Jl. Cidugaleun and Jl. Cingaloma. Sampai akhirnya tiba di Jl. Pasirpari di Cidugaleun.

Sampai di ujung jalan ini, perjalnan bisa dilanjutkan dengan jalan kaki.

Curug Panganten BAndung
Curug Panganten Bandung. Image via: fimela.com

Jam Buka Curug Panganten Tasikmalaya

Air Terjun terpencil ini tidak memiliki jam operasional khusus. Jadi untuk gampangnya anggap saja dia buka 24 jam sehari 7 hari sepekan. Namun demikian, tidak disarankan untuk datang saat hari gelap. Karen faktor medan dan juga ketiadaan penerangan.

Tiket Curug Panganten Tasikmalaya

Mengenai biaya masuk atau tiket kunjungan, air Curug panganten Tasikmalaya tidak memungut karcis, alias gratis. hal ini mungkin berkaitan dengan belum adanya pengelola resmi di wisata air terjun ini.

Fasilitas Curug Panganten Tasikmalaya

Fasilitas dari Curug Panganten Tasikmalaya ini pun sangat minim. Belum ada toilet ataupun warung di sekitar lokasi air terjun. Sehingga bagi pengunjung sebaiknya mempersiapkan perbekalan yang memadai, naik itu manan maupun minuman.

Daya Tarik Curug Panganten Tasikmalaya

Curug Panganten Ciamis 2
Curug Panganten Ciamis. Image via: bandung.panduanwisata.id

Simak juga: Janjang Sajuta Sumatera Barat

Obyek Wisata Curug Panganten di Tasikmalaya Jawa Barat merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah tasikmalaya juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota tasikmalaya juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Obyek Wisata Curug Panganten di Tasikmalaya Jawa Barat ini. Obyek Wisata Curug Panganten di Tasikmalaya Jawa Barat merupakan obyek wisata yang terkenal di tasikmalaya jawa barat. Curug Panganten memiliki ketinggian sekitar 50 meter.

Curug ini dapat dikatakan merupakan sambungan dari dua sungai yang mengalirinya. Di bagian atasnya adalah batas akhir sungai Cirende dan bagian bawahnya adalah hulu dari Sungai Ciliung. Bahkan batang akhir sungai Cirende sendiri ternyata tersusun dari tiga tangga curug, yaitu Curug Cirende, Curug Sewu dan terakhir Curug Panganten.

Curug Panganten Pangalengan
Curug Panganten Pangelangan. Image via: ridwanderful.com

Curug Cirende dan Curug Sewu tidak dapat dilihat langsung dari bawah, karena disamping ketinggiannya rendah juga terhalang oleh tebing tinggi yang menjadi limpahan air terjun Curug Panganten.

Akses untuk menuju ke Curug Penganten ini tidaklah sulit, dengan beberapa papan petunjuk arah dipersimpangan jalan memudahkan untuk mencapai lokasi tersebut. Juga kondisi jalan yang lumayan baik untuk dilewati kendaran roda dua maupun empat.

Tips Mengunjungi Curug Panganten Tasikmalaya

Saran dan tips sebelum menuju ke tempat Obyek Wisata Curug Panganten di Tasikmalaya Jawa Barat,anda perlu mempersiapkan keperluan yang akan butuhkan. Serta beberapa barang tambahan seperti kamera karena anda pasti ingin mengabadikan moment bersama kelurga ataupun teman – teman anda.

Jangan lupa bawa perlengkapan kesehatan (contohnya adalah sabun, tissue basah, sampo, antiseptik). Siapkanlah fisik dan kendaraan anda supaya liburan anda berjalan dengan lancar. Jaga kondisi diri anda dan selalu berhati – hati.

Objek Wisata Dekat Curug Panganten Tasikmalaya

curug cimanintin
Curug Cimanintin. Image via: jeryanuar.web.id

Simak juga: Taman Gunung Batu Karang

Selain Curug Panganten Tasikmalaya juga punya banyak curug indah lainnya. Salah satunya adalah Curug Cimanintin. Curug Cimanintin yang berlokasi di Ds tanjungsari, Kecamatan Salopa Tasikmalaya.

Akses menuju ke lokasi ini pun tidak jauh beda dengan menuju ke pantai karang tawulan, ya untuk menuju ke tempat ini anda harus melewati jalanan berbatu dengan kendaraan bermotor dan dilanjutkan dengan jalan kaki menuju ke curug ini.

Sepanjang perjalanan anda di suguhi pemandangan persawahan dan juga perbukitan yang menarik untuk di jadikan objek foto. perjalanan menuju curug ini saja sudah indah, gimana nantinya ketika sampai ke lokasi curug ya, dan pastinya curug ini tidak mengecewakan karena mempunyai pemandangan yang indah dan kebersihanya pun masih terjaga

Ada juga curug ciwatin yang berlokasi di Desa Linggalaksana Kecamatan Cikatomas Tasikmalaya. Di curug tersebut juga anda bisa berenang dengan konsisi air yang tenang dan juga air nya yang cukup bersih.

Curug Ciwatin
Curug Ciwatin. Image via: ngabolangngabolang

Simak juga: Grand Sayang Kaak Ciamis

Jarak dari alun laun kecamatan sampai ke curug ini pun cukup dekat yaitu hanya sekitar 6 kilometer. kases jalan menuju curug ini juga tidak sesulit akses jalan menuju ke curug cimanintin dan pantai karang tawulan.

Curug Selanjutnya adalah dengdeng. Wisata air terjun yang meanrik ini berlokasi di Ds. Cikawung Gading Kec. Cikatomas Tasikmalaya. Ciri khas dari curug ini adalah mempunyai area kolam air yang tenang dan tentunya juga bisa di gunakan untuk berenan.

Curug dengdeng mempunyai aliran air terjun yang luas dan bertingkat dan juga di hiasi dengan pepohonan yang hijau. Kondisi tersebut membuat curug ini begitu nyaman untuk di kunjungi. Untuk akses menuju ke loaksi ini juga sulit, anda harus melewati jalanan yang berbatu dengan menggunakan kendaraan bermotor dan di lanjutkan dengan jalan kaki dengan menyusuri lembah.

Gimana keren kan wisata alam Curug Panganten tasikmalaya? Apalagi jika anda mau melanjutkan berkunjung ke desa Santana Mekar Kecamatan cisayong. Dalam satu desa tersebut terdapat banyak sekali air terjun yang bisa anda jelajahi.

Baca juga:

Leave a Comment